Carisinyal / Samsung 2016 / Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J7

Review Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J7

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2018

Samsung Galaxy J Series adalah kategori ponsel besutan Samsung yang mengisi kelas menegah hingga ke bawah. J Series menawarkan spesifikasi yang mumpuni dengan harga yang ramah di kantong. Hal ini tentu saja kontras dengan Samsung Galaxy A Series yang mengusung desain yang lebih eksklusif serta harga yang lebih mahal.

Salah satu seri tertinggi di Samsung Galaxy J Series adalah J7. Di mana smartphone ini menawarkan spesifikasi yang jauh lebih baik dari handset  J Series lainnya, seperti J5, J3, J2, atau J1. Nah, apa saja kelebihan Samsung Galaxy J7 yang membuat Anda wajib membeli smartphone ini? Yuk, simak ulasan selengkapnya dari Carisinyal berikut ini.

Desain

Ada yang mengatakan bahwa J Series adalah pembaruan dari E Series. Hal tersebut juga sangat jelas terlihat dari desain Galaxy J7 ini yang tidak banyak perubahan dari ponsel-ponsel yang masuk kategori E Series. Sama seperti J5, handset ini memiliki krom mengkilap yang familiar di setiap sisi smartphone, sehingga membuat desain handset ini mirip dengan Galaxy Grand Series.

Galaxy J7 hadir dalam dimensi 152.2 x 79.1 x 7.9 mm. Dengan dimensi ini, J7 tidak hanya membawa spesifikasi yang lebih unggul dibanding J Series lainnya, tetapi juga ukuran yang lebih besar. Samsung memberikan 3 pilihan warna untuk J7, yaitu hitam, putih, dan gold.

Layar

kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J7

Kelebihan Samsung Galaxy J7 terletak pada layarnya. Pasalnya, handset ini sudah dibekali dengan layar Super AMOLED dengan ukuran 5,5 inci. Layar menjadi terlihat sangat terang dengan resolusi 1280 x 720 piksel dan kepadatan piksel sekitar 267 ppi.

Di samping itu, layar J7 juga memiliki sudut pandang yang baik, output warna cerah, dan visibilitas sinar matahari yang sangat baik. Karena layar handset ini tidak memiliki sensor cahaya ambient, maka Anda harus menyesuaikan kecerahan layar secara manual.

Walaupun sudah menggunakan layar tipe Super AMOLED, ketajaman layar J7 masih kalah dengan layar Samsung Galaxy A7. Namun, secara keseluruhan layar yang dibawah oleh J7 sudah sangat baik dibandingkan smartphone lain yang memiliki harga yang sama dengan J7. Sayangnya, layar smartphone ini tidak dibekali oleh proteksi apapun, misalnya seperti Corning Gorilla Glass 4.

Prosesor

Saatnya kita membedah dapur pacu dari J7. Di sektor dapur pacu, tersemat prosesor Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 64-bit dengan CPU Octa Core 1.4 GHz. Menurut Carisinyal, prosesor yang dibawa oleh smartphone ini memiliki kinerja yang baik dan tidak ada lag. Prosesor yang ditawarkan oleh J7 ini sudah tergolong mumpuni untuk sekelas ponsel mid-end seperti J7.

Beralih ke sektor grafis, kita akan menemukan GPU Adreno 405. Grafis yang tersemat pada smartphone ini sangat lumayan. Dengan adanya dukungan dari kartu pengolah grafis ini, Anda bisa menikmati streaming video HD dengan cukup baik. Akan tetapi, kartu pengolah grafis dalam J7 ini tidak terlalu baik jika digunakan untuk memainkan game yang membutuhkan kualitas grafis yang tinggi.

Memori

Samsung membekali Galaxy J7 dengan memori internal berkapasitas 16 GB. Tidak ada yang spesial dalam sektor memori internal ini, mengingat banyak pula smartphone di kelas low-end yang kini sudah mengusung memori internal 16 GB.

Anda akan memperoleh kapasitas memori internal sebesar 11.56 GB karena sisanya dipakai untuk aplikasi dan sistem bawaan dari smartphone ini. Namun, ukuran memori internal dalam smartphone ini sebenarnya tidak jadi masalah, mengingat kita masih bisa mengupgrade memori eksternal J7 hingga 128 GB.

Di saat beberapa ponsel lain yang dijual dengan harga di bawah J7 sudah menawarkan RAM berukuran 2 GB atau bahkan 3 GB, J7 hanya dibekali dengan RAM 1,5 GB. Ukuran RAM ini sama dengan yang ada pada Samsung Galaxy J5. Seharusnya Samsung bisa menyematkan ukuran RAM yang lebih besar dari ini.

Konektivitas

Ya, inilah kelebihan Samsung Galaxy J7 lainnya, yaitu kompatibilitas terhadap jaringan 4G LTE. Perlu Anda ketahui bahwa J7 adalah ponsel dual-SIM dan kedua slot SIM Card bisa dipakai pada jaringan 4G. Namun, kedua SIM tidak bisa sama-sama berada di jaringan 4G, hanya salah satu SIM saja yang bisa aktif di jaringan 4G, sementara yang lainnya di jaringan 2G atau 3G.

Konektivitas lain yang ada di dalam smartphone ini adalah Wi-FI 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.1, dan microUSB v2.0. Bahkan, J7 juga sudah mendukung USB On-The-Go. Bagaimana dengan konektivitas NFC? Tidak semua J7 mendapatkan konektivitas NFC. Hanya di beberapa wilayah tertentu saja NFC di ponsel pintar ini bisa dipakai.

Baterai

Untuk ukuran smartphone kelas menengah, Samsung sudah membekali J7 dengan baterai yang cukup baik. Ada baterai removable berkapasitas 3.000 mAh yang menghidupi ponsel cerdas ini.

Baterai ini mampu tahan seharian dalam penggunaan berat, seperti mengaktifkan jaringan 4G, menggunakan dua SIM, mengambil foto, memutar musik selama beberapa jam, sampai dengan main game. Dengan kombinasi antara Power Saving Mode dan Ultra Saving Mode, daya tahan dari baterai J7 ini bisa menjadi lebih lama.

Kamera

Sampel kamera Samsung Galaxy J7

Sampel kamera Samsung Galaxy J7

Dewasa ini, kamera adalah kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, kamera yang dimiliki sebuah ponsel harus mampu menghasilkan gambar yang lebih baik.

Kelebihan Samsung Galaxy J7 lainnya terletak pada kamera. Kamera utama J7 berukuran 13 MP dan dibekali dengan beberapa fitur, mulai dari Aperture F/1.9, Geo-Tagging, Digital Zoom, Face Detection, Panorama, Autofocus, Touchfocus, dan HDR. Tentu saja kamera ini juga dilengkapi dengan LED Flash untuk memungkinkan Anda mengambil gambar dalam kondisi gelap.

Sementara itu, di bagian depan terdapat kamera sekunder dengan sensori 5 MP. Kamera ini terbilang baik dan cukup cerah. Keunggulan lain yang ditawarkan oleh smartphone ini adalah ketersediaan LED Flash di kamera depan, sehingga Anda bisa selfie atau melakukan video call dalam kondisi pencahayaan yang minim

Fitur

harga samsung galaxy j7

Mari kita mengenal fitur apa saja yang tersedia di Samsung Galaxy J7. Ponsel yang berjalan di atas sistem operasi Android Lollipop v5.1.1 ini menyediakan fungsi Quick Launch, di mana Anda hanya perlu menekan tombol Home dua kali untuk dapat mengakses kamera dengan cepat. Di samping itu, ada Smart Manager yang berfungsi untuk statistik memori, status baterai, dan membersihkan RAM dari cache dan junk.

Galaxy J7 juga dibekali dengan FM Radio dengan tampilan baru yang lebih segar dibanding FM Radio di smartphone besutan Samsung sebelumnya. Anda juga bisa mengunduh berbagai aplikasi atau hal-hal favorit di Google Play Store melalui J7 ini.

Harga

Saat ini, harga yang dibandrol untuk satu buah Samsung Galaxy J7 adalah Rp 3.500.000. Harga ini terbilang sedikit pricey, mengingat kompetitor lainnya tampil dengan spesifikasi dan kualitas kamera yang lebih baik, seperti Oppo F1 misalnya.

Melihat semua kelebihan Samsung Galaxy S7 ini, apakah handset ini worth untuk dibeli? Ya. Carisinyal mengatakan ponsel ini tidak terlalu mengecewakan untuk dimiliki. Samsung berani memasang harga yang sedikit pricey, karena Samsung merupakan vendor besar dalam pasar smartphone dunia.

Namun jika Anda tidak terlalu mementingkan merk, maka Anda bisa memilih smartphone dari vendor lainnya yang lebih murah seperti Lenovo, Asus, Xiaomi, & Oppo.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar