carisinyal web banner retina

10 Aplikasi Kalkulator Terbaik dan Terlengkap di Android

Ditulis oleh Listiorini - Diperbaharui 27 Maret 2020

Smartphone kita memang sudah dibekali dengan beberapa aplikasi bawaan, mulai dari aplikasi pengingat jadwal, aplikasi kalender, sampai dengan aplikasi kalkulator. Akan tetapi, terkadang aplikasi bawaan kurang mampu memenuhi kebutuhan kita. Misalnya saja aplikasi kalkulator bawaan yang hanya menawarkan kemampuan untuk menghitung secara sederhana.

Apabila Anda memerlukan kalkulator yang bisa mengerjakan hitungan rumit, Anda tidak perlu membeli kalkulator dalam bentuk fisik. Cukup install aplikasi kalkulator terbaik untuk Android ini. Mengapa Carisinyal menyarankan sejumlah aplikasi ini? Karena semua aplikasi ini dapat menjadi kalkulator yang lengkap dan mampu melakukan penghitungan yang rumit.

10 Aplikasi Kalkulator Terbaik di Android

1. Droid48

droid48

Posisi pertama aplikasi kalkulator terbaik diisi dengan Droid48. Salah satu aplikasi kalkulator lengkap dan terbaik untuk Android ini memang bisa dibilang dapat memudahkan penggunanya untuk menghitung apapun. Pasalnya Droid48 ini dapat Anda gunakan layaknya kalkulator scientific.

Aplikasi Droid48 yang bisa Anda peroleh secara gratis melalui Play Store, tersemat sebuah sistem kalkulator HP 48 scientific dengan menggunakan RPN. Anda membutuhkan kalkulator scientific? Coba saja aplikasi Droid48.

2. Calculator

Calculator Xlythe Aplikasi Kalkulator

Siapa bilang model kalkulator ilmiah harus selalu rumit dan membingungkan? Kalkulator scientific yang dikembangkan oleh Xlythe ini mengusung desain antarmuka yang sederhana sehingga tidak menyulitkan penggunanya. Calculator menawarkan dukungan ilmiah dengan model tampilan aplikasi yang nampak seperti aplikasi bawaan dengan tampilan tombol yang rapi dan sederhana.

Aplikasi yang satu ini bisa bekerja dengan baik pada smartphone, tablet, maupun Android Wear. Di luar dugaan, tidak ada yang tahu bahwa aplikasi Calculator yang sangat digemari ini ternyata merupakan aplikasi besutan dari ASUS.

3. Calculator Plus dan Fraction Calculator

Calculator Plus dan Fraction Calculator

Kedua kalkulator matematika ini dikembangkan oleh developer yang sama, yaitu Digitalchemy, LLC. Akan tetapi, jika Anda ingin kalkulator yang sederhana, maka Anda dapat memilih Calculator Plus. Aplikasi ini menawarkan fitur memori yang luas sehingga dapat mengingat semua perhitungan yang dilakukan di melalui aplikasi ini.

Selain itu, Fraction Calculator adalah aplikasi yang khusus untuk menampilkan fraksi. Ketika Anda membagi dua angka bersama, Anda memiliki pilihan untuk menunjukkan nilai desimal. Kedua aplikasi ini bisa dipakai secara gratis untuk versi demo, tetapi jika Anda menginginkan versi penuh maka Anda harus membeli aplikasi ini.

4. Financial Calculator

Financial Calculator

Butuh sebuah aplikasi kalkulator yang bisa menunjang perhitungan keuangan Anda? Install Financial Calculator sekarang juga di smartphone atau tablet Android Anda. Aplikasi ini hadir dengan puluhan mode yang membantu Anda menghitung 401k kontribusi untuk pembayaran pinjaman biaya sekolah, bunga pinjaman rumah, dan pajak dari penghasilan Anda.

Siapa pun yang membutuhkan bantuan dalam menyelesaikan laporan keuangan pribadi maupun perusahaan bisa menginstall aplikasi ini. Di Google Play Store, Financial Calculator bisa Anda download secara gratis.

5. Graphing Calculator

Graphing Calculator

Digagas oleh Mathlab, Graphing Calculator sukses menjadi salah aplikasi kalkulator matematika terbaik dengan fitur yang lebih dari lengkap. Anda memiliki akses ke 9 fungsi untuk menyelesaikan masalah perhitungan yang berbeda. Selain itu, Graphing Calculator juga menawarkan grafis 3D untuk representasi yang lebih baik.

Tak hanya itu saja, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyimpan fungsi dan ekspresi untuk dipakai pada waktu mendatang. Jika pada umumnya kalkulator grafik dalam bentuk fisik dijual dengan harga yang mahal, Graphing Calculator menawarkan fungsi gratis yang bisa Anda dapatkan melalui Play Store. Segala jenis perhitungan yang rumit dapat diatasi dengan bantuan Graphing Calculator.

6. Handyman Calculator

Handyman Calculator

Sesuai dengan namanya, keberadaan Handyman Calculator memang sangat dibutuhkan oleh pekerja konstruksi bangunan. Aplikasi ini memiliki berbagai fungsi dan berbagai fokus pada segala jenis konstruksi dan pertukangan untuk membuatnya jadi lebih mudah. Melalui Handyman Calculator, semua orang bisa menjadi pekerja konstruksi bangunan.

Temukan berbagai mode yang tersedia di aplikasi ini untuk menghitung sudut, daya listrik, dan konversi unit. Aplikasi ini juga akan membantu Anda untuk mengetahui informasi berbagai bahan bangunan yang dibutuhkan. Boleh dibilang Handyman Calculator lebih dari sekedar aplikasi kalkulator matematika biasa. Pasalnya, aplikasi ini akan memudahkan setiap orang untuk mengerjakan konstruksi bangunan.

7. HiPER Scientific Calculator

HiPER Scientific Calculator

Anak-anak sekolah yang membutuhkan kalkulator serbaguna untuk belajar bisa memanfaatkan HiPER Scientific Calculator. Aplikasi ini menawarkan fungsi kalkulator ilmiah dasar, built-in lebih dari 200 unit konverter, dan beberapa fitur pendukung lainnya seperti generator nomor acak dan permutasi.

Anda dapat mengunduh HiPER Scientific Calculator tanpa harus membayar biaya apa pun, tapi versi pro dari aplikasi ini menawarkan hingga 100 tempat desimal dan sembilan digit eksponen. Aplikasi kalkulator hingga 15 digit ini sangat membantu siapa saja yang membutuhkan sebuah kalkulator yang didukung dengan fitur lengkap tanpa perlu membeli kalkulator fisik.

8. MyScript Calculator

MyScript Calculator

Carisinyal mengklaim bahwa MyScript Calculator adalah aplikasi kalkulator yang unik dalam daftar ini. Anda tidak perlu menekan tombol-tombol angka untuk menghitung di aplikasi ini. Cukup tuliskan angka dan mode perhitungan, maka secara otomatis aplikasi ini akan membaca dan menghitung tulisan tangan Anda. Asalkan tulisan Anda jelas, maka dijamin MyScript Calculator akan memberikan hasil yang akurat.

Manfaatkan stylus pen yang ada di ponsel Anda atau jari tangan untuk menghitung di aplikasi ini. MyScript Calculator tidak hanya menawarkan perhitungan sederhana saja, tetapi Anda bisa menghitung trigonometri, eksponensial, konstanta, dan logaritma melalui aplikasi yang dikembangkan oleh MyScript ini.

9. RealCalc

RealCalc

RealCalc adalah software kalkulator yang paling stabil dan dapat diandalkan di perangkat Android selama bertahun-tahun. Ada berbagai mode yang dimiliki oleh aplikasi ini, mulai dari derajat, radian, gradians, oktal, dan heksadesimal. RealCalc juga dapat diandalkan untuk menghitung konstanta dan konversi.

Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga sudah dibekali fungsi sebagai kalkulator matematika pada umumnya. Singkatnya, semua jenis perhitungan yang Anda butuhkan bisa diperoleh di RealCalc. Untuk memperoleh aplikasi ini Anda harus membelinya terlebih dahulu.

10. Wolfram Alpha

WolframAlpha

Butuh aplikasi yang menawarkan kalkulator paradigma? Install Wolfram Alpha karena aplikasi ini akan memberikan apa yang Anda butuhkan. Kalkulator ini akan menampilkan informasi mengenai statistik, matematika, fisika, kimia, teknik, dan lainnya.

Dengan kata lain, Wolfram Alpha bukan aplikasi yang sederhana, melainkan sebuah aplikasi kalkulator yang membantu Anda untuk menyelesaikan perhitungan matematika yang rumit. Anda dapat menghitung aljabar, matriks, geometri, trigonometri, fungsi logika, dan materi rumit lainnya dengan bantuan aplikasi ini.

Rekomendasi Aplikasi Lainnya

Selain 10 aplikasi yang telah disebutkan tadi, Carisinyal juga masih memiliki beberapa rekomendasi aplikasi kalkulator terbaik lainnya di Android. Apa sajakah itu? Langsung simak ulasannya berikut ini.

11. ClevCalc

ClevCalc

Salah satu aplikasi terbaik pilihan editor PlayStore ini bernama ClevCalc. Ini merupakan aplikasi untuk membantu Anda dalam menghitung. Ya, ini berupa kalkulator digital. Bukan hanya menghitung perhitungan standar, pasalnya Anda juga bisa menghitung kurs uang melalui ClevCalc.

Selain itu juga, ClevCalc juga siap membantu Anda untuk menghitung diskon, IPK, bahkan ada juga fitur date calculator lho! Sangat lengkap, kan? Jika Anda membutuhkan aplikasi ClevCalc, bisa langsung download di sini.

12. CALCU™ Stylish Calculator Free

CALCU™ Stylish Calculator Free

Kalkulator lengkap juga ditawarkan oleh aplikasi CALCU™ Stylish Calculator Free. Di sini, Anda bisa menghitung apapun, bahkan CALCU™ Stylish Calculator Free ini juga bisa dijadikan scientific calculator, lho. Selain lengkap, aplikasi yang disediakan secara gratis ini juga memiliki antarmuka yang simpel dan tidak membingungkan penggunanya.

13. CITIZEN CALCULATOR

CITIZEN CALCULATOR

Kalau mau aplikasi yang lebih simpel dan menampilkan interface layaknya kalkulator biasa, maka Anda bisa langsung mendownload aplikasi yang bernama CITIZEN CALCULATOR. Aplikasi ini lebih untuk kebutuhan menghitung biasa.

Jadi, Anda lebih mudah untuk menghitung. Namun, bukan berarti kalau aplikasi CITIZEN CALCULATOR tidak lengkap ya. Pasalnya, aplikasi ini juga memiliki fitur CORRECT, CHECK, MU, M+, M-, MRC, dan yang lainnya.

14. Electrical Calculations PRO Key

Electrical Calculations PRO Key

Ada lagi aplikasi bernama Electrical Calculations PRO Key. Dari namanya, mungkin Anda sudah bisa menebak kalau aplikasi ini khusus untuk menghitung atau mengkalkulasi perhitungan mengenai listrik.

Ya, Electrical Calculations PRO Key tersedia dalam versi premium di mana Anda harus merogoh kocek 30.000 rupiah untuk menikmati segala kelengkapan aplikasinya. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menghitung perhitungan yang berhubungan dengan listrik. Jadi, aplikasi ini memang cocok untuk Anda yang menggeluti bidang listrik.

15. Calculator ++

Calculator ++

Last but not least, aplikasi yang bernama Calculator ++ ini juga hadir menjadi salah satu yang terbaik dari sekian banyak kalkulator digital Android. Nah, kalau yang ini bisa menghitung semua perhitungan standar.

Layaknya kalkulator biasa, Calculator ++ juga memiliki fitur untuk menghitung pembagian, perkalian, pengurangan, penjumlahan, akar, dan perhitungan lainnya. Anda mau mencoba aplikasi gratis satu ini? Bisa diunduh di sini, ya.

Jadi, tak perlu berkecil hati dengan aplikasi kalkulator bawaan perangkat Anda yang hanya menawarkan perhitungan sederhana. Tambahkan saja sejumlah aplikasi di atas sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda bisa memperolehnya secara gratis melalui Google Play Store, untuk apa Anda membeli kalkulator lengkap yang harganya tergolong mahal?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram