Carisinyal / Earphone / Tips Memilih Headset Bluetooth Yang Nyaman Digunakan

Tips Memilih Headset Bluetooth Yang Nyaman Digunakan

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Oktober 2018

Headset Bluetooth mulai banyak diminati oleh masyarakat belakangan ini. Selain simpel, perangkat ini juga nyaman untuk dipakai di mana saja.

Namun karena harganya yang masih terbilang mahal, Anda tentunya harus benar-benar teliti ketika membelinya agar tidak menyesal di kemudian hari. Maka dari itu berikut Carisinyal akan mengulas beberapa poin penting yang harus diperhatikan ketika memilih sebuah headset wireless.

1. Fungsi

Tips Memilih Headset Bluetooth Yang Nyaman Digunakan

Terdapat berbagai macam bentuk serta ukuran dari headset wireless yang beredar di pasaran saat ini. Oleh karena itu hal pertama yang harus diperhatikan adalah fungsinya. Apakah Anda akan menggunakannya ketika berolahraga, menyetir mobil, di dalam kantor, atau sambil tiduran? Maka dari itu pilihlah perangkat yang memang dibuat khusus untuk kebutuhan tersebut.

2. Desain

Desain headset bluetooth

Hal selanjutnya adalah desain dari headset itu sendiri. Beberapa headset Bluetooth memiliki bentuk yang cukup besar karena mengutamakan kualitas audio yang dihasilkan. Terdapat juga headset yang fleksibel agar bisa digunakan untuk berbagai macam kondisi, dan ada juga headset yang didesain khusus agar bisa digunakan bersamaan dengan kacamata.

3. Fitur

Fitur

Walaupun bentuknya kecil, namun headset wireless ternyata memiliki berbagai macam fitur canggih di dalamnya. Sebut saja fitur noise cancellation, voice commands for hands-free use, PC integration, hingga stereo audio semuanya terdapat di dalamnya. Oleh karena itu, perhatikanlah fitur yang dimilikinya agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Kualitas suara

Kualitas suara

Tips memilih headset bluetooth yang paling penting adalah memperhatikan kualitas suaranya. Setiap jenis headset bluetooth memiliki kualitas suara yang berbeda-beda. Pasalnya, sebagian headset bluetooth dirancang agar memiliki suara yang pas dengan jenis musik yang Anda dengarkan.

Bila Anda lebih suka mendengarkan musik dance atau jazz, maka Anda bisa membeli headset bluetooth yang dibekali dengan bass yang mumpuni. Namun, jika kualitas suara bukan faktor utama Anda dalam memilih headset bluetooth, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli headset bluetooth yang lebih murah dan tidak perlu dilengkapi fitur-fitur pendukung tertentu.

5. Kualitas microphone

Kualitas microphone

Tak dapat dipungkiri bahwa kualitas microphone juga merupakan hal penting dalam tips memilih headset bluetooth. Apalagi jika Anda sering menggunakan headset tersebut untuk berkomunikasi dengan orang lain, maka Anda harus mencari headset yang microphonenya bagus dan bisa membantu orang lain dapat mendengar suara Anda dengan jelas.

Tidak ada salahnya jika Anda melakukan tes terlebih dahulu sebelum membeli. Apabila Anda memberi secara online, carilah toko online yang memberikan garansi sehingga bila headset Anda rusak, maka Anda bisa mengembalikannya.

6. Anti air

Anti air

Headset sudah menjadi barang penting yang wajib dibawa oleh pebisnis di jaman modern sampai dengan orang yang sekedar gemar berolahraga. Ketika sedang berolahraga, seringkali kita merasa bosan sampai akhirnya kita membawa smartphone dan headset untuk menemani aktivitas olahraga Anda.

Nah, jika Anda sering menggunakan headset bluetooth untuk berolahraga sebaiknya pilih yang menawarkan fitur anti air. Headset yang terkena keringat Anda terus menerus lama-kelamaan juga bisa rusak. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda membeli headset tahan air agar lebih awet digunakan dalam jangka waktu panjang.

7. Daya tahan baterai

Daya tahan baterai

Kontras dengan headset kabel yang tidak memerlukan baterai, headset bluetooth sangat bergantung pada baterai yang berada di dalamnya. Bila kapasitas baterainya kecil, maka dayanya akan segera habis. Bahkan, ada juga headset bluetooth yang hanya mampu bertahan selama 1-2 jam.

Carilah headset bluetooth yang kapasitas baterainya besar sehingga Anda bisa menggunakan headset tersebut sepanjang hari. Dengan kapasitas baterai yang besar, maka Anda tidak perlu sering-sering mengisi daya baterai headset bluetooth Anda.

8. Kualitas koneksi

Kualitas koneksi

Headset bluetooth yang kualitasnya buruk rentan bermasalah pada sektor koneksi. Jadi, ketika Anda menghubungkan headset dengan smartphone, maka koneksinya tidak akan stabil. Misalnya, ketika digunakan untuk telepon, suara Anda akan terdengar putus-putus oleh lawan bicara Anda.

Hal yang sama juga dapat terjadi ketika Anda memakai headset bluetooth untuk mendengarkan lagu, tiba-tiba lagu akan berhenti dengan sendirinya ketika sambungan antara headset dengan smartphone terputus. Jika Anda tidak ingin hal ini terjadi, pilih headset bluetooth yang kualitasnya benar-benar bagus.

9. Kenyamanan

Kenyamanan

Yang satu ini adalah tips memilih headset bluetooth yang hanya bisa dilakukan ketika Anda mencoba headset secara langsung. Setiap headset bluetooth memiliki desain dan bentuk yang berbeda. Beberapa juga dilengkapi dengan earbud untuk menunjang kenyamanan penggunanya.

Nah, bila Anda ingin headset bluetooth yang nyaman sebaiknya pilih yang dilengkapi dengan earbud dan bentuknya sesuai dengan kontur telinga Anda.

10. Harga

Harga

Pertimbangan paling penting ketika hendak membeli headset bluetooth adalah harganya. Sesuaikan headset bluetooth yang akan dibeli dengan budget yang tersedia. Bila dana yang Anda miliki sangat terbatas, beli saja headset bluetooth murah tapi berkualitas seperti sejumlah headset keluaran Jabra.

Itulah beberapa tips penting yang harus Anda perhatikan ketika memilih sebuah headset Bluetooth. Apakah Anda memilih tips lainnya ketika membeli perangkat tersebut?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar