advertisements

Sebagai perangkat portabel, laptop tentu membutuhkan baterai yang tahan lama agar tidak mengganggu aktivitas Anda. Walaupun saat ini sumber listrik terdapat di banyak tempat, namun ada kalanya kita harus pergi ke tempat yang jarang atau tidak ada sumber listrik sama sekali. Dalam keadaan tersebut maka secara otomatis menghemat baterai laptop adalah satu-satunya cara agar laptop Anda tidak kehabisan daya ketika sedang digunakan.

Lantas bagaimanakah caranya? Berikut Carisinyal akan mengulas tips dan trik untuk menghemat penggunaan baterai laptop Anda secara mudah.

menghemat baterai laptop

1. Charge Setiap Ada Kesempatan

Sebelum membeberkan berbagai macam trik, hal pertama yang harus Anda lakukan andalah men-charge baterai laptop tersebut setiap ada kesempatan walaupun sebentar, baik itu di bus, minimarket, dan lainnya. Maka dari itu jangan pernah lupa membawa charger di tas Anda. Jika memungkinkan, belilah dua buah charger agar Anda bisa menaruh yang satu di rumah dan yang satunya lagi di dalam tas agar tidak ketinggalan.

advertisements

Selain itu jangan pernah takut untuk men-charge baterai hingga penuh karena hal tersebut tidak akan membuatnya rusak ataupun meledak. Pasalnya, baterai jenis Lithium ion yang banyak digunakan pada laptop sekarang ini akan langsung berhenti mengisi daya ketika kapasitasnya sudah penuh. Silahkan baca tips merawat baterai laptop untuk informasi lebih lengkapnya.

2. Kurangi Kecerahan Layarnya

Sebagian besar laptop saat ini sudah menggunakan layar LED Backlights yang mampu menampilkan gambar dengan baik namun hanya mengkonsumsi sedikit daya. Walaupun begitu, layar tetap menjadi komponen yang cukup besar memakan daya baterai. Oleh karena itu, kurangilah kecerahan layar tersebut jika Anda menggunakannya di tempat yang agak gelap atau minim pencahayaan. Selain menghemat baterai laptop, hal tersebut juga akan membuat mata Anda lebih nyaman.

Cara lainnya untuk mengurangi konsumi daya dari layar tersebut adalah dengan mengatur kontrol backlight secara otomatis di Windows. Caranya, buka Control Panel > Hardware and Sound > Power Options, kemudian pilih Change plan settings pada power plan yang sedang aktif. Setelah itu pada opsi ‘Dim the display’ dan ‘Turn off the display’ pilihlah opsi 1 hingga 3 menit ketika laptop sedang menggunakan baterai sebagai sumber dayanya.

3. Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Hal lainnya yang sering menyebabkan baterai laptop cepat habis adalah aplikasi yang memakan banyak daya prosesor padahal aplikasi tersebut sedang tidak digunakan. Berbagai aplikasi ini bahkan tidak hanya memakan kapasitas baterai, namun juga membuat sistem laptop Anda menjadi lambat. Salah satu ciri dari hal tersebut adalah kipas laptop Anda yang selalu berputar sangat kencang ketika laptop tersebut tidak digunakan.

Untuk mengatasi masalah ini, tekan Ctrl-Alt-Del secara bersamaan kemudian buka Windows Task Manager dan carilah proses yang memakan banyak daya prosesor. Jika program tersebut tidak bisa ditutup secara normal, klik kanan lalu pilih Kill Process. Jika hal tersebut tetap gagal, maka jalan satu-satunya adalah dengan merestart laptop Anda.

4. Menghentikan Aplikasi Yang Aktif di Background

Selain menutup aplikasi yang memakan banyak daya, cara menghemat baterai laptop selanjutnya adalah dengan menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang (background). Beberapa aplikasi tersebut di antaranya adalah Windows Update, BitTorrent clients, dan lainnya. Walaupun Windows Update merupakan aplikasi yang cukup penting, namun dalam keadaan tanpa listrik mematikannya merupakan hal yang masuk akal untuk menambah daya tahan baterai.

5. Matikan Fitur Yang Tidak Dibutuhkan

Setelah mematikan berbagai perangkat lunak, kini saatnya mematikan berbagai fitur yang terdapat di perangkat keras. Jika tidak digunakan, mematikan Wi-Fi atau Bluetooth dapat secara signifikan menambah daya tahan baterai. Jika laptop Anda dilengkapi dengan backlit keyboard, maka mematikan lampunya di saat menggunakan baterai adalah ide yang sangat baik untuk menghemat baterai.

Itulah beberapa tips serta trik untuk menghemat baterai laptop. Apakah Anda memiliki cara lain untuk memperpanjang umur baterai laptop Anda ketika tidak tersambung ke listrik? Jika ada, silahkan bagikan dengan kami di kolom komentar di bawah ini.

Artikel Menarik Lainnya: