Carisinyal / Tips Samsung / Ini Dia 5 Cara Mengetahui HP Samsung Asli atau Palsu

Ini Dia 5 Cara Mengetahui HP Samsung Asli atau Palsu

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 April 2019

Beredarnya smartphone Samsung supercopy, KW, rekondisi, dan replika cukup meresahkan bagi pengguna gadget original. Pasalnya, beberapa ponsel palsu tersebut juga dijual bebas di gerai-gerai ponsel ataupun di toko-toko online.

Tampilan smartphone Samsung palsu pun tidak jauh berbeda dengan yang asli. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan karena kebanyakan dari kita sulit melihat perbedaan tersebut jika hanya melihatnya secara sekilas saja.

Cara Cek HP Samsung Asli

Oleh karena itu sebagai pembeli, kita harus lebih jeli dalam membedakan smartphone Samsung asli dengan yang palsu. Nah, berikut ini Carisinyal akan membagikan langkah-langkah cara cek HP Samsung asli untuk membedakan dengan yang palsu:

  1. Tampilan Luar

Pada HP Samsung yang palsu, letak tombol menu terlihat tidak seimbang. Berbeda dengan Samsung asli yang tombol menu-nya tepat berada di tengah. Layarnya juga terlihat kontras dengan yang asli. Layar Samsung palsu tidak sepenuhnya meregang keluar sehingga meninggalkan celah cukup lebar antara layar dan tepi ponsel.

  1. Kode Khusus

dus iphone imei

Ada beberapa kode yang bisa digunakan untuk mengecek apakah smartphone Samsung Anda asli atau tidak. Kode pertama adalah IMEI, masukkan kode *#06# pada smartphone Anda, maka nomor IMEI Anda akan ditampilkan di layar. Segera cocokkan nomor IMEI di dusbook atau situs khusus untuk mengidentifikasi keaslian IMEI sebuah ponsel.

Kemudian, cek versi firmware smartphone Anda dengan kode *#1234#. Jika smartphone Anda mampu membaca perintah dari kode-kode yang Anda masukkan, bisa dipastikan smartphone Anda asli.

  1. Samsung Kies

samsung kies

Jika iPhone palsu atau asli bisa di cek melalui iTunes, keaslian HP Samsung juga bisa diuji menggunakan Samsung Kies. Sekedar informasi, Samsung Kies adalah software resmi dari Samsung untuk menghubungkan smartphone/tablet Samsung ke komputer.

Pastikan Samsung Kies sudah terinstal di komputer Anda. Selanjutnya, hubungkan smartphone Samsung ke komputer dengan menggunakan kabel data. Apabila Samsung Kies bisa mendeteksi dan terkoneksi dengan smartphone Anda, maka smartphone Samsung Anda asli. Sebaliknya, bila Samsung Kies tidak bisa membaca ponsel Anda, maka bisa jadi bahwa HP Samsung Anda palsu.

  1. Kecepatan Internet dan Hang

Berdasarkan pengalaman dari pengguna gadget. Cara cek HP Samsung asli atau palsu dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, seperti memantau kecepatan internetnya. Misalnya, Samsung palsu cenderung lambat ketika menjalankan beberapa aplikasi dan browsing di internet. Akan tetapi, internet yang lambat juga dapat disebabkan oleh provider yang Anda gunakan.

Cara membedakannya adalah dengan mematikan koneksi data dan alihkan ke Wi-Fi. Pada umumnya, speed Wi-Fi lebih cepat dari layanan internet dari provider. Apabila setelah dialihkan ke Wi-Fi ternyata smartphone Anda tetap lambat, mungkin smartphone Anda palsu.

Selain itu, Samsung palsu juga mudah hang saat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan karena menggunakan kapasitas RAM yang berukuran lebih kecil dari seharusnya. Padahal, smartphone Anda mungkin masih baru seumur jagung.

  1. Membandingkan Spesifikasi

Keaslian HP Samsung juga dapat dilihat dari spesifikasinya. Misalnya, Samsung Galaxy S4 menawarkan kapasitas penyimpanan internal sebesar 16 GB. Anda belum menggunakan memori internal tersebut untuk menyimpan aplikasi apapun. Namun, saat Anda hendak menginstal aplikasi baru, layar smartphone menampilkan pemberitahuan bahwa kapasitas penyimpanan tidak cukup.

Nah, bisa saja smartphone Anda tersebut palsu. Selain itu, cek resolusi kamera smartphone itu. Bandingkan apakah resolusinya sudah setinggi dengan spesifikasi resminya dan apakah gambarnya sudah sejernih perangkat Samsung yang lain.

Cek IMEI Samsung

IMEI adalah kode yang paling tepat untuk mengidentifikasi smartphone Samsung Anda asli atau palsu. Anda dapat mengecek IMEI ini melalui situs database IMEI terbesar di internet. Berikut adalah cara mendeteksi keaslian HP Samsung melalui IMEI:

  1. Tekan *#06# pada panel tombol ponsel Anda
  2. Cocokkan IMEI tersebut dengan IMEI yang tertera pada dusbook dan body ponsel tepatnya di balik baterai
  3. Kunjungi situs imei.info pada komputer Anda
  4. Masukkan nomor IMEI ponsel ke kolom yang disediakan di situs tersebut
  5. Tunggu beberapa saat maka situs ini akan menampilkan spesifikasi ponsel Anda. Jika ponsel Anda adalah Samsung Galaxy S6 dan situs tersebut menampilkan spesifikasi Samsung Galaxy S6, maka ponsel Anda asli. Akan tetapi, jika spesifikasi yang ditampilkan tidak sesuai dengan ponsel Anda, maka ponsel tersebut palsu

Tips Mengetahui Keaslian HP Samsung Lainnya

cara cek hp samsung asli

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa membedakan HP Samsung original dengan yang palsu menggunakan poin-poin di bawah ini. Berbagai poin ini bisa Anda cek secara langsung ketika sedang membeli perangkatnya.

  • Harga

Harga ponsel Samsung asli dengan replika, supercopy, KW, atau rekondisi umumnya berbeda jauh. Akan tetapi, ada pula beberapa penjual curang yang menjual ponsel Samsung palsu dengan harga yang sama dengan aslinya.

  • Kondisi fisik

samsung original

HP Samsung baru umumnya dijual dalam dusbook yang dibungkus dengan plastik berlogo Samsung. Sementara HP Samsung palsu hanya dibungkus dengan plastik bening biasa. Pastikan juga dus tersebut masih tersegel dengan rapi.

  • Segel di baterai dan body dalam

Segel yang terdapat di baterai dan body bagian dalam adalah elemen penting untuk membedakan HP Samsung asli dan palsu. Segel bertuliskan SEIN hanya ada di Samsung asli. Ini menandakan bahwa HP tersebut dijamin garansinya oleh Samsung Electronic Indonesia.

  • Resolusi layar

Resolusi layar Samsung palsu lebih rendah dari yang asli. Pada umumnya, Samsung high-end, seperti S6 atau Note 5 memiliki resolusi layar yang tinggi sehingga layar nampak sangat tajam dan jernih. Sementara itu, S6 atau Note 5 versi replika atau supercopy memiliki resolusi layar yang rendah sehingga tampilan layarnya tidak jauh berbeda dengan smartphone low-end.

  • Aplikasi khusus dari Samsung

Aplikasi khas Samsung biasanya hanya terdapat pada ponsel resmi Samsung. Aplikasi ini S Translator, S Planner, Samsung Apps, S Voice, dll. Bila di ponsel Samsung Anda tidak terdapat aplikasi bawaan ini, maka Anda harus curiga bahwa ponsel itu palsu.

Karena peredaran ponsel Samsung palsu semakin luas, maka calon pembeli harus hati-hati dan cermat dalam membedakan ponsel Samsung asli dan palsu. Semoga berbagai cara cek HP Samsung asli di atas bisa membantu Anda untuk mendapatkan ponsel Samsung yang asli dan original.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

3 pemikiran pada “Ini Dia 5 Cara Mengetahui HP Samsung Asli atau Palsu”

Tinggalkan komentar