carisinyal web banner retina

12 Aplikasi Waktu Sholat dan Adzan Terbaik di HP Android

Sebagai umat muslim, sudah menjadi kewajiban bahwa kita harus menunaikan sholat lima waktu. Namun, rutinitas sehari-hari terkadang membuat kita tidak mampu untuk mengingat jadwal sholat yang akurat. Terlebih waktu sholat bisa berubah setiap harinya.

Di sini, kamu tentu membutuhkan aplikasi jadwal shalat terbaik yang bisa menjadi pengingat untuk menunaikan ibadah sholat tepat waktu.

Di bulan suci Ramadhan ini, sangat penting untuk mengetahui jadwal sholat agar kita tidak melewatkan sholat dan waktu adzan untuk mengetahui jadwal imsak atau berbuka.

Namun, kamu tak perlu khawatir karena di zaman serba teknologi saat ini jadwal sholat dan adzan sudah banyak dikemas dalam aplikasi berbasis Android pada ponsel pintar.

Pemasangan aplikasi waktu sholat dan adzan di ponsel pintar bagi sebagian orang masih dilema akan hukum dalam islam.

Bila merujuk Islam.nu.or.id, memegang atau membawa ponsel pintar berisi aplikasi ayat-ayat suci Al Quran hukumnya dibolehkan, tetapi harus menghormati Al Quran dengan tidak membuka perangkat lunak tersebut saat di toilet.

Banyaknya aplikasi waktu sholat dan adzan yang beredar kadang membuat pusing untuk mencari aplikasi terbaik.

Kali ini Carisinyal akan memberikan 12 rekomendasi aplikasi waktu sholat dan adzan terbaik di Android. Perlu diingat! untuk membaca kebijakan privasi aplikasi sebelum diunduh agar data kamu tetap aman dan terjaga dari penyalahgunaan orang tidak bertanggung jawab.

1. Al Quran Indonesia

aplikasi al quran di android Al Quran Indonesia

Selain kamu bisa membaca dan mendengarkan lantunan ayat suci Al Quran, lewat aplikasi Al Quran Indonesia kamu juga dapat mengecek jadwal sholat dan imsakiyah yang dilengkapi dengan alarm adzan.

Disediakan pula kalender jadwal sholat dan imsakiyah setiap harinya, fitur ini sangat membantu para Muslim untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT terlebih saat bulan Ramadan.

Aplikasi yang telah diuduh oleh 10 juta lebih pengguna Android ini tersedia dalam dua tipe tema, dark dan light.

Adapun fitur lain yang terselip pada aplikasi Muslim ini seperti arah kiblat, kalender hijriah, widget jadwal sholat untuk dipasang pada home-screen, tajwid berwarna, dan masih banyak lagi. Kamu bisa memasang Al Quran Indonesia dengan mengunjungi PlayStore atau klik di sini.

2. Muslim Player Times by Vmuslim

Vmuslim

Mewah, satu kata yang mencerminkan aplikasi bernama Muslim Player Times by Vmuslim. Pasalnya aplikasi ini mempersembahkan banyak fitur dan menu yang bermanfaat bagi umat Islam.

Salah satunya yaitu menu jadwal Shalat yang lokasinya bisa diatur sendiri, lengkap dengan pemberitahuan atau alarm Adzan elektronik terdiri dari 30 pilihan suara Muazin.

Bagi pengguna yang suka jalan-jalan, aplikasi ini menghadirkan fitur pelacak arah kiblat, dan informasi mengenai lokasi masjid serta restoran halal.

Selain punya kalender Hijriah berserta hari libur islam, aplikasi Muslim ini menyelipkan menu doa-doa harian, 99 Asmaul Husna yang disertai audio, hingga kartu upacan Islami. Pokoknya Muslim Player Times super-duper lengkap, deh!

3. umma

umma

Inilah umma, aplikasi Muslim terlengkap yang gampang dioperasikan oleh semua pengguna ponsel Android.

Selain dapat membaca dan mendengarkan lantunan surah-surah Al Quran, lewat aplikasi kamu bisa melihat jadwal sholat dan imsak secara akurat, memasang alarm dan notifikasi adzan, dan mengaktifkan menu hitung mundur ke waktu sholat berikutnya.

Dalam menunjang kebutuhan umat islam dalam beribadah umma juga menghadirkan fitur penunjuk arah Kiblat berbasis GPS, uVoice untuk menyimak podcats terbaik saat bulan Ramadan 2021, hingga media sosial dan konten harian islami yang bisa pengguna jelajahi. Aplikasi bintang empat setengah ini bisa kamu unduh dan pasang secara gratis di sini!

4. Jadwal Sholat, Kiblat, dan Adzan

jadwal sholat, kiblat, adzan

Simple! Itulah gambaran dari sistem antarmuka yang disuguhkan oleh aplikasi bernama Jadwal Sholat, Kiblat, dan Adzan dari pengembang asal Indonesia.


Seperti namanya, aplikasi ini menampilkan fitur jadwal sholat dan arah kiblat berdasarkan lokasi pengguna yang ada di penjuru Indonesia. Tidak lupa menghadirkan alarm Adzan yang akan berdering saat waktu Shalat tiba.

Adapun menu lainnya yang bisa digunakan untuk membantu penguna lebih dekat dengan Allah SWT mulai dari jadwal Imsak baik selama bulan Ramadan atau Sunnah, mengetahui jarak ke Kabah dari tempat pengguna, hingga mendukung berbagai bahasa seperti bahasa Inggris, Indonesia, Malaysia, Jerman, dan Prancis. Kamu bisa memasang aplikasi ini secara gratis di sini.

5. Salaam

Salaam

Inilah Salaam, aplikasi Islam besutan Samsung Indonesia! Meski demikian aplikasi ini bisa digunakan oleh merek apapun asalkan berbasis Android.

Aplikasi yang telah merangkul Sertifikat Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an dari Kementerian Agama Republik Indonesia ini menyuguhkan beragam fitur dan menu yang berfaedah untuk menunjang aktivitas ibadah umat Islam.

Berkolaborasi dengan Cordoba International Indonesia, pengguna bisa menikmati menu jadwal Waktu Shalat wajib berdasarkan keberadaan posisi pengguna, penunjuk arah kiblat, konten harian dan kontekstual merujuk pada kalender Islam, hingga panduan Haji dan Umrah.

Mendapatkan rating empat setengah, Salaam wajib dipasang pada perangkatmu terlebih saat bulan Ramadan.

6. Usholli

Usholli

Sering terganggu dengan iklan? Yuk, pasang Usholli! Sebuah aplikasi tanpa iklan yang menyajikan jadwal Shalat berdasarkan data dari portal resmi Kementerian Agama RI.

Perangkat lunak Android ini mempunyai beragam fitur Muslim yang sangat bermanfaat mulai dari peta masjid, kompas arah kiblat, deteksi kota terdekat, dan widget aplikasi berupa horizontal dan vertikal.

Pengguna juga dapat melihat jadwal Shalat Wajib, Imsak, dan Dhuha lewat aplikasi yang dikembangkan oleh Mr. Habibi tersebut.

Kamu akan disuguhkan jadwal Shalat yang berasal dari 500 lebih kota di pennjuru Tanah Air. Aplikasi ini punya sistem antarmuka yang mudah digunakan dengan tampilan dan tema eye catching bisa berubah berdasarkan waktu Sholat.

7. ShalatKu—Jadwal Sholat & Adzan

Shalatku_

Jika kamu membutuhkan aplikasi pengingat waktu shalat dengan jadwal yang akurat, ShalatKu - Jadwal Sholat & Adzan bisa kamu andalkan. Aplikasinya sudah disesuaikan dengan jadwal waktu beribadah di Indonesia.

Aplikasi satu ini memiliki beberapa fitur unggulan lain. Di antaranya ada petunjuk kiblat dan jadwal imsakiyah. Ada pula notifikasi adzan yang akan mengingatkan kamu untuk beribadah secara otomatis. Unduh aplikasinya di sini.

8. Jadwal Waktu Sholat Indonesia

Jadwal waktu shalat Indonesia_

Aplikasi selanjutnya adalah Jadwal Waktu Sholat Indonesia yang dirilis oleh Kamal Kornain. Aplikasi ini akan mengingatkan kamu untuk beribadah secara tepat waktu dengan alarm adzan-nya. 

Selain pengingat waktu shalat di Indonesia, aplikasi Jadwal Waktu Shalat Indonesia ini dapat dipergunakan ketika kamu bepergian ke luar negeri, termasuk Malaysia dan Brunei. Kamu akan tetap diingatkan untuk beribadah sesuai waktu shalat di negara-negara tersebut.

Jadwal Waktu Shalat Indonesia pun memiliki beberapa fitur lain. Di antaranya ada kalkulator tasbih, petunjuk kiblat, doa harian, dan masih banyak lagi.

9. Muslim Go--Adzan, Waktu Sholat

muslim go_

Tak ketinggalan, ada aplikasi Muslim Go– Adzan, Waktu Sholat yang akan mengingatkan kamu untuk tetap beribadah secara konsisten dan tepat waktu. Aplikasinya akan mengumandangkan adzan di saat waktu untuk beribadah tiba.

Selain dapat menjadi pengingat waktu shalat, Muslim Go– Adzan, Waktu Shalat pun akan membantu kamu agar rajin membaca Al Quran setiap hari, dengan fitur Al Quran digitalnya. Informasi lain seperti kompas kiblat, serta lokasi di mana restoran halal berada juga bisa diakses di aplikasi satu ini.

10. Muslim: Aplikasi Adzan, Kiblat

Muslim - aplikasi adzan, kiblat_

Muslim: Aplikasi Adzan, Kiblat merupakan satu dari sekian banyak aplikasi pengingat waktu shalat yang memiliki fitur lengkap. Selain alarm untuk beribadah, kamu dapat mencoba membaca dan mendengarkan lantunan ayat Al Quran dari sekitar 20-an qari yang berbeda.

Bukan cuma itu saja, aplikasinya juga dilengkapi dengan bacaan asmaul husna, informasi arah kiblat, hadits, dan lain-lain. Aplikasinya bisa kamu gunakan kapan saja dan di mana saja. Agar semakin khusyu’ dalam beribadah, yuk unduh Muslim: Aplikasi Adzan, Kiblat di link ini.

11. KESAN

Kesan_

KESAN juga tidak kalah bagus dari seluruh aplikasi serupa yang masuk dalam daftar. Di aplikasi ini, terdapat jadwal shalat lengkap, dari mulai yang wajib sampai dengan sunnah. Kamu pun akan diingatkan untuk shalat tepat waktu dengan lantunan adzan yang berkumandang, bahkan saat ponsel dalam keadaan offline.

KESAN pun dilengkapi dengan ragam fitur yang menunjang aktivitas beribadah, seperti penunjuk arah kiblat, doa untuk berdzikir, dan lain sebagainya. Uniknya, aplikasi KESAN memiliki fitur U-Mart, di mana kamu dapat berbelanja produk-produk halal.

12. Muslimnesia

muslimnesia_

Aplikasi Muslimnesia dirilis oleh PT Muslim Indonesia Barokah pada 2018. Hingga kini, aplikasinya sudah diunduh oleh lebih dari 50.000 pengguna Android. Muslimnesia dibekali fitur-fitur yang terbilang lengkap.

Di antaranya ada pengingat waktu shalat berupa alarm adzan dan notifikasi, informasi kajian, Al Quran digital, lokasi masjid, dan masih banyak lagi. Aplikasinya bisa kamu unduh dan gunakan secara gratis.

Itulah tadi deretan aplikasi Shalat dan Adzan yang bisa kamu dapatkan dan pasang di ponsel Android kesayanganmu. Semoga bemanfaat, terlebih bagi yang sedang mencari aplikasi Shalat dan Adzan terbaik.

Dengan adanya aplikasi-aplikasi waktu sholat ini kamu tidak perlu takut lagi untuk terlambat menunaikan ibadah sholat. Jadi, Anda tak perlu memerhatikan jadwal sholat melalui kalender atau televisi lagi.

Nah, bagi kamu yang membutuhkan aplikasi membaca Al Quran, maka Carisinyal telah merangkumnya di artikel bertajuk 10 aplikasi Al Quran terbaik di Android.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram