Carisinyal / Tips Privasi / 10 Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android dengan Mudah

10 Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 31 Januari 2019

Pernahkah Anda memergoki teman atau orang terdekat sedang membuka-buka file pribadi pada smartphone Anda? Hal seperti itu tentu sangat tidak menyenangkan. Mereka kerap kali membuka history chat di BBM atau WhatsApp, melihat-lihat foto pribadi kita, sampai menelusuri riwayat di browser Anda.

Ide untuk memberikan kode pengaman pada layar smartphone adalah ide yang sangat tepat. Akan tetapi, built-in security dari ponsel terkadang bisa ditembus dengan mudah, terutama jika stalker Anda adalah ahli IT. Lantas, bagaimana cara melindungi aplikasi dari para stalker? Anda bisa menyimbunyikan aplikasi agar tidak terlacak oleh stalker tersebut. Nah, berikut adalah 10 cara menyembunyikan aplikasi di Android.

10 Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

1. Security Master

Security Master

Cheetah Mobile mengembangkan dan membuat sebuah aplikasi untuk menyembunyikan aplikasi yang ada di perangkat Android. Aplikasinya ini dinamakan dengan Security Master. Kami sangat merekomendasikan aplikasi ini sebagai salah satu cara menyembunyikan aplikasi di Android. Mengapa?

Sebab, aplikasi yang sudah diunduh oleh lebih dari 24 juta kali di PlayStore ini memberikan keamanan aplikasi yang cukup baik. Dalam aplikasinya, Security Master memperbolehkan Anda untuk memilih konsep penguncian aplikasi, mulai dari pattern, Kode PIN, sampai dengan fingerprints. 

Tak hanya itu saja, Security Master juga siap memotret siapapun yang berusaha untuk membuka HP Anda secara paksa. Juga, Security Master juga berindak sebagai salah satu aplikasi anti virus di Android dan menyediakan fitur Junk Clean, Safe Connect VPN, serta Massage Security. Sangat lengkap bukan? Download aplikasi Security Master di sini, gratis lho.

2. CM Locker

CM Locker

Masih dengan aplikasi yang dikembangkan oleh Cheetah Mobile. Kali ini mereka menyajikan sebuah aplikasi yang hanya berfokus untuk mengunci aplikasi di Android saja. Adalah CM Locker, sebuah aplikasi yang sudah meraup lebih dari 3 juta kali pengunduh di PlayStore.

Dalam aplikasinya ini, CM Locker sudah siap dengan berbagai macam fitur yang mumpuni. Beberapa diantaranya yakni Anda bisa mengunci aplikasi yang ada di HP. Pengguna CM Locker bisa menguncinya dengan menggunakan pattern atau pun kode PIN.

Selain itu juga, CM Locker memiliki fitur dimana Anda bisa mengunci lockscreen HP dengan tampilan tema yang unik dan menarik. Tak cukup sampai di situ saja, CM Locker juga siap memotret siapa pun yang berusaha membuka paksa aplikasi yang sudah dikunci. Mau pakai CM Locker? Download aplikasinya di sini.

3. AppLock – Fingerprint

AppLock - Fingerprint

Kini anda tidak perlu khawatir privasi Anda akan terganggu. Pasalnya, AppLock ini siap membantu Anda untuk mengamankan setiap aplikasi yang ada di Android. Jadi, Anda tidak perlu khawatir orang lain akan melihat bahkan membajak sosmed Anda.

Dalam aplikasi yang dikembangkan oleh SpSoft ini penggunanya bisa mengunci aplikasi dengan menggunakan pattern, kode PIN, juga fingerprint. Istimewanya, AppLock ini juga bisa membuat HP ada error. Tenang saja bukan error sungguhan, namun fake error agar orang yang berusaha membajak aplikasi Anda merasa panik ketika melihat HP Anda rusak. Mau coba? Klik di sini untuk dapatkan aplikasinya.

4. App Lock

App Lock

Masih dengan aplikasi untuk cara menyembunyikan aplikasi di Android. Kali ini aplikasi App Lock hadir dan dapat menjadi salah satu solusi terbaik yang bisa Anda andalkan. Dalam aplikasinya, App Lock mengklaim bahwa aplikasinya mampu untuk mengamankan segala aplikasi yang ada di HP Android.

Tak hanya itu saja, App Lock ini membuktikan kebolehannya dengan mengusung beberapa fitur andalan. Di App Lock, Anda bisa mengunci segala macam aplikasi mulai dari sosmed, SMS, galeri, dan lainnya. Anda hanya perlu memasukan kode pattern atau PIN saja dan kunci setiap aplikasi yang ingin Anda amankan. Mudah bukan? Dapatkan App Lock di sini.

5. LOCKit

LOCKit

SuperTools Corporation membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi yang bernama LOCKit. Dalam aplikasinya, LOCKit berfungsi untuk mengunci beragam aplikasi yang ada di perangkat Android. Banyak aplikasi yang bisa Anda kunci dengan menggunakan aplikasi LOCKit.

Aplikasi yang sudah mendapatkan hampir 300.000 kali pengunduh ini membebaskan penggunanya untuk memilih konsep kunci di setiap aplikasi. Anda bisa menguncinya dengan menggunakan pola ataupun kode rahasia. Tak hanya itu saja, bahkan LOCKit juga menyiapkan tema yang unik dan menarik saat aplikasi terkunci. Penasaran? Yuk pakai aplikasi LOCKit dan download di sini.

6. AppLocker | Lock Apps

AppLocker - Lock Apps

Mengunci aplikasi, menyembunyikan foto, dan memilih tema untuk HP Android kini bisa Anda lakukan dengan hanya satu aplikasi saja. Adalah AppLocker | Lock Apps, sebuah aplikasi untuk cara menyembunyikan aplikasi di Android. Aplikasi yang dibesut oleh developer burakgon ini cukup baik dalam memberikan privasi kepada para penggunanya.

Dengan aplikasi AppLocker | Lock Apps, Anda tidak perlu khawatir dengan orang yang berusaha untuk mengintip ke dalam aplikasi Anda secara sembarangan. Juga, Anda bisa menyembunyikan folder foto atau pun video yang tidak boleh diperlihatkan kepada orang lain. Anda juga mau aplikasinya aman dari stalker? Yuk download aplikasi AppLocker | Lock Apps di sini.

7. AppLock – Hyper Speed

applock - hyperspeed

Hyper Speed tidak mau kalah dan turut mengembangkan sebuah aplikasi pengunci aplikasi, namanya AppLock. Dalam aplikasinya, Anda bisa mengunci aplikasi dengan tiga metode, yakni fingerprint, PIN, dan pattern. Nah, kalau ada yang ingin mencoba masuk atau membobol kode akses, maka aplikasi AppLock akan segera memberikan alarm.

Selain alarm, AppLock juga akan langsung memotret pelaku pembobolan kode akses. Jadi, Anda bisa tahu siapa yang mencoba masuk ke dalam aplikasi yang sudah dikunci. Meskipun punya banyak fitur menarik, bukan berarti AppLock adalah aplikasi yang berat, justru sangat ringan hanya 6.5 MB saja. Tertarik? Langsung download aplikasinya di sini.

8. AppLock

AppLock

Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengatur password atau membuka pola aplikasi tertentu yang ada di smartphone Anda. AppLock sangat berguna bagi Anda yang tidak ingin mengunci homescreen terus menerus. Dalam menu utama aplikasi ini, Anda akan menemukan daftar aplikasi yang terpasang di perangkat dan Anda bisa mengatur aplikasi apa saja yang ingin dikunci dengan sandi khusus.

AppLock menyediakan banyak pilihan kustomisasi untuk mengunci fitur tertentu pada ponsel, seperti kemampuan untuk menerima panggilan telepon dan mengakses peraturan di perangkat Anda. Aplikasi besutan DoMobile Lab ini sudah tersedia di 50 negara dan support 24 bahasa.

Bila Anda ingin memiliki AppLock, download aplikasinya secara gratis atau beli versi pro dari aplikasi ini melalui Google Play Store.

9. Andrognito

Andrognito

Interface yang cantik dengan desain segar, minimalis, dan modern adalah andalan dari aplikasi Andrognito. Di balik keunggulannya itu, Andrognito tetap berfungsi untuk melindungi aplikasi Anda dari stalker. Stealth mode harus diaktifkan secara manual melalui pengaturan aplikasi. Masuk ke aplikasi menggunakan PIN Anda melalui tombol dial di perangkat, lalu tekan ‘Call’.

Andrognito menawarkan fitur yang hebat dengan tingkat keamanan yang cukup tinggi. Aplikasi yang dikembangkan oleh CODEX ini  dapat menyembunyikan dan mengenkripsi jenis file dengan perlindungan tinggi. Aplikasi pelindung ini sudah didownload sebanyak 100 ribu kali oleh pengguna Android

Untuk menggunakan Andrognito, Anda hanya perlu mengunduhnya di Google Play Store. Aplikasi ini ditawarkan secara cuma-cuma alias gratis.

10. Smart Hide Calculator

smart hide calculator

Beberapa aplikasi sejenis hanya menyembunyikan dan mengenkripsi file untuk menyembunyikan data. Namun, aplikasi ini memberikan keamanan yang lebih tinggi. Proses perlindungan dari Smart Hide Calculator hampir sama dengan prosedur penggunaan token internet banking. Anda akan menggunakan angka yang tertera di kalkulator sebagai password Anda.

Untuk bisa menggunakan Smart Hide Calculator pada smartphone Anda, Anda memerlukan hak akses root. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengunci semua jenis aplikasi dengan format-format tertentu. Smart Hide Calculator adalah aplikasi yang fungsional dan cerdas.

11. AppLock – Fingerprint Unlock

AppLock - Fingerprint Unlock

Selanjutnya untuk cara menyembunyikan aplikasi di Android, Anda bisa menggunakan aplikasi AppLock – Fingerprint Unlock. Aplikasi yang disediakan secara gratis ini mampu untuk mengunci setiap aplikasi yang Anda miliki di HP Android. AppLock – Fingerprint Unlock juga menyediakan beragam konsep penguncian.

Anda bisa memilih salah satu dari tiga konsep kunci yang ada di AppLock – Fingerprint Unlock. Konsep yang pertama, Anda mengunci menggunakan pattern. Sedangkan konsep kedua, Anda bisa menentukan kode berupa PIN. Dan yang terakhir, Anda bisa memanfaatkan fingerprint. 

Berbagai cara menyembunyikan aplikasi di Android ini sangat bermanfaat bagi Anda yang sudah jengah dengan ulah stalker yang kerap kali membuka-buka isi ponsel Anda. Kini Anda dapat dengan tenang menggunakan smartphone tanpa khawatir lagi diintip oleh para stalker. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

4 pemikiran pada “10 Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android dengan Mudah”

  1. Makasih infonya… Oiya
    klau bisa …
    Tulis dong tentang cara mematikan pola handphone di android karna …pola hp saya gak bisa dimatiin…
    Bukannya gak tau tetapi fitur untuk mematikan pola handphone saya gak bisa di klik…

    Oiya klau bisa balas yahh ….lewat email klau artikel anda udh ada.. MAKASIH

  2. Mengunci dan menyembunyikan aplikasi beda ah..!!

  3. Terima kasih infonya kunjungi juga blog saya di Dedenanda.blogspot.com

  4. KEREN GAN ,NICE INFO Dedenanda.blogspot.com

Tinggalkan komentar