carisinyal web banner retina
Carisinyal / Tips Trik / Ini Dia Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung

Ini Dia Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 18 April 2021

Aplikasi di HP Samsung bisa disembunyikan. Inilah yang akan kita ulas pada artikel kali ini. Bagi kamu pengguna HP Samsung, kamu bisa kok melindungi privasi HPmu dengan menyembunyikan aplikasi tertentu yang dirasa penting. Untuk melindungi konten-konten pribadi pengguna, Samsung sudah membekali perangkatnya dengan aplikasi buatan sendiri yang dinamai Secure Folder.

Secure Folder yang hanya bisa diakses oleh pemilik HP atau orang tertentu ini memungkinkan konten berupa foto atau video tidak bisa dijangkau oleh orang lain. Sebelum membahas cara menyembunyikan aplikasi di HP Samsung, ada yang perlu kamu ketahui mengenai Secure Folder yang penting ini. Yuk disimak ulasannya.

Tentang Secure Folder Samsung

Meskipun HP adalah benda yang pemakaiannya bersifat pribadi, kadang tetap saja tidak bisa dihindari pengintipan dari teman kita yang iseng ngintip aplikasi atau konten yang terdapat pada HP kita.

Bagi pengguna Samsung, ini bisa diatasi dengan menggunakan Secure Folder yang bisa melindungi file privasi. Aplikasi buatan Samsung ini kompatibel pada tipe Samsung yang menggunakan operasi Android dari Nougat 7.0 ke atas.

Bagi pengguna Samsung tipe lama dengan operasi sistem Android Marshmallow atau Lollipop, bisa gunakan aplikasi yang menawarkan fitur serupa yang tersedia di Google Play Store.

Secure Folder bawaan Samsung ini merupakan layanan khusus yang menyediakan lingkungan independen yang terisolasi dalam perangkat HP. Aplikasi dan data yang ditambahkan ke dalam Secure Folder, misalnya berupa dokumen, foto, file audio tidak bisa diakses dari luar aplikasi baik itu melalui USB atau WiFi.

Aplikasi istimewa dari Samsung ini memanfaatkan platform keamanan Samsung Knox Security Level untuk menciptakan ruang pribadi yang dienkripsi. Aplikasi dan data yang dipindahkan ke dalam Secure Folder di sandbox mendapatkan keamanan dan privasi tambahan.

Jika perangkatmu mendeteksi adanya aktivitas rooting atau ROM khusus, Secure Folder akan otomatis mengunci akses yang tidak sah tersebut. Dalam hal ini kamu tidak bisa mengakses aplikasi dan data yang tersimpan di dalam Secure Folder Samsung.

Oleh karena itu, sebaiknya pastikan kamu membuat cadangan aplikasi lain di luar Secure Folder misalnya pada komputer sebelum kamu memindahkannya pada folder rahasia buatan Samsung ini. Pasalnya pihak Samsung tidak bertanggung jawab atas data dan aplikasi yang hilang atau tidak bisa diakses.

Gunakan Backup & Restore untuk menyimpan data dengan lebih aman. Caranya adalah masuk ke Secure Folder > setting > backup & restore > backup data.

Beberapa Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung

Melindungi data yang sangat penting tentu tidak hanya dilakukan dengan menggunakan kunci pengaman yang kata sandinya tidak diketahui orang lain. Akan tetapi, karena alasan-alasan tertentu aplikasi perlu disembunyikan agar aplikasi yang mengandung data penting terlindung dengan baik.

Beberapa cara bisa kamu lakukan, di antaranya adalah menggunakan aplikasi buatan Samsung, yakni Secure Folder dan dengan menggunakan aplikasi lainnya.

1. Menyembunyikan Aplikasi dengan Secure Folder

*Sumber: www.androidcentral.com

Bagi kamu yang menggunakan akun ganda seperti dua akun Whatsapp atau pun akun media sosial lainnya, Secure Folder merupakan aplikasi yang berguna. Yang tak kalah menarik, aplikasi ini punya kemampuan untuk menduplikasi aplikasi tertentu. Langkah menggunakan aplikasi ini adalah;

  • Buka menu setting, lalu masuk ke menu Lock Screen & Security.
  • Pilih menu Secure Folder. Setelah terbuka, klik tombol Next.
  • Klik tombol Start.
  • Setelah itu kamu akan diminta untuk mengisi akun Samsung. Bagi yang belum memiliki akun Samsung, silahkan klik opsi Daftar. Bagi yang sudah memiliki akun, pilih opsi Confirm.
  • Buat metode kunci keamanan untuk membuka folder. Ada beberapa metode yang bisa kamu pilih, di antaranya adalah pola, sidik jari, PIN, kata sandi, dan pemindai iris.
  • Atur kata sandi untuk membuka aplikasi Secure Folder. Selanjutnya, buka aplikasi tersebut pada menu aplikasi atau istilahnya App Drawer.
  • Klik tombol Add Apps untuk memilih aplikasi mana yang ingin kamu sembunyikan.
  • Terakhir, pilih cara menyembunyikan aplikasi. Caranya mudah. Pilih salah satu aplikasi, tekan beberapa lama sampai muncul tanda cawang. Setelah itu, klik Add untuk menyembunyikan aplikasi di HPmu.

Jika kamu ingin membuka aplikasi yang disembunyikan, kamu tinggal masuk ke aplikasi Secure Folder dan memasukan kunci keamanan yang sudah kita buat di awal.

2. Menyembunyikan Aplikasi dengan Aplikasi Lain

Bagi kamu pengguna HP Samsung dengan OS Marshmallow ke bawah, kamu bisa menggunakan aplikasi yang terdapat di Google Play Store secara gratis tanpa melakukan root pada HP. Meskipun banyak aplikasi lain yang tak kalah bagus, kami memilih dua aplikasi ini karena fiturnya yang efektif dan cara penggunaannya yang ringkas.

App Hider: Menyembunyikan Aplikasi (No Root)

App Hider merupakan sebuah aplikasi yang dibuat untuk menyembunyikan aplikasi di HP Samsung terutama WhatsApp, Facebook Messenger dan Instagram. Selain itu, aplikasi ini pun punya kemampuan kloning yang sangat bagus untuk mengakses beberapa akun dalam satu perangkat.

Lebih dari itu, App Hider dapat menyembunyikan foto dan video dengan perlindungan yang aman. Aplikasi ini sendiri punya fitur-fitur menarik lainnya seperti fitur Sembunyikan Saya yang bisa mengubah dirinya menjadi sebuah kalkulator brankas untuk melindungi privasi di App Hider.


Aplikasi ini bisa dipasang pada Samsung dengan tipe 8 Oreo. Selain itu, aplikasi ini bisa kamu unduh dengan gratis. Kamu bisa mengunduh aplikasinya di sini.

Cara menggunakan aplikasi ini terbilang mudah. Setelah aplikasinya diunduh kamu, pilih setting, lalu klik ON pada PIN Protection. Menggunakan kode atau PIN khusus dapat memberikan tambahan perlindungan yang lebih aman dalam menyembunyikan aplikasi di Samsung.

App Hider: Sembunyikan Aplikasi Ruang Tersembunyi

App Hider berikutnya dibuat oleh 2Face Studio. Penggunaannya yang praktis dan gratis membuat aplikasi ini menjadi pilihan yang baik bagi kamu yang ingin menyembunyikan aplikasi dalam ruang tertentu di dalam perangkat HPmu.

App Hider ini menyediakan ruangan dengan kata sandi kalkulator. Ia memberikan ruang khusus bagi kamu yang tidak ingin media sosialmu diakses oleh sembarang orang seperti Snapchat, Freefire, Instagram, Facebook, WhatsApp, dan lain-lain.

Aplikasi ini pun membantumu membuat kloning aplikasi sistem lalu menyembunyikan salinan aplikasinya. Kamu bisa mengakses dua akun dalam satu perangkat HP ini secara bersamaan. Ini merupakan cara yang lebih baik untuk melindungi aplikasi.

Beberapa fitur yang disajikan oleh App Hider satu ini adalah ruang tersembunyi untuk menyimpan aplikasi yang dikloning, mengkloning aplikasi dari telepon, dapat memuat banyak aplikasi yang disembunyikan, dan interface dan kunci kalkulator palsu.

Ketika kamu menggunakan aplikasi ini kamu harus mengingat kata sandi karena kata sandi tidak bisa diubah jika kamu lupa. Selain itu, beberapa aplikasi harus ada izin agar tetap bisa berjalan dan yang tak kalah penting adalah aplikasi ini tidak mengumpulkan informasi pribadi pengguna.

Cara menggunakan aplikasi ini mudah kok. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi App Hider yang telah kamu unduh.
  • Pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan.
  • Pilih opsi Clone to hide space.
  • Selanjutnya akan muncul tampilan kalkulator yang merupakan akses untuk masuk pada aplikasi yang disembunyikan. Setelah itu, kamu akan diminta untuk memasukan empat digit angka sebagai kata sandi.
  • Tekan tombol ikon tombol sama dengan dan konfirmasikan kata sandi.
  • Buka aplikasi dengan memasukan empat digit angka kata sandi tersebut. kamu bisa mengelola aplikasi mana yang akan kamu sembunyikan di dalamnya.

Oh ya, perlu kamu ketahui bahwa menyembunyikan aplikasi ini punya sisi lemah yang berdampak pada perangkap HPmu, yaitu membuat kinerja HP menjadi lebih lambat. Menggunakan tambahan launcher penyembunyi aplikasi juga berpengaruh pada kapasitas memori yang dimiliki oleh HPmu.

Nah, sekarang sudah tahu ‘kan cara menyembunyikan aplikasi di HP Samsung? Aplikasi yang menyuguhkan kerahasian penggunaan ini memberikan ruang yang sangat baik dengan menyediakan ruang pribadi dan perlindungan data yang aman.

Namun, kamu bisa mempertimbangkan apakah kamu memerlukan penyembunyi aplikasi atau tidak. Jika kamu memang memerlukan aplikasi ini pastikan ruang penyimpanan HP besar sehingga tidak akan berpengaruh pada kinerja HP ke depannya

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram