advertisements

Dewasa ini, Bahasa Inggris merupakan bahasa universal yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai macam hal. Misalnya, Anda memerlukan keahlian dalam berbahasa Inggris saat sedang bekerja, berpergian ke luar negeri, berselancar ke dunia maya, hingga bermain game.

Untuk pandai berbahasa Inggris, Anda tidak perlu merogoh dana ekstra untuk mengikuti sebuah kursus karena Anda bisa belajar Bahasa Inggris di Android, iPhone, atau bahkan laptop dan PC Anda, lho. Melalui beberapa aplikasi belajar Bahasa Inggris ini, Anda bisa belajar grammar dan segala materi yang diperlukan agar Anda pandai berbahasa Inggris. Yuk, simak ulasan aplikasinya berikut ini!

Busuu

advertisements

Yang pertama ada sebuah aplikasi belajar Bahasa Inggris yang sangat mudah diinstall dan digunakan, yaitu Busuu. Anda akan belajar bahasa baru hanya dalam waktu beberapa menit setiap hari. Anda bisa menggunakan aplikasi ini kapan dan dimana pun Anda inginkan.

Bussu menyediakan beberapa bahasa, seperti Bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Jepang, Italia, Rusia, dan Polandia. Dengan aplikasi ini, Anda bisa berinteraksi dengan pengguna aplikasi ini yang juga sedang belajar bahasa. Tak hanya dalam bentuk tulisan, Busuu juga menyediakan audio yang dilengkapi dengan video dan foto untuk memudahkan Anda dalam belajar bahasa.

Memrise

Memrise aplikasi belajar bahasa inggris

Di dalam Memrise, Anda akan fokus dalam belajar Bahasa Inggris dengan memahami kosa katanya terlebih dahulu. Aplikasi ini menawarkan berbagai cara yang menarik dan kreatif untuk membuat penggunanya memahami setiap kosa kata yang diberikan, sehingga pengguna aplikasi ini bisa mengingat setiap kosa kata tersebut dengan mudah.

Selain memberikan interface yang sederhana, Memrise juga memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan pengguna aplikasi ini lainnya untuk dapat bersama-sama belajar Bahasa Inggris. Memrise menyediakan 30 tingkat pembelajaran. Sebagai pengguna Anda juga bisa memantau perkembangan Anda saat belajar dengan aplikasi ini.

Duolingo

Duolingo

Duolingo mengajarkan kita berbagai macam bahasa selain Inggris. Salah satu aplikasi wajib Android ini juga menyediakan bahasa Mandarin, Rusia, Polandia, dan masih banyak lagi. Duolingo membuat kegiatan belajar Bahasa Inggris terasa menjadi lebih mudah dan cepat.

Sama seperti Memrise, Duolingo turut menyediakan berbagai tingkat pembelajaran dengan kosa kata baru setiap hari. Anda juga bisa memilih topik untuk belajar Bahasa Inggris, mulai dari topik pendidikan, kesehatan, ilmu pengetahuan, dll. Jika Anda belajar dengan menggunakan Duolingo setiap hari, Anda akan bisa berbicara Bahasa Inggris secara sederhana dan membaca tulisan berbahasa Inggris pada koran atau buku.

Rosetta Stone

Rosetta Stone

Kegiatan belajar grammar jadi lebih mudah dengan adanya salah satu aplikasi belajar Bahasa Inggris terbaik yang satu ini, yakni Rosetta Stone. Aplikasi untuk anak dan dewasa ini akan membuat Anda pandai berbahasa Inggris dengan lebih cepat. Interface yang sederhana dan didukung dengan ribuan kata yang bisa mengimprovisasi vocabulary Anda.

Aplikasi ini menawarkan berbagai aktivitas menyenangkan seperti membuat satu kata dari kata yang lainnya, sehingga belajar Bahasa Inggris jadi terasa lebih mudah, nyaman, dan menarik. Rosetta Stone juga memberikan pembelajaran bahasa lain, seperti Perancis, Jerman, Italia, dan 19 bahasa lainnya.

FluentU

advertisements

FluentU menggunakan skenario alami agar pengguna aplikasi ini bisa lebih mudah dan cepat dalam belajar Bahasa Inggris. Aplikasi ini akan menggunakan video berita atau berita komersial agar Anda bisa berbicara dalam Bahasa Inggris dengan cepat.

Anda dapat menonton video yang sudah dipilih dengan caption yang tepat sehingga video jadi lebih interaktif. FluentU akan melacak kata-kata yang sudah Anda pelajari dan memberi saran kata-kata yang berhubungan dengan apa yang sudah dipelajari selama ini.

My WordBook

My WordBook adalah aplikasi berbentuk notebook yang memudahkan Anda dalam belajar Bahasa Inggris dengan cara yang luar biasa menarik. Di aplikasi ini, Anda akan menggunakan flashcards untuk belajar sehingga Anda dapat memahami makna dan mampu belajar membuat kalimat menggunakan kata-kata tertentu.

Flashcards yang terdapat pada My WordBook ini sudah dilengkapi dengan gambar dan suara sehingga menjadi semakin menarik. Overall, My WordBook adalah aplikasi belajar bahasa Inggris terfavorit untuk anak dan dewasa.

Lingua.ly

Lingua.ly

Aplikasi yang tersedia di iOS dan Android yang satu ini merupakan aplikasi pertama yang mengusung teknologi pembelajaran alami untuk mempelajari bahasa apapun. Aplikasi ini mengubah konten web ke dalam bahasa yang ingin Anda pelajari.

Lingua.ly memiliki sebuah fitur unik untuk merekomendasikan teks yang sesuai dengan kosa kata yang Anda pilih dari sebuah artikel yang ingin dibaca. Menariknya, Lingua.ly juga menyediakan sejumlah permainan latihan untuk menguji penguasaan kosa kata Anda.

Voxy

Voxy

Entah Anda adalah seorang pemula atau orang yang sudah lama belajar Bahasa Inggris, aplikasi belajar Bahasa Inggris yang satu ini nampaknya sangat cocok untuk Anda. Pasalnya, Voxy adalah aplikasi yang membuat materi pelajaran pribadi yang bisa disesuaikan dengan minat dan tujuan Anda.

Vosy turut memberikan tutor, fitur unik di mana Anda bisa memperoleh feedback dari kemajuan belajar Anda, dan fokus ada peningkatan kemampuan Anda dalam berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Voxy adalah aplikasi yang bisa diunduh melalui perangkat iOS maupun Android.

Listen and Speak

Listen and Speak

Satu lagi aplikasi yang bisa membuat Anda cepat pandai berbicara dalam Bahasa Inggris. Sesuai dengan namanya, Listen and Speak memang dirancang khusus agar penggunanya lebih terampil dalam berbicara dalam Bahasa Inggris dibanding menulis atau membaca teks Bahasa Inggris.

Aplikasi ini menyediakan rangkaian template yang harus diucapkan berkali-kali. Pengguna aplikasi Listen and Speak ini harus mengucapkan template tersebut dengan benar agar semakin lihai berbicara dalam Bahasa Inggris. Download segera Listen and Speak di iPhone atau smartphone Android Anda dan mulailah untuk belajar berbicara dengan Bahasa Inggris!

English Level Checker

English Level Checker

Sesuai dengan namanya, ketika Anda menggunakan English Level Checker, maka Anda harus mengetahui sejauh mana kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris agar Anda bisa memilh tingkat yang sesuai. Namun, jika Anda tidak mengetahui kemampuan Anda, cukup gunakan English Level Checker untuk memeriksa kemampuan Bahasa Inggris Anda.

Di dalam aplikasi ini, ada beberapa level untuk belajar Bahasa Inggris, yakni Beginner, Elementary, Pre-Intermediate, Intermediate, Upper-Intermediate, Advanced, atau Native. Jadi, walaupun kemampuan Bahasa Inggris Anda sudah berada di level Advanced atau Native, Anda tetap bisa melatih Bahasa Inggris Anda agar semakin baik menggunakan aplikasi ini.

Setelah mengetahui tingkatan Anda, maka aplikasi ini akan membantu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda, terutama kemampuan berbicara Anda agar menjadi semakin fasih lagi.

Sepuluh aplikasi belajar Bahasa Inggris ini bisa membantu Anda untuk mempelajari bahasa internasional ini tanpa perlu mengikuti kursus. Mengingat kursus Bahasa Inggris membutuhkan biaya yang tidak sedikit, maka keberadaan aplikasi-aplikasi ini bisa menjadi alternatif yang murah dan ekonomis untuk tetap mempelajari Bahasa Inggris. Yuk, siapkan gadget Anda dan mulailah mengunduh salah satu aplikasi di atas.

Artikel Menarik Lainnya: