Carisinyal / Aksesoris PC / 10 Rekomendasi Merk Power Supply Unit yang Bagus 2019

10 Rekomendasi Merk Power Supply Unit yang Bagus 2019

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Juni 2019

Power supply unit, atau lebih dikenal dengan PSU, adalah komponen yang paling penting sebagai penyalur tegangan listrik secara langsung kepada seluruh komponen hardware yang terpasang di dalam PC. Selain itu, PSU juga mempunyai peran vital untuk menentukan besaran tegangan listrik yang masuk ke dalam komputer.

Peran PSU ini tentu harus diperhatikan, sebab PSU tidak hanya menentukan apakah komputer Anda bisa menyala atau tidak, tapi PSU juga bisa menjadi indikator seberapa tahan lama komponen yang komputer Anda. Oleh karena itu, Carisinyal ingin mengajak Anda untuk memilih 10 rekomendasi power supply unit terbaik. Penasaran? Yuk, kita lihat daftarnya sebagai berikut.

10 Merk Power Supply Unit Terbaik

1. EVGA SuperNOVA G3

power supply terbaik evga g3

 

Pertama, ada PSU EVGA SuperNOVA G3. Seri dari SuperNOVA yang diklaim memiliki performa yang lebih baik dari model pendahulunya, G2. PSU ini memiliki sertifikasi 80 Plus Gold untuk efisiensi-nya yang tinggi, ditambah dengan fitur-fitur lain, seperti fully modular cables, kapasitor berkualitas tinggi brand Japanese.

SuperNOVA G3 juga didukung oleh ECO Intelligent Thermal Control System, yang mampu mengurangi kerja kipas sehingga tidak membuat PSU terdengar bising ketika digunakan. Untuk model yang ditawarkan, EVGA SuperNOVA G3 Series memiliki lima model berbeda, dimulai dari 550W sampai 1000W. Kalau Anda tertarik untuk membeli PSU ini, langsung saja cek di Bukalapak melalui link ini.

2. Corsair AX Series

corsair ax1200i

Selanjutnya, ada Corsair AX Series. Sebagai brand paling unggul di kelasnya, Corsair AX Series memiliki sertifikasi 80 Plus Platinum yang membuat PSU ini dapat memberikan efisiensi yang tinggi mencapai 92%. Sehingga, Anda bisa merasakan performa tinggi dari komputer tanpa ada gangguan, seperti panas dan bising.

Selain itu, PSU ini juga memiliki fitur fully-modular cables yang dapat memudahkan Anda untuk merapihkan penggunaan kabel di dalam komputer. Corsair AX Series ini menawarkan beberapa produk PSU, antara lain PSU AX860i, AX760i dan yang paling terkenal adalah AX1200i.

Corsair AX Series juga dilengkapi dengan Corsair Link yang bisa membantu Anda untuk memonitor kecepatan fan serta penggunaan daya listrik oleh komputer. Untuk membeli PSU ini, Anda bisa kunjungi Bukalapak lewat link ini.

3. Seasonic Focus

Seasonic Focus adalah PSU paling canggih dan berkualitas yang dikeluarkan oleh brand Seasonic. PSU Seasonic Focus tersedia dalam dua sertifikasi, yakni 80 Plus Platinum dan Gold. Jadi, PSU ini memilikie efisiensi mencapai 90%.

Selain memiliki fitur fully modular cables, PSU ini juga menghadirkan fitur baru yaitu Hybrid Silent Fan Control. Fitur ini berfungsi untuk mengatur penggunaan fan melalui fan control button di PSU, sehingga komputer dapat mencapai performa optimalnya dalam keadaan senyap atau dingin.

Seasonic Focus menawarkan beberapa model yang berbeda, mulai dari 550W hingga 1000W. Kalau Anda tertarik untuk membelinya, silakan untuk mengunjungi Bukalapak dengan klik link ini.

4. Seasonic S12II

Seasonic S12II

Selanjutnya, bagi Anda yang memerlukan PSU dengan daya watt yang lebih kecil, misalnya 330W hingga 620W. Seasonic S12II bisa menjadi pilihan alternatif yang tepat untuk anda. PSU yang memiliki sertifikasi 80 Plus Bronze, sehingga PSU ini memiliki efisiensi penggunaan tenaga mencapai 85%.

Ditambah lagi, PSU ini didukung oleh fitur Active Power Factor Correction yang mampu mengurangi energi listrik yang terbuang. Sehingga Anda bisa menghemat biaya penggunaan listrik di rumah Anda.

Selain itu, PSU ini juga memiliki beberapa fitur menarik seperti Double Forward Converter, Smart and Silent Fan Control (S2FC) serta penggunaan kapasitor terbaik brand Japanese. Apakah Anda tertarik untuk membelinya? Langsung saja kunjung Bukalapak melalui link ini.

5. EVGA BQ

evga bq

Next, ada PSU EVGA BQ Series. Berbeda dari Supernova, EVGA BQ adalah PSU yang dianggap memiliki harga cukup terjangkau di kelasnya. PSU ini menawarkan beberapa model, mulai dari 450W hingga 850W.

Meskipun dinilai lebih murah. EVGA BQ menawarkan beberapa fitur yang canggih di dalamnya, antara lain semi modular cables serta sertifikasi 80 Plus Bronze dengan efisiensi 85%, yang membuat performa dari PSU ini tetap kencang tanpa mengeluarkan suara berisik.

Selain itu, PSU ini ditopang oleh heavy-duty protections, seperti OVP (Over Voltage Protection), UVP (Under Voltage Protection), OCP (Over Current Protection), OPP (Over Power Protection), and SCP (Short Circuit Protection). Menarik bukan? Jika Anda tertarik untuk membelinya, Anda bisa kunjungi Bukalapak melalui link ini.

6. Corsair RM Series

 Corsair SF Series

Corsair RM Series adalah PSU yang cocok untuk kamu yang membutuhkan PSU berkualitas namun mempunyai kemampuan yang canggih. PSU yang memiliki sertifikasi 80 Plus Gold ini dibekali beberapa fitur canggih, seperti fully modular cable serta kapasitor dan transformer yang canggih dan tidak bising.

PSU ini juga dilengkapi dengan fitur menarik lainnya yaitu Zero RPM Fan Mode. Fitur ini mampu mengurangi putaran fan ketika dalam kondisi normal, serta meningkatkan putaran fan ketika dalam kondisi panas tanpa mengeluarkan suara yang berisik.

Corsair RM Series juga sudah menggunakan Corsair Link, jadi Anda bisa terus memonitor penggunaan daya listrik serta kecepatan fan di dalam komputer Anda. Corsair RM Series menawarkan beberapa model, mulai dari 450W hingga 1000W. Untuk membeli PSU ini, Anda bisa langsung kunjungi Bukalapak dengan klik link ini.

7. Corsair SF Series

corsair sf600

Selanjutnya, ada Corsair SF Series. PSU ini tersedia dengan dua sertifikasi yang berbeda yaitu 80 Plus Gold dan Platinum. Sehingga, PSU ini memiliki efisiensi yang sangat tinggi. Untuk meningkatkan performa, Corsair SF Series ini dilengkapi dengan fitur seperti Zero RPM Fan Mode, 100% All Japanese 105°C Capacitor serta fully modular cables.

Corsair SF Series ini menawarkan beberapa model, yakni Corsair SF450 dan SF600. Apabila Anda tertarik untuk membeli PSU ini, silakan kunjungi bukalapak melalui link ini.

8. Thermaltake Smart RGB

thermaltake smart pro rgb

Sebagai pionir PSU yang menggunakan fan berwarna-warni, Thermaltake Smart RGB nggak hanya tampil ciamik dengan design-nya, tapi PSU ini juga mempunyai performa yang mumpuni di kelasnya.

PSU yang memiliki sertifikasi 80 Plus Bronze ini dilengkapi dengan beberapa komponen berkualitas, mulai dari lampu RGB yang membuat komputer Anda menjadi menarik, ada juga fitur lain seperti fully modular cables, the Smart Zero Fan serta kapasitor berkualitas brand Japanese.

Thermaltake Smart RGB juga menawarkan beberapa model, mulai dari 650W hingga 850W. Melihat keunggulan dari Thermaltake Smart RGB, PSU ini sangat cocok bagi Anda, seorang gamer yang suka merakit komputer. Apakah Anda tertarik membeli PSU ini? Anda dapat melihat produk ini di Bukalapak dengan klik link ini.

9. Corsair CX Series

corsair cx750

Berikutnya, Corsair CX Series bisa menjadi pilihan alternatif untuk memilih PSU terbaik di komputer Anda, sebab harganya yang cukup kompeten. Corsair CX Series memiliki sertifikasi 80 Plus Bronze dengan dua modular yang berbeda, yakni fixed modular cables dan semi-full modular cables. PSU ini memiliki beberapa fitur yang bermanfaat seperti design fan berukuran 120mm yang membuat operasi dari PSU ini tidak berisik.

Untuk model yang ditawarkan, Corsair CX Series memiliki beberapa model, mulai dari 430W hingga 750W untuk Corsair CX dengan fixed modular cables dan 450W hingga 850W untuk Corsair CX dengan semi modular cables. Apabila Anda tertarik dengan PSU ini, langsung saja kunjungi Bukalapak melalui link ini.

10. EVGA SuperNOVA P2

evga p2

Terakhir, PSU yang cocok untuk digunakan oleh para gamer adalah EVGA SuperNOVA P2. PSU ini memiliki sertifikasi 80 Plus Platinum dengan efisiensi 92% dalam penggunaannya.

SuperNOVA P2ini mempunyai fitur-fitur yang hampir sama dengan SuperNOVA G3, seperti fully modular cables, 100% Japanese Capacitors serta ECO Intelligent Thermal Control System. Akan tetapi SuperNOVA P2 juga dilengkapi dengan tombol on/off untuk fitur ECO.

Untuk model yang ditawarkan, EVGA SuperNOVA P2 menyediakan beberapa model, mulai dari 600W hingga yang paling besar adalah 1600W. Apakah Anda ingin membeli PSU ini? Langsung saja kunjungi Bukalapak melalui link ini.

Simpulan

Semua power supply unit yang sudah dijelaskan di atas mempunyai harga yang berbeda-beda. Harga tersebut ditentukan dari brand serta spesifikasi yang dimiliki PSU. Oleh karena itu, Anda bisa memilih PSU yang cocok dengan budget serta kebutuhan dari komputer Anda. Jadi, apakah 10 rekomendasi power supply unit di atas cocok dengan PSU yang Anda butuhkan?

Nah, jika Anda membutuhkan informasi lain seputar komponen komputer lainnya yang nggak kalah penting, seperti rekomendasi merk RAM, kami sarankan Anda untuk menyimak artikel mengenai 10 Rekomendasi Merk RAM Terbaik ini. Semoga bermanfaat.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar