carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini
Carisinyal / Tips Trik / Ini Dia Cara Mudah untuk Blokir Nomor di Ponsel Nokia

Ini Dia Cara Mudah untuk Blokir Nomor di Ponsel Nokia

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 27 April 2021

Setidaknya setiap orang yang mempunyai ponsel pasti pernah mendapat telepon atau SMS dari orang yang tidak dikenal yang mengganggu kenyamanan. Bahkan mungkin ada yang sampai berhari-hari dibombardir oleh panggilan telepon dan SMS bertujuan mengganggu si penerima telepon.

Jika sudah terasa sangat mengganggu kamu bisa blokir nomor yang membawa ketidaknyamanan tersebut. Beberapa provider sudah ada yang melengkapi layanannya dengan blokir telepon. Pengguna bisa langsung mengikuti langkah-langkah pemblokiran yang sudah disiapkan oleh provider tersebut.

Nah, Nokia pun melakukan hal yang sama. Ada beberapa cara pemblokiran nomor di HP Nokia yang bisa kamu lakukan, jika kebetulan kamu menggunakan ponsel buatan Finlandia tersebut.

Fitur Pemblokiran Telepon Nokia

Kemudahan teknologi komunikasi tidak hanya dimanfaatkan untuk memperlancar komunikasi. Beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab ada yang memanfaatkannya untuk tujuan yang salah, semisal untuk menipu orang lain demi meraup keuntungan, meneror, dan melakukan spam.

Karena pertimbangan itulah perusahaan telepon ada mengizinkan penggunanya untuk melakukan pemblokiran. Beberapa bahkan mempunyai fitur yang bisa memblokir panggilan dari penelpon anonim secara otomatis pada penelepon yang melakukan panggilan tanpa mengirimkan informasi ID ke penerima telepon.

1. Call Barring

Sumber: https://devices.vodafone.com.au/

Nokia adalah salah satu perusahaan produsen telepon yang sudah mempunyai fitur pembatasan panggilan. Fitur ini dinamai Call Barring (CB). Call Barring merupakan layanan yang disematkan pada ponsel Nokia 105 (2017) untuk membatasi panggilan masuk dan panggilan keluar.

Grup layanan pembatasan panggilan ini terdiri dari lima layanan independen, salah satunya tersedia di Nokia 105 (2017). Pengguna HP tersebut bisa secara individu terdaftar atau dihapus di masing-masing layanan ini secara individual.

Fitur Call Barring memungkinkan pengguna memblokir panggilan masuk dan keluar bahkan keduanya. Fitur ini menggunakan kode layanan Man Machine Interface (kode layanan MMI). Dengan kode ini, kamu bisa memilih layanan yang dilarang.

Untuk mengaktifkan layanan ini kamu bisa menggunakan kode tertentu untuk mencegah SMS masuk pada ponselmu. Ini tentu bisa menjadi solusi efektif untuk memblokir SMS.

2. BIC-Roaming

Sumber: https://devices.vodafone.com.au/

Ada satu lagi jenis panggilan yang biasanya ditolak, yaitu panggilan roaming. Nokia mempunyai fitur layanan yang memungkinkan penggunanya melarang semua panggilan dari luar negeri. Nama layanan tersebut adalah BIC-Roaming.

Ketika BIC-Roaming aktif dan pengguna ponsel berada di luar jaringan provider-nya, jaringan tidak akan bisa melakukan panggilan. Pengguna ponsel Nokia 105 (2017) bisa memutuskan untuk menggunakan layanan BIC-Roaming jika tidak ingin menerima panggilan masuk saat roaming.

Pemblokiran di HP Nokia

Pada dasarnya memblokir nomor di HP Nokia bisa dilakukan dengan cara mengetuk ikon tiga angka pada log panggilanmu. Setelah itu, pilih nomor yang ingin kamu blokir dan tambahkan pada daftar Tolak Panggilan. Setelah ini dilakukan, kamu tidak akan mendapat panggilan masuk dari nomor tersebut.

Cara ini bisa diterapkan pada semua ponsel Nokia tipe apa pun, baik itu Nokia Seri 6 dan 7 yang sudah menjalankan OS Android maupun yang seri lainnya dengan tipe Android yang berbeda. Namun, ketahuilah bahwa itu bukan cara satu-satunya. Ada cara lain untuk blokir nomor di HP Nokia.

1. Blokir Nomor Lewat Pesan Suara

Sumber: https://energyresourcing.com

Opsi pemblokiran nomor di HP Nokia yang pertama adalah lewat pesan suara atau voicemail. Mekanismenya adalah dengan mengirimkan nomor yang ingin kamu blokir pada daftar pesan suara. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka ponsel Nokia milikmu.
  • Pada menu Kontak, pilih nomor yang ingin kamu blokir.
  • Ketuk ikon Edit yang berbentuk pensil.
  • Lanjutkan dengan mengetuk menu tiga titik dan centang kotak yang terletak di sebelah opsi Semua Panggilan ke Voicemail.
  • Jika kamu ingin membuka blokir nomor tersebut kelak, kamu bisa hapus centang di opsi Panggilan ke Voicemail.

2. Blokir Nomor Lewat SMS

Sumber: https://pixabay.com

Selain panggilan, cara lain yang biasa dilakukan untuk mengganggu orang lewat HP adalah dengan cara mengirimkan pesan singkat atau SMS. Pesan yang dikirim bisa sangat mengganggu apalagi jika isinya hal-hal yang negatif.

Jika kamu mendapat SMS seperti ini, lakukan blokir terhadap nomor yang mengganggu tersebut sehingga nomor itu tidak bisa mengirimkan pesan lagi. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka menu Pesan pada HP Nokia.
  • Pilih menu Pengaturan Pesan.
  • Kemudian, pilih Penyaringan Nomor.
  • Setelah itu, ketuk pilihan. Lalu, ketuk pilihan Tambah Nomor untuk memasukkan nomor yang ingin kamu blokir.

3. Blokir Nomor di HP Nokia Android

Nokia C5 Endi

Pada HP Nokia yang berbasis Android, kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk melakukan pemblokiran nomor. HP Nokia jenis Android punya langkah blokir yang sedikit berbeda. Langkah-langkah yang harus kamu lakukan adalah:

  • Memastikan kamu sudah mengaktifkan opsi memblokir panggilan dengan cara menyapu Pusat Aksi dari atas layar.
  • Setelah itu, ketuk opsi Pengaturan.
  • Pilih Panggil+Filter SMS.
  • Perhatikan teks yang muncul pada layar. Jika dirasa sudah sesuai, pilih Terima.

4. Blokir Nomor dan SMS Melalui Menu Pengaturan

Ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk memblokir nomor. Kamu bisa mencoba mengaktifkan fitur penyaringan yang terdapat pada pengaturan telepon. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan Ponsel.
  • Setelah terbuka, pilih Pengaturan Panggilan.
  • Cari pilihan Penyaringan Nomor.
  • Tekan Pilihan, lalu pilih Tambahkan Nomor dan Masukan Nomor.
  • Terakhir tekan OK.

5. Blokir SMS di Nokia 105 (2017)

Sumber: https://www.nokia.com

Pemblokiran nomor di HP nokia bisa kamu lakukan pada menu Pesan. Cara berikut ini dilakukan agar nomor yang mengganggu tidak bisa mengirimkan SMS pada ponselmu. Dengan begitu pengirim akan mendapati pesan yang dikirimkannya gagal terus. Ikuti langkah-langkah untuk memblokir SMS pada Nokia 105 (2017) berikut ini:

  • Buka menu Pesan.
  • Masuk ke Kotak Masuk dan cari nomor pengirim yang pesannya akan kamu blokir.
  • Tahan beberapa detik sampai muncul notifikasi pada layar “Tambahkan Ke Nomor Spam.”
  • Pilih nomor tersebut. Kini kamu tidak akan mendapat pesan baru dari nomor tersebut karena nomor sudah diblokir.

6. Membuat Daftar Spam Nomor di Nokia 105

Nah, agar lebih mudah, kamu bisa buat daftar nomor spam di ponsel Nokia. Jika dibuat kategori tertentu, maka akan ketahuan daftar nomor mana saja yang mengganggu dan harus disingkirkan. Langsung saja ikuti langkah-langkahnya:

  • Pada menu Pesan, klik ikon tiga titik yang terletak di bawah.
  • Kemudian pilih Pengaturan.
  • Buka menu item Pengaturan Spam. Klik untuk mengaktifkan opsi spam tersebut.
  • Setelah itu, ketuk Tambahkan ke Nomor Spam. Nomor yang sudah masuk ke daftar spam tersebut masih bisa kamu kembalikan ke daftar kontak jika kamu mau.

Itu dia beberapa cara blokir nomor di HP Nokia. Jika kelak kamu berubah pikiran, kamu masih bisa membatalkan pemblokiran nomor. Jadi, intinya langkah memblokir nomor di nomor di HP Nokia ini tidak berdampak permanen. Semoga membantu, ya.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram