carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini
Carisinyal / Aplikasi / 20 Aplikasi untuk Belajar Matematika Termudah di Android

20 Aplikasi untuk Belajar Matematika Termudah di Android

Ditulis oleh Listiorini - Diperbaharui 20 Juli 2021

Ujian matematika memang sebuah hal yang paling horror bagi sebagian siswa dan beberapa orang takut akan ujian matematika. Namun, tak perlu khawatir, Anda bisa belajar matematika dengan cara yang mudah juga gratis lho. Hanya dengan smartphone Android, Anda bisa menggunakan aplikasi untuk belajar matematika dan siap menghadapi ujian.

Aplikasi untuk belajar matematika ini tersedia untuk berbagai macam kalangan. Mulai dari anak SD, SMP, bahkan sampai SMA pun ada lho. Ada juga beberapa aplikasi untuk mengerjakan soal matematika juga penjawab soal matematika online.  Penasaran bagaimana beragam aplikasi untuk belajar matematika termudah versi Carisinyal? Temukan jawabannya di ulasan berikut ini.

1. Photomath – Camera Calculator

photomath

Ribet harus mengetik soal matematika dengan menggunakan aplikasi? Hanya dengan jepretan kamera Anda sudah dapat menyelesaikan persoalan matematika lho. Photomath, sebuah aplikasi yang terbilang mudah juga praktis.

Cara kerjanya cukup mudah, Anda hanya perlu menjepret soal matematika dan Photomath akan memunculkan jawaban beserta cara penyelesaian soal matematika. Jadi tidak hanya mendapatkan jawaban, Anda juga bisa mempelajari bagaimana cara menjawab soal matematika secara detail. Tertarik? Cukup klik di sini untuk langsung mendownload aplikasinya.

2. Math Tricks

aplikasi untuk belajar matematika Math Tricks

Sulit mengerjakan matematika dengan rumus yang sangat banyak? Mungkin Math Tricks bisa menjadi salah satu solusi yang tepat untuk Anda. Aplikasi untuk mempelajari matematika ini dikhususkan untuk Anda yang ingin belajar trik penyelesaian soal-soal matematika. Trik ini akan memudahkan Anda dalam menyelesaikan soal matematika dengan rumus yang lebih sederhana.

Tidak hanya menyuguhkan rumus yang sederhana saja, bahkan dengan rumus yang diberikan Math tricks mengklaim bahwa Anda akan lebih cepat dalam menghitung soal matematika. Dalam aplikasinya juga, tersedia 15 level yang terdiri dari skor atau nilai mulai dari 0 – 650 ke atas. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda hanya perlu klik di sini.

3. Mathway

Mathway

Mathway, aplikasi untuk belajar matematika ini tidak hanya sekedar memberikan jawaban saja. Untuk Anda yang memang ingin mempelajari matematika secara gratis juga solusi yang detail, Anda bisa memilih aplikasi Mathway ini yang telah diunduh lebih dari 44 ribu pengguna Android.

Dalam aplikasinya, Mathway akan menjawab mulai dari soal matematika yang paling mudah sampai tersulit. Anda hanya perlu memasukan soal matematika, kemudian Mathway akan memberikan jawaban lengkap dengan cara penyelesaiannya.

Aplikasi Mathway ini cocok untuk anak sekolahan yang membutuhkan kemudahan dalam belajar matematika secara gratis. Anda juga butuh? Klik di sini untuk mendownload Mathway.

4. Qanda: Free Math Solutions

qanda

Ketemu soal matematika atau fisika yang sulit ditemukan jawabannya? Kalau Anda sudah coba berbagai cara tapi belum berhasil, pakai aplikasi Qanda saja! Ini adalah aplikasi yang mampu menyelesaikan masalah matematika hanya dengan memotretkan soal menggunakan kamera HP. Lalu, Qanda akan memindai soal dan menampilkan jawabannya. Praktis, bukan?

Aplikasi Qanda ini pun mengklaim kalau proses pencarian jawaban ini hanya berlangsung selama 5 detik, waktu yang sangat cepat, bukan? Tidak hanya itu saja, Qanda pun menghadirkan dukungan chat dengan guru profesional yang bisa menjelaskan jawaban dari soal matematika sulit yang sedang dihadapi.

Dan yang lebih menariknya lagi, kesemuanya ini tidak memerlukan biaya sepeserpun alias 100% gratis! Anda tidak percaya? Coba saja aplikasinya dengan menginstalnya melalui link ini.

5. Math Games - GunjanApps Studios

Math Games - GunjanApps Studios

Ada aplikasi yang cocok bagi Anda yang baru pertama kali belajar berhitung, ataupun untuk mengajari anak Anda. Aplikasi ini bernama Math Games, sebuah permainan berbasis matematika yang akan mengajari Anda caranya menjumlahkan, membagi, pengurangan, dan juga perkalian.

Di sini Anda tidak hanya dapat mengisikan kuis matematika yang membosankan, tapi terdapat juga berbagai macam puzzle klasik seperti Sudoku. Cocok juga untuk manula yang mulai agak lupa perkalian dasar.

Dan apabila bosan bermain sendirian, Math Games juga menyuguhkan permainan multiplayer yang tidak kalah menarik. Baik itu untuk anak yang baru bersekolah maupun orang tua yang ingin semakin mengasah otaknya, Math Games dijamin tidak akan mengecewakan. Miliki aplikasinya sekarang juga dengan klik link ini!

6. Math Kids - RV AppStudios

Math Kids - RV AppStudios

Daripada membiarkan anak balita bermain game yang kurang berfaedah, lebih baik mainkan saja game bernama Math Kids ini. Menampilkan beragam karakter dan desain antarmuka yang menggemaskan, sang buah hati hanya sungguh tidak akan merasa sedang belajar. Selain untuk anak-anak, cocok juga bagi orang dewasa untuk melatih matematika dasar.

Game ini akan mengajarkan Anda caranya menghitung ada berapa objek yang ditampilkan. Selain itu, Anda juga akan diajarkan bilangan mana yang lebih besar. Bila Anda penasaran dengan perkembangan anak Anda, bisa juga melihat hasil skor yang mereka dapatkan.

Game tersebut memang dikhususkan agar anak-anak tidak akan bosan dan malah jadi ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi. Developer-nya juga sungguh mendedikasikan game ini untuk para ortu yang tidak ingin bayar mahal untuk memanggil guru les tambahan. Itu mengapa, aplikasi matematika ini bisa diunduh secara gratis dan 100% tanpa iklan. Langsung saja unduh Math Kids melalui link ini.

7. Socratic by Google

Socratic by Google

Anda sudah merasa jago perkalian dasar? Ada aplikasi pembelajaran lainnya yang lebih sulit. Inilah Socratic by Google, aplikasi Android yang akan membantu penggunanya menyelesaikan masalah matematika yang lebih advanced. Tidak hanya matematika saja, bahkan terdapat juga subjek-subjek lainnya yang sering diajarkan pada anak sekolahan dan kuliahan. Mulai dari biologi, geometri, bahkan hingga sastra juga bisa dipelajari pada aplikasi ini.

Socratic juga telah bekerja sama dengan para guru dan ahli untuk menampilkan bantuan visual dari setiap subjek yang ada. Selain itu terdapat juga bahan pembelajaran dalam format step by step dan video. Namun yang paling keren, Anda juga bisa memotret soal matematika di kertas, dan aplikasi dapat langsung memberikan cara-cara pengejerjaan dan juga jawaban yang benar. Jangan biarkan nilai jeblok gara-gara sulit belajar, segera miliki Socratic by Google lewat link ini!

8. Graphing Calculator + Math, Algebra & Calculus

Graphing Calculator + Math, Algebra & Calculus

Kalau Anda merupakan murid IPA di SMA, pasti kalkulator bawaan HP tidak akan cukup. Well, Anda berada di tempat yang benar, karena kami merekomendasikan aplikasi kalkulator grafik yang bisa digunakan untuk berhitung logaritma, trigonometri, dan subjek matematika rumit lainnya. Bahkan aplikasi ini juga akan sangat membantu untuk mahasiswa jurusan matematika yang kesulitan dapat jawaban yang benar hanya dengan mengotret. Graphing Calculator ini bisa diunduh melalui link ini.

9. Math Puzzle

Math Puzzle

Siapa bilang berhitung matematika itu membosankan? Sebenarnya ada banyak cara untuk membuatnya menyenangkan, seperti saat Anda memainkan game Math Puzzle yang cukup unik ini. Permainan ini memang hanya menawarkan satu mode, di mana pemain harus menghubungkan berbagai angka dan pengoperasian di layar supaya hasilnya sesuai dengan angka yang terpampang di atas.

Semakin tinggi levelnya, tentu pengerjaan matematikanya akan semakin sulit dan angka yang harus disesuaikan pun jumlahnya jadi bertambah. Sebenarnya puzzle ini tidak begitu sulit untuk dipelajari, namun tidak pula mudah. Bikin ketagihan, sekaligus menantang. Apakah Anda bisa melewati semua levelnya? Coba buktikan dengan mengunduhnya melalui link ini.

10. Microsoft Math Solver

microsoft math solver

Terkadang saat mengerjakan soal matematika, jawaban yang Anda dapat malah tidak tertera pada salah satu jawaban pilihan ganda. Kalau sudah begini, belajar pun menjadi sulit, bukan? Nah, dengan menggunakan Microsoft Math Solver, Anda bisa menemukan jawaban yang tepat untuk soal-soal yang dihadapi.

Tinggal memindaikan soal yang ada di buku, dan aplikasi akan berusaha menampilkan jawaban dan cara-cara penyelesaiannya. Jadi, aplikasi ini bisa menjelma sebagai "guru privat" karena Anda di sini akan diajari langkah-langkahnya satu per satu.

Selain dengan cara memindai, Anda pun bisa menginputkan soal pada aplikasi dengan cara menuliskannya menggunakan jari ataupun stylus supaya terasa lebih natural. Dan, untuk soal-soal matematika seperti bab cos, sin, dan tan, Microsoft Math Solver ini juga bisa menampilkan grafik, lho! Yuk gunakan aplikasi ini secara gratis dan tanpa iklan melalui link ini!

11. Mathematics

Mathematics

Aplikasi untuk belajar matematika satu ini memiliki desain seperti kalkulator. Anda hanya perlu memasukan permasalahan soal matematika dengan kalkulator yang tertera pada Mathematics. Kemudian aplikasi akan langsung memunculkan solusi pemecahan masalah soal matematika.

Berbagai macam soal dan pertanyaan matematika bisa Anda lahap habis dengan belajar menggunakan aplikasi ini. Mulai dari Sin, Cos, Tan, Linear, sampai Vektor. Aplikasi ini memang tidak tersedia dalam bahasa Indonesia, namun Mathematics menyediakan bahasa lainnya seperti bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Spanyol, Italia, dan juga Portugis.

Anda siap belajar matematika secara mudah, praktis, dan gratis dengan Mathematics? Hanya mengklik di sini Anda bisa langsung mendownload dan install aplikasinya. Mudah bukan?

12. Symbolab – Math Solver

Symbolab

Belajar matematika hanya dengan mengetikan soal matematika yang dianggap sulit? Tentu saja bisa dengan menggunakan aplikasi untuk belajar, Symbolab. Aplikasi ini membantu para penggunanya dalam mempelajari masalah atau soal-soal matematika yang sulit.

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi untuk belajar matematika lainnya, di sini Anda hanya perlu mengetikan soal matematika dan Symbolab akan memaparkan secara jelas dan detail cara menjawab soal tersebut. Cocok untuk Anda yang ingin belajar matematika dengan cara praktis, mudah, juga gratis. Untuk mendownloadnya Anda hanya perlu ke PlayStore atau mengklik di sini.

13. Little Panda Math Genius

Little Panda Math Genius

Anda juga bisa lho mengajarkan anak tidak hanya matematika dasar, tapi sekaligus istilah-istilahnya dalam bahasa Inggris. Inilah asyiknya memainkan Little Panda Math Genius yang menghadirkan soal-soal matematika dasar dengan cara yang interaktif sekaligus fully-voiced. Dengan begini, anak Anda jadi tahu kalau equal adalah "sama dengan", dan sebagainya. Bahkan, tidak semua orang dewasa tahu padanan katanya dalam bahasa Inggris.

Permainan ini cocok digunakan oleh anak yang berumur 4 tahun. Mereka bisa belajar berhitung dari bilangan satuan saja. Lalu apabila sudah mulai menaiki kelas 2 SD, bisa berlanjut ke soal bilangan puluhan. Sayangnya, tidak tersedia perkalian dan pembagian pada aplikasi ini. Silakan kunjungi laman unduhannya di Play Store dengan klik link ini.

14. Brilliant

brilliant

Sesuai namanya, aplikasi Brilliant ini memang cocok bagi Anda yang otaknya memang cemerlang. Pasalnya, semua soal yang ada di aplikasi ini bukanlah matematika atau ilmu pengetahuan dasar. Terdapat berbagai percabangan ilmu seperti Neural Networks, Quantum Computing, kimia, Algebra, dan masih banyak lagi.

Setidaknya aplikasi ini menyediakan lebih dari 60 interactive course yang membuat Anda yang pintar semakin pintar. Baik itu Anda yang masih berumur 10 tahun atau manula, pasti bisa merasakan benefit dari penggunaan aplikasi yang terus menerus. Bahkan para guru dan profesor sekalipun bisa memanfaatkan Brilliant untuk melatih otak mereka dalam hal problem solving. Kalau mau coba, tinggal unduh saja aplikasinya di sini.

15. Math Formula with Practice

Math Formula with Practice

Anda mungkin tidak begitu suka tampilan antarmuka yang flashy, oleh karena itu Anda bisa menikmati aplikasi bernama Math Formula with Practice. Di sini tampilannya cukup sederhana karena memang bukan diperuntukkan oleh anak kecil yang perlu dorongan visual. Ukuran aplikasinya pun sangat kecil sehingga tidak begitu membuat boros kuota ataupun memenuhi memori internal.

Terdapat beragam rumus dasar algebra, geometri, kalkulus, dan trigonometri beserta contoh-contoh pengaplikasiannya pada soal. Cocok bagi pengguna yang merasa kesulitan memahami pelajaran di sekolah ataupun kuliah. Dapatkan aplikasi populer ini (sudah diunduh lebih dari 10 juta kali) dengan klik di sini.

16. Math Tests - Eductify

Math Tests - Eductify

Tidak hanya soal perhitungan, aplikasi Math Tests ini juga akan mengajarkan anak Anda bangun-bangun dasar dan juga menghitung ukuran menggunakan satuan metrik dan imperial.

Untuk tingkatan yang lebih sulit lagi, anak Anda juga akan diajarkan prioritas operasi bilangan yang harus didahulukan, pembulatan angka, dan juga angka-angka romawi. Semua hasil dari penggunaan ini bisa dilacak sehingga Anda bisa mengetahui perkembangan si kecil dalam keahliannya berhitung. Di antara aplikasi lain, kami harus bilang bahwa Math Tests ini sungguh lengkap dan paling cocok untuk menemani anak dalam menjalani kurikulum sekolah.

17. Cymath

Cymath

Anda sedang mengajari anak matematika namun sudah lupa dengan pelajarannya? Tinggal foto saja tulisan tangan si anak dan masukkan ke aplikasi Cymath. Ya, aplikasi ini akan mampu memindai tulisan tangan dan mengubahnya menjadi tahapan-tahapan yang mudah dipelajari. Dengan begini, anak tidak hanya tahu jawaban yang benar tapi jadi tahu bagaimana cara menyelesaikan soal lain yang serupa.

Topik-topik yang di-cover juga cukup banyak, lho! Mulai dari perhitungan dasar seperti perkalian, hingga yang lebih rumit lagi seperti pecahan, desimal, dan trigonometri, semua dapat diselesaikan berkat aplikasi ini. Cocok untuk pelajar SD, SMP, SMA, dan bahkan anak kuliahan sekalipun. Tertarik? Mengapa tidak mengunduhnya saja melalui link ini?

18. Maths Formulas Free

Maths Formulas Free

Butuh rumus-rumus untuk belajar matematika? Pilihan yang tepat untuk Anda mendownload aplikasi Maths Formulas Free. Ini merupakan aplikasi yang memiliki kumpulan rumus matematika, mulai dari rumus dasar sampai rumus yang sulit.

Selain itu, Maths Formulas Free juga sudah menyiapkan sekitar 36 bahasa, sayangnya Bahasa Indonesia tidak termasuk ke dalam 36 bahasa tesebut. Meskipun begitu, Maths Formulas Free ini juga dilengkapi oleh fitur pendukung berupa kalkulator dan alat hitung lainnya untuk mempermudah Anda dalam mengerjakan soal matematika.

19. yHomework – Math Solver

yHomework

Bingung menghadapi soal matematika? Tenang dan tidak perlu khawatir lagi. Tidak butuh mengeluarkan biaya berlebih hanya untuk les matematika, aplikasi gratis ini menyediakan berbagai macam pemecahan masalah pada soal matematika.

Selain itu, Anda juga dapat berlatih soal-soal matematika. Aplikasi ini dapat digunakan dengan sangat mudah. Misalnya Anda kesulitan dalam menjawab pertanyaan 3x + 5 = 8. Hanya mengetikan soal matematikanya saja, maka aplikasi ini akan memunculkan pemecahan masalahnya. Lebih dari 47 ribu pengguna Android telah mengunduh aplikasi yHomework ini lho. Siap menyelesaikan soal matematika Anda? Klik di sini.

20. All Math Formula

All math formula

Butuh sebuah aplikasi untuk menunjang belajar matematika yang lengkap dengan rumus matematika juga? Anda bisa menjajal aplikasi All Math Formula. Aplikasi ini merupakan aplikasi offline, artinya Anda hanya perlu mendownloadnya dan segera menikmati fiturnya dengan offline tanpa harus dikenakan biaya internet yang berlebih.

All Math Formula dilengkapi dengan rumus-rumus matematika yang terbilang cukup lengkap. Cocok untuk Anda yang ingin belajar matematika dengan memulainya dari rumus matematika. Anda siap belajar matematika mulai dari rumus-rumus terlengkap yang ada pada aplikasi All Math Formula offline ini? Hanya tinggal klik di sini dan Anda siap belajar matematika.

Itulah sepuluh aplikasi yang direkomendasikan oleh Carisinyal untuk mempelajari matematik secara mudah, lengkap, praktis, juga gratis. Anda siap belajar matematika dengan salah satu aplikasi di atas?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram