carisinyal web banner retina

Begini Cara Reset HP Nokia Berbasis Android dan Nokia Jadul

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 27 Juni 2021

Ponsel Nokia, seperti halnya ponsel merek lain, bisa saja mengalami gangguan seperti hang, terlalu banyak data yang tersimpan di ruang penyimpanan ponsel, ponsel stuck di logo atau lupa pola kunci ponsel. Semua hal tersebut menyebabkan ponsel harus dikembalikan ke pengaturan awal baik itu dengan cara factory reset atau hard reset.

Reset merupakan salah satu fitur yang pasti selalu ada pada semua perangkat. Fitur ini bermanfaat untuk mengembalikan semua pengaturan ponsel ke awal. Melakukan reset berakibat terhapusnya semua data dan file yang kamu simpan pada ponsel.

Ada beberapa pilihan reset yang disediakan pada semua perangkat Nokia. Namun, harus kamu ketahui mengenai dampak reset pada perangkat ponsel.

Ketika sebuah perangkat sudah ‘sesak’ dengan semua data yang ada di dalamnya, hal yang harus kamu lakukan adalah membersihkan semua sampah digital yang menyebabkan bebas kerja perangkat menjadi lebih berat.

Proses resetlah jawabannya. Dengan mereset sebuah perangkat kamu bisa memulihkan performa ponsel yang lambat menjadi lebih cepat dan semua kontrol pada ponselmu bisa berfungsi dengan baik.

Mereset ponsel akan membuat semua data dan file di ponsel terhapus. Untuk itu, kamu perlu mencadangkan file ke media penyimpanan lainnya. Bisa kamu pindahkan pada penyimpanan online atau pada driver lain di komputermu.

Usahakan untuk mengingat password dan akun Google. Pasalnya di ponsel Nokia Android dan ponsel yang lebih baru terdapat fitur yang bernama Factory Reset Protection (FRP). Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa melakukan reset dengan memasukan akun Google.

Pastikan baterai ponselmu penuh. Atau paling sedikit tersisa 30% dari total kapasitas ponsel agar proses reset tidak terhambat karena daya baterai yang habis.

Cara Factory Reset HP Nokia

Begini Cara Reset HP Nokia Berbasis Android dan Nokia Jadul 1Sumber: dianisa.com

Factory reset adalah proses mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik. Kondisi ponsel yang sudah melalui proses ini akan menjadi seperti baru saat kamu pertama kali mengeluarkannya dari kotak kemasan. Proses ini tidak menggunakan kombinasi tombol.

Factory reset dilakukan ketika sebuah ponsel mengalami masalah ringan dan bisa diselesaikan dengan tindakan sederhana. Nah, apa saja yang harus kamu lakukan ketika ponsel Nokia bermasalah? Ikuti yuk langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama, buka menu Setting pada ponselmu.
  • Gulirkan ke bawah dan pilih menu System.
  • Langkah selanjutnya, sentuh opsi Advance.
  • Lalu, pilih Reset Options.
  • Pada opsi tersebut terdapat beberapa pilihan. Pilih Erase All Data atau Factory Reset.
  • Bila semua instruksi sudah kamu lakukan sesuai petunjuk, selanjutnya sentuh plihan Reset Phone yang terletak di bawah.
  • Terakhir, pilih opsi Erase Everything.

Hard Reset Nokia

Begini Cara Reset HP Nokia Berbasis Android dan Nokia Jadul 3Sumber: www.konyoha.com

Selanjutnya ada hard reset. Proses reset satu ini khusus dilakukan bagi ponsel yang kesulitan masuk ke beranda, baik itu yang disebabkan karena bootloop atau stuck di logo ponsel atau tidak bisa masuk karena lupa sandi. Atau pada ponsel yang mengalami masalah lebih besar lagi.

Pada prakteknya, hard reset menggunakan kombinasi tombol. Jadi pastikan tombol-tombol ponsel Nokia masih berfungsi dengan baik. Proses hard reset membuat semua data di dalam ponsel hilang, sama seperti factory reset di atas. Langkah melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Posisikan ponsel Nokia dalam keadaan mati sebelum kamu melakukan hard reset.
  • Tekan dan tahan beberapa detik tombol Power sampai muncul opsi Fastboot Flash Mode.
  • Kemudian, pilih opsi Recovery Mode. Gunakan tombol volume dan power untuk menavigasi pilihan.
  • Klik OK jika kamu sudah yakin dengan tahap awal hard reset.
  • Setelah itu, akan muncul logo Android di layar dengan tulisan notifikasi ‘no command’
  • Tekan dan tahan selama beberapa saat tombol power, lalu tekan tombol volume (+) sekali dan lepaskan tombol power.
  • Setelah ini kamu akan masuk pada Android System Recovery. Selanjutnya, pilih Wipe Data atau Factory Reset.
  • Pilih User Data dan Personalized Content.
  • Setelah proses hard reset selesai, pilih opsi Reboot System Now.

Cara Reset HP Nokia Menggunakan Kode Rahasia

Begini Cara Reset HP Nokia Berbasis Android dan Nokia Jadul 5Sumber: arahtekno.com

Kode rahasia biasanya ada di semua tipe ponsel. Kode yang terdiri dari beberapa kombinasi angka dan simbol ini berisi beberapa shortcut yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan pada perangkat dan mempermudah pengoperasian ponsel.

Nokia pun memiliki kode rahasia yang bisa digunakan untuk mempermudah penggunaan ponsel. Satu dari sekian banyak kode rahasia yang diciptakan Nokia adalah ##7378423##. Kode ini bisa kamu gunakan untuk mereset ponsel Nokia.

Masukkan kode tersebut pada dial number. Tekan ya ketika muncul notifikasi proses reset. Setelah itu ponsel akan otomatis melakukan reset ulang. Tunggu beberapa saat sampai ponselmu hidup kembali.

Kode rahasia yang dijelaskan di atas tidak berfungsi di beberapa ponsel. Kamu perlu mencobanya terlebih dahulu. Jika kode rahasia ini tidak bekerja pada tipe ponselmu, kamu bisa gunakan cara lain di atas.

Cara Reset HP Nokia Jadul Karena Lupa Kunci

Begini Cara Reset HP Nokia Berbasis Android dan Nokia Jadul 7Sumber: www.idntimes.com

Pada ponsel Nokia tipe lama (jadul) langkah reset ponselnya sedikit berbeda. Ini disebabkan karena pengaturan dan fitur ponsel berbeda. Reset ponsel berikut ini bisa kamu aplikasikan ketika kamu lupa kode sandi atap pola kunci ponselmu. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pada ponsel lama, Nokia memberikan baterai ponsel model lepas. Matikan ponsel dan lepaskan baterainya. Di belakang wadah baterai tersebut terdapat nomor IMEI.
  • Lihat dan catat nomor IMEI yang tertera di belakang baterai.
  • Buka situs http://nfader.su/
  • Masukan nomor IMEI di kolom situs tersebut. Centang kotak dialog yang berisi pernyataan kepemilikan sah dari ponsel tersebut.
  • Klik ‘Generate’ pada pilihan yang berada di samping kotak IMEI.
  • Selanjutnya akan muncul Security Mastercode.
  • Setelah itu, nyalakan kembali ponselmu dan masukan kode dari Security Mastercode tersebut.
  • Tekan OK. Nanti akan muncul notifikasi ‘Kode Salah’ abaikan notifikasi tersebut selama kurang lebih dua menit. Jangan sentuh atau operasikan tombol apapun selama dua menit tersebut.
  • Setelah dua menit setelah, masukkan kode 12345, maka ponsel yang tadi terkunci akan terbuka Kembali. Kode 12345 yang kamu masukan tersebut merupakan kode default ponsel.

Nah, itulah dia beberapa cara reset ponsel Nokia yang berbasis Android dan reset ponsel Nokia model lama (jadul). Sebuah ponsel, secanggih apapun pasti beresiko mengalami gangguan atau kerusakan.

Oleh sebab itu, pengembang melengkapi ponsel ciptaannya dengan fitur reset sebagai langkah antisipasi untuk memulihkan ponsel yang mengalami gangguan tanpa harus melakukan proses root. Opsi-opsi reset ponsel Nokia tersebut bisa kamu terapkan pada semua tipe ponsel Nokia.

Berbicara mengenai mereset ponsel, proses reset sebaiknya dilakukan secara rutin. Ini demi menjaga performa ponsel agar terus normal. Karena penggunaan yang lama dan kegiatan yang kamu lakukan pada ponsel, ponsel perlu dibersihkan dari bugs yang memperlambat performa ponsel.

Menu

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram