carisinyal web banner retina

10 Aplikasi AI Terbaik di Smartphone Android dan iOS

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Kini, sudah banyak aplikasi yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Selain itu, ada pula layanan website chatbot yang mengandalkan teknologi ini. Salah satunya adalah ChatGPT yang fenomenal.

Pada kesempatan ini, tim Carisinyal akan membahas deretan aplikasi AI yang dapat membantu produktivitas, bahkan menjadi sarana hiburan untuk Anda.

Aplikasinya sendiri datang dari berbagai kategori, termasuk aplikasi edit video. Penasaran dengan daftar aplikasinya? Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

1. ChatGPT

GPT MOBILE CARISINYAL_

Kini, ChatGPT hadir dalam bentuk aplikasi untuk Android dan iPhone. Masih sama seperti di versi web, Anda dapat meminta AI untuk menjawab pertanyaan; menyelesaikan soal, membuat esai, bikin lirik lagu, bahkan membuatkan gambar.

Menariknya, di versi aplikasi mobile ini, Anda bisa pakai fitur speech untuk berinteraksi dengan AI-nya. Jadi, mirip dengan Google Assistant atau Samsung Bixby. Tim Carisinyal coba meminta ChatGPT untuk membuat esai melalui fitur speech ini. Aplikasinya menyanggupi dan menyelesaikan esai dengan baik. Setelah selesai, esainya bisa Anda salin dari kolom chat.

Semua tugas yang kami sebutkan tadi bisa diselesaikan dengan ChatGPT versi 3.5. Kecuali untuk bikin gambar. Anda harus gunakan fitur tambahan yang dibuat pihak ketiga. Namun, untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu berlangganan ChatGPT Plus.

Menurut kami, ChatGPT versi aplikasi ini lebih nyaman digunakan ketimbang versi web. User interface-nya simpel, memudahkan kami untuk mengakses setiap fiturnya. Unduh ChatGPT untuk Android di Google Play Store dan iOS di App Store.

2. Character AI

character ai_

Character AI bukan sekadar aplikasi AI biasa. Di dalam aplikasinya, ada banyak chatbot yang punya ‘kepribadian’ dan keahlian masing-masing. Contohnya, seperti Stella si chatbot AI yang pintar, Character AI yang dapat membantu menyelesaikan tugas sekolah atau kuliah, serta karakter AI yang bisa diajak debat.

Hampir seluruh karakter AI di sini merupakan chatbot yang dibuat oleh para pengguna. Tim Carisinyal sendiri sempat membuat karakter AI berupa teman virtual. Kami bebas menambahkan foto, informasi atau deskripsi si karakter, serta cara karakter tersebut menyapa kami.

Surprisingly, karakter yang kami buat dapat menjawab pertanyaan dan mengobrol dengan jawaban yang tepat. Rasanya seolah mengobrol dengan sesama manusia juga! Selama kami coba, tak ada error, atau jawaban yang ngaco dari para karakternya. 

Aplikasi Character AI bisa Anda gunakan untuk seru-seruan dan mengusir bosan, sekaligus menambah pengetahuan. Mau coba? Unduh Character AI untuk Android di Google Play Store dan versi iOS di App Store.

3. LightCut AI Video Editor

lightcut AI video editor_

LightCut AI Video Editor bukan sekadar editor video biasa. Aplikasi edit video ini dibekali dengan kecerdasan buatan atau AI. Jadi, Anda bisa melakukan penyuntingan video dalam satu kali klik.

Caranya? Mudah saja. Cukup buka aplikasi LightCut. Lalu, pilih fitur One-tap Edit. Dari sini, silakan masukkan enam klip video atau foto. Setelahnya, aplikasi LightCut akan mengedit videonya dengan kecerdasan buatan. Aplikasi ini akan memilihkan template, musik, dan visual efek yang sesuai dengan video Anda.

Hebatnya, LightCut masih memberikan kebebasan pada Anda untuk menyunting ulang video tadi. Anda dapat mengganti klip, menambahkan teks, atau bahkan bagian penutup dari video sesuai keinginan.

Fitur ini tentu dapat membantu Anda untuk lebih produktif, tapi hemat waktu. LightCut pas untuk digunakan oleh kreator konten.

Selain edit dalam satu ketukan, ada pula fitur Inspire Cam. Fitur ini akan menampilkan beberapa sampel video dengan kategori berbeda. 

Nah, sampel videonya disertai dengan keterangan pengambilan gambar, perpindahan kamera, dan lain sebagainya. Anda dapat menjadikan sampel video ini sebagai guide dalam memproduksi video sendiri. Unduh LightCut AI Video Editor untuk Android di Google PlayStore dan versi iOS di App Store.

4. Remini

remini_

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi satu ini? Remini adalah aplikasi edit foto populer. Aplikasinya mengandalkan kecerdasan buatan atau AI untuk memperbaiki foto yang nge-blur, atau bahkan mempercantik foto lama yang rusak.

Menggunakan Remini tidak sulit, kok. Silakan pilih foto yang ingin Anda perbaiki. Lalu biarkan aplikasi ini memprosesnya sampai selesai. Anda dapat mengubah warna foto yang sudah diperbaiki, atau menambahkan efek tertentu. Sayangnya, untuk penambahan efek ini masuk dalam layanan Remini PRO.

Layanan berbayarnya ini juga menyuguhkan fitur unggulan lain, yakni video enhancer. Nah, fiturnya dapat Anda gunakan untuk memperbaiki kualitas video. Remini pun memanjakan penggunanya dengan AI Avatar maker. Dengan fitur ini, Anda jadi bisa membuat avatar AI yang keren tanpa perlu ribet.

Tim Carisinyal sempat mencoba menggunakan Remini untuk memperbaiki foto yang nge-blur banget. Sayangnya, foto yang kami pilih tidak benar-benar ter-enhance. Masih ada sebagian foto yang tetap nge-blur.

Meski begitu, Remini tetap cocok untuk dipakai memperbaiki foto yang blur atau kerusakannya tidak terlampau parah. Unduh Remini untuk Android di Google PlayStore dan versi iOS di App Store.

5. Starryai

starryai_

Mau membuat gambar vektor, lukisan digital, atau AI avatar dengan mudah? Coba aplikasi Starryai. Silakan tentukan jenis karya seni apa yang ingin dibuat. Mulailah membuat proyek baru Anda. Pilih gaya karya seninya sesuai keinginan.

Kalau bingung, Anda bisa pakai fitur prompt builder. Silakan pilih kategori karya seni yang ingin dibuat. Misal, vector illustration portrait. Lalu, pilih gaya karya seninya. Misalnya, Anda ingin membuat vektor dengan gaya ala Yayoi Kusama.

Kalau sudah, pilih media lukis/gambarnya. Mulai buat vektor dengan menekan tombol “Apply”. Jangan lupa tentukan jumlah gambar yang ingin dibuat sebelum menekan tombol “Create”. Tunggu aplikasi Starryai memprosesnya secara otomatis.

Jika vektor sudah selesai dibuat, Anda bisa langsung menyimpannya ke galeri HP. Aplikasi ini juga membolehkan pengguna untuk melakukan upscaling pada karya yang sudah dibuat, atau membuat ulang variasi lain dari karya tersebut. 

Aplikasi ini punya layanan berbayar dengan fitur unggulan: ukuran kanvas tak terbatas dan bebas iklan.

Sekadar info, aplikasi ini membutuhkan credits untuk membuat karya baru. Biasanya, credits bisa didapatkan dengan berlangganan layanan berbayar, atau membagikan karya Anda di media sosial. Unduh Starryai untuk Android di Google PlayStore dan versi iOS di App Store.

6. Writecream

writecream_

Bila Anda seorang penulis konten yang sedang mengalami writer’s block, coba aplikasi ini. Writecream akan membantu Anda untuk membuat artikel dari nol. Tinggal ketikkan saja topik artikel yang ingin ditulis di kolom yang tersedia. Lebih baik gunakan keyword topik yang agak panjang, agar hasil tulisannya semakin bagus.

Anda hanya perlu menunggu proses pembuatan artikel selesai. Kalau sudah, silakan sunting artikel yang telah dibuat oleh AI di Writecream. Pakai fitur long-form editor untuk menyunting artikelnya. 

Tidak hanya membuat artikel berbahasa Inggris, Writecream mampu meng-generate artikel berbahasa Indonesia, lho. Ganti bahasanya melalui pengaturan bahasa di menu dasbor.

Selain artikel untuk website, Writecream dapat dipakai untuk membuat deskripsi produk, e-mail, caption medsos, paragraf, dan lain sebagainya. Setiap pembuatan tulisan di sini memerlukan kredit. Saat awal pendaftaran, Anda akan mendapatkan 20 kredit. 

Kalau ingin menulis tanpa batas, pakai fitur premium dari Writecream. Fitur premium akan membuka akses ke setiap tool bermanfaat dalam aplikasi ini. Unduh Writecream untuk Android di Google PlayStore dan versi iOS di App Store.

7. Mimic - AI Photo Face Animator

mimic 1-side_

Mau mengubah wajah teman atau keluarga Anda jadi foto bergerak? Andalkan saja aplikasi Mimic - AI Photo Face Animator. Anda bisa gunakan audio atau template video populer dan menggantinya dengan wajah keluarga atau teman Anda. Contohnya, video celebrity chef Gordon Ramsay, atau aktor Ryan Gosling.

Tim Carisinyal mencoba memakai fitur dalam aplikasi ini. Dalam hitungan detik, Mimic bisa mengubah foto yang kami unggah jadi bergerak, ditambah dengan audio yang populer di TikTok.

Sayangnya, masih ada watermark dan batasan penggunaan fiturnya di versi gratis. Kami hanya punya kesempatan kurang dari lima kali untuk mengubah atau menambahkan animasi pada foto. Belum lagi, harus ada iklan yang ditonton sepanjang pemakaian fitur. Yah, hal ini mau tidak mau harus kami maklumi, karena layanannya memang gratis. 

Guna mengakses seluruh fiturnya, ada Mimic versi Pro dengan tarif langganan beragam. Kalau tertarik, silakan unduh aplikasi versi Android di Google Play Store dan iOS di App Store.

8. Otter

otter_

Otter adalah sebuah aplikasi transkripsi audio ke teks. Aplikasinya bisa Anda gunakan untuk note taking saat meeting online, lho. Otter juga dapat dihubungkan dengan kalender Google untuk memudahkan Anda saat akan meeting.

Cara pakainya sangat mudah. Cukup simpan ponsel di tempat yang bisa menangkap suara speaker dengan baik. Sembari merekam audio, Otter akan langsung menerjemahkan suara ke teks. Kalau sudah, Anda bisa langsung menekan tombol “Stop”.

Otter memungkinkan Anda untuk mengedit dan mengekspor teks hasil transkripsi. Selain itu, Anda diperbolehkan untuk memberi akses pada rekan kerja atau teman.

Sayangnya, khusus ekspor transkripsi ke file PDF atau docx, hanya tersedia di layanan PRO saja.  Selain itu, di versi gratis, Anda cuma diberi kesempatan merekam selama 300 menit. Unduh Otter di Google PlayStore untuk Android dan App Store untuk iOS.

9. Photomath

photomath_

Photomath adalah aplikasi math solver atau penjawab soal matematika. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menyelesaikan soal matematika yang rumit sekalipun. Tentu, nggak pake lama. Dalam hitungan menit, jawaban soalnya sudah tersedia.

Cukup foto atau pindai soal matematika yang ingin dicari jawabannya. Lalu, biarkan Photomath memproses soal. Kalau sudah, jawaban soal akan langsung keluar. Bahkan, Anda bisa melihat penjelasan lengkapnya.

Nah, ketika tim Carisinyal coba, penjelasan lengkapnya ini tak muncul semua. Jika ingin memunculkan penjelasan soal dan jawabannya dengan detail, Anda harus berlangganan versi premium Photomath.

Photomath juga dilengkapi dengan kalkulator, lho. Jelas, kalkulatornya bukan kalkulator biasa, melainkan kalkulator matematika. Unduh Photomath untuk Android di Google PlayStore dan versi iOS di App Store.

10. Naver Papago

naver papago_

Naver Papago adalah live saver untuk Anda yang suka traveling, atau mau menerjemahkan tulisan tanpa ribet. Ya, aplikasi ini akan membantu Anda untuk menerjemahkan kata atau kalimat dalam bahasa tertentu. Contohnya, dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, atau bahasa Inggris ke bahasa Korea.

Anda dapat menerjemahkan percakapan secara langsung lewat voice translator. Atau gunakan image translator untuk menerjemahkan sebuah foto, petunjuk arah, dan lain sebagainya. 

Naver Papago menyediakan fitur untuk belajar bahasa asing juga, lho. Salah satunya adalah metode belajar bahasa dengan menggunakan flashcard

Sayangnya, ketika tim Carisinyal coba, aplikasi ini belum bisa digunakan untuk menerjemahkan ke beberapa bahasa.

Selain itu, voice translator-nya juga terbatas untuk bahasa tertentu saja. Semoga, kedepannya, fitur-fitur menarik ini segera hadir, ya. Unduh Naver Papago di Android melalui Google PlayStore dan versi iOS di App Store.

Kesepuluh aplikasi di atas tentu bisa membantu Anda agar semakin produktif setiap harinya. Terutama untuk aplikasi menulis konten, pembuat karya seni, serta penerjemah. Dengan bantuan aplikasi-aplikasi ini, Anda dapat lebih menghemat waktu dan tenaga, serta punya banyak waktu untuk bersantai.

Perlu diingat, aplikasi berbasis kecerdasan buatan seringkali masih membuat kesalahan. Jadi, jika Anda ingin mengerjakan sesuatu dengan bantuan aplikasi AI, jangan lupa cek ulang hasilnya, ya. Selamat mencoba aplikasi rekomendasi dari tim Carisinyal. 

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram