Carisinyal / Tips Samsung / Cara Cek IMEI Samsung dan Alasan Kenapa Harus Mengetahuinya

Cara Cek IMEI Samsung dan Alasan Kenapa Harus Mengetahuinya

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 November 2019

Di ranah ponsel Android, Samsung adalah merek yang bisa dikatakan lengkap. Produk-produk yang dikeluarkannya seolah menjangkau berbagai kalangan. Ada ponsel yang harganya di kisaran menengah ke bawah, ada juga yang menengah ke atas. Semuanya tergantung kebutuhan penggunanya.

Pada dasarnya, mau yang murah atau yang mahal sama-sama dipakai untuk berkomunikasi. Perbedaan pilihan setiap orang didasarkan oleh kebutuhan yang berbeda-beda. Ada yang hanya dipakai untuk berkomunikasi, bekerja, hiburan, dan lain-lain. Misal, untuk kebutuhan fotografi, maka pengguna biasanya memilih ponsel yang kualitas kameranya bagus.

Sebagian orang lebih suka membeli ponsel dalam keadaan baru. Namun, ada juga yang lebih suka membeli ponsel bekas. Apa pun alasannya, membeli ponsel bekas membutuhkan perhatian lebih karena seringkali tidak datang dalam keadaan lengkap. Salah satu yang harus jadi perhatian kita adalah IMEI.

Hal pertama yang harus kita lakukan ketika ingin beli ponsel bekas adalah dengan cek IMEI ponsel tersebut. Sama seperti waktu kita melamar pekerjaan atau daftar kuliah, hal pertama yang diminta pasti identitas. Karena identitaslah yang nantinya menjadi pembeda antar manusia, dan untuk ponsel identitas itu bernama IMEI.

Pengertian IMEI

Pengertian IMEI

* sumber: images.samsung.com

IMEI adalah kependekan dari Internation Mobile Equipment Identity. Wujudnya berupa deretan nomor unik yang berbeda-beda untuk setiap ponsel. Nomor itu adalah nomor identitas yang dikeluarkan oleh Asosiasi GSM (GSMA) untuk setiap slot kartu GSM yang diproduksi oleh produsen ponsel. Ibarat manusia, IMEI adalah NIK untuk ponsel.

Jadi, satu nomor IMEI tidak akan dimiliki oleh dua ponsel. IMEI bisa menjadi pembeda meskipun ponselnya satu merek atau satu tipe. Seperti manusia, tidak mungkin satu KTP dimiliki oleh dua orang. Deretan nomor itu sangat berguna untuk memastikan dan menjelaskan banyak hal tentang ponselnya.

Pentingnya Mengetahui IMEI

Pentingnya Mengetahui IMEI

* sumber: www.needpix.com

Sekarang, memang masih banyak orang yang belum mengetahui betapa pentingnya mengetahui IMEI. Kalau kamu bertanya kepada orang di sekitar, apakah dia tahu IMEI ponselnya? Apakah dia punya catatan yang aman tentang IMEI itu? Kemungkinan besar dia akan menjawab tidak. Untuk itu, mari kita bahas pentingnya mengetahui IMEI.

1. Mencegah Tindakan Penipuan

IMEI akan berguna kalau kamu ingin membeli ponsel bekas. Kamu bisa mencocokkan sendiri IMEI yang tertera pada ponsel dengan IMEI yang tertera pada kotaknya. Seharusnya, IMEI yang tertera pada keduanya sama. Kalau berbeda, bisa dipastikan kalau kotak itu bukan kotak asli ponselnya.

2. Memberikan Informasi Tentang Ponsel

Kalau kamu membutuhkan informasi sebuah ponsel, maka nomor IMEI akan sangat membantu. Kamu bisa mengunjungi website IMEI.info lalu memasukkan nomor IMEI ponsel yang kamu miliki. Setelah itu akan ditampilkan informasi yang rinci mengenai ponsel tersebut, termasuk tahun rilis, perusahan pembuat, dan model ponsel.

3. Berguna Kalau Ponsel Hilang Atau Dicuri

IMEI akan berguna kalau seandainya ponselmu hilang atau dicuri. Nomor IMEI bisa digunakan untuk melaporkan kehilangan itu ke Contact Center atau Service Center. Dari sana bisa diketahui riwayat perbaikan unit yang selanjutnya bisa dipakai untuk menginformasikan data pengguna setelah ponsel itu hilang berdasarkan sistem.

4. Melacak Ponsel Ilegal

Belakangan ini beredar kabar kalau pada tahun 2020 pemerintah akan memblokir ponsel ilegal. Jadi, kalau ponsel itu ilegal, maka operator akan memblokirnya sehingga perangkat tidak bisa dipakai sebagaimana mestinya. Itulah pentingnya kita membeli ponsel secara legal, jangan cuma tergiur dengan harga yang murah.

Provider bisa ‘mematikan’ ponsel melalui nomor IMEI. Nantinya, ponsel seludupan dan ponsel curian tidak bisa dipakai karena IMEI-nya tidak terdaftar secara resmi atau dilaporkan hilang. Kalau sudah begitu, sebagus apa pun ponselnya tidak akan ada gunanya.

Dari sini kita mengtahui kalau nomor IMEI sangat berguna untuk diketahui. Deretan angka ini akan memberikan banyak manfaat untuk hal-hal yang berkaitan dengan ponsel milik kita. Tidak salah kalau kita menganalogikan IMEI sebuah ponsel seperti halnya KTP seorang manusia.

Cara Cek IMEI Samsung

Setelah mengetahui pengertian IMEI dan pentingnya mengetahui IMEI, sekarang waktunya untuk mengetahui cara cek IMEI. Ada dua cara yang bisa dipakai untuk cek IMEI di perangkat Samsung. Keduanya sama sekali tidak susah kok, sehingga siapa pun pasti bisa melakukannya. Jadi, simak baik-baik ya, langkah-langkahnya.

1. Melalui Keypad

Melalui Keypad

  • Buka dulu keypad yang ada di ponselmu seperti gambar di atas.
  • Ketikkan kode *#06#.
  • Setelah itu, tekan tombol call, seperti kalau kita cek pulsa.
  • Selanjutnya nomor IMEI akan segera tampil di layar. Di sebagian ponsel kamu bahkan tidak perlu menekan tombol call karena nomor IMEI akan langsung muncul begitu kode perintah selesai diketik.

Cara cek IMEI Samsung ini berlaku untuk semua jenis ponsel dengan berbagai tipe dan merek. Untuk contoh yang tertera di atas kita bisa melihat ada IMEI1 dan IMEI2. Kenapa ada dua IMEI dalam satu ponsel? Karena gambar di atas adalah hasil dari tangkapan layar Samsung Galaxy S8 yang memiliki dua slot kartu SIM.

Seperti yang sudah disampaikan kalau IMEI dikeluarkan untuk setiap slot kartu SIM yang diproduksi. Jadi, tampilan seperti gambar di atas hanya akan terlihat untuk ponsel-ponsel dengan dua slot kartu SIM. Kalau ponselmu hanya punya satu slot, IMEI yang akan muncul saat dicek hanya satu saja.

Coba praktikkan sendiri sesuai arahan yang tertulis di atas. Tampilan yang muncul kurang lebih akan sama seperti gambar di atas. Nomor IMEI akan terlihat di bawah tulisan IMEI. Gambar di atas terlihat blank karena sudah disamarkan terlebih dulu. Kalau sudah terlihat, usahakan catat atau screenshoot lalu simpan file-nya di tempat yang aman seperti flashdisk.

2. Melalui Setting

Melaui Setting

  • Buka dulu menu di ponselmu lalu cari Settings, pilih itu.
  • Cari About Phone, biasanya ada di bagian bawah menu, jadi scroll sampai bawah.
  • Di sana akan terlihat beberapa informasi penting tentang ponselmu, silakan cari IMEI.

Tampilan di ponselmu mungkin akan terlihat berbeda. Itu tergantung tipe ponsel dan tema yang digunakan. Tapi, informasi yang disajikan kurang lebih akan sama seperti informasi yang tertera pada gambar di atas. Gambar di atas adalah hasil tangkapan layar dari ponsel Samsung Galaxy S8 yang memiliki dua slot kartu SIM. Jadi, ada IMEI1 dan IMEI2 seperti yang sudah dijelaskan.

Nantinya IMEI akan terlihat di samping tulisan IMEI, begitu juga dengan nomor ponsel, nomor model, dan nomor seri. Itulah nomor-nomor yang penting buat kamu. Pada gambar di atas, nomor-nomornya sudah disamarkan karena memang sepenting itu dan tidak seharusnya diketahui orang lain.

Demikianlah cara cek IMEI Samsung dan alasan kenapa kamu harus mengetahuinya. Jangan lupa bagikan tulisan ini kepada teman yang mungkin belum mengtahui cara cek IMEI Samsung. Kalau kamu mempunyai pengalaman menarik tentang betapa pentingnya mengetahui IMEI dari ponsel yang dimiliki, kamu bisa berbagi di kolom komentar.

Ponsel yang kamu pakai Samsung tipe apa? Jangan lupa cek dan catat IMEI-nya ya! Kalau kamu lebih suka mencatat secara digital seperti lewat screenshoot, jangan lupa simpan file tersebut di luar ponsel, ya! Tujuannya, kalau ponselnya hilang atau dicuri, kamu tetap bisa melaporkan ke Customer Service untuk kemudian ditindak lanjuti.

Jika kamu pengguna ponsel iPhone, kamu bisa mengetahui cara cek IMEI untuk perangkat Apple tersebut di sini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

One Response

  1. ternyata di dupa88 ,kita main game sambil santai bisa kaya juga yaaa….. gak kepingin apa kalian ini??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *