Carisinyal / Tablet / 10 Kelebihan dan Kekurangan Tablet Samsung Galaxy Tab S4

10 Kelebihan dan Kekurangan Tablet Samsung Galaxy Tab S4

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 November 2018

Sebagai salah satu brand produk teknologi terbesar di dunia, Samsung selalu menyuguhkan perangkat-perangkat yang luar biasa. Jika ponsel pintar mereka selalu menjadi salah satu yang terbaik di dunia Android, maka begitu pula dengan produk tablet Samsung. Pada Agustus 2018 , perusahaan asal negeri Ginseng ini merilis tablet Samsung Galaxy Tab S4 kepada dunia.

Galaxy Tab S4 membawa beberapa teknologi unggulan, semisal panel Super Amoled yang menyelimuti layar perangkat tersebut yang membentang hingga 10.5 inch. Selain itu, Samsung membenamkan empat buah speaker yang disetel oleh AKG dan mampu mengeluarkan audio Dolby Atmos.

Lalu apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari tablet Galaxy S4 ini? Hal itu bisa ditemukan di bahasan Carisinyal di bawah ini. Sebelumnya ketahui dulu spesifikasi singkat dari Samsung Galaxy Tab S4 ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S4

Galaxy Tab S4

  • Rilis: Agustus, 2018
  • Layar: Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
  • Resolusi Layar: 1600 x 2560 pixels, 16:10 ratio (~287 ppi density)
  • Chipset: Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 (10 nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.35 GHz Kryo & 4×1.9 GHz Kryo)
  • GPU: Adreno 540
  • Memori Internal: 64/256 GB, 4 GB RAM or 6 GB RAM (Korea only)
  • Memori Eksternal: microSD, up to 512 GB (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 13 MP, AF
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 7300 mAh battery

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S4

1. Dilengkapi Stylus Pen

S Pen Samsung

Jika kompetitor Galaxy Tab S4 (seperti Apple iPad Pro 12.9 `2018) tidak memasukan benda ini pada paket penjualan mereka, Samsung sepertinya memberi pilihan berbeda. Pengguna tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli Stylus Pen karena hal ini sudah termasuk dalam paket penjualan Samsung Galaxy Tab S4.

Stylus Pen Samsung Galaxy Tab S4 ini sangat mendukung untuk melakukan hal-hal menarik semacam menggambar dan produktivitas lainnya. Saat melakukan corat-coret di Adobe Photoshop Sketch, S Pen ini mampu menghasilkan coretan tinta yang tebal atau tipis tergantung dengan tekanan yang diberikan.

Hal tersebut terjadi karena S Pen memiliki level sensitivitas yang sangat baik (level tekanannya mencapai angka 4096 dan ujung S Pen yang hanya 0.7 mm).

Benda ini juga dapat digunakan untuk mengaktifkan fitur Samsung lainnya seperti fitur Translation atau Terjemahan dan juga dapat digunakan untuk menggambar pesan animasi yang bisa dikirimkan ke orang terdekat melalui fitur Live Message. Keren sekali, bukan?

2. Layar Super Amoled yang Memanjakan Mata

Samsung Galaxy S4

Samsung Galaxy Tab S4 memiliki bentang layar 10,5 inch dengan resolusi 1600 x 2560 pixel yang mampu menampilkan detail gambar yang bagus. Rasio yang dimilikinya adalah 16:10 dan kerapatan pixelnya mencapai ~287 ppi. Sedangkan panel layar yang digunakan oleh tablet adalah Super Amoled.

Seperti diketahui bahwa panel Super Amoled ini mampu memberikan tampilan gambar yang lebih jernih, lebih terang, dan lebih jelas. Jadi, pengalaman berinteraksi dengan Samsung Galaxy Tab S4 bisa lebih menyenangkan karena layarnya nyaman dipandang mata dan sangat memanjakan.

Sedangkan untuk segi tampilan, body Tab S4 ini terbuat dari kaca (depan dan belakang) serta tepian dari bahan aluminium. Setelah ditilik-tilik, Tab S4 ini begitu mirip dengan saudaranya Tab S3 yang berlayar 9,7 inch. Tampilan layar sentuh Tab S4 ini juga cukup akurat dan pengguna bisa melakukan scrolling dengan lembut.

Tombol Home pada Samsung Galaxy Tab S4 juga telah dihilangkan sehingga membuat layar terlihat sama rata. Jika ingin menghidupkan layar, pengguna cukup men-swipe-nya dari bawah ke atas. Dan untuk akses masuk (login) ke tablet tersebut, Samsung telah menyediakan sensor biometrik Iris Scanner yang cepat.

3. Memiliki 4 Speaker

Speaker Samsung Galaxy Tab S4

Sama seperti kompetitornya, yaitu iPad Pro, Samsung Galaxy Tab S4 yang lebih dulu muncul ini diberikan empat speaker yang mampu mengeluarkan suara yang keras dan jelas saat memainkan musik. Ingin merasakan pesta sendirian di kamar atau ruangan yang cukup besar? Samsung Galaxy Tab S4 ini sudah cukup kok untuk dijadikan teman berpesta.

Keempat speaker Galaxy Tab S4 itu terletak di bagian atas dan bawah (masing-masing dua) dan disetel oleh AKG, brand yang dimiliki oleh Samsung sendiri. Speaker Tab S4 ini mampu mengeluarkan audio Dolby Atmos. Jika ingin mendengarkan audio lewat headphone, Samsung masih menyediakan soket 3,5 mm di perangkat Galaxy Tab S4 mereka ini.

4. Daya Tahan Lama dan Support Fast Charging

S4 Charging

Baterai Samsung Galaxy Tab S4 datang dengan kapasitas yang cukup besar, yaitu 7300 mAh berjenis Li-Po yang tidak bisa dicabut. Samsung menuturkan bahwa Galaxy Tab S4 mampu bertahan hingga 16 jam untuk memutar video. Jadi, menonton video kesayangan di tablet berlayar lebar dan jernih seperti Tab S4 bisa lebih menyenangkan karena daya tahannya cukup lama.

Pada pengujian daya tahan baterai yang dilakukan oleh Laptop Mag, baterai Samsung Galaxy Tab S4 mampu bertahan hidup hingga 9 jam 34 menit untuk berselancar di dunia maya dengan pengaturan kecerahan layar di 150 nits. Selain itu, daya tahan baterainya bertambah sedikit lebih lama jika Book Cover Keyboard tidak digunakan (hingga 10 jam 10 menit).

Kapasitas baterai yang begitu besar yang tersemat pada Galaxy Tab S4 ini sudah didukung dengan teknologi pengisian cepat. Samsung mengklaim bahwa baterai Galaxy Tab S4 mampu terisi penuh dalam waktu 200 menit saja (atau 3 jam 20 menit). Jadi, tingkat produktivitas Tab S4 dapat menjadi lebih tinggi dengan hadirnya teknologi pengisian cepat pada perangkat ini.

5. Jago Multitasking

galaxy-tab-s4_performance

Samsung Galaxy Tab S4 ini berjalan dengan OS Android Oreo 8.1. Jeroannya sendiri terdiri dari chipset Snapdragon 835 dengan proses manufaktur 10 nm, CPU yang memiliki delapan inti (4×2.35 GHz Kryo & 4×1.9 GHz Kryo) serta GPU Adreno 540.

Menurut penuturan Laptop Mag, kecepatan yang dihasilkan Galaxy Tab S4 ini cukup solid dan mampu mendukung kegiatan multitasking. Saat digunakan untuk memutar video YouTube 1080p sembari membuka aplikasi Chrome dengan 12 tab terbuka, tidak dirasakan adanya lag pada tablet ini.

Akan tetapi, jika pengguna terlalu lama menyimpan aplikasi yang terbuka di background, maka aplikasi tersebut akan kembali ke awal saat akan diakses ulang. Dan juga karena RAM-nya hanya sebesar 4 GB, melakukan kegiatan multitasking dalam mode Dex memang kurang bisa diandalkan.

Ruang penyimpanan internal yang diberikan Samsung pada Galaxy Tab S4 adalah 64 atau 256 GB. Jika dirasa kurang, pengguna masih bisa memperluasnya lagi hingga 400 GB dengan microSD (slot tersedia).

6. Bekerja Lebih Nyaman dengan Samsung Dex

Samsung Dex

Samsung Dex memungkinkan pengguna untuk merasakan produktivitas PC dengan mobilitas tablet. Samsung Dex sebelumnya sudah muncul di ponsel Samsung dan untuk kategori tablet, fitur ini tersedia untuk pertama kalinya di Samsung Galaxy Tab S4.

Dengan adanya Samsung Dex pada Tab S4, pengguna dapat melakukan banyak hal dengan lebih mudah dan nyaman seperti mengolah dokumen, melakukan multitasking, dan lain-lain.

Kegiatan multitasking pun hanya dilakukan melalui adaptor HDMI tanpa stasiun DeX atau pad DeX. Jika ingin merasakan efisiensi kerja yang lebih tinggi, pengguna bisa menambahkan perangkat tambahan seperti keyboard atau mouse.

7. Iris Scanner

galaxy-tab-s4_bio-front

Galaxy Tab S4 dibekali fitur biometrik Iris Scanner yang mampu memindai wajah atau mata dengan cepat untuk membuka akses perangkat Tab S4.

Fitur ini juga dapat digunakan untuk mengamankan data-data dan aplikasi penting dengan tingkat keamanan yang terenskripsi menggunakan bio-otentikasi dan fitur Secure Folder. Jadi, keamanan perangkat dan isinya terjamin dengan biometrik ini.

Kekurangan Samsung Galaxy Tab S4

1. RAM yang Dirasa Kurang

RAM

Samsung hanya memberikan RAM sebesar 4 GB untuk Galaxy Tab S4 mereka ini. Walaupun sudah mampu mendukung kegiatan multitasking yang cukup baik, namun saat melakukan multitasking pada mode Dex, kinerja yang dihasilkan dirasa kurang memuaskan.

Dalam spesifikasi Galaxy Tab S4 di GSM Arena, Samsung Galaxy Tab S4 memang tersedia dengan varian RAM 6 GB. Sayangnya, Galaxy Tab S4 dengan RAM 6 GB hanya tersedia di wilayah Korea saja.

2. Software yang Kurang Mendukung

Galaxy Tab S4

* sumber: www.laptopmag.com

Penggunaan OS Android memang sangat baik pada ponsel, namun tidak untuk perangkat dengan layar yang lebih lebar semacam Tab S4 ini. Seperti yang dituturkan oleh Trusted Reviews, hal itu terjadi karena kurangnya pembaruan dan dukungan yang diberikan oleh pemilik OS itu sendiri, yaitu Google.

Hal tersebut juga memberikan pengaruh bagi pekerjaan yang dilakukan oleh para pengembang pihak ketiga.

3. Body Belakang yang Licin dan Mudah Kotor

Rear Body S4

Karena berbahan kaca dan menyelimuti body yang lebar, tablet ini jadi mudah licin dan kotor walaupun baru dipegang dalam waktu yang tidak lama. Penggunaan Book Cover Keyboard setidaknya dapat mengatasi masalah ini.

Selain melindungi perangkat dari goresan, aksesoris ini juga memiliki tekstur seperti kain sehingga perangkat nyaman dipegang dan digunakan. Book Cover Keyboard ini dijual terpisah.

Simpulan

Dapat dibilang bahwa Samsung Galaxy Tab S4 ini adalah tablet Android terbaik saat ini. Tablet ini menawarkan pengalaman bekerja dan bermultimedia dengan layar yang lebih terang dan mampu menampilkan gambar lebih jernih. Panel Super Amoled di layar seluas 10.5 inch ini memang sangat mengagumkan.

Selain itu, walaupun banderol harga untuk tablet ini masih cukup mahal bagi sebagian orang, namun Samsung telah memberikan paket Stylus Pen gratis dalam penjualannya. Jadi, pengguna tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk benda tersebut, kecuali untuk aksesoris penambah lain semisal Book Cover Keyboard.

Secara keseluruhan, tablet ini sudah cukup menunjang untuk menjadi teman bekerja. Jika Anda memang membutuhkan perangkat tablet untuk bekerja, maka Anda bisa membeli Samsung Galaxy Tab S4. Anda bisa beli tablet ini dengan menyiapakan dana kisaran Rp10 jutaan. Silakan beli tablet ini di Bukalapak dengan cara klik link ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

A bad writer but loves to write

Leave A Comment