Carisinyal / Tips Trik / 7 Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di Laptop

7 Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di Laptop

Ditulis oleh - Diperbaharui

Mungkin bagi sebagian orang, aktivitas mendengarkan musik adalah salah satu hal wajib, baik sedang dalam perjalanan, bekerja, atau aktivitas lainnya. Tak jarang, orang akan membutuhkan bantuan headset agar bisa mendengarkan musik tanpa mengganggu orang yang ada di sekitarnya.

Mendengarkan musik menggunakan headset bukan hanya mengandalkan ponsel saja karena Anda juga bisa mendengarkan lagu favorit di PC / laptop. Namun sayangnya, kadang ada saja masalah yang menghambat, salah satunya adalah headset yang tidak terdeteksi di PC / laptop. Pasti akan sangat mengesalkan, bukan?

Maka dari itulah, bagi Anda yang punya permasalahan headset tidak bisa berfungsi dengan baik atau tidak terdeksi di PC / laptop, jangan dulu langsung mengganti headset atau laptopnya, ya. Pasalnya, pada artikel kali ini ada 7 cara mengatasi headset tidak terdeksi di laptop dengan mudah. Mau tahu caranya? Simak ulasannya di artikel ini sampai akhir, ya.

7 Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di Laptop

1. Scan for Hardware Changes

Jangan buru-buru mengambil kesimpulan headset rusak atau laptop rusak, pasalnya cara mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop bisa dilakukan dengan cara scan for hardware changes. Guna dari cara ini adalah, laptop akan memindai hardware apa saja yang mengalami perubahan. Nah, mungkin soundcard yang ada pada laptop Anda ada perubahan sehingga tidak dapat mendeteksi headset.

Untuk melakukan scan for hardware changes sangat mudah dan tidak perlu dilakukan oleh seorang yang profesional. Anda bisa melakukannya sendiri dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Buka menu Device Manager dengan cara klik Windows + X pada keyboard laptop.
1 scan for hardware changes

* sumber: www.tanyaeko.com

  • Setelah klik device managaer, Anda bisa langsung klik sound, video and game controllers.

* sumber: www.tanyaeko.com

  • Jika headset masih gagal terdeksi di laptop, cobalah pilih dan klik scan for hardware changes.
3 scan for hardware changes

* sumber: www.tanyaeko.com

  • Di akhir, Anda hanya perlu menutup jendela device manager tadi dan coba refresh. Kalau perlu, cobalah untuk restart laptop Anda.

2. Update Driver Software

Cara mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop dengan scan for hardware changes masih tidak membantu? Kalau begitu, Anda bisa coba lakukan pembaruan pada driver software. Mungkin saja headset tidak berfungsi di laptop karena belum di-update. Maka dari itulah, coba untuk melakukan update driver software dengan langkah berikut ini:

  • Buka menu Device Manager seperti cara sebelumnya.
  • Pilihlah menu sound, video and game controllers.
  • Selanjutnya, Anda bisa langsung klik pada pilihan update driver software.
Update Driver Software

* sumber: www.tanyaeko.com

  • Pada langkah ini pastikan bahwa Anda terkoneksi dengan internet karena di langkah keempat ini laptop akan melakukan pencarian otomatis untuk update software sound Anda.
update driver software 2

* sumber: www.tanyaeko.com

  • Jika sudah selesai maka langkah terakhir adalah melakukan restart pada laptop.

3. Manfaatkan Driver Booster

Jika Anda sudah melakukan pembaruan pada driver namun headset tetap tidak terdeteksi, mungkin Anda butuh aplikasi pihak ketiga yang akan membantu Anda menangani masalah ini. Anda bisa menggunakan aplikasi Driver Booster dan cobalah cara di bawah ini:

  • Langkah pertama, Anda bisa download dan install aplikasinya di link ini.
  • Kemudian, buka dan jalankan aplikasi yang sudah Anda download. Biarkan aplikasi Driver Booster melakukan scanning untuk setiap hardware yang harus di-update pada laptop.
Manfaatkan Driver Booster 1

* sumber: www.tanyaeko.com

  • Setelahnya, Driver Booster akan menampilkan setiap hardware yang harus diupdate. Jika ada hardware sound, video and game controllers maka klik update pada bagian samping kanan.

* sumber: www.tanyaeko.com

  • Lalu, klik OK pada bagian peringatan.
Manfaatkan Driver Booster 3

* sumber: www.tanyaeko.com

  • Sekarang, Anda hanya perlu menunggu proses pengunduhan dan pemasangan hardware sound, video and game controllers.

* sumber: www.tanyaeko.com

  • Jika sudah selesai, langsung restart laptop Anda.

Selesai sudah, kini headset sudah bisa terdeteksi lagi. Catatan, untuk cara ini pastikan Anda terhubung pada internet. Nah, kalau cara ini belum berhasil maka kami masih punya cara lainnya di poin selanjutnya.

4. Mengubah Sample Rate dan Bit Depth

Ada cara lain ketika Anda mengalami permasalahan headset yang tidak terdeteksi di laptop yakni melakukan perubahan pada sample rate dan bit depth. Cara mengatasi headset tidak terdeksi di laptop yang satu ini juga cukup ampuh dengan mengikuti langkah ini:

  • Klik kanan pada simbol sound yang ada di desktop, biasanya di bagian pojok kanan bawah. Kemudian, pilihlah Playback devices.

* sumber: www.tanyaeko.com

  • Setelah itu, Anda bisa langsung pilih bagian speaker/headphones. Lalu, Anda bisa langsung ubah menjadi Set as default dan lanjutkan dengan klik properties.
Mengubah Sample Rate dan Bit Depth 2

* sumber: www.tanyaeko.com

  • Nah, kini Anda sudah masuk ke dalam menu properties maka selanjutnya klik Advanced dan ubahlah sample rate & bit depth sesuai dengan kebutuhan Anda.
Mengubah Sample Rate dan Bit Depth 3

* sumber: www.tanyaeko.com

  • Di akhir, jangan lupa untuk klik Apply lalu klik lagi Berhasil mencobanya?

5. Menginstall Driver Soundcard

* sumber: www.ecomputerz.com

Solusi lain untuk mengatasi headset yang tidak terdeteksi di laptop, mungkin Anda belum melakukan pemasangan pada driver soundcard. Seperti yang diketahui, keberadaan kartu suara (soundcard) sangat penting untuk melakukan proses mengubah data digital menjadi data suara. Jika Anda tidak memiliki driver soundcard, maka headset tidak akan berfungsi di laptop Anda.

Nah, kalau seperti ini berarti memang Anda harus melakukan instalasi pada driver soundcard yang tentunya harus sesuai dengan model soundcard di laptop Anda. Biasanya, driver soundcard akan diberikan secara gratis dan memang sudah tersedia pada laptop. Jadi, Anda hanya perlu menginstallnya saja, lalu restart laptop Anda. Simple, kan?

6. Cek Soundcard

cara mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop Cek Soundcard

* sumber: www.drivereasy.com

Perlu diketahui bahwa di dalam sebuah PC atau laptop ada perangkat keras yang disebut dengan soundcard (kartu suara). Hardware yang satu inilah bertugas untuk mengubah input data digital menjadi data suara. Maka dari itulah, setiap suara yang dihasilkan oleh headset Anda akan diproses oleh perangkat keras soundcard.

Oleh karena itu, ketika Anda memiliki permasalahan pada headset yang tidak terdeteksi di laptop, ada baiknya jika Anda memastikan apakah soundcard berfungsi dengan baik atau tidak. Nah, untuk memastikan hal tersebut Anda bisa memasang headset ke laptop lain.

Jika headset berfungsi dengan baik maka ada kemungkinan soundcard di laptop Anda mengalami kerusakan. Kalau sudah dipastikan adanya kerusakan mungkin Anda harus mengganti atau memperbaiki soundcard.

7. Cek Kondisi Headset

Men Using Headset

* sumber: maxpixel.freegreatpicture.com

Mengapa harus mengecek kondisi headset? Jika Anda menemukan masalah pada headset yang tidak terdeteksi di laptop, jangan terlalu cepat mengambil tindakan dengan mengganti soundcard pada laptop. Siapa tahu memang headset yang Anda miliki mengalami kerusakan.

Sebaiknya, Anda mengecek apakah headset dalam kondisi rusak atau masih bagus. Cara mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop ini juga bisa Anda lakukan dengan mudah. Cobalah Anda memasang headset lainnya ke laptop Anda. Jika headset lain bisa berfungsi dengan baik, berarti memang headset Anda yang rusak.

Untuk penyebab headset rusak pun bermacam-macam, maka dari itulah kami sarankan untuk rutin merawat dan membersihkan earphone/headset dengan baik agar terhindar dari kerusakan. Ingat, bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

Demikianlah 7 cara mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop. Anda bisa mencoba cara di atas satu persatu sesuai dengan permasalahan pada laptop masing-masing. Jika Anda punya solusi lainnya, mari berbagi dengan yang lain di kolom komentar. Semoga berhasil!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Listiorini
Do the Best Go Fight Win!

2 Comments

  1. Brian at - Reply

    Sip,sangat membantu

  2. Bayu Anggriawan at - Reply

    terima kasih gan , sangat membantu

Leave A Comment