carisinyal web banner retina

10 Aplikasi Terbaik untuk Menggabungkan Foto di Android

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Agar mendapatkan foto yang estetik, menggabungkan beberapa foto jadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Dengan begitu, aplikasi penggabung foto atau photo collage application jadi sangat dibutuhkan. Tidak heran beberapa pemilik smartphone pasti memiliki aplikasi seperti ini.

Pasalnya, dengan aplikasi ini kita bisa menggabungkan beberapa foto di dalam satu frame. Cara ini sangat praktis untuk mengunggah foto di social media. Kita bisa mengunggah beberapa foto sekaligus dalam satu frame yang sama. Namun, beberapa aplikasi media sosial pun sudah menawarkan fitur photo collage ini.

Nah, untuk membantu foto Anda jadi lebih estetik, Carisinyal akan membagikan daftar aplikasi menggabungkan foto terbaik yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Silakan simak artikel ini sampai habis, ya.

1. PicsArt

Picsart

PicsArt memang sudah dikenal sebagai aplikasi yang bagus untuk mengedit foto di HP Android. Ada banyak fitur untuk mengedit foto, salah satunya adalah menggabungkan foto. Untuk menggabungkan foto, Anda juga diberikan beberapa template/frame yang unik dan menarik yang bisa langsung digunakan.

Anda bisa menentukan frame yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya frame yang berisi tiga foto, empat foto, dan seterusnya dengan posisi yang berbeda-beda. Nah, setelah selesai menggabungkan foto, Anda bisa mengeditnya agar lebih menarik, misalnya dengan mengganti background, menyisipkan tulisan, stiker, dan lain-lain.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke aplikasi PicsArt-nya. Setelah itu, tekan ikon plus untuk membuat projek baru, dan pilih menu Collage. Pilih beberapa foto yang akan dikolase, kemudian pilih layout untuk kolase yang tersedia.

Anda juga bisa mengaturnya lebih jauh seperti posisi, background, menyisipkan tulisan atau stiker, hingga filter.

2. AI Photo Editor - Polish

AI Photo Editor - Polish

Kalau Anda menemukan aplikasi apapun yang dibuat oleh pengembang InShot, Anda bisa menjamin kalau aplikasi tersebut berkualitas baik.

Ya, InShot Inc. memang sudah terbukti telah merilis aplikasi-aplikasi menarik, termasuk AI Photo Editor - Polish yang bisa menggabungkan hasil tangkapan kamera menjadi satu. Ketenarannya memang belum semenggema PicsArt, tapi fitur-fiturnya sudah kurang lebih sama.

Ada berbagai macam layout yang bisa digunakan untuk menyusun berbagai foto Anda, mulai dari tataletak grid biasa, hingga yang lebih kreatif lagi seperti potongan gambar hati di tengah dan sebagainya.

Cara yang perlu dilakukan juga cukup mudah, Anda bisa pilih menu Collage setelah membuka aplikasinya. Anda tinggal pilih beberapa foto yang akan dikoklase. Sama seperti sebelumnya, Anda bisa memilih layout yang akan digunakan, atau menambahkan filter, teks, atau stiker, hingga mengganti background.

Pokoknya, Anda dijamin tidak akan kehabisan ide kalau menggunakan aplikasi ini. Terlebih lagi, AI Photo Editor - Polish juga termasuk pada aplikasi edit foto serba bisa, seperti melakukan crop, menambahkan teks, mengaplikasikan filter, dan masih banyak lagi.

3. Instagram

Fitur Layout Instagram

Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda bisa langsung menggunakan fitur Layout yang ada di Instagram. Fitur ini dirilis secara resmi oleh Instagram sendiri. Sehingga fitur dalam aplikasi ini bisa jadi pilihan utama bagi siapapun yang ingin langsung mengunggah hasil kolase ke platform medsos raksasa seperti Instagram ini.

Sayangnya, fitur collage di aplikasi Instagram ini hanya memiliki layout yang terbatas, serta hanya bisa untuk beberapa foto saja. Meski begitu, Anda bisa menggunakan berbagai fitur menarik lainnya yang ditawarkan oleh Instagram.

Cara yang perlu dilakukan juga cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke aplikasi Instagram, lalu ke halaman untuk membuat Instagram Story. Tekan ikon Collage di bagian samping untuk memilih layout yang akan digunakan.

Anda bisa memilih beberapa foto yang akan digunakan dan mengatur tata letaknya. Setelah itu, Anda bisa memilih beberapa fitur yang tersedia di Instagram, mulai dari GIF, stiker, musik, dan sebagainya.

4. Collage Maker - Photo Editor

Collage Maker - Photo Editor

Aplikasi lainnya yang cocok untuk membuat kolase adalah Collage Maker - Photo Editor. Selain dapat membuatkan kolase indah, aplikasi ini juga menyediakan beragam pilihan template cantik untuk diunggah ke Instastory. Dijamin, Anda bisa memancing engagement lebih baik lagi dengan hasil desain yang kece.

Beragam pilihan layout kolasenya juga oke punya, Anda bisa memilih dari ratusan layout yang berbeda agar tidak bosan dengan desain yang itu-itu saja. Sama seperti aplikasi lainnya, Anda juga bisa melakukan beberapa tambahan lain untuk membuat foto kolase jadi makin cantik.

Cara yang perlu dilakukan juga tidak jauh berbeda, saat membuka aplikasinya, Anda hanya perlu memilih menu Collage. Setelah itu, Anda bisa memilih beberapa foto yang akan digunakan, bahkan Anda bisa memilih hingga 100 foto sekaligus, loh.

Setelah itu, Anda bisa memilih layout yang akan digunakan. Anda juga bisa menambahkan tulisan, stiker, atau filter agar kolasenya jadi lebih menarik untuk diunggah ke Instatory.

5. PicCollage: Photo Grid Editor

PicCollage: Photo Grid Editor

Berencana untuk menggabungkan beberapa foto agar lebih mudah saat hendak diunggah ke media sosial? Aplikasi menggabungkan foto yang satu ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Pasalnya, PicCollage: Photo Grid Editor menawarkan teks, stiker, dan frame yang menarik untuk melengkapi kolase foto Anda.

Salah satu fitur yang membuat aplikasi ini menarik dan berbeda dari aplikasi kolase lainnya adalah Anda bisa memasukkan video atau slide show ke dalam kolase foto Anda. Benar, tidak hanya foto saja yang akan muncul dalam kolase, tapi hanya dua video yang bisa dimasukkan ke dalam satu kolase. Hal ini tentu membuat tampilan kolase Anda jadi lebih unik dan beda dari yang lain.

Cara untuk menggunakan aplikasi kolase ini juga terbilang mudah. Anda hanya perlu menekan menu Grid setelah membuka aplikasi PicCollage tersebut. Kemudian, pilih layout yang akan digunakan, pilihannya juga cukup banyak dengan bentuk bermacam-macam. Setelah itu, baru Anda bisa memilih foto atau video untuk meletakkannya ke dalam kolase.

Setelah selesai mengaturnya, Anda juga bisa menambahkan elemen lain ke dalam kolase Anda. Misalnya menambahkan stiker, teks, foto, mengubah background, dan masih banyak lagi. Bagaimana, menarik, bukan?

6. Photo Editor - Collage Maker

Photo Editor - Collage Maker

Pengguna Photo Editor - Collage Maker rata-rata puas dengan fitur dan kemampuan yang ditawarkan oleh aplikasi pembuat kolase ini. Anda bisa mengombinasikan hingga 25 foto untuk dijadikan kolase yang indah.

Selain itu tersedia pula lebih dari 300 layout frame dan grid yang bisa Anda gunakan. Kemudian, Anda bisa memilih latar belakang yang beragam beserta stiker dan font yang bagus-bagus.

Photo Editor - Collage Maker juga dapat berfungsi sebagai editor foto. Ia menyediakan banyak alat pengeditan, misalnya memotong gambar, menerapkan filter ke gambar, menambahkan stiker dan teks ke gambar, melukis pada gambar dengan alat doodle, membalik, memutar, dan lain-lain. 

Cara menggunakan aplikasi ini juga cukup mudah, cukup pilih menu Collage saat setelah membuka aplikasinya. Setelah itu, Anda bisa memilih beberapa foto sekaligus dengan maksimal 25 foto untuk dijadikan kolase. Anda bisa mengatur layout yang sesuai.

Terakhir, Anda bisa menambahkan beberapa hal lain seperti menambahkan teks, stiker, background, filter, atau mencoret-coretnya agar lebih estetik.

7. MOLDIV - Photo Editor, Collage

MOLDIV - Photo Editor, Collage

Kalau Anda mencari aplikasi untuk menggabungkan foto dengan fitur lengkap, MOLDIV jadi salah satu jawabannya. Pasalnya, aplikasi ini punya puluhan kolase dengan bentuk berbeda. Ada pula opsi penambahan stiker dan teks yang posisinya bisa diubah sesuai kebutuhan. 

Jika tidak mau menggunakan kolase template, Anda bisa memanfaatkan free style collage dan stitch collage di MOLDIV. Kerennya, aplikasi ini dilengkapi juga dengan editor foto yang cukup advanced. Fitur editor fotonya terdiri dari double exposure, penyuntingan hue dan saturation, dan mosaic

Ada pula opsi untuk mempercantik foto dengan filter. MOLDIV pun memanjakan penggunanya dengan menyediakan template foto ala sampul majalah. Namun, tak semuanya bisa diakses gratis. 

Ya, aplikasi ini menyediakan opsi berbayar untuk membuka ratusan filter, template foto, dan penghilangan iklan. Harganya bervariasi, tergantung paket yang dipilih. Salah satu paketnya bisa dibeli dengan harga $1.99 atau sekitar Rp30.000-an.

8. StoryArt - Insta Story Maker

StoryArt - Insta Story Maker

StoryArt menyuguhkan banyak template kolase keren dan aesthetic. Aplikasi ini memudahkan Anda untuk menggabungkan foto tanpa terkesan jadul. Anda bahkan bisa memilih template sesuai dengan kategori foto yang akan diunggah. 

Yang menarik dari StoryArt adalah tersedianya opsi untuk menambahkan musik ke foto yang sudah digabungkan. Ada pula elemen lain seperti stiker dan teks yang juga dapat disematkan ke foto tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan filter yang tersedia atau mengaturnya secara manual agar foto terlihat serasi di dalam kolase.

Seperti biasa, sebagian template, fitur dan musik dari StoryArt hanya bisa diakses oleh pengguna yang berlangganan versi berbayar. Di versi berbayarnya ini, pengguna dapat memanfaatkan seluruh fitur dalam aplikasi untuk keperluan komersil. Biaya langganan StoryArt versi PRO dimulai dari Rp71.000 saja. 

Aplikasinya pas untuk digunakan oleh siapa saja, termasuk Anda yang berprofesi sebagai influencer atau pengusaha. Dengan investasi yang cukup murah, engagement sosial media Anda akan dengan mudah naik karena unggahan yang menarik perhatian.

9. Pixlr - Photo Editor

Pixlr - Photo Editor

Aplikasi yang satu ini akan memberikan kontrol tertinggi atas setiap aspek pada kolase foto Anda. Ya, Pixlr akan memungkinkan Anda untuk mengubah ukuran atau memutar foto. Anda bisa memilih beberapa foto atau gambar dari galeri perangkat Anda dari empat dimensi yang disediakan oleh aplikasi ini.

Pixlr juga menawarkan border yang menarik dan efek yang dapat meningkatkan daya tarik dari foto Anda. Sebuah fitur yang sangat bermanfaat juga diberikan oleh Pixlr, yakni fitur Auto yang bisa langsung menyesuaikan kecerahan foto secara otomatis agar terlihat serasi di dalam kolase.

Cara yang perlu digunakan juga terbilang mudah, sama seperti aplikasi kolase lainnya. Anda tinggal memilih menu Collage dan pilih foto yang akan dibuat kolase. Anda bisa memilih layout yang tersedia sesuai jumlah foto yang sudah dipilih.

Lebih lanjut, Anda bisa mengatur beberapa hal lainnya menggunakan Tools yang tersedia. Hal ini guna mempercantik hasil foto kolase tersebut.

10. Phinsh Photo Collage Maker

Phinsh Photo Collage Maker

Nama Phinish diambil dari Photo in Shape. Ya, dengan aplikasi ini Anda dapat menyatukan belasan, puluhan bahkan ratusan foto di dalam satu kolase dengan bentuk yang berbeda. Misalnya bentuk hati, pohon, angka, bunga, dan masih banyak lagi bentuk unik lainnya.

Anda juga bisa mengubah ukuran kolase yang telah dibuat sesuai dengan kebutuhan. Cara menyatukan foto dengan aplikasi ini juga terbilang mudah. Anda hanya perlu memilih foto-foto yang ingin disatukan, kemudian pilih bentuk kolasenya dan selesai. 

Terdapat beberapa fitur unggulan yang dapat Anda gunakan di versi pro. Salah satu di antaranya adalah latar belakang foto yang transparan. Ingin mencoba aplikasinya?

Itu tadi adalah beberapa aplikasi penggabungan foto yang bisa Anda dapatkan di smartphone Android. Sebagian besar aplikasi di atas punya antarmuka yang serupa sehingga Anda tidak perlu kebingungan saat berganti dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Aplikasi penggabungan foto memang sangat penting di kehidupan ber-Instagram, karena bisa sangat menghemat waktu tanpa harus mempelajari aplikasi edit foto rumit seperti Photoshop ataupun Corel Draw. Selamat mencoba!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram