advertisements

Menggunakan laptop secara bersamaan terkadang membuat privasi kita terganggu. Pasalnya, mungkin kita ingin menyimpan data pribadi yang tidak ingin diketahui oleh orang lain. Ada banyak metode yang bisa digunakan untuk mengunci folder pribadi di laptop. Walaupun sebagian besar cara ini didominasi oleh bantuan aplikasi tambahan, tetapi Anda pun bisa mengunci folder tanpa aplikasi.

Bagaimana cara mengunci folder di laptop dengan atau tanpa aplikasi? Apakah cara ini efektif cukup efektif untuk mencegah orang lain membuka folder yang berisi data pribadi kita? Yuk, cari tahu cara selengkapnya dan jawabannya di sini!

Cara Mengunci Folder Di Laptop Tanpa Aplikasi

advertisements

Walaupun banyak masyarakat yang sudah pandai menggunakan laptop untuk bermain atau bekerja, tetapi sebagian besar masyarakat kita tidak mengetahui cara mengunci folder di laptop tanpa aplikasi. Hal ini cukup wajar mengingat Windows 7 atau Windows 8 memang tidak memberitahukan secara spesifik bagaimana cara mengunci sebuah folder tanpa menggunakan aplikasi.

Kali ini, Carisinyal akan mengajak Anda untuk mengetahui cara mengunci folder dengan password di Windows 7. Metode ini tidak hanya mengunci folder, tetapi juga menyembunyikan folder berisi dara pribadi Anda sehingga pengguna laptop yang sama tidak bisa menemukan folder Anda.

  1. Pertama, cobalah untuk membuat folder baru dengan nama apapun. Kemudian, Anda bisa mencoba untuk mengisi folder tersebut dengan data-data pribadi yang ingin disimpan, bisa berupa dokumen, gambar, musik, atau video.
  2. Arahkan ke folder yang Anda buat tersebut dan klik kanan lalu buat Text Document baru.
  3. Selanjutnya adalah cara memberi password pada folder. Buka dokumen, lalu paste kode berikut ini ke dalam isi dokumen:

cls
@ECHO OFF
title Folder Private
if EXIST “HTG Locker” goto UNLOCK
if NOT EXIST Private goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)
set/p “cho=>”
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Private “HTG Locker”
attrib +h +s “HTG Locker”
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to unlock folder
set/p “pass=>”
if NOT %pass%== PASSWORD_GOES_HERE goto FAIL
attrib -h -s “HTG Locker”
ren “HTG Locker” Private
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Private
echo Private created successfully
goto End
:End

  1. Ubah PASSWORD_GOES_HERE dengan kata-kata lain yang Anda inginkan untuk menjadi password folder Anda. Lalu simpan file ini dengan format locker.bat.
  2. Setelah file berhasil disimpan sebagai file batch, Anda bisa menghapus file teks yang asli.
  3. Sekarang jalankan file batch Anda dengan klik dua kali pada saat pertama kali Anda menjalankannya, ini akan membuat private folder. Segera tambahkan file pribadi yang ingin Anda simpan ke folder tersebut. Setelah selesai memasukkan file-file pribadi Anda, jalankan locker.bat kembali.
  4. Di layar laptop akan muncul pertanyaan apakah Anda akan mengunci folder, tekan huruf “Y” dan “Enter” untuk mengunci folder Anda.
  5. Anda akan melihat bahwa folder pribadi Anda sudah menghilang. Ketika Anda akan menjalankan script lagi, Anda akan diminta untuk memasukkan password yang tadi sudah Anda buat.

cara mengunci folder

Setelah folder berhasil disembunyikan, Anda tentu saja akan mencari cara agar folder tersebut bisa dilihat kembali. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengembalikan folder yang disembunyikan:

  1. Masuk ke dalam Folder Options
  2. Hapus centang pada kotak “Show hidden file, folders, and drives” dan hapus centang pada kotak “Hide protected operating system files”

Cara Mengunci Folder Di Laptop dengan Aplikasi

mengunci folder dengan aplikasi

Mungkin Anda merasa bahwa cara mengunci folder di laptop tanpa aplikasi terasa lebih rumit. Nah, Anda bisa menggunakan cara mengunci folder di laptop dengan bantuan aplikasi tambahan. Cara ini lebih mudah karena Anda hanya perlu mengunduh dan menginstall aplikasi yang bisa mengunci folder pribadi Anda.

Berikut ini Carisinyal akan merekomendasikan beberapa aplikasi yang bisa menjadi cara mengunci folder di laptop secara lebih mudah:

  • Folder Lock Free

folder lock

Aplikasi yang satu ini bisa mengunci folder, driver, dan file agar tidak bisa dibuka oleh orang lain. Di samping itu, password yang dibuat dengan Folder Lock Free juga bisa melindungi USB, CD, DVD, dan hard disk. Anda pun bisa menggunakan aplikasi ini untuk memproteksi akun Facebook atau Gmail pribadi Anda.

Folder Lock Free memproteksi data Anda dengan bantuan AES Encryption, yang merupakan salah satu enkripsi paling cepat dan aman. Folder Lock Free akan memberikan Anda trial selama 30 hari, lalu Anda harus membeli aplikasi ini seharga $39,95. Aplikasi ini kompatibel terhadap sistem operasi Windows 8, 7, Vista, 2000, dan XP.

  • Easy File Locker

Selanjutnya, ada Easy File Locker yang merupakan freeware mudah untuk menggunakan software pada sistem operasi Windows. Aplikasi ini akan melindungi file dan folder pribadi Anda.

advertisements

Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi ini bekerja dengan memberikan perlindungan ekstra pada folder Anda. Pengguna lain tidak akan bisa membuka, membaca, menghapus, atau memindahkan file maupun folder Anda. Easy File Locker sangat ringan sehingga tidak akan mempengaruhi kecepatan sistem.

  • Protected Folder

Cara Protected Folder melindungi file pribadi Anda ini sedikit berbeda dengan aplikasi sejenis lainnya. Anda hanya perlu melakukan drag and drop folder atau file ke dalam kotak pengaman yang diberikan oleh aplikasi ini. Kotak ini nantinya akan menyembunyikan dan melindungi file Anda agar orang lain tidak bisa melihat atau mengubah file tersebut.

Protected Folder hanya mendukung laptop dengan sistem operasi Windows 7 dan 8 saja, Anda harus membayar $39 per tahun untuk dapat menggunakan aplikasi ini.

  • WinMend Folder Hidden

WinMend Folder Hidden adalah aplikasi penyembunyi file dan folder yang sangat mudah dioperasikan. Aplikasi ini menyediakan fitur menyembunyikan folder atau file serta menampilkannya kembali dengan cepat. Pengguna dapat menambahkan password yang harus dimasukkan untuk membuka file atau folder tertentu.

WinMend Folder Hidden adalah aplikasi yang ideal untuk pengguna rumahan. Karena tingkat keamanan dari aplikasi ini juga cukup aman walaupun sederhana. WinMend Folder Hidden adalah aplikasi yang bisa diunduh secara gratis. Anda bisa menginstall aplikasi ini di laptop atau PC dengan sistem operasi Windows 7, 8, dan Vista.

Itulah kedua cara mengunci folder di laptop dengan atau tanpa menggunakan password. Bila Anda tidak ingin ribet, maka Anda bisa mengunci folder dengan bantuan aplikasi tambahan. Namun, bila Anda menginginkan tingkat keamanan yang lebih tinggi untuk folder pribadi Anda, gunakan cara mengunci folder tanpa aplikasi.

Artikel Menarik Lainnya: