carisinyal web banner retina

Ini Dia 2 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Aplikasi di HP Samsung bisa disembunyikan. Inilah yang akan saya ulas pada artikel kali ini. Bagi kamu pengguna HP Samsung, kamu bisa kok melindungi privasi HPmu dengan menyembunyikan aplikasi tertentu yang dirasa penting.

Untuk melindungi konten-konten pribadi pengguna, Samsung sudah membekali perangkatnya dengan aplikasi buatan sendiri yang dinamai Secure Folder.

Secure Folder yang hanya bisa diakses oleh pemilik HP atau orang tertentu ini memungkinkan konten berupa foto atau video tidak bisa dijangkau oleh orang lain.

Beberapa Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung

Melindungi data yang sangat penting tentu tidak hanya dilakukan dengan menggunakan kunci pengaman yang kata sandinya tidak diketahui orang lain. Akan tetapi, karena alasan-alasan tertentu aplikasi perlu disembunyikan agar aplikasi yang mengandung data penting terlindung dengan baik.

Beberapa cara bisa kamu lakukan, di antaranya adalah menggunakan aplikasi buatan Samsung, yakni Secure Folder dan dengan menggunakan aplikasi lainnya. Berikut saya jelaskan dalam poin-poin di bawah.

1. Menyembunyikan Aplikasi dengan Secure Folder

Bagi kamu yang menggunakan akun ganda seperti dua akun WhatsApp atau pun akun media sosial lainnya, Secure Folder merupakan aplikasi yang berguna.

Yang tak kalah menarik, aplikasi ini punya kemampuan untuk menduplikasi aplikasi tertentu. Sebelum membuat Secure Folder, pastikan kamu sudah punya akun Samsung, ya. Kamu bisa masuk dengan akun Google melalui Pengaturan HP.

Sebelumnya, aktifkan dulu Secure Folder melalui pengaturan telepon. Langkah menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • Buka HP kamu dan cari "Secure Folder" di daftar aplikasi. Gunakan kolom pencarian untuk menemukan Secure Folder.
samsung-secure-folder-1
  • Buat metode kunci keamanan untuk membuka folder. Ada beberapa metode yang bisa kamu pilih, di antaranya adalah pola, sidik jari, PIN, kata sandi, dan pemindai iris. Sebagai contoh, saya pilih PIN.
secure-folder-2-1
  • Selanjutnya, buka aplikasi tersebut pada menu aplikasi atau istilahnya App Drawer.
secure-folder-3-1
  • Klik tombol "Add Apps" atau tekan tombol "+" untuk memilih aplikasi mana yang ingin kamu sembunyikan.
  • Terakhir, pilih cara menyembunyikan aplikasi. Caranya mudah. Pilih salah satu aplikasi, tekan beberapa lama sampai muncul tanda centang. Setelah itu, klik Add untuk menyembunyikan aplikasi di HPmu.

Jika kamu ingin membuka aplikasi yang disembunyikan, kamu tinggal masuk ke aplikasi Secure Folder dan memasukan kunci keamanan yang sudah kita buat di awal. Dan kalau kamu ingin menduplikasi aplikasi, cukup tekan aplikasi yang sudah disembunyikan dalam Secure Folder, lalu pilih "Add to Homescreen".

2. Sembunyikan Aplikasi dari Homescreen

Selain menggunakan Secure Folder, kamu dapat menggunakan cara menyembunyikan aplikasi di HP Samsung lewat Homescreen. Di HP Samsung terbaru, hal ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Silakan ikuti langkah-langkah berikut:

sembunyikan aplikasi samsung 1-1_
  • Buka App Drawer, lalu pilih ikon dengan titik tiga di bagian kanan atas layar.
sembunyikan aplikasi samsung 2-1_
  • Pilih “Settings” diikuti dengan “Hide apps on Home and Apps screens”.
sembunyikan aplikasi samsung 3-1_
  • Tentukan aplikasi yang ingin disembunyikan. Sebagai contoh, kami memilih Spotify. Jika sudah, silakan tekan “Done”.
sembunyikan aplikasi samsung 1-side_
  • Aplikasi yang tadinya muncul di layar akan langsung disembunyikan oleh sistem.
sembuyikan aplikasi samsung 5-side_
  • Jika ingin mengaksesnya kembali, cari aplikasi melalui kolom pencarian di App Drawer. Ketik namanya (contoh: Spotify). Lalu, buka aplikasi tersebut.
  • Anda juga bisa mengaksesnya di menu “Apps” di “Settings”. Cari aplikasinya dengan mengetik nama (contoh: Spotify). Lalu, tekan “Open”.

Menyembunyikan Aplikasi dengan Aplikasi Lain

Bagi kamu pengguna HP Samsung dengan OS Marshmallow ke bawah, kamu bisa menggunakan aplikasi yang terdapat di Google PlayStore secara gratis tanpa melakukan root pada HP. Meskipun banyak aplikasi lain yang tak kalah bagus, kami memilih dua aplikasi ini karena fiturnya yang efektif dan cara penggunaannya yang ringkas.

1. App Hider: Menyembunyikan Aplikasi (No Root)

app hider

App Hider merupakan sebuah aplikasi yang dibuat untuk menyembunyikan aplikasi di HP Samsung terutama WhatsApp, Facebook Messenger dan Instagram. Selain itu, aplikasi ini pun punya kemampuan kloning yang sangat bagus untuk mengakses beberapa akun dalam satu perangkat. Lebih dari itu, App Hider dapat menyembunyikan foto dan video dengan perlindungan yang aman.

Saya coba menggunakan aplikasi ini untuk menyembunyikan sebuah aplikasi lain. Ini cara yang bisa diikuti:

  • Unduh dan jalankan App Hider di perangkat kamu.
  • Setelah itu, tekan pada opsi "Agree" di dialog yang muncul.
app-hider-1-1
  • Lanjutkan dengan menekan tombol "Continue".
app-hider-2-1
  • Tekan tombol atau tanda "+" untuk menambahkan aplikasi yang ingin disembunyikan.
app-hider-3-1
  • Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan. Sebagai contoh, saya coba memilih aplikasi Instagram.
app-hider-4-1
  • Tekan tombol "Import (Hide/Dual)" untuk menduplikasi aplikasi.
app-hider-5-1
  • Aplikasi Instagram akan muncul di beranda App Hider. Tekan sebanyak dua kali pada ikon aplikasi Instagram tersebut.
app-hider-6-1
  • Tekan tombol "Hide" untuk menyembunyikan aplikasi.
app-hider-7-1
  • Lanjutkan dengan menguninstall aplikasi Instagram di HP kamu melalui App HIder. Jangan lupa pastikan dupikat aplikasi Instagram di App Hider sudah tersedia dan bisa dipakai.
app-hider-8-1

Buat saya, aplikasinya cukup praktis dan mudah digunakan. Tak ada salahnya untuk mencoba App Hider, terlebih jika di HP Samsung kamu tak ada Secure Folder.

2. HideU

hideu_

HideU adalah aplikasi yang dapat kamu andalkan untuk menyembunyikan aplikasi tertentu. Kamu hanya perlu membuat empat digit kata sandi dan pertanyaan keamanan (security questions). Setelahnya, kamu bisa langsung menyembunyikan aplikasi lewat fitur Hide App yang ada.

Cukup pilih aplikasinya, lalu tekan tombol “Done” untuk menyelesaikan. Aplikasinya akan tetap tersembunyi selama kamu tidak meng-unhide-nya secara manual. Ingat, jangan sampai orang tahu kode rahasia dan pertanyaan keamananmu, ya. 

Oh iya, aplikasi ini akan ‘menyamar’ menjadi kalkulator di HPmu. Menurut saya, aplikasinya tak kalah keren dengan pesaing lain. Simpel juga penggunaannya. Tertarik? Silakan unduh HideU di Google Play Store.

3. Hyde App

hyde-app

Hyde App pun jadi aplikasi yang bisa kamu andalkan. Adanya fitur PIN di membuat kerahasiaan daftar apliksi tersembunyi menjadi terjaga. Di versi premium, ada fitur tambahan berupa advanced settings yang dapat memperluas opsi pengaturan aplikasi.

Saya coba untuk menyembunyikan aplikasi perpesanan dengan Hyde App dan berhasil dilakukan dalam hitungan detik saja. Namun, sebelumnya, Anda harus menjadikan Hyde App sebagai launcher utama di HP.

Cara menyembunyikan aplikasi dengan Hyde App tak jauh berbeda dengan aplikasi serupa. Cukup tekan tanda "+", lalu pilih aplikasi yang ingin disembunyikan. Nah,di sini tak ada fitur kloning, ya. Aplikasinya juga masih dapat diakses langsung dari Hyde App dan hanya akan hilang dari app drawer HP saja.

Selama saya pakai, aplikasi ini cukup menampilkan banyak iklan. Kalau terganggu, iklannya bisa dihilangkan dengan berlangganan. Unduh di Google Play Store.

4. Calculator Vault

calculator vault 1-side_

Tak berbeda jauh dengan aplikasi serupa, Calculator Vault juga memiliki fungsi untuk menyembunyikan aplikasi lain. Tentu, kamu akan diminta membuat PIN. Jumlahnya sebanyak enam digit. PIN ini menjadi akses satu-satunya ke aplikasi Calculator Vault.

Kamu bisa menyembunyikan berbagai jenis file. Termasuk foto dan video juga. Aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan. Bahkan, di dalamnya terdapat tutorial yang bisa kamu ikuti. Oh iya, aplikasi ini akan tampil sebagai kalkulator di HPmu, sama dengan HideU.

Calculator Vault dapat diunduh secara gratis. Hanya saja, saat saya coba, di dalam aplikasinya terdapat cukup banyak iklan. Silakan unduh Calculator Vault melalui Google Play Store.

5. Notepad Vault

notepad vault 1-side_

Selanjutnya, ada Notepad Vault. Aplikasi ini juga dapat membantu kamu untuk menyembunyikan aplikasi dengan mudah. Secara tampilan, memang aplikasinya mirip seperti Notepad atau Memo. Namun, saat kamu ketikkan password yang dibuat, app drawer berisi aplikasi yang kamu sembunyikan akan muncul.

Aplikasi ini tak jauh berbeda dengan Calculator Vault. Bahkan tampilan dan cara pakainya pun sama. Di dalamnya juga terdapat tutorial untuk menyembunyikan aplikasi yang bisa kamu ikuti. Lagi, aplikasi ini bisa digunakan dan diunduh secara gratis.

Kamu juga bisa menduplikasi sebuah aplikasi dengan Notepad Vault. Selama saya menggunakannya, tak ada iklan yang tampil dalam aplikasi. Unduh Notepad Vault di Google Play Store.

Nah, sekarang sudah tahu ‘kan cara menyembunyikan aplikasi di HP Samsung? Aplikasi yang menyuguhkan kerahasian penggunaan ini memberikan ruang yang sangat baik dengan menyediakan ruang pribadi dan perlindungan data yang aman.

Namun, kamu bisa mempertimbangkan apakah kamu memerlukan penyembunyi aplikasi atau tidak. Jika kamu memang memerlukan aplikasi ini pastikan ruang penyimpanan HP besar sehingga tidak akan berpengaruh pada kinerja HP ke depannya.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram