carisinyal web banner retina

20 Aplikasi Edit Foto Terbaik dan Terpopuler di Android

Ditulis oleh Listiorini - Diperbaharui 2 September 2021

Anda hobi menekuni dan menggeluti bidang fotografi dengan menggunakan ponsel cerdas berbasis Android? Untuk menunjang hobi Anda, mungkin Anda membutuhkan salah satu dari 10 aplikasi edit foto terbaik berikut ini. Pasalnya, aplikasi edit foto terbaik yang akan diulas merupakan aplikasi yang kekinian dengan menyediakan berbagai maca, fitur edit foto lucu dan juga unik.

Tak hanya itu saja, bahkan aplikasi edit foto terbaik ini akan menghasilkan sebuah editan foto yang lagi trend sekarang alias kekinian dan gaul. Nah, kira-kira adakah aplikasi edit foto terbaik berikut yang menurut Anda layak menjadi aplikasi untuk mengedit foto terbaik di dunia?

1. PicsArt

PicsArt

Masih dengan aplikasi edit foto terbaik dengan pengunduh lebih dari 6 juta. Kali ini hadir dengan aplikasi PicsArt. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang sedang naik daun dan trend kekinian saat ini. Pasalnya aplikasi PicsArt ini mampu mengedit foto dengan hasil yang kekinian dengan efek overlay, membuat foto transparan bahkan membuat foto dengan garis putus-putus.

Semua itu bisa Anda edit dengan menggunakan aplikasi edit foto terbaik dari PicsArt. Tak hanya itu saja, sama seperti aplikasi Photo Grid, PicsArt juga menyuguhkan berbagai macam stiker, juga bisa membubuhkan teks ke dalam foto yang Anda edit. Berminat? Klik di sini untuk mendownload aplikasinya.

2. Photo Editor Pro - Inshot

Photo Editor Pro - Inshot

Photo Editor Pro adalah sebuah aplikasi yang dibuat oleh developer Inshot. Sebelumnya, Inshot berhasil menggagas sebuah aplikasi edit video yang cukup baik dan mudah digunakan. Nah, kali ini, Inshot hadir kembali dengan sebuah aplikasi edit videonya dengan berbagai macam tools yang memungkinkan penggunanya untuk mengedit foto agar lebih menarik.

Tercatat, Photo Editor Pro dari Inshot ini punya lebih dari 60 filter, di antaranya Lomo, PINK, Vignette, Natural, dan masih banyak lagi. Selain itu, Photo Editor Pro juga memiliki efek-efek menarik disertai dengan photo blender dan Light FX. Tidak perlu repot membuat bokeh pada bagian background foto, karena aplikasi ini bisa mengedit efek blur untuk background. Tertarik mencobanya? Bisa download di sini.

3. Photo Editor & Pic Collage

photo editor and pic collage

Tidak perlu lagi bosan dengan format grid yang itu-itu saja. Dengan kehadiran Photo Editor & Pic Collage besutan Square Quick, kini Anda bisa memperluas horizon dengan aplikasi yang begitu kreatif dan juga punya banyak variasi.

Kini tidak perlu bingung memilih foto mana yang paling bagus dari puluhan foto yang diambil, Anda bisa memadukan sebanyak 20 foto sekaligus untuk menghasilkan karya kolase yang artistik dan layak dipos ke Instagram.

Tidak hanya untuk membuat foto kolase, aplikasi ini juga cukup ringan untuk melakukan pengeditan sederhana seperti penambahan teks, membuat foto jadi background blur, ataupun menambahkan efek-efek beragam lainnya. Dapatkan aplikasi ini pada Play Store atau dengan klik di sini.

4. Picsa Photo Editor

picsa photo editor

Siapa bilang jadi editor foto itu perlu skill mumpuni? Cukup dengan mengandalkan Picsa Photo Editor, siapapun bisa terlihat seperti editor profesional, lho! Di sini Anda bisa memadukan efek-efek beragam seperti spiral dan drip effect hanya dengan beberapa kali ketukan jari. Ya, tidak perlu aplikasi desktop serumit Adobe Photoshop untuk membuat fotomu menjadi keren.

Terkadang, Anda perlu foto dengan aspek ratio berbeda-beda untuk platform tertentu. Daripada harus membuat foto terdistorsi atau melakukan crop, Anda bisa mengubah aspek ratio foto dengan menambahkan background blur. Momen yang terabadikan juga bisa dibuat semakin meriah dengan menambahkan lebih dari 1000 koleksi stiker yang siap pakai. Penasaran, bukan? Langsung unduh saja Picsa Photo Editor di tautan ini.

5. YouCam Makeup

youcam makeup

Sedang malas pakai make up tapi tetap ingin eksis di Instagram? Jangan unggah foto buladik-mu ke Instastory. Sebaiknya, touch up dulu foto wajah Anda dengan aplikasi YouCam Makeup.

Aplikasi ini juga cocok bagi yang ingin mencoba-coba lipstik atau make up dari brand ternama secara virtual. Cocok juga bagi yang kulitnya sensitif dan tidak mau sembarangan mencoba make up secara langsung.

Tidak hanya menambahkan filter pada foto, tapi Anda juga bisa langsung mengapliaksikan make over seperti perubahan cat warna rambut, mengubah warna bibir, langsung secara real time. Pokoknya aplikasi ini akan membuat Anda merasa sedang bermain game salon di smartphone. Bedanya, alih-alih pakai avatar dalam game, Anda bisa merias muka sendiri secara virtual! Yuk alami keseruan YouCam Makeup melalui link ini!

6. Snapseed

Snapseed

Tidak mau kalah dengan developer lainnya, Google juga membuat sebuah aplikasi yang bagus untuk edit foto di HP, namanya Snapseed. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di Snapseed karena tools-nya juga sangat banyak. Selain tools, ada juga filters yang menarik untuk setiap tema foto yang ingin diedit.

Tidak cukup sampai di sana, Snapseed juga punya fitur menarik dimana Anda bisa membuka dan mengedit foto dengan format JPG atau RAW Files. Lalu, kalau Anda sudah mengedit foto di Snapseed, tema editan sebelumnya bisa Anda simpan untuk kemudian diaplikasikan ke foto Anda lainnya. Seru, kan?

7. Adobe Photoshop Express

adobe photoshop express

Semua orang pasti tahu Adobe Photoshop. Sebagai aplikasi pengedit paling populer nomor satu di dunia, kini pengembang yang sama juga merilis aplikasi pengeditan foto khusus smartphone. Untuk lebih efektif menargetkan audiens HP, aplikasi ini dirancang agar begitu mudah dioperasikan oleh siapa saja.

Tidak seperti Photoshop versi desktop, aplikasi yang bernama Adobe Photoshop Express ini dapat membuat penggunanya mampu memberikan berbagai efek menarik ataupun membuat kolase hanya dalam beberapa menit saja. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah mengurangi noise pada foto, menyusun beberapa gambar menjadi kolase indah, melakukan beragam peningkatan foto dalam sekali tap, dan masih banyak lagi. Miliki aplikasi ini dari Play Store atau melalui link ini.

8. YouCam Perfect

youcam perfect

Kurang percaya diri dengan bentuk wajah Anda? Well, sebenarnya sih lebih baik bersyukur dengan pemberian Tuhan. Tapi ada kalanya momen insecure melanda dan membuat Anda kurang pede. Jangan khawatir, aplikasi bernama YouCam Perfect ini punya fitur Magic Retouch yang dapat mengubah bentuk wajah Anda jadi lebih sempurna. Dijamin, teman-teman di Instagram akan merasa pangling dengan wajah Anda.

Aplikasi ini juga dapat membuat foto biasa menjadi luar biasa. Misalnya Anda hanya berfoto di depan tembok yang kurang aesthetic. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menghapus background dan menggantinya dengan yang baru. Anda pun jadi bisa berpura-pura sedang di luar negeri supaya bisa pamer di Instastory. Menarik, bukan?

Tersedia juga fitur Intellegent Object Remover untuk menghilangkan orang lain atau objek tertentu yang tanpa sengaja ikut terfoto, juga beragam fitur lainnya yang akan membuat foto Anda berkali lipat lebih keren. Aplikasi ini cocok untuk membuat seseorang yang weekend-nya membosankan namun tetap tampil extraordinary di hadapan follower TikTok dan Instagram. Miliki YouCam Perfect melalui link ini.

9. Camera360

camera 360

Tidak seperti di Korea yang marak operasi plastik, di Indonesia operasi pemercantik wajah hanya dapat dilakukan oleh sultan. Nah, hadirlah satu lagi aplikasi pengedit foto yang bisa melakukan perbaikan wajah seperti membuat ukuran wajah jadi kecil, mengubah warna kulit, dan membentuk bagian-bagian tubuh lainnya.

Bahkan Camera360 ini mengklaim kalau hasilnya sebagus operasi dari dokter profesional. Lumayan daripada harus bayar dokter mahal-mahal. Dan kalau misalnya Anda sedang naksir sama seorang wibu/otaku, Anda bisa mengubah tampilan foto menyerupai gadis-gadis di anime untuk menarik perhatian si doi. Unduh Camera360 pada link ini.

10. Photo Lab Picture Editor

Photo Lab Picture Editor

Photo Lab Picture Editor tidak kalah bagusnya dengan aplikasi edit foto lainnya. Hal tersebut terbukti karena Photo Lab Picture Editor sendiri adalah aplikasi terbaik pilihan para editor PlayStore. Tidak heran, pasalnya aplikasi ini punya segudang fitur dan tools yang mumpuni. Bahkan, hasil editannya pun terlihat lebih smooth dan memberi kesan unik di dalam fotonya.

Di Photo Lab Picture Editor, pengguna bisa mengubah foto menjadi gambar yang artistik. Ada sekitar 50 style foto ala art yang bisa digunakan di aplikasi ini. Selain itu, Photo Lab Picture Editor punya kumpulan efek yang cukup realistis, Anda bisa menggunakannya gratis. Menariknya lagi, aplikasi ini menyediakan berbagai filter yang cukup lengkap, seperti Black&White, Neon Glow, Oil Painting, dll.

11. TouchRetouch

20 Aplikasi Edit Foto Terbaik dan Terpopuler di Android 11

TouchRetouch adalah aplikasi berbayar yang menawarkan semua alat yang dibutuhkan untuk secara efisien menghapus konten yang tidak diinginkan dari foto. Aplikasi ini menyediakan tutorial yang mudah diikuti serta tips dan saran untuk pemakaian alat-alat dalam aplikasi.

Sejauh ini aplikasi TouchRetouch sudah diunduh lebih dari 1 juta kali di Play Store dan memiliki rating bagus. Ini adalah salah satu cara termudah untuk menghapus objek-objek yang tidak diinginkan pada foto.

12. Adobe Lightroom

adobe lightroom

Alih-alih berusaha mempercantik diri secara virtual sampai membuat orang pangling, ada baiknya Anda asah kemampuan fotografi supaya lama-lama menjadi jago. Tidak perlu khawatir kalau hasil fotonya tidak begitu profesional, ada aplikasi Adobe Lightroom yang dapat melakukan enhancement seperti mengubah kontras warna dan memperbaiki tingkat exposure.

Kalau Anda tidak jago-jago amat, sudah ada beberapa preset yang berlaku seperti filter, dapat mengubah foto secara keseluruhan dalam sekali tap saja. Ada beragam preset yang tersedia, dan Anda pun dapat mengombinasikan beberapa preset sekaligus untuk menghasilkan karya fotografi yang begitu indah. Tertarik dengan Adobe Lightroom? Dapatkan apliasi ini di sini.

13. BeautyPlus

beautyplus

Satu lagi aplikasi yang akan membuat diri Anda lebih cantik daripada aslinya, yakni BeautyPlus. Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan perombakan pada wajah dan menjadikannya foto profil di Tinder agar bisa mendapatkan lebih banyak match.

Bahkan saking ajaibnya, aplikasi ini tidak hanya dapat mengubah wajah, melainkan juga bentuk tubuh. Sekarang tidak perlu frustasi kalau diet dan olahraga tidak membuahkan hasil, Anda bisa membuat badan terlihat lebih kurus dan lebih tinggi dengan BeautyPlus. Beberapa fitur pemercantik lainnya adalah menghapus jerawat, membuat kulit terlihat lebih mulus, dan memutihkan gigi.

Kalau Anda tetap ingin menunjukkan wajah asli, aplikasi ini juga tetap bisa bermanfaat. Misalnya, Anda bisa mengubah objek yang tidak sengaja ikut terfoto, atau menambahkan teks dan memberikan efek blur pada background. Dapatkan aplikasi spektakuler ini melalui tautan ini.

14. PicSay Pro

20 Aplikasi Edit Foto Terbaik dan Terpopuler di Android 15

PicSay Pro adalah aplikasi berbayar lainnya yang kami rekomendasikan untuk menyunting foto. Aplikasi ini mendukung pengeditan resolusi tinggi hingga 13 MP untuk perangkat yang dapat menanganinya.

Dengan PicSay Pro, pengguna dapat mempertajam, memotong & meluruskan, mendistorsi, menyisipkan potongan gambar lain, menambahkan teks, menerapkan efek, dan masih banyak lagi yang lainnya.

15. VSCO

VSCO

Mau edit foto ala zaman now? Kalau begitu, Anda harus coba aplikasi VSCO. Kenapa? Inilah salah satu rahasia aplikasi yang selalu dipakai para selebgram dalam mengedit foto yang nampak aesthetic. Di dalam aplikasinya terdapat segudang fitur edit foto lho.

Dengan VSCO, Anda bisa memilih beragam filter yang menarik, belum lagi Anda juga bisa menggunakan macam-macam tools untuk kebutuhan mengedit foto. Penasaran ingin juga punya foto se-aesthetic selebgram? Dapatkan aplikasinya di sini.

Kalau Anda merasa bingung mengedit foto menggunakan aplikasi VSCO, maka Anda bisa ikuti tutorial mengedit foto di VSCO dengan membaca artikel ini.

16. Collage Maker

collage maker

Membuat desain promosi memang gampang-gampang susah. Apakah Anda termasuk orang yang merasa kesulitan dalam membuat desain promosi? Gunakan saja Collage Maker. Dari namanya mungkin terdengar simpel, tapi fiturnya tidak hanya sekadar membuat kolase saja. Tersedia beragam template desain Instastory yang bisa Anda sesuaikan dengan niche dan brand.

Dan apabila Anda ingin terlihat menonjol dibanding kompetitor, Anda bisa gunakan font tulisan yang umumnya tidak tersedia di Instagram. Pasalnya, ada lebih dari 30 typeface untuk membuat karya tipografi yang beda dari yang lain.

Sekalipun Anda pakai template untuk promosi, kemungkinan besar Anda juga tetap bisa tampil dengan unik karena tersedia 100 lebih layout untuk Anda gunakan. Mengeditnya pun begitu mudah, dan Anda bisa mengganti-ganti bentuk tulisannya dengan font lain yang tersedia, atau mengubah warna. Tertarik? Dapatkan Collage Maker di link ini.

17. AirBrush

20 Aplikasi Edit Foto Terbaik dan Terpopuler di Android 19

Aplikasi edit foto yang satu ini telah diunduh lebih dari 10 juta kali dan diulas oleh sekitar 1,2 juta orang dengan rating di atas bintang empat. Beberapa fitur yang membuat AirBrush diandalkan banyak pengguna Android adalah Blemish and Pimple Remover untuk menghilangkan noda dan jerawat pada gambar wajah serta Whiten Teeth and Brighten Eyes untuk memutihkan gigi dan mencerahkan bagian mata.

Bagian menarik lainnya dari aplikasi ini adalah fitur Real-Time Editing Technology yang memungkinkan pengguna untuk menyunting foto swafoto mereka sebelum mengambil gambar dengan alat pengeditan real-time. Dan masih banyak lagi fitur-fitur keren yang ditawarkan oleh AirBrush. Aplikasi ini dapat diunduh di sini.

18. Prisma

Prisma Photo Editor

Aplikasi Prisma Photo Editor diklaim telah memiliki sekitar 110 juta pengguna. Mereka umumnya menyukai aplikasi yang menawarkan ratusan gaya seni yang berbeda ini. Dengan filter seni yang dirilis setiap hari, Prisma siap membantu menciptakan efek foto yang luar biasa sehingga foto tampak seperti lukisan yang keren.

Salah satu hal yang membuat aplikasi ini unik adalah adanya fitur Komunitas Kreator yang memungkinkan penggunanya untuk bergabung dengan kreator Prisma, berbagi kreasi dengan mereka, serta mendapatkan inspirasi baru untuk kreasi foto selanjutnya. Dapatkan aplikasi Prisma di sini.

19. PhotoDirector Photo Editor

PhotoDirector Photo Editor

Sama seperti kebanyakan aplikasi pengedit foto di daftar ini, PhotoDirector Photo Editor juga punya fitur-fitur yang tidak kalah menarik. Mereka paham betul kalau kondisi cuaca juga mendukung agar hasil foto jadi lebih Instagrammable. Itu mengapa, sekalipun cuacanya mendung, aplikasi ini bisa mengubah langit dengan teknologi AI, lho!

Aplikasi ini juga bisa membantu Anda untuk mengubah tampilan wajah, namun tetap dengan cara yang terlihat natural sehingga follower Anda tidak akan tahu kalau itu hasil editan. Mau coba? Tinggal klik saja link ini untuk mengunduhnya.

20. Instasize

Instasize

Jika Anda mencari aplikasi edit foto yang ringan dan tidak memakan banyak ruang di storage, maka pilihlah Instasize. Aplikasi sunting foto ini hadir dengan segala fitur lengkap yang dibutuhkan, mulai dari mengubah ukuran, memotong, menyusun, hingga menambahkan filter kreatif, background, border, dan juga tulisan dengan berbagai variasi gaya.

Pada awalnya, Instasize menjadi aplikasi yang dipilih karena fitur otomatis meresize foto untuk layout Instagram. Namun saat ini, Instasize telah menjadi aplikasi pilihan teratas oleh lebih dari 15 juta pengguna Android berkat fitur dan toolsnya yang komplit dan mudah digunakan.

Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di Google Play Store. Tetapi, akan lebih baik jika Anda mencoba upgrade ke versi premiumnya hanya dengan $ 4,99 / bulan. Dengan versi premium, Anda tidak hanya mendapatkan lebih banyak filter, font, dan border, tetapi Anda juga akan selalu terupdate tentang fitur terbaru dari Instasize.

Itulah kumpulan aplikasi untuk edit foto terbaik versi Carisinyal yang bisa jadi pilihan Anda. Hampir semua memiliki fitur yang sama hanya saja dengan interface yang berbeda. Semua bergantung pada kebutuhan juga kecocokan masing-masing pengguna. Bagaimana menurut Anda?

Menu

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram