carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini
Carisinyal / Aksesoris / 10 Rekomendasi Merk Power Supply Unit yang Bagus 2021

10 Rekomendasi Merk Power Supply Unit yang Bagus 2021

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 17 Mei 2021

Power supply unit, atau lebih dikenal dengan PSU, adalah komponen yang paling penting sebagai penyalur tegangan listrik secara langsung kepada seluruh komponen hardware yang terpasang di dalam PC. Selain itu, PSU juga mempunyai peran vital untuk menentukan besaran tegangan listrik yang masuk ke dalam komputer.

Peran PSU ini tentu harus diperhatikan, sebab PSU tidak hanya menentukan apakah komputer Anda bisa menyala atau tidak, tapi PSU juga bisa menjadi indikator seberapa tahan lama komponen yang komputer Anda. Oleh karena itu, Carisinyal ingin mengajak Anda untuk memilih 10 rekomendasi merek power supply unit terbaik.

Daftar merek PSU di bawah kami rekomendasikan karena produknya amat mudah ditemui di Indonesia. Penasaran? Yuk, kita lihat daftarnya sebagai berikut.

1. Corsair

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Siapa sih yang tidak kenal dengan Corsair? Ya, perusahaan asal California, AS, yang berdiri sejak 1994 ini kondang dengan produk RAM. Meski begitu, mereka juga memproduksi aneka macam komponen komputer, termasuk power supply unit (PSU). Corsair sangat menjaga kualitas PSU-nya. Sebab, efisiensi penyaluran listriknya tak kurang dari 80%.

Entah itu produk dengan rating bronze (terendah) atau titanium (tertinggi). Karena itulah, jenama ini banyak diincar oleh orang-orang. Jika Anda mencari PSU Corsair apa yang paling populer, maka Anda akan menemukan RM850 dengan banderol Rp2 jutaan. PSU 850 Watt ini punya efisiensi tinggi karena punya sertifikat Gold (minimum 87%).

PSU dengan garansi 10 tahun ini berjenis modular. Artinya, Anda punya kebebasan dalam menancapkan kabel, sehingga PC bisa lebih rapi. Corsair merancang RM850 sangat hening. Anda pun tak perlu khawatir beban kerja tinggi pada PC membuat kipasnya menimbulkan bunyi berisik.

2. Phoenix

Anda butuh PSU bagus dengan harga murah meriah? Jatuhkan saja pada merek Phoenix. Rata-rata PSU Phoenix dijual dengan harga kurang dari Rp1 juta. Harganya yang murah menjadi alasan bahwa PSU ini layak dipertimbangkan buat Anda yang baru belajar merakit PC dengan bujet pas-pasan.

Salah satu model PSU Phoenix yang paling banyak dicari orang adalah PH-750. PSU non-modular 750 Watt ini cukup bagus karena mengantongi sertifikat bronze (80+) dalam hal efisiensi penyaluran daya.

Yang menarik dari PSU bergaransi 6 bulan ini adalah kipasnya, karena bisa menyala berkat lampu RGB. Kipas berdiameter 12 cm tersebut juga diklaim tidak bising.

3. ASUS

Bisnis laptop ASUS sudah berjalan sejak 1997, terbilang sangat dewasa. Akan tetapi, perusahaan asal Taiwan ini mengawali kiprahnya sebagai produsen motherboard dan komponen komputer lainnya seperti PSU. Untuk PSU, produk yang ditawarkan ASUS jempolan.

Mereka menyediakan PSU seri ROG dan TUF Gaming mulai dari 450 W hingga 1200 W. Salah satu PSU ASUS yang paling diincar PC enthusiast adalah seri ROG Strix 750 W, sebuah PSU berjenis modular. PSU dengan sertifikat efisiensi Gold (80+) ini cocok untuk menyuplai daya buat PC gaming.

ASUS mengklaim, ROG Strix 750 W sangat dingin dan hening karena kipasnya memakai desain aksial dengan bilah yang panjang. Anda jelas bakal berinvestasi jangka panjang jika membeli PSU seharga Rp2 jutaan ini. Sebab, ASUS memberi garansi hingga 10 tahun lamanya.

4. Seasonic

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Seasonic adalah brand ternama yang memfokuskan diri untuk memproduksi PSU. Meski begitu, perusahaan asal Taiwan yang ada sejak 1975 ini juga berjualan case buat PC. Ciri khas PSU dari Seasonic yakni desainnya tidak neko-neko baik itu untuk segmen PC konsumer maupun PC industrial.

Di balik desainnya yang sederhana, PSU Seasonic selalu mengusung teknologi terdepan. Hal itu dapat dilihat dari salah satu seri tertingginya yang dirancang fanless. Di sisi lain, jika Anda mencari PSU Seasonic paling populer, yang muncul di kotak pencarian adalah Seasonic S12III-500.

PSU 500 Watt ini adalah salah satu PSU dengan price to value yang baik. Pasalnya, Seasonic menjanjikan efisiensi penyaluran daya setidaknya 82% pada beban kerja 100 persen! Seasonic S12III-500, yang dijual seharga Rp800 ribuan, punya usia pakai cukup panjang dengan garansi hingga 5 tahun.

5. be quiet!

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jika Anda ingin memiliki PSU dengan penekanan lebih terhadap silent operation, maka produk besutan "be quiet!" bisa jadi andalan. Perusahaan asal Jerman ini seolah memberi penegasan dari nama yang mereka pilih. Keheningan tercipta karena be quiet! merancang PSU dengan menitik beratkan pada optimasi aliran udara.


Selain itu, mereka juga memakai kipas berbilah khusus dengan motor penggerak lembut. Kendati begitu, PSU be quiet! tidak mahal-mahal amat. Beberapa seri produknya bisa Anda temui dengan harga kurang dari Rp1 juta. Seperti be quiet! SYSTEM POWER U9 500 W yang banderolnya Rp800 ribuan.

PSU non-modular ini adalah produk be quiet! yang paling paling populer. SYSTEM POWER U9 dilengkapi dengan kipas berdiameter 120 mm dan dijanjikan mencapai efisiensi hingga 89% (Bronze). be quiet! memberi garansi 3 tahun untuk produknya yang satu ini.

6. Cooler Master

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Namanya Cooler Master, pasti produk yang dibikin seputar perangkat pendingin macam kipas atau pasta termal. Namun, ternyata Cooler Master juga memproduksi berbagai peripheral komputer, tak terkecuali PSU. Ada banyak jenis PSU yang dijual brand asal Taiwan ini. Mau yang modular, semi modular, hingga full modular, semuanya ada.

Akan tetapi, kalau Anda cari mana yang paling laris, Cooler Master MWE Bronze 550 V2 dengan model MPE-5501-ACABW-BEU adalah jawabannya. PSU seharga Rp800 ribuan ini memang tidak sunyi-sunyi amat. Sebab, ia tetap bisa menimbulkan suara hingga 31,2 dBA pada beban kerja 100%.

Walau begitu, Cooler Master menjanjikan efisiensi penyaluran daya 88% (sertifikat bronze) sekalipun digunakan pada beban kerja tertinggi. Usia pakainya juga panjang, mencapai 10 ribu jam, berikut garansi selama 5 tahun.

7. Armaggeddon

Brand Armaggeddon mungkin tak asing buat para gamers. Ya merek yang dipunyai oleh Leapfrog (perusahaan teknologi asal Singapura) ini kondang dengan periferal buat keperluan gaming. Armaggeddon juga menyediakan komponen-komponen inti PC seperti kartu grafis, case, kipas pendingin CPU, hingga PSU.

Armaggeddon memberi nama Voltron pada jajaran produk PSU-nya yang identik dengan warna ngejreng. Di pasaran, Anda akan menemukan model Voltron 475X sebagai PSU Armaggeddon paling populer. PSU non-modular ini bisa menyediakan daya murni 475 Watt. Namun, untuk pemakaian kasual, barang seharga Rp600 ribuan ini bisa menyuplai listrik hingga 950 Watt.

8. GameMax

GameMax jadi jenama selanjutnya yang muncul akibat fenomena pergeseran aktivitas gaming dari hobi menjadi profesi. GameMax lahir dari rahim Sohoo Technology, sebuah perusahaan komponen komputer dari Tiongkok. Gamemax bisa menjadi solusi buat gamers pemula karena produknya relatif lebih terjangkau.

Misalnya untuk PSU, yang paling dicari-cari orang adalah seri Gamemax GP-450. PSU non-modular 450 W ini bisa diperoleh dengan kisaran harga Rp500 ribuan. Di kelas harganya, PSU bergaransi 3 tahun ini tergolong sebagai salah satu yang paling sip. Sebab, ia tidak terlalu bising (<25dBa) dan punya efisiensi penyaluran daya 81 — 85% (bronze).

9. 1STPLAYER

Jenama 1STPLAYER (baca: first player) lahir di Tiongkok pada 2010. Visi yang mereka usung adalah menyediakan periferal dan komponen PC berkinerja tinggi untuk kepentingan gaming. Uniknya, aksen yang dipakai tidak norak, malah elegan, meskipun seluruh produknya difokuskan untuk segmen gaming. Harganya pun bersahabat.

Hal itu tampak seperti pada produk PSU mereka dengan nama BLACK SIR 450W PS-450BS. PSU 450 W non-modular ini dirancang untuk motherboard ATX dan sudah punya konektor PCI-E Power. 1ST Player menjamin efisiensi daya 80 % buat produk yang mendapat garansi 2 tahun ini.

10. Antec

Anda tentu tak boleh memilih PSU yang ecek-ecek dalam membangun PC dengan performa tinggi. PSU yang memble dalam menyuplai daya akan menggerogoti usia komponen-komponen lain. Sayang, sektor PSU tidak jarang dikesampingkan oleh para perakit PC atas dasar efisiensi bujet.

Anda boleh saja berhemat, tetapi harus tetap cermat dengan memilih PSU tepat. PSU bermerek Antec mungkin bisa jadi solusi buat Anda yang berdana cekak. Salah satu PSU Antec yang paling laku di pasaran adalah VP500P. PSU 500 Watt ini punya efisiensi hingga 88%, awet dipakai sampai 100 ribu jam, dan ada 2 colokan PCI-E jika perlu GPU ganda.

Kelebihan-kelebihan itu bisa ditebus dengan harga Rp500 ribuan saja. Selain memperoleh barangnya, Anda juga mendapat garansi ganti unit baru selama 3 tahun.

Simpulan

Semua merek power supply unit yang sudah dijelaskan di atas punya kelebihan masing-masing. Oleh karena itu, sesuaikan saja dengan bujet serta kebutuhan komputer Anda. Jadi, apakah 10 rekomendasi merek power supply unit di atas cocok dengan PSU yang Anda butuhkan?

Nah, jika Anda membutuhkan informasi lain seputar komponen komputer lainnya yang nggak kalah penting, seperti rekomendasi merk RAM, kami sarankan Anda untuk menyimak artikel mengenai 10 Rekomendasi Merk RAM Terbaik ini. Semoga bermanfaat.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram