Carisinyal / Aplikasi / 10 Aplikasi GPS dan Navigasi Terbaik di Smartphone Android

10 Aplikasi GPS dan Navigasi Terbaik di Smartphone Android

Ditulis oleh

Jika kita berbicara mengenai aplikasi GPS dan navigasi, pasti yang pertama kali terlintas di benak kita adalah Google Maps. Ya, aplikasi buatan Google tersebut memang saat ini menjadi yang terlengkap dalam menampilkan peta di berbagai wilayah di dunia.

Aplikasi Google Maps juga selalu mendapatkan update secara berkala sehingga informasi peta yang ditampilkan akan sangat akurat. Fitur-fitur yang disediakan oleh Google Maps juga sangat lengkap dan hampir dapat memenuhi semua kebutuhan navigasi Anda.

Akan tetapi selain Google Maps masih banyak aplikasi lain yang menawarkan fitur serupa. Jika Anda kurang suka dengan Google Maps maka berbagai aplikasi ini dapat dijadikan sebagai pilihan. Nah berikut Carisinyal akan mengulas 10 aplikasi GPS dan navigasi terbaik di Android yang menjadi alternatif dari Google Maps.

10 Aplikasi GPS dan Navigasi Terbaik

1. BackCountry Navigator TOPO GPS

BackCountry Navigator TOPO GPS

Bisa digunakan secara offline, aplikasi GPS dan navigasi satu ini disebut BackCountry Navigator TOPO GPS atau TOPO GPS. Anda hanya perlu mendownload aplikasinya dan manfaatkan segala fitur yang ada. TOPO GPS cocok juga untuk Anda yang hobi melakukan hiking.

Pasalnya, TOPO GPS siap menunjukan arah juga jalan agar Anda tidak tersesat saat tengah asik hiking. Untuk para pemudik pun aplikasi ini terbilang cukup lengkap dan mudah juga lho. Sudah siap jalan-jalan meski tidak mengetahui arah? Download di sini TOPO GPS dan TOPO siap menunjukan jalan untuk Anda.

2. Google Maps

Google Maps

Perusahaan ternama dunia seperti Google juga tak mau kalah dalam mengembangkan sebuah aplikasi GPS dan navogasi Android. Google Maps, begitulah yang biasa dikatakan oleh kebanyakan orang-orang. Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 7 juta kali di PlayStore ini memiliki fitur yang lengkap dan memumpuni sebagai aplikasi navigasi.

Fungsi utama dan fasilitas inti dari Google Maps yakni menunjukan jalan tercepat. Namun, selain itu juga Maps memberikan informasi mengenai restoran terdekat, pom bensin, sampai rumah ibadah. Anda juga tak perlu khawatir terkena macet, Google Maps siap menunjukan jalan tercepat tanpa terkena macet. Untuk mendapatkan aplikasinya, Anda bisa download di sini.

3. MAPS.ME

MAPS.ME

Aplikasi GPS dan navigasi offline lainnya datang dari MAPS.ME. Tanpa perlu menggunakan kuota internet, Anda masih bisa menemukan jalan tanpa khawatir tersesat. Juga, aplikasi MAPS.ME ini gratis untuk selamanya. Jadi, anda bisa menikmati segala fitur apapun secara gratis pada saat pertama kali mendownloadnya.

MAPS.ME pun bisa menunjukan jalan dengan jenis kendaraan apapun mulai dari mobil, motor, dan juga sepedah. Tentu peta yang ada di aplikasi ini pun mendunia juga lengkap lho. Mau menggunakan aplikasi MAPS.ME? Download langsung aplikasinya di sini.

4. Waze

Waze

Waze merupakan aplikasi GPS dan navigasi yang cukup menarik karena mampu menyuguhkan informasi lalu lintas dari pengguna lain yang melewati jalan yang sama. Aplikasi ini sekarang sudah dibeli oleh Google dan kemungkinan besar akan segera diintegrasikan dengan Google Maps dalam waktu dekat.

Waze juga mampu melakukan reroute atau memberikan rute tercepat ketika Anda salah mengambil jalan. Bahkan, Anda juga bisa dengan mudah mendapatkan informasi mengenai jalanan yang rusak juga lho. Anda berminat menggunakannya?

5. HERE WeGo

HERE WeGo

Aplikasi buatan Nokia ini cukup populer di tahun 2014 dan digadang-gadang sebagai penantang serius dari Google Maps. Anggapan tersebut cukup masuk akal mengingat HERE WeGo mampu menyuguhkan peta yang cukup lengkap dari berbagai belahan dunia.

Anda juga dapat mengunduh peta dari suatu wilayah sehingga Anda tidak perlu koneksi internet ketika mengakses kembali peta tersebut. Selain itu, HERE WeGo juga akan menampilkan informasi lalu lintas untuk kawasan perkotaan. Menariknya, semua fitur dan kelebihannya tersebut dibungkus dalam tampilan antarmuka yang sederhana dan elegan.

6. MapFactor

Mapfactor

MapFactor merupakan salah satu aplikasi navigasi turn-by-turn klasik yang dapat dijadikan sebagai alternatif dari Google Maps. Aplikasi ini akan mengunduh dan menginstal peta ke dalam SD card sehingga Anda dapat menggunakannya kapan saja dalam keadaan offline.

Aplikasi ini sendiri menggunakan peta dari OffStreetMap yang sudah mencakup banyak negara di dunia. Meskipun tidak semewah Google Maps, namun fitur yang dimilikinya sudah sangat cukup bagi Anda yang membutuhkan sebuah aplikasi GPS dan navigasi. Terlebih, aplikasi dan peta yang dimilikinya semuanya dapat digunakan secara gratis.

7. Sygic

Sygic GPS Navigation and Maps

Sygic merupakan salah satu aplikasi GPS yang cukup populer di Android karena sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna. Aplikasi ini menggunakan peta dari TomTom dan Anda juga bisa mengunduhnya untuk keperluan navigasi offline.

Beberapa fitur yang disuguhkannya di antaranya adalah turn-by-turn, rute alternatif, dan speed limit. Terdapat juga voice guided directions yang akan membimbing Anda dengan suara dan juga menyebutkan nama jalannya. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis namun terdapat beberapa in-app purchase di dalamnya.

8. MapQuest

aplikasi gps dan navigasi MapQuest

MapQuest merupakan salah satu layanan navigasi yang cukup populer di kalangan pengguna internet beberapa waktu yang lalu. Kini, MapQuest mencoba untuk merambah pengguna mobile dengan meluncurkan aplikasi resminya untuk Android.

Beberapa fitur yang disajikan oleh aplikasi ini di antaranya adalah turn-by-turn navigation, informasi lalu lintas, perubahan rute otomatis, dan juga lokasi pom bensin dengan harga yang murah. Aplikasi MapQuest ini juga memiliki informasi rute khusus bagi Anda yang lebih suka berjalan kaki.

9. Polaris GPS Navigation

Polaris GPS Navigation

Polaris GPS Navigation dapat disebut sebagai aplikasi all-in-one untuk aplikasi peta dan navigasi. Aplikasi ini menyuguhkan peta dari berbagai aplikasi populer seperti Google Maps, OpenStreetMaps, MapQuest, dan Cycle Route Maps.

Anda hanya tinggal memilih peta dari layanan mana yang ingin digunakan. Selain itu Anda juga bisa memilih beberapa format koordinat, trail recording, dan turn-by-turn directions. Aplikasi ini mendapatkan rating yang cukup baik di Play Store dan bisa Anda gunakan secara gratis.

10. Scout GPS Navigation & Meet Up

Scout GPS Navigation & Meet Up

Last but not least, aplikasi GPS satu ini juga tak kalah dengan aplikasi yang telah disebutkan pada bahasan di atas. Scout GPS Navigation & Meet Up juga mampu memudahkan Anda dalam menghindari kemcetan di jalan. Scout GPS siap menujukan arah dan jalur yang lancar.

Bahkan, keluarga ataupun orang-orang terdekat bisa melakukan tracking lokasi Anda. Jadi, Anda tidak perlu repot dan ribet mencari jalan yang lancar. Cukup gunakan aplikasi Scout GPS Navigation & Meet Up dan lakukan perjalanan dengan nyaman dan aman. Mau? Langsung saja download aplikasinya di sini.

11. GPS, Maps, Navigations & Directions

GPS, Maps, Navigations & Directions

Yang satu ini merupakan aplikasi besutan AppStar Studio di mana memudahkan penggunanya untuk menemukan jalan terdekat dan tercepat saat sedang bepergian. Adalah GPS, Maps, Navigations & Directions, aplikasi yang juga punya banyak fitur.

Anda bisa dengan mudah tracking mencari rute yang lebih dekat dan cepat. Selain itu, jika Anda sedang menyetir, Anda bisa manfaatkan fitur Driving Directions yang nantinya akan ada arahan dari aplikasi ini secara otomatis menggunakan suara. Juga, aplikasi ini didukung dengan 3 tipe map yakni Hybrid, Satellite, dan Normal.

12. Offline Maps & Navigation

Offline Maps & Navigation

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang menyajikan sebuah navigasi secara offline. Jadi, dengan Offline Maps & Navigation, Anda tidak perlu repot-repot terkoneksi internet karena Anda bisa mengakses dan mengatur navigasinya secara offline.

Nah, Anda hanya perlu online saat melakukan update aplikasi saja dan itu pun tidak terlalu berat. Pasalnya, Offline Maps & Navigation akan update setiap tahunnya untuk memperbaharui maps yang ada. Aplikasi ini juga punya fitur Voice-guided GPS navigation yang memudahkan pengguna menemukan rute tercepat dan terdekat.

Nah, itulah 10 aplikasi GPS dan navigasi Android yang terbaik versi Carisinyal. Kesepuluh aplikasi di atas merupakan aplikasi GPS yang tergolong lengkap. Selain lengkap, aplikasi-aplikasi tersebut pun terbilang mudah, cepat, praktis, dan beberapa diantaranya pun ditawarkan secara cuma-cuma. Jadi, mana aplikasi GPS yang terbaik dan terlengkap menurut Anda?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Listiorini
Do the Best Go Fight Win!

Leave A Comment