advertisements

Action camera seperti Gopro memang sedang sangat digandrungi, terutama bagi para traveller yang selalu mendokumentasikan setiap perjalanan dan aktivitas mereka. Sayangnya, meskipun cara menggunakan Gopro terbilang mudah, tapi harga action camera tersebut cukup mahal. Belum lagi kini ada kamera drone yang bisa merekam segala aktivitas dari ketinggian. Namun, lagi-lagi harga drone yang mahal membuat tidak semua orang bisa memilikinya.

Untuk memenuhi kebutuhan action camera di kelas menengah ke bawah, kini hadir Xiaomi Yi. Kamera yang digagas oleh vendor asal Tiongkok yang juga memproduksi smartphone ini sangat laris di pasaran. Selain harganya murah, kualitas kamera Xiaomi Yi juga tidak kalah dengan sejumlah action camera lainnya. Nah, penasaran bagaimana cara menggunakan kamera Xiaomi Yi dan mengatasi berbagai masalah umum pada kamera murah ini? Simak ulasannya dari Carisinyal berikut!

Cara Menghubungkan Kamera Xiaomi Yi dengan Smartphone

advertisements

Untuk melihat gambar yang ditangkap oleh kamera Xiaomi Yi, Anda harus menghubungkan kamera ini pada smartphone. Pertama, Anda harus menginstall software Xiaomi Yi di iPhone atau Android. Kemudian, hidupkan kamera dan WiFi-nya (tombol WiFi terletak pada bagian samping kamera).

Jika LED WiFi menyala itu tandanya WiFi kamera sudah ON. Buka WiFi di smartphone, lalu cari WiFi kamera Xiaomi Yi dan hubungkan. Masukkan password default Xiaomi Yi, yakni 1234567890. Tunggu beberapa saat maka kamera akan terhubung dengan smartphone.

Cara Mengganti Nama dan Password WiFi Xiaomi Yi

Cara Mengganti Nama dan Password WiFi Xiaomi Yi Cara Menggunakan Kamera Xiaomi Yi

Jika Anda ingin mengganti nama dan password WiFi Xiaomi Yi, Anda harus melakukannya ketika kamera sedang terhubung dengan smartphone. Jadi, sambungkan terlebih dahulu Xiaomi Yi dengan ponsel Anda dengan cara di atas.

Melalui smartphone, masuk ke menu Settings pada smartphone, lalu pilih WiFi Settings untuk mengatur nama dan password baru perangkat Xiaomi Yi Anda. Setelah mengganti nama WiFi, tunggu beberapa saat karena Xiaomi Yi akan terhubung kembali dengan smartphone Anda.

Cara Mengambil Foto

Cara Mengambil Foto

Berikut ini adalah cara menggunakan kamera Xiaomi Yi untuk mengambil foto. Anda hanya perlu menghidupkan kamera, lalu secara otomatis Anda akan berada di dalam mode foto. Untuk memastikan bahwa kamera sudah berada dalam mode foto dan bisa langsung dipakai untuk mengambil gambar, lampu LED kecil tidak menyala merah.

Apabila sudah berada dalam mode foto, Anda bisa langsung meletakkan kamera di tongsis dan mulai mengambil gambar, Jika ingin memastikan lebih lanjut, cobalah untuk mengambil gambar dan lihat hasilnya melalui smartphone Anda.

Cara Mengambil Video

Cara Mengambil Video

Tak dapat dipungkiri bahwa Xiaomi Yi lebih banyak dipakai untuk mengambil video dibanding foto. Cara menggunakan kamera Xiaomi Yi untuk mengambil video adalah ubah mode video dari mode foto dengan cara menekan tombol power satu kali saja. Apabila kamera ini sudah berada dalam mode video, maka lampu LED di bagian atas, belakang, dan bawah akan menyala merah.

Untuk mulai merekam video, tekan tombol di bagian atas kamera. Lampu LED akan berkedip merah jika sedang mengambil video. Nah, jika Anda ingin menggunakan Xiaomi Yi untuk merekam di dalam air sebaiknya siapkan kamera dalam keadaan merekam sebelum Anda menyelam, kecuali jika Anda sudah mahir menyelam maka Anda bisa menekan tombol rekam saat sudah berada di dalam air.

Cara Melihat Hasil Foto dan Video

advertisements

Bila Anda sudah menghubungkan kamera dengan Xiaomi Yi, maka hasil foto bisa dilihat langsung di smartphone dengan mengunduhnya dari aplikasi Xiaomi Yi. Akan tetapi, bila Anda memakai Xiaomi Yi tanpa smartphone, maka Anda harus mengandalkan card reader dan memindahkan microSD yang terdapat pada kamera ke card reader tersebut agar Anda bisa melihat hasil foto dan videonya dari komputer.

Selain itu, Anda pun bisa langsung menghubungkan kamera dengan komputer untuk memilah hasil foto dan video secara langsung. Untuk metode yang terakhir, Anda harus sedia kabel USB agar bisa menghubungkan kamera ke komputer.

Deteksi MicroSD yang Rusak

MicroSD adalah jenis kartu memori yang kompatibel terhadap kamera Xiaomi Yi. Namun, microSD juga bisa mengalami kerusakan meskipun sedang dipasang di dalam kamera. Nah, cara untuk mendeteksi kerusakan microSD di kamera Xiaomi Yi cukup mudah.

Pada umumnya, jika microSD rusak kamera akan memberikan informasi kepada Anda melalui lampu LED yang terus berkedip dan mengeluarkan suara BIP. Di samping itu, tombol power pada kamera juga tidak akan berfungsi. Solusinya adalah lepas microSD dari kamera dan coba ganti dengan microSD yang baru.

Cara Merawat Baterai Xiaomi Yi

Cara Merawat Baterai Xiaomi Yi

Kamera Xiaomi Yi dibekali dengan baterai yang mampu bertahan selama 85 menit untuk mengambil foto maupun merekam video. Durasi waktu yang paling tepat untuk mengisi baterai kamera ini adalah 90 menit.

Pastikan Anda mengisi baterai dalam keadaan kamera yang sudah dimatikan. Pasalnya, mengisi baterai dalam keadaan kamera yang masih menyala hanya akan membuat suhu kamera menjadi tinggi dan terasa panas bila disentuh. Jika baterai sudah terisi penuh, maka lampu indikator yang menyala akan mati secara otomatis.

Cara Mengatasi Masalah Umum pada Xiaomi Yi

Cara Mengatasi Masalah Umum pada Xiaomi Yi

Meskipun cara menggunakan kamera Xiaomi Yi terlihat mudah, tetapi bukan berarti kamera ini tidak memiliki masalah. Beberapa masalah umum pada action camera murah ini biasanya adalah kegagalan dalam menghubungkan kamera dengan smartphone. Solusinya, pastikan update aplikasi di smartphone sudah yang paling mutakhir, fungsi WiFi pada kamera sudah aktif, password yang dimasukkan sudah benar, dan jarak antara kamera dengan smartphone tidak lebih dari 100 meter.

Di beberapa resolusi tertentu, Xiaomi Yi juga tidak bisa digunakan mengambil foto saat sedang merekam video. Berikut adalah resolusi video yang tidak support pengambilan gambar: 1080p 60/48fps, 960p 60fps, 720p, 120fps, dan 480p 240fps. Data yang ada di kamera juga bisa terhapus ketika Anda membuka cycle recording function, yakni penghapusan data lama untuk memberi ruang pada data baru. Solusinya, pindahkan data Anda ke komputer untuk menyediakan ruang pada kamera ini.

Cara Menggunakan Kamera Xiaomi Yi Saat Berpergian

Cara Menggunakan Xiaomi Yi Saat Berpergian

Cara menggunakan kamera ini sebenarnya sama dengan cara menggunakan action camera lainnya. Anda bisa meletakkan kamera ini di tongsis, helm, mulut, atau bahkan kendaraan Anda saat sedang berpergian. Bahkan, Anda juga bisa memakai Xiaomi Yi untuk merekam di dalam air. Namun, jangan lupa untuk menggunakan water case agar kamera tetap aman dipakai di dalam air.

Cara Membersihkan Layar Kamera

Untuk membersihkan layar kamera Xiaomi Yi gunakan kain lembut yang biasa dipakai untuk membersihkan kacamata. Hilangkan debu di layar dengan menggunakan kuas lembut.

Jangan gunakan alkohol, minyak, atau air untuk membersihkan layar kamera Xiaomi Yi. Jika Anda ingin agar layar terhindar dari goresan, pasanglah screen protector pada bagian layarnya.

Nah, itu tadi cara menggunakan kamera Xiaomi Yi berserta dengan cara untuk mengatasi berbagai masalah umum di action camera ini. Kesimpulannya, Xiaomi Yi adalah low-end action camera yang sangat worth untuk dimiliki.

Artikel Menarik Lainnya:
Referensi dan Sumber Gambar: