carisinyal web banner retina

Cara Ganti Tema di HP Samsung Tanpa Aplikasi Tambahan

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Meski sudah banyak ponsel pintar yang dibekali UI canggih, terkadang tema yang dibawanya masih terasa boring. Hal ini pun kerap terjadi pada saya, sehingga saya kerap mengganti tema ponsel selama beberapa kali dalam satu bulan.

Beruntungnya, ponsel pintar saat ini dibekali dengan banyak tema yang bervariasi. Tak terkecuali dengan Samsung. Brand HP asal Korea Selatan ini membekali perangkat terbarunya dengan aplikasi bawaan bernama Galaxy Themes. Di sini, Anda bisa menemukan koleksi tema HP Samsung yang keren dan menarik.

Pada kesempatan ini, saya akan mengajak Anda untuk mencari tahu bagaimana cara mengganti tema di HP Samsung dengan mudah. Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Galaxy Themes?

galaxy themes 1_

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Samsung memfasilitasi penggantian tema HP menggunakan Galaxy Themes. Di aplikasi ini, ada banyak sekali tema-tema dengan berbagai kategori. Mulai dari tema lucu, tema modern dan minimalis, tema musim panas, dan tema animasi.

Tentu, Anda bisa memilih temanya sesuai dengan selera. Masing-masing tema dipatok dengan harga berbeda. Namun, harganya sendiri cukup terjangkau. Terlebih tema-tema ini bisa Anda pakai kapan saja.

Galaxy Themes sendiri dapat digunakan untuk membeli beberapa item selain tema. Ada ikon, fonts dan juga koleksi wallpaper keren di aplikasi ini. Kalau Anda membeli semua item ini di Galaxy Themes, nantinya semua item tersebut akan tersimpan di tab “My Stuff”.

Samsung juga menyediakan informasi histori pembelian tema, wallpaper atau font Anda. Oh iya, untuk sistem pembayarannya, Galaxy Themes bisa menggunakan kartu kredit dan juga sistem pembayaran lain sesuai dengan negara tempat tinggal pengguna perangkat.

Cara Ganti Tema di HP Samsung dengan Galaxy Themes

Mengganti tema di HP Samsung dengan Galaxy Themes tidaklah sulit. Nah, khusus poin ini, saya akan membahas bagaimana cara mengganti tema lewat aplikasi bawaan Samsung tersebut. 

1. Beli Tema di Galaxy Themes

Sebelumnya saya mau membagikan informasi soal cara membeli tema di Galaxy Themes terlebih dulu. Berikut langkah-langkahnya:

  • Cari aplikasi Galaxy Themes dengan mengetikkan “Themes” di kolom pencarian aplikasi. Atau, Anda bisa mencarinya secara manual. 
cara ganti tema hp samsung 1-1_
  • Silakan cari dan tentukan tema yang ingin dibeli. Setelahnya, klik pada tema tersebut.
cara ganti tema di hp samsung 7_
  • Jika mau mencoba dulu sebelum membeli tema, Anda bisa mengunduh trial-nya dengan mengklik “Download trial”.
  • Kalau mau langsung beli, silakan tekan tombol dengan nominal harga di sebelah tombol unduhan trial.
  • FYI, karena saya berbasis di Indonesia, jadi informasi harga dan sistem pembayaran disesuaikan dengan yang ada di negara tempat saya tinggal. Untuk Anda yang tinggal di luar negeri, tentu opsi pembayaran dan harga temanya bisa berbeda.
cara ganti tema di hp samsung 8-1_
  • Setelah diklik, akan muncul pilihan metode pembayaran. Lagi, sistem pembayarannya akan disesuaikan dengan tempat tinggal Anda. Silakan pilih sesuai kebutuhan, lalu lanjutkan proses pembayaran seperti biasa.
CARA GANTI TEMA HP SAMSUNG 6-1_

Tema yang sudah dibeli akan masuk ke menu “My stuff” yang bisa Anda cek di beranda. Atau, cek juga di menu "Purchased items" yang ada di tab "Menu" dengan ikon tiga garis. Letaknya ada di halaman utama aplikasi.

2. Cara Ganti Tema HP Samsung via Galaxy Themes

Nah, kini saya akan mengulas seputar cara mengganti tema di HP Samsung lewat Galaxy Themes. Silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Masuk ke laman “My stuff” di aplikasi Galaxy Themes.
cara ganti tema hp samsung 2-1_
  • Pilih tema yang ingin dipasang di HP Samsung Anda.Tekan pada tema tersebut sampai laman baru muncul.
cara ganti tema hp samsung 3-1_
  • Tekan tombol “Apply” untuk memasang tema baru di HP Samsung.
cara ganti tema HP SAMSUNG 4-1_
  • Proses penggantian tema akan berjalan. Tunggu sampai selesai. 
  • Nah, tema baru akan langsung terpasang di HP Anda.
CARA GANTI TEMA HP SAMSUNG 5_

Dari sini, Anda bebas mengganti wallpaper dan ikon tema baru juga jika sudah membelinya. Cara beli dan pasang ikon dan wallpaper pun tak jauh berbeda dengan memasang tema. Anda bisa langsung membelinya, atau mencoba trial-nya dulu.

Beberapa dari Anda mungkin penasaran tentang bagaimana cara membeli dan mengganti font di HP Samsung. Saya akan membocorkan langkah-langkahnya pada poin berikut setelah bahasan ini.

3. Cara Ganti Font di Galaxy Themes

Selain mengganti tema, ikon dan wallpaper, font di HP Samsung pun bisa diubah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing. Berikut langkah-langkah mengganti font di HP Samsung via Galaxy Themes:

  • Buka aplikasi Galaxy Themes dan tekan menu “Fonts” yang ada di bagian atas layar.
cara ganti tema hp samsung 2-11_
  • Cari font yang ingin digunakan. Jika font-nya berbayar, Anda bisa membelinya terlebih dulu.
  • Akan ada daftar font yang muncul seperti pada gambar di bawah. Tekan font yang ingin dibeli, lalu lanjutkan ke proses pembayaran. Caranya kurang lebih sama seperti dengan membayar pembelian tema.
cara ganti tema di hp samsung font 1_
  • Kalau tak ingin membeli, Anda bisa mengandalkan font gratis. Namun, pilihan dan variasi font-nya sangat terbatas.
  • Nah, kalau Anda memilih untuk membeli, setelah proses pembayaran selesai, akan muncul tombol instalasi. Tekan tombol “Install” pada font untuk memasangnya di HP.
  • Klik “Apply” untuk melanjutkan proses pemasangan.
cara ganti tema di hp samsung font 1_
  • Begini tampilannya setelah font terinstal. Anda bisa menghapus instalasi font kapan pun lewat Galaxy Themes juga. Tinggal tekan tombol “Uninstall” di laman font yang sedang dipakai.
cara ganti tema di hp samsung font 1_

Cara Ganti Tema di HP Samsung via Pengaturan 

Selain menggunakan Galaxy Themes, penggantian tema, ikon dan wallpaper HP juga dapat dilakukan via pengaturan ponsel, lho. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Buka menu “Settings” atau Pengaturan” di HP Samsung Anda.
cara ganti tema hp samsung via pengaturan 1_
  • Cari opsi “Themes” atau “Tema”. Scroll layar ke bawah atau pakai kolom pencarian di menu pengaturan untuk menemukan opsi tersebut.
  • Buka menu “Themes”. Anda akan diarahkan ke Galaxy Themes. Di sini, silakan ulangi langkah-langkah yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, yakni tentang cara mengganti tema via Galaxy Themes.
cara ganti tema hp samsung via pengaturan 2-1_

Mengganti tema HP memang terkesan tidak penting dan sepele. Namun, ini bisa membantu untuk memberikan tampilan yang lebih fresh pada HP Anda. Sebagian dari Anda mungkin cepat merasa bosan dengan tema, font, ikon dan wallpaper yang itu-itu saja. Jadi, tak ada salahnya untuk mencoba mengganti tema dan seluruh elemen tampilan HP secara berkala.

Penggantian tema HP juga bisa dibarengi dengan menata ulang widget dan daftar aplikasi. Biar tidak tercecer, Anda bisa mencoba menggabungkan aplikasi berdasarkan kategori, supaya tak susah dicari. 

Untuk HP Samsung sendiri, tinggal tarik aplikasi-aplikasi tertentu dan ‘satukan’ dengan aplikasi lainnya. Misalnya, Anda mau membuat folder aplikasi media sosial. Tarik aplikasi Instagram ke aplikasi Twitter, dan folder pun akan terbentuk. 

Setelahnya, Anda bisa langsung menambahkan aplikasi lain ke dalam folder tersebut. Nama foldernya juga dapat diganti sesuai kebutuhan.

Nah, kalau Anda ingin memasukkan aplikasi tertentu ke dalam folder rahasia, silakan gunakan Samsung Secure Folder

Sampai di sini pembahasan saya mengenai cara mengganti tema di HP Samsung, berikut font-nya dan juga tata cara pembeliannya. Bagaimana, mudah sekali bukan? Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan sampaikan melalui kolom komentar.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram