Carisinyal / Tips Privasi / 10 Cara Mengunci Folder di Laptop dengan Mudah dan Aman

10 Cara Mengunci Folder di Laptop dengan Mudah dan Aman

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2018

Menggunakan laptop secara bersamaan terkadang membuat privasi kita terganggu. Pasalnya, mungkin kita ingin menyimpan data pribadi yang tidak ingin diketahui oleh orang lain. Ada banyak metode yang bisa digunakan untuk mengunci folder pribadi di laptop. Maka dari itulah kali ini Carisinyal siap merekomendasikan 10 software untuk cara mengunci folder di laptop.

Bagaimana cara mengunci folder di laptop dengan atau tanpa aplikasi? Apakah cara ini efektif cukup efektif untuk mencegah orang lain membuka folder yang berisi data pribadi kita? Yuk, cari tahu cara selengkapnya dan jawabannya di sini!

10 Software untuk Mengunci Folder Di Laptop

1. Folder Lock Free

Folder Lock Free cara mengunci folder

Aplikasi yang satu ini bisa mengunci folder, driver, dan file agar tidak bisa dibuka oleh orang lain. Di samping itu, password yang dibuat dengan Folder Lock Free juga bisa melindungi USB, CD, DVD, dan hard disk. Anda pun bisa menggunakan aplikasi ini untuk memproteksi akun Facebook atau Gmail pribadi Anda.

Folder Lock Free memproteksi data Anda dengan bantuan AES Encryption, yang merupakan salah satu enkripsi paling cepat dan aman. Folder Lock Free akan memberikan Anda trial selama 30 hari, lalu Anda harus membeli aplikasi ini seharga $39,95. Aplikasi ini kompatibel terhadap sistem operasi Windows 8, 7, Vista, 2000, dan XP.

2. Easy File Locker

Easy File Locker cara menyembunyikan folder di laptop

* sumber: www.addictivetips.com

Selanjutnya, ada Easy File Locker yang merupakan freeware mudah untuk menggunakan software pada sistem operasi Windows. Aplikasi ini akan melindungi file dan folder pribadi Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi ini bekerja dengan memberikan perlindungan ekstra pada folder Anda. Pengguna lain tidak akan bisa membuka, membaca, menghapus, atau memindahkan file maupun folder Anda. Easy File Locker sangat ringan sehingga tidak akan mempengaruhi kecepatan sistem.

3. Protected Folder

Protected Folder

* sumber: www.whatvwant.com

Cara Protected Folder melindungi file pribadi Anda ini sedikit berbeda dengan aplikasi sejenis lainnya. Anda hanya perlu melakukan drag and drop folder atau file ke dalam kotak pengaman yang diberikan oleh aplikasi ini. Kotak ini nantinya akan menyembunyikan dan melindungi file Anda agar orang lain tidak bisa melihat atau mengubah file tersebut.

Protected Folder hanya mendukung laptop dengan sistem operasi Windows 7 dan 8 saja, Anda harus membayar $39 per tahun untuk dapat menggunakan aplikasi ini.

4. WinMend Folder Hidden

WinMend Folder Hidden

WinMend Folder Hidden adalah aplikasi penyembunyi file dan folder yang sangat mudah dioperasikan. Aplikasi ini menyediakan fitur menyembunyikan folder atau file serta menampilkannya kembali dengan cepat. Pengguna dapat menambahkan password yang harus dimasukkan untuk membuka file atau folder tertentu.

WinMend Folder Hidden adalah aplikasi yang ideal untuk pengguna rumahan. Karena tingkat keamanan dari aplikasi ini juga cukup aman walaupun sederhana. WinMend Folder Hidden adalah aplikasi yang bisa diunduh secara gratis. Anda bisa menginstall aplikasi ini di laptop atau PC dengan sistem operasi Windows 7, 8, dan Vista.

5. SecretFolder

SecretFolder

Software untuk cara mengunci folder di laptop yang satu ini memiliki antar muka yang tergolong simpel dan mudah dimengerti. Jadi, untuk pengguna SecretFolder tidak perlu khawatir kesulitan menggunakan softwarenya. Meskipun tidak memiliki fitur yang banyak, namun SecretFolder bisa menjadi salah satu software terbaik untuk laptop Anda.

Cara menggunakan software SecretFolder cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan list untuk folder yang ingin Anda kunci. Sisanya, biarkan SecretFolder bekerja. Istimewanya lagi, SecretFolder ini memiliki fitur “Protected Uninstall.” Fitur tersebut akan menampilkan password jika sewaktu-waktu Anda ingin melakukan uninstall  pada aplikasi yang tak terpakai. Mau? Download di sini.

6. Secret Disk

Secret Disk

Secret Disk adalah salah satu software yang memiliki fungsi untuk memberikan keamanan di setiap folder yang Anda miliki. Dalam softwarenya, Secret Disk akan mengunci folder-folder yang hanya bisa Anda akses dengan password tertentu. Tidak perlu khawatir akan kejebolan oleh stalker, pasalnya Secret Disk adalah sebuah software yang cukup mmpuni.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan software Secret Disk, maka Anda bisa memilih dua versi yakni versi gratis dan versi berbayar. Untuk versi gratis, penggunanya akan dibatasi dalam menikmati segala fitur Secret Disk. Sedangkan untuk versi berbayar, Anda bisa menggunakan semua fasilitas yang ada. Mau coba Secret Disk? Download di sini.

7. Folder Guard

Folder Guard

Masih dengan beberapa software yang bisa digunakan untuk mengunci folder rahasia di laptop. Kali ini aplikasi Folder Guard menjadi salah satu solusi yang tepat untuk Anda. Dalam softwarenya ini, Anda akan diberikan akses untuk mengunci dan mengamankan folder di laptop.

Folder Guard akan meminta penggunanya untuk menentukan password pada folder yang akan dikunci. Tidak hanya itu saja, Folder Guard juga membebaskan penggunanya untuk mengakses juga mengontrol setiap drives yang dimiliki. Untuk menggunakan aplikasi Folder Guard. Mau? Klik di sini untuk dapatkan software-nya.

8. Lock-A-Folder

Lock-A-Folder

Carisinyal masih menawarkan referensi aplikasi lainnya untuk mengunci folder di laptop. Kali ini Lock-A-Folder yang bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin mengamankan folder dan juga file di laptop. Anda bisa mengunci setiap folder dan file dengan menggunakan password rahasia.

Password tersebut hanya bisa digunakan oleh pemilik laptop. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan stalker yang ingin mengintip setiap folder di laptop. Uniknya juga, Lock-A-Folder menyiapkan fitur dimana Anda harus memasukan password jika ingin melakukan uninstall. Cukup lengkap bukan? Download Lock-A-Folder di sini.

9. Safehouse Explore

Safehouse Explore

Safehouse Explore ini merupakan sotware yang berfungsi untuk mengamankan setiap folder rahasia yang Anda miliki di laptop. Safehouse Explore bisa dijalankan pada OS Windows Vista, XP, Windows 7 dan juga Windows 8. Dalam fiturnya, Safehouse Explore siap mengunci setiap data dengan menggunakan password.

Tak hanya itu saja, Safehouse Explore juga menggunakan enkripsi maximum 256-bit untuk memastikan folder dan juga data Anda aman. Selain bisa mengunci folder yang di dalam laptop, Safehouse Explore juga mampu untuk mengunci folder di Flash Disk, CD, bahkan iPod. Lengkap dan cukup canggih. Download Safehouse Explore di sini.

10. Private Folder

Private Folder

Dengan software Private Folder, penggunanya bisa mengunci dan bahkan menyembunyikan folder juga file rahasia di laptop. Atau, Anda juga bisa melakukan keduanya pada folder yang ingin Anda kunci. Jadi, Private Folder akan memberikan pilihan ingin mengunci atau menyembunyikan.

Namun, Anda juga bisa mengunci sekaligus menyembunyikan folder rahasia. Di dalam software-nya, Private Folder akan meminta Anda untuk menentukan password untuk mengunci folder.

Namun, jika Anda sudah lama tidak membuka folder yang sudah dikunci, secara otomatis Private Folder akan melakukan reset password pada folder tersebut. Mau gunakan Private Folder? Download di sini.

Rekomendasi Software Lainnya

Tidak hanya 10 software di atas yang bisa menjadi solusi untuk mengunci folder di laptop. Pasalnya, Kami masih memiliki rekomendasi software pengunci folder lainnya yang tak kalah bagusnya dengan kesepuluh software di atas. Apa sajakah itu? Berikut daftar lengkapnya:

11. My Lockbox

My Lockbox

My Lockbox, adalah salah satu cara mengunci folder di laptop dengan aman dan mudah. Anda hanya perlu memasukkan kata sandi berupa password atau angka. Jika Anda lupa dengan passwordnya, maka Anda bisa mengatasinya melalui email. Bahkan antar muka yang ditawarkan tergolong simpel dan mudah dimengerti. Segera download aplikasinya di sini.

12. Free Hide Folder

Free Hide Folder

Mau aplikasi pengunci folder gratis? Nah, pilihan yang tepat jika Anda menggunakan Free Hide Folder. Ini adalah software yang bisa mengunci setiap folder penting yang ada di laptop Anda. Tenang saja, sudah pasti folder Anda akan aman dibawah pengaturan Free Hide Folder.

Pasalnya, folder yang terkunci hanya bisa dibuka atau diakses oleh pemilik laptop saja. Anda juga tidak perlu khawatir folder terkunci akan dilihat orang lain, sebab setiap folder yang terkunci akan secara otomatis disembunyikan. Jadi, kemungkinan kecil jika seseorang tidak sengaja melihat folder pribadi Anda.

13. Instant Lock

Instant Lock

Jika Anda ingin mengunci folder di laptop dengan praktis dan simpel, pilih saja aplikasi Instant Lock. Dengan aplikasi ini, Anda bisa dibilang dapat mengunci folder dalam hitungan detik karena sangat mudah. Nah, Anda hanya perlu klik kanan pada mouse dan klik lock. Jika Anda pengguna Windows 7, 8, dan 10 maka Anda bisa langsung download aplikasi di sini.

14. Hidden Dir

Hidden Dir

Nah, masih ada lagi software untuk cara mengunci folder dengan mudah tanpa biaya. Adalah Hidden Dir yang bisa mengunci folder di laptop dengan aman dan hanya perlu beberapa kali klik saja. Namun sayangnya, software ini hanya bisa dioperasikan pada Windows 2000, XP, 7, dan Vista saja. Tertarik? Anda bisa dapatkan aplikasinya di sini.

15. File and Folder Protector

File and Folder Protector

Satu lagi cara mengunci folder menggunakan aplikasi gratis. Kali ini aplikasinya bernama File and Folder Protector. Ini merupakan software yang siap mengamankan folder penting Anda dari tangan jahil. Nah, jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini, pastikan laptop/PC Anda beroperasi dengan OS Windows 7, XP, Vista, 98. Anda bisa download softwarenya di sini.

Itulah beberapa aplikasi yang akan membantu Anda untuk cara mengunci folder di laptop. Anda bisa memilih salah satu di antara semua aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Nah, bagi Anda yang membutuhkan referensi aplikasi untuk cara mengunci aplikasi di Android bisa silahkan cek di artikel ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

2 pemikiran pada “10 Cara Mengunci Folder di Laptop dengan Mudah dan Aman”

  1. Do these Grim Reality technology conference for this year.
    Dui tampa attorney viagra coupons remortgage halifax. Re Supposed Viagra
    out of the menu of contaminants.

  2. Directly, when there were no sexual problems for best impotency,
    men aged to treat few invasive surgical procedures to get rid of ED, that too strong.
    Lap top computers viagra online prescription refinancing
    auto. Exasperated chummy was “You have to do all the thus animals in the most to get to do.

Tinggalkan komentar