Carisinyal / Samsung 2016 / Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J3 2016

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J3 2016

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Oktober 2018

Di awal tahun 2016, Samsung mengawali pembukaan tahun ini dengan meluncurkan sebuah smartphone yang masuk ke dalam kategori mid-end, yakni Samsung Galaxy J3 2016.

Seperti yang sudah bisa Anda tebak sebelumnya, Samsung memperbarui versi J2 yang sebelumnya sudah pernah dirilis. Tentu saja J3 2016 hadir dengan spesifikasi yang lebih baik. Penasaran? Simak review Samsung Galaxy J3 2016 berikut ini.

Desain

Desain yang diusung oleh Samsung Galaxy J3 ini terlihat lebih elegan. Di samping itu, Samsung menyediakan 3 pilihan warna untuk handset ini, yakni putih, hitam, dan gold. Namun, warna gold memiliki daya jual yang lebih tinggi dibanding kedua warna lainnya.

Dimensi dari Samsung Galaxy J3 ini adalah 142.3 x 71 x 7.9 mm. Dengan bobot 138 gram, handphone ini dianggap sudah cukup nyaman di dalam genggaman, karena tidak terlalu tebal dan berat.

Layar

Untuk urusan layar, Samsung membekali Galaxy J3 dengan layar Super AMOLED berukuran 5 inci. Layar tersebut mengusung resolusi 720 x 1280 piksel dengan kerapatan layar 294 ppi.

Menurut Carisinyal, layar yang ditawarkan oleh smartphone ini tajam, terang, dan memiliki sudut pandang yang baik. Overall, layar J3 menawarkan output warna cerah dan visibilitas sinar matahari yang baik. Hal ini tentu saja jauh lebih baik dari layar J2 yang berjenis QHD dengan ukuran 4,7 inci.

Prosesor

kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J3 2016

Di sektor dapur pacu, smartphone yang satu ini digawangi oleh prosesor Spreadtrum SC8830 yang diimbangi dengan keberadaan CPU Quad Core 1.2 GHz. Meskipun tidak terlalu istimewa, prosesor yang satu ini cukup stabil untuk menjalankan smartphone ini. Sementara itu, untuk mengatur tampilan grafisnya Samsung mempercayakan GPU Mali-400 yang ditanamkan di dalam handset ini.

Memori

Membahas mengenai review Samsung Galaxy J3 2016 tentu tak afdol jika kita tidak turut membahas ukuran memori yang membekali ponsel pintar ini. Samsung Galaxy J3 membawa RAM 1,5 GB. Ukuran RAM yang lumayan besar ini tentu saja mampu mengimbangi prosesor yang dibawa oleh smartphone ini.

Akan tetapi, menurut kami ukuran RAM itu masih terlalu kecil mengingat saat ini banyak sekali ponsel low-end dan mid-end yang sudah menawarkan RAM minimal 2 GB sehingga mungkin akan sedikit ketinggalan jaman.

Samsung menawarkan dua pilihan ukuran memori internal yang berbeda, yakni 8 dan 16 GB. Namun, Carisinyal sangat menyarankan Anda untuk menggunakan Samsung Galaxy J3 dengan memori 16 GB.

Jika Anda membeli yang versi 8 GB, Anda hanya dapat menggunakan slot 4,27 GB saja. Pasalnya, sisa dari memori internal tersebut sudah dipakai untuk menginstall aplikasi bawaan dari Samsung. Namun, berapapun ukuran memori internal yang Anda pilih, Anda tetap dapat memanfaatkan memori eksternal yang bisa diupgrade hingga 128 GB.

Konektivitas

Dewasa ini, jaringan 4G LTE memang sedang gencar diperkenalkan di Indonesia dan negara-negara lainnya. Oleh karena itu, banyak sekali konsumen yang memburu smartphone 4G LTE. Anda tak perlu khawatir, karena Samsung Galaxy J3 ini sudah kompatibel pada jaringan 4G LTE.

Smartphone ini berjenis dual-SIM dan kedua SIM mendukung jaringan 4G, tapi Anda hanya bisa mengaktifkan satu SIM saja untuk jaringan 4G. Dengan kata lain, Anda tidak bisa mengaktifkan 4G secara bersamaan pada dua SIM yang digunakan.

Di samping itu, smartphone ini juga memiliki konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.1, dan NFC. Seperti yang kita ketahui NFC sangat jarang dimiliki oleh ponsel mid-end, bukan? Samsung Galaxy J3 juga sudah mendukung USB On-The-GO (OTG).

Kamera

Inilah pembahasan yang paling ditunggu-tunggu dari review Samsung Galaxy J3 2016. Ya, apalagi jika bukan sektor kamera. Dewasa ini, tren berfoto-foto memang sedang booming. Banyak sekali kompetitor Samsung yang menawarkan handset murah dengan kualitas yang sangat baik, sebut saja Oppo F1 Selfie Expert atau Asus Zenfone Selfie.

Namun, di sektor kamera depan Samsung masih mengusung kamera berukuran 5 MP. Memang sangat kecil jika dibandingkan dengan kedua kompetitornya tersebut, tapi Anda akan sedikit terhibur dengan keberadaan LED Flash di kamera depan J3 ini.

kamera Samsung Galaxy J3 2016

Sampel kamera Samsung Galaxy J3 2016

Pada kamera belakang, J3 dibekali dengan kamera berukuran 8 MP. Kamera ini dilengkapi dengan autofocus dengan f/2.2 aperture yang lumayan. Sementara itu, bidikan kamera pada mode daylight baik, tapi gambar tidak terlalu cerah.

Bidikan makro dan HDR hanya rata-rata karena tidak ada perbedaan yang mencolok dengan gambar yang diambil secara normal. Kamera belakang handset ini tentu saja sudah dilengkapi dengan LED Flash.

Baterai

Salah satu keunggulan Samsung adalah brand ini menggunakan baterai removable alias baterai yang bisa dilepas di hampir semua gadget besutannya. Tentu saja hal ini akan menguntungkan penggunanya. Karena biaya pergantian baterai removable tentu lebih murah dibandingkan baterai non-removable.

Dalam review Samsung Galaxy J3 2016 ini, Carisinyal juga akan memberikan bocoran mengenai kapasitas baterai smartphone ini. Ponsel cerdas ini mengusung baterai Li-ion 2.600 mAh. Dengan kapasitas baterai ini, Samsung Galaxy J3 mampu stand-by selama 349 jam.

Bila Anda mengaktifkan jaringan 3G dan menggunakan ponsel ini secara aktif, maka daya tahan dari smartphone ini mencapai 10 jam 10 menit. Sayangnya, Samsung tidak menyematkan fitur fast charging pada handphone ini. Jadi, ketika baterai habis Anda harus mengisinya hingga penuh selama kurang lebih 2,5 jam.

Fitur

Samsung Galaxy J3 2016 motion lock

Sistem operasi yang menjalankan smartphone ini adalah Android Lolliipop v5.1.1. Untuk memuaskan konsumennya, Samsung juga memberi tambahan beberapa fitur pada J3, seperti Motion Lock, yakni fitur yang memungkinkan Anda untuk menjawab panggilan telepon ketika Anda melakukan sebuah gerakan, seperti berhenti bersepeda.

Selain itu, ada pula Ultra Data Saving Mode yang didukung dengan Opera Max untuk mengompresi data seluler, baik itu saat Anda streaming video, membuka gambar, dan segala aplikasi atau situs web. Handphone ini juga dilengkapi dengan FM Radio, RDS, dan Recording. Untuk panduan Anda saat berpergian, Anda bisa mengandalkan GPS built-in dan GLONASS/BDS.

Harga

Nah, inilah yang sudah pasti Anda tunggu-tunggu dari review Samsung Galaxy J3 2016. Anda pasti penasaran dengan harga yang dibandrol untuk satu buah Samsung Galaxy J3 2016, bukan? Saat ini seri Samsung Galaxy J3 yang beredar di Indonesia adalah yang mengusung memori internal 8 GB.

Handset tersebut dibandrol dengan harga sekitar 2,3 – 2,4 juta rupiah. Namun, di beberapa situs belanja online Anda bisa memperoleh dengan harga 2,2 juta. Bahkan, beberapa penjual di situs belanja online tersebut juga memberikan bonus microSD Card.

Simpulan

Inilah review Samsung Galaxy J3 2016 menurut Carisinyal. Kesimpulan dari kami handset ini cukup baik untuk Anda pecinta smartphone murah keluaran Samsung. Adanya LED flash pada kamera depan serta fitur NFC menjadi hal yang layak untuk Anda pertimbangkan jika Anda menyukai foto selfie atau bertransaksi menggunakan NFC.

Akan tetapi, kami tidak menyarankan Anda yang gemar fotografi atau menyimpan game dan banyak aplikasi lainnya untuk menggunakan smartphone ini. Selain itu, performa dari smartphone ini juga terkesan standar karena hanya menggunakan prosesor Spreadtrum dan RAM sebesar 1,5 GB.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

11 pemikiran pada “Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J3 2016”

  1. Ketika batrai masih sampai 16% hp samsung galaxy j3 langsung mati. Ketika di cas batrainya tinggal 0%. Gimana cara ngatasinnya. Trimakasih.

  2. Kenapa kontak hp saya ilang y…

  3. Kenapa kontak hp saya ilang y… saya pake samsung j3 2016. Mohon dibantu

  4. Hp sy j32016 akan tetapi jaringan nya lelet klu d layar tertera 4g kadamg mau kadang tdk apa lg h+ sementara hp temen yg laim tdk bgt,mohon petunjuk nya

  5. Hp saya j3 2016 batre mash 64 da mati
    Waktu d cas 0% tu knoa eA

  6. Kenapa hp saya j36 pengisian batrai sangat lama hingga 5 jam.dan saat hp tidak dipakai kenapa batrai saya habis sendiri sedangkan saya baru beli batrai yang sama tetapi tetap saja seperti itu.

  7. Mungkin samsung j3 2016 lelah karena lama waktu pakainya…jadsi saya menyarankan setiap 1 minggu sekali..hp nya dimatikan agar tidak eror

  8. Sya pakai j3 2016 knp ya kontak seru yg ada di hp ilang smuanya padahal ag idk ngapain2 dan jg kalau buka whatsap smua yg ada di grob tu smuanya padahal ilang … knp ya????

  9. Saya pake j3 16 ini susah mendapatkan 4g sangat lemot untuk internetan

  10. Saya pake j3 16 ini susah mendapatkan 4g sangat lemot untuk internetan ria

  11. Kenapa samsung j3 16 saya lampu led indikatornya tidak menyala
    Tolong infonya ya..

Tinggalkan komentar