carisinyal web banner retina

11 Website AI Terbaik untuk Bantu Produktivitas

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, masyarakat memang umumnya mengandalkan teknologi. Nah, perlu Anda ketahui, kini sudah ada teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang dapat mengerjakan pekerjaan manusia dengan cepat.

Kita cukup hanya perlu memasukkan deskripsi atau pertanyaan kepada sebuah chatbox, dan layanan AI akan menjawab pertanyaan kita dengan respons yang menyerupai manusia.

Tidak hanya sekadar menjawab pertanyaan, teknologi AI bahkan bisa membuatkan kita resume, cover letter, itenerari, hingga menyelesaikan soal rumit. Cukup dengan hanya melakukan permintaan dalam bentuk prompt, alat AI akan menyelesaikan tugas dalam sekejap.

Ragam dari alat AI sendiri kini sudah bermacam-macam. Sebagian ada yang dalam bentuk chatbox, ada juga beberapa yang bisa menghasilkan karya seni dari interpretasi deskripsi. Berikut ini adalah beberapa website kecerdasan buatan terbaik yang bisa Anda coba.

1. ChatGPT - Pemberi Solusi Bertenaga AI

chatgpt_

ChatGPT adalah salah satu alat kecerdasan buatan yang paling dikenal orang banyak. Merupakan singkatan dari Generative Pre-Training Transformer, ChatGPT dapat menjawab pertanyaan apa pun yang kita lontarkan.

ChatGPT merupakan chatbot tingkat lanjut besutan Open AI, mampu menginterpretasikan prompt (input tulisan) yang kita berikan dengan sangat akurat, bahkan menyerupai manusia.

Oleh karena itu, ChatGPT pun dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan sulit yang normalnya tidak dapat dijawab chatbot mana pun. Hingga saat ini, ChatGPT sudah digunakan untuk membuatkan itenerari liburan, definisi istilah, menerjemahkan tulisan, hingga membuatkan tulisan copywriting.

Dalam ranah dunia pekerjaan, ChatGPT dapat membuatkan resume atau cover letter secara otomatis, dengan hasil yang menyerupai buatan manusia. Lalu pada dunia pemrograman, ChatGPT bahkan bisa memberikan kode yang akurat sesuai permintaan kita.

ChatGPT tersedia secara gratis, cukup dengan melakukan pendaftaran saja. Namun, versi yang tersedia untuk akun gratis hanya ChatGPT 3.5. Meskipun versi 3.5 sudah cukup akurat untuk keperluan sehari-hari, namun masih belum seakurat ChatGPT 4.

ChatGPT 4 hanya tersedia pada layanan berbayar bernama ChatGPT Plus. Saat menggunakan ChatGPT 4, Anda dapat memberikan input dalam bentuk gambar dan suara. ChatGPT 4 bahkan bisa juga menerjemahkan isi video atau memberikan caption.

Saat artikel ini dibuat, ChatGPT 4, berkembang juga jadi GPT‑4o. Kemampuan GPT‑4o punya kecepatan lebih tinggi dan kemampuan dalam memahami berbagai bahasa. GPT‑4o tidak hanya mampu memahami dan merespons teks, tetapi juga gambar, suara, dan video.

Dengan berlangganan ChatGPT Plus, Anda pun bisa melakukan generate gambar dengan basis layanan DALL-E. Saya sudah mencoba fitur ini, dan gambar yang dihasilkan cukup akurat berdasarkan deskripsi yang kita berikan.

Satu hal yang perlu diketahui dari ChatGPT, menurut saya, layanan kecerdasan buatan tersebut masih belum dapat menggantikan peran manusia di dunia kerja. Sebab, ada kalanya ChatGPT ini "menghalu" dan memberikan fakta atau informasi yang tidak sesuai.

Adapun hasil telusuran ChatGPT tidak memberikan sumber dari data yang mereka tampilkan, sehingga kita tidak dapat mengecek keaslian informasi yang ditampilkan.

Hal yang saya sukai dari ChatGPT:

  • Bisa persingkat waktu untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti membuat dokumen, outline artikel, dan sebagainya
  • Tersedia secara gratis, mudah saat melakukan pendaftaran
  • Hasil jawaban dan pekerjaan bisa cukup akurat menyerupai pekerjaan manusia
  • Ada fitur generate gambar, tapi hanya tersedia di versi berbayar (ChatGPT Plus)

Hal yang menurut saya perlu dibenahi dari ChatGPT:

  • Hasil informasi yang diberikan tidak mencantumkan sumber referensi
  • Informasi yang ditampilkan tidak selamanya sesuai dengan fakta
  • Versi gratis tidak dapat mengakses internet untuk informasi yang lebih up-to-date, tidak tahu informasi apa pun setelah bulan Januari 2022

2. Bing Copilot dan Bing Image Creator - Chatbox Cerdas dengan Hasil Temuan yang Up-to-date

bing creator dall-e_

Selain ChatGPT, Anda juga bisa menggunakan Bing Copilot sebagai sarana chatbox bertenaga kecerdasan buatan. Copilot menggunakan data yang dikumpulkan Bing untuk memberikan hasil pencarian sesuai dengan permintaan yang Anda ajukan.

Beda dengan menggunakan mesin pencarian biasa, Bing Copilot ini akan memberikan rangkuman jawaban dari pertanyaan yang Anda miliki. Cara kerjanya mirip dengan ChatGPT, hanya saja layanan Copilot ini dapat menggali informasi dari internet dan mencantumkan sumber.

Bing Copilot bahkan menyediakan tiga opsi gaya bahasa, yakni kreatif, seimbang, dan precise (akurat). Menariknya lagi, Bing Copilot ini menyediakan fitur text-to-image berbasiskan DALL-E, tanpa harus membayar biaya langganan. Fitur ini dinamakan Bing Creator Image.

Saya mencoba untuk minta dibuatkan logo, dan Copilot langsung membuatkan empat logo sekaligus untuk dijadikan alternatif. Lalu, Bing Copilot juga akan menawarkan sugesti prompt yang bisa dipilih, seperti "buatlah lebih berwarna", "sertakan elemen visual alam di logo", atau "tambahkan bentuk-bentuk geometris".

Bing Copilot juga tampaknya lebih mampu membuat jawabannya lebih relevan ketimbang ChatGPT. Saat saya coba minta buatkan jadwal tasyakuran, hasil jawaban Copilot lebih akurat dan sesuai, turut menyertakan jadwal salat zuhur di pukul 12.00.

Saat melakukan permintaan yang sama pada ChatGPT, ia tidak menyertakan jadwal salat sama sekali. Dengan kata lain, saya lebih memercayai Bing Copilot untuk pembuatan itenerari keagamaan, atau hal-hal lain yang berkaitan dengan budaya dan kebiasaan lokal.

Hal yang saya sukai dari Bing Copilot

  • Seluruh layanannya gratis, termasuk fitur ChatGPT 4 dan DALL-E (Bing Creator Image)
  • Bisa mengakses internet untuk informasi terkini
  • Dapat berikan sumber eksternal sebagai referensi demi kepentingan fact-checking
  • Ada tiga opsi gaya bahasa yang bisa dipilih
  • Hasil temuannya lebih menyerupai buatan manusia, mempertimbangkan unsur budaya dan kebiasaan lokal
  • Akses yang mudah, tersedia dari laman pencarian Bing dan browser Microsoft Edge

Hal yang menurut saya perlu dibenahi dari Bing Copilot

  • Respons yang diberikan terlampau singkat dan kurang terasa conversational dibandingkan ChatGPT

3. Microsoft Designer - Hasilkan Gambar Generative tanpa Pusing Memikirkan Prompt

microsoft designer_

Fitur pembuatan gambar pada Copilot memang tergolong bagus dan cepat. Tapi, jika menginginkan pengalaman yang lebih mudah dan instan, bisa pertimbangkan Microsoft Designer.

Sebagai alat AI berbasiskan pembuatan desain, layanan ini dapat menghasilkan gambar, stiker, atau logo dalam sekejap cuman dari prompt yang Anda inputkan.

Menariknya lagi, tersedia berbagai macam template prompt yang bisa Anda pilih sehingga Anda tidak perlu pusing-pusing lagi membuat deskripsi yang akurat. Ya, Microsoft Designer tampaknya akan sangat cocok digunakan pemula yang masih kebingungan membuat prompt yang bagus.

Tak hanya pembuatan gambar, Microsoft Designer juga dapat mengedit gambar yang Anda unggah, seperti menghapus latar belakang, menambahkan bingkai, mengubah gaya visual, bahkan hingga menghapus objek tertentu pada foto (magic eraser).

Namun perlu diperhatikan, Microsoft memberlakukan sistem boost point sebagai sarana pembuatan gambar dengan cepat. Saat saya pertama kali pakai, saya diberikan sebanyak 90 boost point. Angka ini akan berkurang satu poin setiap kali saya melakukan generate gambar. Jika poin habis, tampaknya proses generate gambar akan berlangsung lebih lambat.

Hal yang saya sukai dari Microsoft Designer

  • Banyak fitur gratis yang umumnya berbayar pada layanan lain
  • Menyediakan template prompt untuk permudah pengguna hasilkan gambar tanpa harus membuat prompt sendiri
  • Punya jenis pembuatan gambar yang beragam, seperti Image Creator, Sticker Creator, Design Creator, dan Collage Creator

Hal yang menurut saya perlu dibenahi dari Microsoft Designer

  • Hasil gambar/logo yang mengandung tulisan bahasa Indonesia condong kurang akurat
  • Seandainya jumlah efek dan aset tipografinya lebih banyak, pasti akan lebih menyenangkan

4. Copy.AI - Sekumpulan Tools Berguna untuk Copywriting dan Content Writing

copyai_

Dilihat dari namanya, CopyAI tampak eksklusif sekadar menyediakan layanan untuk menghasilkan copy atau tulisan. Tapi, aslinya tidak sedangkal itu. CopyAI merupakan kumpulan dari alat-alat AI yang bermanfaat untuk membangun brand dan bisnis Anda.

Salah satu fitur yang saya sukai adalah Brand Voice yang dapat mengetahui tone atau gaya bahasa dari situs yang dikelola. Sebagai contoh, saya mengambil sample dari beberapa tulisan di artikel ini untuk dijadikan referensi, dan CopyAI berhasil menentukan brand voice yang akurat.

Menurut CopyAI, Carisinyal.com menggunakan bahasa yang "informatif, ramah, dan jelas dengan sedikit nuansa santai. Merk (brand) ini berbicara kepada audiens yang mencari solusi teknologi yang damah digunakan dan efisien, seringkali pemula dalam bidang desain dan teknologi.".

Dan, ya, saya setuju dengan hasil penilaian CopyAI tersebut. Setelah CopyAI mengetahui gaya bahasa dari brand yang kita punya, CopyAI akan mempertimbangkan voice tersebut dalam setiap layanan automasi yang tersedia (dinamakan workflow), seperti saat generate artikel untuk blog, membuatkan SEO content brief, dan sebagainya.

Jenis workflow yang tersedia terbagi menjadi beberapa tujuan. Misalnya untuk meningkatkan penjualan, tersedia workflow seperti riset perusahaan, menganalisis pendapatan, mencari prospek di perusahaan tertentu, menemukan penentu keputusan pada sebuah perusahaan, hingga membuatkan pos blog dari transkrip telepon.

Untuk tujuan meningkatkan jangkauan (reach), tersedia berbagai workflow seperti membuatkan tulisan blog yang teroptimasi SEO, melakukan brainstorm iklan Facebook, membuatkan press release, mengecek plagiasi, pembuatan konten LinkedIn, dan masih banyak lagi.

Rasanya tidak terhitung ada berapa banyak alat automasi yang disediakan CopyAI. Layanan ini sangat cocok bagi siapa pun yang berkecimpung di dunia usaha digital, baik itu kreator konten, pemilik media digital, hingga pemilik toko daring.

Hal yang saya sukai dari CopyAI

  • Semua fitur bisa digunakan secara gratis, namun dengan batasan jumlah koin
  • Tak hanya punya jumlah alat yang melimpah, masing-masing alat punya fungsi yang mendalam
  • Memiliki fitur brand voice untuk mencocokkan hasil temuan chat dengan gaya bahasa brand yang sudah ditetapkan

Hal yang menurut saya perlu dibenahi dari CopyAI

  • Kendati mudah digunakan, menurut saya navigasinya bisa dibenahi agar lebih ramah pengguna

5. Gemini - Chatbox yang Sediakan Fitur Premium Secara Gratis

gemini_

Gemini (dulunya Google Bard) merupakan chatbot bertenaga kecerdasan buatan yang dapat memberikan respons dengan tingkat relevansi yang tinggi. Menurut saya, Gemini adalah "campuran" dari ChatGPT dan Bing Copilot.

Cara kerja ChatGPT adalah memberikan informasi berdasarkan pengalaman yang dikumpulkan dari berbagai sumber, seperti Wikipedia, buku, artikel berita, dan jurnal ilmiah. Sementara, Bing Copilot mendapatkan sumber dari hasil pencarian Bing di internet.

Nah, format hasil pencarian Gemini tampaknya mirip seperti ChatGPT. Namun di akhir pencarian, layanan ini langsung melakukan fact-checking secara otomatis melalui hasil pencarian Google. Jadi, di saat Gemini memberikan hasil temuan dalam format yang lebih conversational, pengguna tetap dapat mempercayai hasil pencariannya.

Gemini juga memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan gambar untuk dijadikan referensi. Kemudian, Anda pun bisa bertanya mengenai apa saja yang berkaitan gambar tersebut, misalnya seperti menanyakan gambar itu tentang apa, ada berapa orang di gambar, dan lain sebagainya.

Saya bahkan mencoba untuk unggah screenshot dari soal TPA SBMPTN, dan Gemini berhasil menjawabnya dengan penjelasan yang panjang, lengkap, dan akurat. Saya jadi serasa punya tutor pribadi.

Hal yang saya sukai dari Gemini

  • Dapat melakukan double-check terhadap hasil temuan berdasarkan pencarian Google
  • Mendukung pengunggahan gambar, dapat menjawab pertanyaan yang terkandung dalam gambar
  • Hasil temuannya terbentuk dalam format conversational yang lebih panjang

Hal yang menurut saya perlu dibenahi dari Gemini

  • Tidak mendukung generate gambar seperti pada ChatGPT atau Bing Copilot

6. Adobe Firefly - Alat AI Andalan untuk Modifikasi Gambar

adobe firefly 2_

Tak hanya sekadar mampu melakukan generate gambar dari prompt, Adobe Firefly juga bisa menghapus objek tertentu, dan menggantinya dengan objek lain.

Adobe Firefly versi web bisa diakses secara gratis, namun dibatasi sebanyak 25 kali per bulan. Setiap melakukan generate gambar, menghapus objek, dan mengganti objek.

Sepenelusuran saya, Adobe Firefly dapat memberikan gambar yang sama akuratnya (jika tidak lebih akurat) dibandingkan alat AI penghasil karya seni lainnya seperti DALL-E dan Midjourney.

Setiap prompt yang diberikan, Adobe Firefly akan memberikan empat gambar yang bisa dijadikan alternatif. Anda juga dapat mengunggah sampel gambar untuk dijadikan referensi struktur.

Ketika menyeleksi bagian dari gambar yang kita unggah, Anda diberi kesempatan untuk memasukkan prompt untuk menambahkan elemen visual lainnya.

Saya mencoba mengunggah foto bebek di atas danau, dan saya coba untuk menambahkan buaya di belakangnya. Hasilnya benar-benar terlihat natural seperti tidak pernah dimodifikasi sama sekali.

Hal yang saya sukai dari Adobe Firefly

  • Mampu memberikan gambar yang sangat akurat dengan prompt yang diberikan
  • Tersedia secara gratis walau terbatas dengan 25 poin per bulan
  • Dapat memodifikasi struktur hasil gambar dengan mengunggah foto referensi
  • Bisa menghapus objek tertentu, bahkan menggantinya dengan objek lain

Hal yang menurut saya perlu dibenahi dari Adobe Firefly

  • Untuk versi gratis, limit per bulannya terlalu sedikit

7. Midjourney.co - Ubah Deskripsi Menjadi Karya Seni

midjourney_

Untuk dapat menghasilkan gambar atau karya seni menggunakan kecerdasan buatan, Anda bisa manfaatkan layanan bernama Midjourney. Layanan ini berasal dari pengembang independen, dan umumnya bisa diakses melalui Discord (platform chat seperti Slack).

Cara kerja Midjourney tidak beda jauh dengan DALL-E. Anda perlu memasukkan prompt alias deskripsi gambar, dan Midjourney akan berusaha membuatkan gambar yang sesuai. Prosesnya generate tidak makan waktu lama, kurang lebih berkisar satu menit.

Midjourney sayangnya merupakan layanan berbayar, dan sudah tidak lagi menyediakan free trial lantaran saking banyaknya permintaan terhadap jasa layanan ini. Namun, ada situs bernama Midjourney.co yang masih sediakan generate gambar berbasiskan Midjourney secara gratis.

Setelah melakukan pendaftaran, Anda bisa melakukan pengisian prompt dan langsung melakukan generate. Saya coba memasukkan prompt untuk membuat gambar kucing bergaya kartun mengenakan kostum samurai dan katana, dan hasilnya cukup akurat. Pengguna juga dapat menyesuaikan ukuran gambar yang diinginkan.

Hal yang saya sukai dari Midjourney.co

  • Menyediakan layanan generate gambar secara gratis (15 gambar per hari)
  • Ada pengaturan ukuran gambar

Hal yang menurut saya perlu dibenahi

  • Hanya menyediakan satu gambar per prompt

8. Blackbox AI - Asisten Pemrograman untuk Hasilkan Kode dalam Sekejap

blackbox ai_

Siapa pun yang terlibat dengan pemrograman, baik itu mahasiswa, analis data, programmer, maupun dosen, pasti akan terbantu dengan Blackbox AI. Ini adalah alat kecerdasan buatan yang bisa memberikan kode apa pun berdasarkan permintaan yang diajukan.

Anda bisa bertanya tentang apa saja, misalnya minta dibuatkan kode HTML dan JavaScript untuk landing page, dan Blackbox AI akan langsung menyediakannya untuk Anda.

Tak hanya sekadar memberikan kode, layanan ini juga akan menjelaskan bagian-bagiannya satu per satu sehingga pengguna dapat mengetahui fungsi dan penjelasan masing-masing sektor. Ini adalah alat yang tepat untuk siapa pun yang ingin belajar pemrograman.

Selain itu, tersedia juga fitur bernama Playground yang memungkinkan pengguna mengisikan kode pemrograman apa pun, seperti HTML, CSS, Python, JavaScript, Java, PHP, dan masih banyak lagi.

Setelah kode dimasukkan, Anda bisa meminta layanan Blackbox AI untuk menjelaskan kode tersebut, menemukan bug, serta memberikan solusinya.

Mahasiswa yang memotret tampilan kode dari proyektor dosen juga bisa mengunggah gambar tersebut ke Blackbox AI. Menggunakan teknologi OCR, layanan ini dapat mengubahnya ke dalam editable code untuk kemudian dianalisis dan diberikan penjelasan.

Blackbox AI juga menyediakan "asisten" khusus untuk masing-masing bahasa pemrograman, di mana pengguna dapat bertanya hal apa pun secara spesifik mengenai bahasa yang diperlukan.

Tak hanya itu, Anda juga bisa membuat chatbox custom Anda sendiri dengan memasukkan URL knowledge base dan beberapa file yang berkaitan.

Chatbox pada Blackbox AI memungkinkan pengguna mengirimkan file berisikan kode-kode Anda, mengirimkan gambar, serta mendapatkan hasil berdasarkan temuan di internet secara real time. Ini agar hasil temuannya bisa menyertakan sumber referensi agar pengguna bisa melakukan fact-checking.

Hal yang saya sukai dari Blackbox AI

  • Banyak fitur berguna yang dapat bantu proses pemrograman, tersedia gratis
  • Bisa mengirimkan file HTML atau pun file coding-an lainnya untuk dianalisis
  • Dapat mengakses internet untuk memberikan informasi relevan yang up-to-date

Hal yang menurut saya perlu dibenahi dari Blackbox AI

  • Chatbox hanya dapat digunakan untuk hal-hal berkaitan programming, tidak bisa untuk umum (contoh, membuatkan jadwal tasyakuran)

9. Stable Diffusion - Cara Mudah Hasilkan Karya Seni pada Beragam Gaya

stable diffusion_

Stable Diffusion adalah alat penghasil gambar bertenaga AI seperti DALL-E, Midjourney, dan Adobe Firefly. Dengan menuliskan deskripsi gambar seperti apa yang mau kita buat, layanan ini akan memberikan hasil yang akurat.

Anda cukup mengunjungi situs Stable Diffusion Web dan melakukan pendaftaran secara singkat. Kemudian, Anda pun bisa menuliskan prompt alias deskripsi gambar pada kolom yang tersedia.

Uniknya, sebelum melakukan generate gambar, Anda bisa memilih salah satu dari sekian banyak art style sebagai referensi hasil gambar. Misalnya, Anda bisa memilih untuk membuatkan gambar kartun, tiga dimensi, realistis, pixel art, cyberpunk, graffiti, dan masih banyak lagi.

Anda tidak perlu menyertakan nama art style tersebut di dalam prompt. Sebab, Anda hanya perlu lakukan klik pada pranala gambar yang mempresentasikan masing-masing jenis art style. Ini menjadikannya sangat ramah pengguna, cocok buat yang masih bingung merancang prompt yang tepat.

Namun cukup disayangkan, versi gratis hanya dapat tampilkan dua hasil setiap kali generate gambar alih-alih empat.

Hal yang saya sukai dari Stable Diffusion

  • Ada opsi untuk memilih art style di luar dari prompt yang ditulis
  • Menyediakan opsi tingkatan seberapa berpengaruhnya prompt yang ditulis untuk hasilkan gambar (guidance scale)
  • Bisa mengatur aspek rasio sebelum lakukan generate

Hal yang menurut saya perlu dibenahi dari Stable Diffusion

  • Hasil gambar ada watermark-nya (untuk versi gratis)
  • Hanya sediakan dua jumlah hasil pada sekali aksi generate
  • Seandainya ada template prompt, tentunya akan lebih bagus lagi

10. Wix AI - Asisten Pembuatan Website Berbasiskan AI

wix ai_
wix ai 2_

Buat yang ingin membuat website tapi tidak punya keahlian pemrograman, serahkan saja pada WIX. Ini adalah situs website builder yang memiliki antarmuka sangat mudah dan simpel, bahkan siapa saja bisa menggunakannya.

Kini, WIX telah mengadopsi teknologi kecerdasan buatan (AI) sehingga dapat membuatkan website hanya dari prompt yang Anda berikan. Cukup mengunjungi laman WIX AI, klik pada pilihan Create with AI, dan Anda sudah dapat memulai membuatkan website untuk personal atau bisnis.

Pengguna perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Namun untungnya, prosesnya berjalan cepat lantaran bisa log in dengan akun Google. Menariknya lagi, kita tidak perlu memasukkan data kartu kredit sama sekali.

Setelah log in, akan muncul pertanyaan-pertanyaan seputar situs yang ingin kita buat, seperti nama dan deskripsi situs, tujuan yang ingin dicapai, dan pertanyaan-pertanyaan relevan lainnya.

Ada opsi untuk melakukan skip pada pertanyaan, namun menurut saya sebaiknya dijawab semua. Karena apabila di-skip, dikhawatirkan hasil situs tidak seakurat yang kita inginkan.

Ketika semua pertanyaan sudah dijawab, WIX AI akan menyimpulkan nama situs, tagline, deskripsi, serta target audiens berdasarkan prompt yang diberikan. Anda pun bisa klik opsi Generate the site untuk melihat preview dari situs yang kita buat.

Jika tampilan situs kurang sesuai dengan keinginan, bisa memilih opsi Regenerate site untuk mengulang pembuatan situs dengan prompt yang sama, atau pilih Make a little different untuk versi yang telah dimodifikasi (baik itu dari unsur warna maupun tata letak).

Apabila sudah sesuai, tinggal pilih opsi Continue with this design dan WIX pun akan mempersiapkan editor untuk melanjutkan aksi pengeditan website. Menurut pengalaman saya, waktu persiapan ini makan waktu cukup lama, kurang lebih satu menit.

Ketika sudah selesai, Anda bisa lakukan pengeditan manual sesuka hati, misalnya seperti menambahkan section, mengganti background, dan sebagainya. Anda pun bisa mem-publis website dengan sekadar klik tulisan Publish di pojok kanan atas.

Setelah di-publis, website akan langsung live namun dengan watermark yang kentara serta dengan nama domain "nama_pengguna.wixsite.com/namasitus".

Anda tentu bisa menghilangkan watermark dan menggunakan custom domain sendiri, namun Anda harus melakukan upgrade akun terlebih dahulu (4.5 dolar AS per bulan hanya untuk menghubungkan domain, atau 8.5 dolar AS per bulan untuk menghubungkan domain sekaligus menghilangkan watermark).

Kendati dapat menghasilkan website dengan cara yang mudah, namun menurut saya hasilnya masih terlampau sederhana. Pembuatan situs memakai AI jadi terkesan gimmick. Sebab, rasanya tidak beda jauh dari memilih template yang tersedia dan sekadar mengubah copy-nya.

Hal yang saya sukai dari WIX AI:

  • Pembuatan website yang mudah, hanya dengan menjawab pertanyaan dengan prompt yang sesuai
  • Proses registrasi cepat, mudah, tanpa harus memasukkan data kartu kredit
  • Antarmuka drag-and-drop (tekan dan geser) menjadikan proses pengeditan website jadi hal yang menyenangkan

Hal yang menurut saya bisa dibenahi dari WIX AI:

  • Tampilan branding WIX yang terlalu kentara pada laman situs (watermark)
  • Membutuhkan biaya tambahan untuk sekadar menghubungkan custom domain, di luar dari biaya domain itu sendiri
  • Hasil desain website yang terlampau sederhana

11. DALL-E Free - Untuk yang Ingin Mencoba Layanan DALL-E tanpa Ribet

dall e free_

DALL-E merupakan model AI besutan OpenAI yang dapat menghasilkan gambar melalui deskripsi tulisan, atau yang biasa disebut text-to-image AI Generator.

Untuk dapat menggunakannya pada ChatGPT, dibutuhkan akun premium berbayar. Nah, untungnya saja, Anda bisa manfaatkan website bernama DALL-E Free untuk menggunakan layanan generate gambar secara gratis.

Anda bisa kunjungi laman DALL-E Free untuk kemudian mendaftar terlebih dahulu. Jangan khawatir, proses daftar hanya membutuhkan satu kali klik karena menggunakan akun email Google untuk mendaftar.

Setelah masuk akun, pengguna akan ditawarkan lima kali generate gambar menggunakan prompt dalam bentuk teks deskripsi. Ya, frekuensinya hanya cuman bisa lima kali secara gratis. Lebih dari itu, Anda diharuskan membayar paling murah 7 dolar AS (Rp112 ribuan) per bulan untuk mendapatkan 1.000 kali generate gambar.

Sepengalaman saya memakai layanan gratis ini, DELL-E Free mampu berikan hasil gambar sesuai dengan prompt yang saya berikan. Proses melakukan generate-nya juga tidak terbilang lambat, setidaknya untuk seukuran layanan gratis.

Hal yang saya sukai dari DELL-E Free

  • Sesuai namanya, gratis
  • Situs tidak menampilkan iklan pop-up meskipun layanannya gratis
  • Proses pendaftaran yang mudah tanpa harus memasukkan data kartu kredit
  • Kecepatan generate gambarnya satisfactory
  • Walau ada watermark, namun tidak terlalu kentara pada hasil gambarnya
  • Cocok untuk yang ingin mencicipi layanan DELL-E sebelum langganan ChatGPT Plus

Hal yang menurut saya perlu dibenahi dari DELL-E Free

  • Seandainya jumlah frekuensi generate gambarnya ada 10, tentu lebih oke lagi
  • Hasil gambarnya tidak dapat digunakan untuk keperluan komersil

Itu tadi merupakan daftar rekomendasi website bertenaga AI terbaik. Alat-alat tersebut bisa digunakan untuk membantu Anda mengerjakan tugas sehari-hari dengan cepat. Selamat mencoba!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram