carisinyal web banner retina

10 Aplikasi Al Quran Terbaik di Smartphone Android

Ditulis oleh Listiorini

Kecanggihan teknologi di zaman modern seperti ini seharusnya tidak menyurutkan seseorang dalam beribadah. Justru ibadah dapat ditingkatkan dengan teknologi yang semakin canggih salah satunya adalah dengan membaca Al Quran melalui aplikasi Al Quran di Android.

Lantas bagaimana hukumnya memasang aplikasi Al Quran di smartphone? Berdasarkan Islam.nu.or.id, smartphone yang terpasang aplikasi Al Quran baik berupa tulisan maupun audio tidak dihukum sebagai mushaf. Dengan demikian, pengguna bisa memegangnya saat keadaan hadast dan dapat membawanya ke kamar mandi.

Dari pemarapan di atas maka tidak heran banyak pengguna yang mulai memasang aplikasi Al Quran pada smartphone-nya. Meski demikian, kita sebagai pengguna tetap harus menghormati Al Quran dengan tidak memegangnya dan membuka aplikasi Al Quran di dalam toilet.

Banyaknya aplikasi Al Quran yang bertebaran di Google PlayStore terkadang membuat kita bingung untuk mencari aplikasi yang terbaik dan nyaman untuk digunakan. Oleh karena itu, kali ini tim Carisinyal akan memberikan 10 rekomendasi aplikasi Al Quran di smartphone Android. Yuk! simak kesepuluh aplikasi Al Quran berikut ini.

1. Qara’a - Learn Quran

Qara'a_

Qara’a adalah sebuah aplikasi Al-Quran yang lengkap. Di dalamnya, Anda dapat menggunakan ragam fitur bermanfaat. Salah satunya adalah Al-Quran digital. 

Aplikasi ini menyediakan Al-Quran digital berbentuk mushaf (tanpa terjemahan). Mushaf di sini dilengkapi dengan tanda berupa warna berbeda. Warna-warna ini dapat digunakan sebagai petunjuk dalam membaca ayat Al-Quran.

Selain mushaf, Anda dapat memilih Al-Quran digital per ayat, atau per kata. Ada pula fitur search yang dapat memudahkan Anda untuk mencari ayat tertentu beserta terjemahannya.

Seperti yang sudah tim Carisinyal sebutkan tadi, aplikasi ini punya fitur lengkap. Tidak hanya Al-Quran saja. Qara’a punya fitur pengingat shalat, fitur tasbih digital, bacaan zikir yang cukup lengkap, penentu arah kiblat, sampai kumpulan hadits shahih

Menariknya, Qara’a juga menyajikan pembelajaran soal tentang cara membaca Al-Quran dengan benar. Anda bisa belajar dari nol dengan materi yang tersedia. Pembelajaran dimulai dari tilawah, tahsin, lalu dilanjut dengan tahfidz. Anda akan mendapat sertifikat kalau sudah menyelesaikan kelas.

Sekadar info, fitur pembelajaran ini hanya bisa diakses oleh pengguna Qara’a PRO. Biaya langganan layanan PRO ini hanya Rp20.000 per bulan.

2. Al Quran - Kabar Studio

Al Quran 30 juz tanpa internet_

Al Quran - Kabar Studio adalah aplikasi Al Quran yang punya ukuran kecil, hanya 7 MB saja. Selain tidak menghabiskan memori internal, Al Quran - Kabar Studio memiliki fitur yang cukup lengkap. Anda dapat mengakses Al Quran 30 juz, lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia. Setiap surah di dalam aplikasi ini juga dilengkapi dengan teks latin.

Aplikasi ini pun menyediakan bacaan ayat Al Quran berbentuk audio. Menariknya, Anda dapat mengakses fitur-fitur di dalam aplikasi Al Quran ini tanpa koneksi internet. 

Jangan lupa gunakan juga fitur bookmark untuk menandai ayat Al Quran yang terakhir Anda baca. Guna memudahkan untuk mencari surah, ada pula fitur pencarian yang dapat Anda pakai. 

Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis, sehingga menampilkan beberapa iklan. Namun, tersedia opsi untuk menghilangkan iklan tersebut. Tarifnya mulai dari Rp15.000 per bulan.

3. Al Quran Terjemahan

Al Quran Terjemahan_

Al Quran Terjemahan adalah aplikasi yang dirilis dan dikembangkan oleh Doa Istri Saya. Di dalam aplikasinya, ada pilihan Al Quran internasional dan Al Quran Kemenag. Yang menarik dari aplikasi ini adalah beberapa fiturnya. 

Ada fitur reciter untuk membacakan ayat Al Quran (dalam bentuk audio), ada fitur latin (untuk menampilkan teks latin setiap ayat), pengubah ukuran font, serta fitur pencarian. Seluruh fitur ini berbentuk tombol, sehingga mudah diakses dan digunakan. 

Al Quran Terjemahan juga dilengkapi dengan fitur unggulan berupa Iqra, materi tajwid, murattal Al Quran, penunjuk kiblat, serta jadwal shalat harian. Anda pun akan disuguhkan dengan doa-doa dzikir dan doa khusus, seperti doa masuk rumah, doa masuk kamar mandi, dan lain sebagainya.

Tim Carisinyal memberi apresiasi lebih pada pengembang yang memberi tutorial lengkap dalam aplikasi. Tutorial ini bisa Anda gunakan sebagai panduan dalam menggunakan setiap fiturnya. Ada pula pedoman transliterasi untuk bacaan huruf dalam bahasa Arab ke teks latin. 

Al Quran Terjemahan dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Anda tak perlu khawatir akan kehabisan kuota internet, karena aplikasi ini dapat diakses secara offline. Oh iya, aplikasi ini menampilkan iklan selama digunakan. 

4. Al Qur’an 30 Juz

al quran 30 juz_

Aplikasi ini punya tampilan sederhana. Fiturnya mirip dengan aplikasi Al Quran besutan Kabar Studio. Hanya saja, aplikasi Al Quran 30 Juz dari Muslimidia dilengkapi dengan Asmaul Husna, doa harian, serta video dan bacaan Islami.

Anda pun diberikan kemudahan untuk mendengarkan ayat Al Quran lewat audio MP3. Fitur bookmark dan dark mode juga tersedia di aplikasi ini. Al Quran 30 Juz menampilkan iklan. Namun, Anda bisa menghilangkannya dengan membayar tarif mulai Rp15.000 saja.

Seluruh fitur dalam aplikasi ini dapat diakses tanpa koneksi internet. Khusus audio MP3, silakan unduh terlebih dulu audionya agar dapat didengarkan secara offline.

5. Al Quran Indonesia

Al Quran Indonesia_

Siapa bilang baca Al Quran itu repot karena harus membawa-bawa kitabnya? Zaman modern dan canggih seperti ini justru semakin kecil alasan untuk kurangnya beribadah. Aplikasi Al Quran di Android ini datang dari pembuat asli Indonesia dengan sebutan aplikasi Al Quran Indonesia.

Dalam aplikasinya, sang creator memudahkan umat Muslim dalam membaca Al Quran baik dengan bentuk landscape ataupun portrait, dan terjemahannya pun tentu tersalin dalam bahasa Indonesia. Tidak sembarang terjemahan dan penafsiran, sang translator juga penafsir didatangkan dari Kemenag-RI juga Al Jalalain Indonesia.

Aplikasi yang tersedia dalam dua tipe tema, dark dan light, ini juga melengkapi fiturnya dengan audio controller berupa pause, play, stop. Tak hanya itu bahkan Anda juga bisa langsung mebagikan ayat Allah ini ke medsos Anda. Unduh Al Quran Indonesia di Google PlayStore.

6. My Quran Al Quran dan Terjemahan

myquran_

Selain aplikasi MyQuran yang tersedia dalam platform untuk PC, ternyata MyQuran Al Quran dan Terjemahan ini juga merupakan salah satu aplikasi Al-Quran di Android. Aplikasi dengan desain yang simple juga mudah terbaca dengan jelas ini telah diunduh lebih dari seratus ribu pengguna Android.

Dalam aplikasinya, MyQuran dibekali tak hanya dengan terjemahan namun juga fitur yang dapat melakukan pencarian surat Al Quran. Para penggunanya pun dapat menyimpan surat terakhir yang telah dibaca sebagai penanda.

Tak hanya ayat-ayat suci Al Quran, bahkan MyQuran Al Quran dan Terjemahan ini melengkapi fiturnya dengan kumpulan berbagai macam doa-doa lho. Asmaul Husna atau 99 nama baik Allah pun terpasang dalam salah satu fitur di aplikasi ini. Anda ingin meningkatkan ibadah Anda dengan aplikasi ini? Unduh di Google PlayStore.

7. Quran for Android

Quran for Android_

Membaca Al Quran kini bisa mudah Anda lakukan dengan memanfaatkan aplikasi Quran for Android. Ya, di dalam aplikasinya, pengguna bisa membaca Al Quran dengan berbagai fitur yang cukup lengkap.

Di sini, Anda bisa mengganti night mode bahkan Quran for Android ini menyediakan terjemahan Al Quran dalam 20 bahasa yang berbeda. Cukup lengkap, kan? Aplikasinya juga hadir dengan tampilan minimalis. Silakan unduh Quran for Android di Google PlayStore.

8. umma

umma_

Selanjutnya, ada umma. Aplikasi ini terbilang lengkap dan gampang dipakai karena memiliki sistem antarmuka yang nyaman untuk menunjang kebutuhan umat Islam.

Beberapa fitur yang dapat dinikmati dari aplikasi Muslim ini antara lain Al Quran bahasa Indonesia, Al Quran bahasa Inggris, jadwal sholat, arah kiblat berbasis sistem navigasi, doa harian, notifikasi dan alarm Adzan, kalender, dan beragam konten Islami yang diperuntukkan komunitas Muslim. Yuk, unduh aplikasinya di Google PlayStore.

9. Al-Quran Bahasa Indonesia

Al quran bahasa indonesia_

Sesuai dengan namanya, aplikasi Al'Quran Bahasa Indonesia ini menyuguhkan terjemahan ke dalam Bahasa Indonesia, sehingga akan memudahkan Anda untuk mencermati setiap terjemahan yang ada di Al Quran.

Bukan hanya sekedar itu saja, pasalnya aplikasi ini juga dilengkapi dengan tajwid juga lho. Bahkan, Anda bisa membacanya dengan bentuk landscape juga. Masih ada lagi nih fitur unggulannya di mana Al'Quran Bahasa Indonesia siap untuk menampilkan waktu untuk shalat. Tak kalah lengkap, kan? 

10. Quran Best

quran best_

Aplikasi Quran Best cocok sekali bagi Anda yang sedang ingin belajar Al Quran beserta tajwid-nya. Aplikasi ini menyuguhkan pilihan dan format mushaf Al Quran dengan mengimplementasikan standar penulisan khat Indonesia (tajwid dan non tajwid) dan khat Madinah (tajwid dan non tajwid).

Tidak hanya itu, aplikasi Quran Best juga menghadirkan beraneka fitur islami seperti daftar surat berurutan berdasarkan index dan per juz, menyalin ayat Al Quran, membagikan ayat Al Quran, menyediakan mode gelap atau terang, menandai halaman bacaan dengan pembatas cantik, terjemah, dan tafsir Al Quran.

Itulah kumpulan aplikasi Al-Quran di Android yang bisa Anda gunakan secara gratis baik offline maupun online. Adakah salah satu aplikasi di atas yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda? Jangan lupa simak artikel Aplikasi Waktu Shalat untuk mengingatkan ibadah harian dari tim Carisinyal.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram