carisinyal web banner retina

15 Aplikasi Al Quran Terbaik untuk PC dan Laptop

Ditulis oleh Listiorini
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Setelah membahas aplikasi Al Quran di HP Android, kini hadir 15 aplikasi Al Quran untuk PC dan laptop terbaik. Untuk yang ingin membaca Al Quran digital tanpa melalui smartphone, Anda bisa memilih salah satu dari aplikasi berikut ini.

Pasalnya, deretan aplikasi Al Quran untuk PC ini bisa Anda gunakan baik dalam keadaan offline maupun online. Tentu saja aplikasi yang kami rekomendasikan ini ada tafsir beserta terjemahannya agar ibadah Anda lebih afdol lagi. Berikut daftar aplikasi Al Quran terlengkap yang direkomendasikan oleh tim Carisinyal.

1. Quran Pro: Muslim

quran pro_

Quran Pro: Muslim adalah sebuah aplikasi Al Quran lengkap. Di sini, Anda dapat membaca Al Quran dengan terjemahan dari berbagai bahasa. Termasuk bahasa Indonesia dan bahasa Prancis. Ada pula mushaf digital yang dijadikan acuan dari beberapa negara.

Yang membuat tim Carisinyal senang dengan Quran Pro adalah ketersediaan Al Quran dalam bentuk audio. Bukan hanya ada satu qari, tapi banyak pilihannya. Salah satu qari favorit tim Carisinyal, Fatih Seferagic, turut menyajikan recitation Al Quran di sini. Pada beberapa reciter/qari, terdapat pilihan untuk mensinkronkan audio dan ayat Al Quran-nya. 

Selain mushaf digital dan Al Quran terjemah, Quran Pro: Muslim pun menyediakan kumpulan doa harian dan doa ruqyah. Aplikasi ini dapat diunduh di App Store.

2. Ayat KSU (King Saud University) - Electronic Mosshaf Project

aplikasi al quran untuk pc Ayat KSU

Aplikasi Al Quran untuk PC yang bernama Ayat ini cukup baik dan membantu bagi umat Muslim yang ingin membaca Al Quran digital. Bukan tanpa alasan tim Carisinyal merekomendasikan sebuah software Al Quran untuk laptop ini. Pasalnya, aplikasi ini dilengkapi dengan 20 bahasa di dalamnya, termasuk bahasa Indonesia.

Aplikasi Al Quran satu ini menyediakan salinan dari Mosshaf Al-Madina, salinan tajwid berwarna yang disebut dengan Mosshaf Al-Tajwid, dan juga lengkap dengan salinan Mosshaf Warsh. Penggunanya pun dapat memilih salah satu dari 20 Qori ternama di dunia dengan mendengarkan melalui MP3.

Aplikas ini tersedia dalam dua pilihan, baik offline dan online. Silakan kunjungi situs resmi Ayat. Jika Anda ingin membaca online, maka akan langsung tersedia bacaan Al Quran, namun Anda juga bisa men-download-nya dengan klik ikon tanda panah di bagian kiri. Mudah bukan?

3. Al Quran

al quran_

Aplikasi Al Quran ini tersedia untuk pengguna Windows. Dalam aplikasinya terdapat berbagai macam fitur yang mempermudah umat Muslim untuk beribadah membaca Al Quran.

Tidak seperti Ayat, aplikasi Al Quran untuk PC ini hanya tersedia dalam terjemahan bahasa Inggris saja. Meski hanya tersedia hanya dalam bahasa asing, aplikasi ini cukup baik untuk membantu penggunanya terutama umat Muslim yang ingin membaca Al Quran secara digital.

Dan yang lebih memudahkannya lagi adalah para pengguna dapat men-download-nya secara cuma-cuma. Pasalnya aplikasi ini memang tersedia secara gratis tanpa harus membayar lisensi.

4. Al-Quran Visual Impairment

Al Quran visual impairment_

Aplikasi Al Quran ini dihadirkan untuk pengguna yang mengalami gangguan penglihatan. Al-Quran Visual Impairment memungkinkan Anda untuk melakukan beberapa kustomisasi, tak terkecuali mengganti warna dan ukuran font

Agar memudahkan pengguna, aplikasi ini menyediakan tiga mode berbeda, yaitu mode membaca, mendengarkan, dan belajar Al Quran. Mode membaca bisa dipakai jika Anda ingin membaca mushaf saja. Sedangkan mode mendengarkan berfungsi untuk memutar audio dari ayat-ayat Al Quran. Nah, ada lagi mode belajar. Ini disiapkan khusus untuk Anda yang mau mengkaji terjemahan ayat Al Quran per kata.

Al-Quran Visual Impairment memiliki tampilan simpel dan minimalis. Kontrolnya pun tidak sulit. Manfaatkan bar kotak di samping kanan layar untuk mengakses fitur dalam aplikasi. Al Quran ini memakai dua bahasa untuk terjemahnya. Ada bahasa Melayu dan bahasa Inggris. Unduh aplikasinya di Microsoft Store.

5. My Quran Indonesia 1.2.2

My Quran Indonesia 1.2.2

Selanjutnya, ada aplikasi My Quran Indonesia 1.2.2. Tak hanya desain, My Quran Indonesia 1.2.2 ini pun menyuguhkan tajwid yang berwarna juga lengkap dengan terjemahan dari berbagai bahasa. Salah satunya bahasa Indonesia.

Anda juga bisa menentukan jadwal kapan Anda membaca Al Quran dan aplikasi ini akan mengingatkan Anda untuk membacanya.

Selain itu juga, bagi Anda pengguna Facebook, Anda bisa langsung meng-update status dengan lafadz Al Quran yang tersedia di My Quran Indonesia 1.2.2 ini untuk menyebarkan ayat-ayat kitab suci Al Quran.

6. Quran Hafs by KFGQPC

Quran Hafs by KFGQPC _

Quran Hafs by KFGQPC adalah aplikasi Al Quran yang diluncurkan oleh pengembang dari Madinah. Aplikasinya memberi kemudahan bagi pengguna untuk membaca Al Quran di PC. Ada fitur-fitur unggulan yang ditawarkan. Beberapa di antaranya adalah fitur untuk mencari ayat dan surah, pengubah ukuran jendela aplikasi, dan tema/mode malam.

Aplikasinya menyuguhkan tampilan beresolusi tinggi. Jadi, ayat-ayat Al Quran di layar dapat dibaca dengan jelas. Al Quran ini tak memiliki terjemahan, melainkan hanya mushaf digital saja. Nama-nama surahnya pun tertulis dalam bahasa Arab. 

Quran Hafs by KFGQPC dapat diunduh gratis di Microsoft Store. Sebelum menggunakan aplikasi ini, pastikan komputer/laptop Anda sudah memakai OS Windows 10 ke atas.

7. Quran Windows

Quran Windows_

Aplikasi Al Quran untuk PC dan laptop ini bisa Anda coba juga. Laiknya aplikasi Al Quran lain, Quran Windows pun hadir dengan fitur jempolannya.

Beberapa di antaranya adalah suara bacaan Al Quran dari para qari, penanda ayat dan halaman, serta terjemahan ke berbagai bahasa. Tampilan dari aplikasi Quran PC ini juga terbilang realistis, sama dengan Al Quran yang dicetak.

Oh iya, Anda tak perlu khawatir akan mengeluarkan biaya untuk memakai aplikasi ini. Quran Windows tak memungut biaya apapun pada pengguna. Unduh aplikasi Quran Windows di Microsoft Store.

8. Lanter Quran

lanter quran_

Untuk Anda yang memerlukan aplikasi Al Quran praktis, Lanter Quran bisa jadi pilihan yang tepat. Aplikasi ini dapat digunakan oleh Anda yang sedang menghafal Al Quran, karena memiliki fitur penghafalan yang diberi nama perpustakaan

Aplikasi ini juga berbasis surah dan tersedia dalam dua bahasa, yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Khusus terjemahan bahasa Indonesianya sendiri sesuai dengan yang diterbitkan Kementerian Agama Republik Indonesia, lho. Jadi, Anda sudah tidak perlu meragukan lagi kualitas aplikasi ini. 

Walau begitu, tampilan aplikasinya sangat sederhana. Di sisi lain, tampilan seperti ini bisa jadi kekurangan dari aplikasinya. Namun, bagi sebagian orang, tampilannya yang simpel membuat aplikasi ini mudah untuk dioperasikan. 

9. Qur’an Reader

quran reader_

Aplikasi Al Quran di PC dan Laptop lainnya adalah Qur’an Reader. Dalam aplikasi ini terdapat surah-surah suci dalam Al Quran yang lengkap.

Saat Anda selesai membaca Al Quran, aplikasi ini menyimpan halaman terakhir yang dibaca secara otomatis. Anda pun dapat menyimpan surah-surah tertentu di halaman bookmark dan mengedit daftarnya sesuai kebutuhan.

Uniknya lagi, aplikasi Qur’an Reader ini memiliki pengingat otomatis yang akan mengajak Anda untuk membaca Surah Al-Kahfi setiap Jumat. Anda pun dapat membuat reminder sendiri agar semakin rajin dalam membaca surah-surah dari Al Quran. Download Qur’an Reader di Microsoft Store.

10. Al Qur’an Indonesia

Al-Qur'an Indonesia_

Al Qur’an Indonesia besutan Chronos13 menjadi satu dari sekian banyak aplikasi Al Quran di PC dan Laptop. 

Aplikasi ini memiliki banyak fitur bermanfaat yang mempermudah ibadah Anda. Al Qur’an Indonesia dilengkapi dengan terjemahan bahasa Indonesia dan tafsir Jalalayn. Selain itu, ada juga fitur arti kata per kata, audio Al Quran dari para qari, dan masih banyak lagi.

Anda juga dapat menambahkan catatan pada bacaan surah, lho. Tak hanya itu, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengkopi teks bacaan Al Quran dengan mudah. Dapatkan aplikasinya di Microsoft Store.

11. Qur’an All-in-One

Quran All-in-one_

Seperti namanya, aplikasi ini menyediakan segala jenis kebutuhan Anda dalam satu genggaman saja. Di aplikasi Qur’an All-in-One Anda dapat membaca seluruh surah dalam Al Quran dan membaca terjemahannya dengan lebih dari 30 bahasa.

Selain itu, tafsir yang digunakan dalam aplikasi Al Quran ini juga berbeda-beda. Ada tafsir Jalalayn, Saddi, Tanweer, dan masih banyak lagi. Ada bacaan dari banyak qari termahsyur dunia dalam aplikasi ini. Salah satunya adalah dari Syekh Mishary Rashid Alafasy.

Lagi, aplikasinya punya tampilan dan kontrol-kontrol yang sangat simpel. Jadi, Quran-All-in-One cocok untuk dipakai oleh siapa saja.

12. IQRA Quran

IQRA QURAN_

Jika Anda mencari aplikasi Al Quran yang simpel tapi memiliki banyak fitur, maka IQRA Quran bisa Anda pilih. Aplikasi ini menyajikan surah-surah lengkap dengan terjemah dari 35 bahasa.

Tak hanya itu, Anda juga dapat mencari ayat-ayat Al Quran sesuai dengan topik spesifik yang ingin dicari. Misalnya, tentang kesabaran, keluarga, pengetahuan, dan lain-lain. Aplikasi ini juga menyediakan audio bacaan Al Quran dari para qari yang lengkap. 

Navigasi dari aplikasi ini juga tergolong smooth dan mempermudah aktivitas beribadah Anda. Unduh aplikasi IQRA Quran di Microsoft Store.

13. Simple Quran

Simple Quran_

Simple Quran adalah aplikasi Al Quran yang tersedia untuk platform iOS dan Macintosh. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang hanya menawarkan mushaf dalam bentuk digital. Tidak ada terjemahan atau teks latin yang akan tampil di sini. Melainkan hanya ayat Al Quran dalam bahasa Arab saja.

Pengembang Simple Quran memberikan kemudahan pada pengguna dengan menghadirkan beberapa fitur. Salah satu di antaranya adalah opsi untuk mencari surah dan ayat tertentu dengan mudah. Selain itu, ada pula fitur bookmark. Fiturnya berguna untuk menandai ayat yang sedang Anda baca.

Sekadar info tambahan, aplikasi ini menggunakan bahasa Inggris. Tak tersedia opsi untuk menggantinya ke dalam bahasa Indonesia. Unduh Simple Quran di App Store.

14. Al Quran (Tafsir & by word)

Al Quran (Tafsir & by word)_

Aplikasi Al Quran (Tafsir & by word) menghadirkan Al Quran digital yang memuat surah dalam kitab suci umat Islam. Surah-surahnya ini disertai dengan terjemahan, baik per kata atau per kalimat.

Tersedia opsi pencarian untuk memudahkan Anda mencari ayat/surah. Ada pula opsi bookmark, serta pengaturan yang cukup advanced. Anda bahkan bisa memilih bahasa tafsir dan bahasa terjemahan, termasuk bahasa Indonesia.

Sayangnya, ketika tim Carisinyal coba, terjemahan bahasa Indonesia di aplikasi ini belum sebagus versi bahasa Inggris. Meski begitu, pengembang menyediakan opsi bantuan terjemahan bagi pengguna yang ingin membantu untuk menerjemahkan surah dengan lebih akurat. 

Aplikasi ini masih tetap layak untuk diunduh. Terlebih bila Anda memang mencari Al Quran dengan terjemah bahasa Inggris, serta beberapa bahasa asing lainnya. Al Quran (Tafsir & by word) tersedia untuk pengguna iOS dan Macintosh saja.

15. Quran Kemenag

quran kemenag_

Quran dari Kemenag atau Kementerian Agama Indonesia bisa diakses dengan mudah. Anda hanya perlu mengandalkan browser di PC/laptop saja. Meski ini berupa laman web, Anda akan mendapatkan fitur yang cukup lengkap.

Al Quran Kemenag menampilkan terjemahan bahasa Indonesia. Ada pula audio MP3, sehingga Anda tidak cuma bisa membaca ayatnya, tapi juga memperdengarkannya. Quran Kemenag pun menghadirkan opsi pengaturan warna tampilan, terjemah dan tema website

Untuk berpindah dari satu surah ke surah lainnya juga tak sulit. Tersedia fitur search bar dan daftar surah di laman web resmi ini.

Nah, itulah lima belas aplikasi Al Quran untuk PC juga laptop yang bisa Anda gunakan. Semua aplikasi tersebut akan memudahkan Anda dalam beribadah dalam membaca Al Quran. Terlebih lagi jika ada terjemahannya, adakah salah satu aplikasi yang ingin Anda download?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram