Carisinyal / Tips Trik / Tips Android / 3 Cara Kirim Aplikasi Lewat Bluetooth dengan Mudah

3 Cara Kirim Aplikasi Lewat Bluetooth dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 November 2018

Saat ini sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi Android yang bisa kamu pilih di Play Store. Aplikasi-aplikasi tersebut ada yang memang sangat dibutuhkan oleh ponsel atau hanya sekedar kebutuhan saja. Untuk bisa memasang aplikasi-aplikasi tersebut kamu harus mengunduhnya dengan menggunakan data ponselmu atau melalui jaringan Wi-Fi.

Bagaimana jika sedang fakir kuota atau tidak berada di jaringan Wi-Fi? Tenang, masih ada cara lain kok. Salah satu cara mudah untuk mendapatkan sebuah aplikasi Android (apk) adalah dengan meminta kepada temanmu dan mengirimnya melalui jaringan Bluetooth. Jadi, kamu tidak memerlukan data lagi untuk bisa memasang aplikasi yang kamu inginkan di smartphonemu.

Sebelumnya kamu harus bertanya dulu kepada temanmu apakah dia memiliki aplikasi yang kamu inginkan atau belum? Jika memang ada, minta dia untuk mengirimkan aplikasi tersebut melalui Bluetooth dengan menggunakan cara-cara mudah di bawah ini.

Cara Kirim Aplikasi Lewat Bluetooth

1. Menggunakan Aplikasi ShareCloud

ShareCloud

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengirim aplikasi lewat Bluetooth adalah dengan menggunakan aplikasi ShareCloud – Share By 1-Click. Aplikasi dapat kamu unduh di Play Store dan tergolong aplikasi yang sangat populer karena telah digunakan oleh lebih dari 50 juta pengguna Android. Download ShareCloud di sini.

Selain menggunakan jaringan Bluetooth, aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengirim aplikasi melalui jaringan HotSpot (tanpa data dan jaringan internet), Email, WhatsApp, Dropbox, Google Drive, Facebook, dan lain-lain (lebih dari 10 cara). Dan selain aplikasi, masih banyak file lain yang bisa kamu kirim dengan ShareCloud ini, seperti foto, video, lagu, dan dokumen.

Lalu bagaimana cara kirim aplikasi lewat Bluetooth dengan menggunakan ShareCloud? Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Unduh dan Pasang

Yang harus kamu lakukan pertama kali adalah mendownload aplikasi ShareCloud di Play Store dan memasangnya di ponselmu. Link unduh ada di sini.

  • Aktifkan Bluetooth

Setelah aplikasi berhasil terinstall di Androidmu, aktifkan fitur Bluetooth di HP pengirim dan penerima. Kemudian hubungkan (pair) kedua jaringan Bluetooth tersebut.

  • Buka Aplikasi

ShareCloud

Kemudian buka aplikasi ShareCloud milikmu, dan pada tampilan menu awal, klik bagian ‘Select file’. Lalu pilih menu ‘App’ untuk mengirimkan aplikasi kepada temanmu. Jika ingin mengirimkan file lainnya, silahkan pilih menu sesuai namanya seperti menu ‘Music’, ‘Video’, dan ‘Image’.

  • Pilih Aplikasi

Pilihlah aplikasi yang ingin kamu bagikan, apakah itu hanya satu aplikasi atau beberapa aplikasi sekaligus. Jika sudah, pilih menu ‘More’ di bagian bawah. Setelah itu akan muncul pilihan cara untuk mengirim aplikasi tersebut. Karena sedang membahas via Bluetooth, maka pilihlah cara ini.

  • Kirim

Yang terakhir adalah memilih HP orang yang sudah terhubung jaringan Bluetoothnya denganmu. Setelah itu tunggulah hingga proses mengirim aplikasi selesai dilakukan.

Itulah langkah-langkah mudah cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth dengan menggunakan aplikasi ShareCloud. Jika ingin mencoba mengirim aplikasi lewat cara lain seperti WhatsApp atau Email, silahkan ikuti cara-cara di atas dan pilihlah cara yang diinginkan seperti pada langkah nomor empat.

2. Menggunakan Aplikasi ES File Explorer File Manager

Es FX

Cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi ES File Explorer File Manager yang juga bisa diunduh di Play Store. Sejatinya aplikasi ini memiliki tugas untuk mengelola isi memori internal ponsel pintarmu, seperti halnya File Explorer untuk desktop. Download aplikasinya di sini.

Aplikasi ini memiliki banyak kegunaan, seperti untuk mentransfer aplikasi, gambar, musik, film, dokumen, tanpa menggunakan data seluler dan kabel. Kemudian berfungsi juga untuk mengelola file HP di mana kamu bisa melakukan cut, copy, paste, atau mengganti nama file tersebut.

Aplikasi ini juga memungkinkanmu untuk mengkompresi dan mendekompresi file ZIP serta membuka file berformat RAR. Hal itu karena aplikasi ini sudah mendukung pengoperasian untuk kedua jenis file tersebut. Hal lain yang bisa dilakukannya adalah memutar musik atau video dan memeriksa gambar dan dokumen. Sangat lengkap, bukan?

Lalu apakah aplikasi ini bisa digunakan untuk mengirim aplikasi-aplikasi lain lewat jaringan Bluetooth? Tentu saja bisa. Jika ingin mencobanya, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

  • Unduh dan Pasang

Seperti biasanya, yang pertama harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi ini dan memasangnya di smartphone-mu. Aplikasi bisa didapatkan secara gratis di Play Store. Karena sangat berguna, aplikasi ES File Explorer File Manager sudah didownload oleh lebih dari 100 juta orang loh. Download aplikasinya di sini.

  • Aktifkan Bluetooth dan Buka Aplikasi

Kemudian jangan lupa untuk mengaktifkan Bluetooth di ponselmu dan ponsel temanmu yang sedang meminta file apk kepadamu. Lalu jalan aplikasi ES File Explorer File Manager.

  • Pilih Aplikasi

ES File Explorer File Manager

Setelah masuk ke menu utama aplikasi ini, pilihlah bagian ‘APP’ dan di sana kamu akan menemukan aplikasi-aplikasi yang terpasang di ponsel pintarmu.

  • Kirim Aplikasi

Pada tampilan aplikasi-aplikasi, pilihlah salah satu atau beberapa aplikasi yang ingin kamu bagikan dengan cara men-tap dan menahannya hingga muncul pilihan menu lainnya di bagian bawah permukaan layar.

Jika sudah memilih, klik ikon tiga titik vertikal pada menu di bawah layar tersebut, lalu klik ‘Bagikan’. Pilihlah opsi Bluetooth untuk mengirim aplikasi lalu tunggu hingga proses pengiriman selesai.

Itulah cara kedua yang bisa kamu coba untuk mengirim aplikasi lewat Bluetooth. Dibanding yang pertama, aplikasi yang ini menawarkan lebih banyak fitur yang berguna untuk ponsel pintarmu. Aplikasi ini juga dapat mengirimkan file-file lainnya melalui beberapa pilihan seperti WhatsApp, Gmail, Skype, dan lain-lain.

3. Menggunakan Aplikasi App Backup & Restore – Easiest backup tool

App Backup

Ini adalah cara terakhir yang dapat kamu coba jika ingin mengirim aplikasi melalui jaringan Bluetooth. Aplikasi ini bernama App Backup & Restore – Easiest backup tool dan bisa kamu unduh secara gratis di Play Store (5M+ download). Aplikasinya bisa kamu download di sini.

Seperti namanya, tugas utama aplikasi ini adalah untuk mem-backup dan me-restore aplikasi-aplikasi yang ada di ponsel pintarmu. Walaupun demikian, aplikasi ini juga bisa dijadikan alat untuk mengirim aplikasi-aplikasi smartphone-mu melalui jaringan Bluetooth. Bagaimanakah caranya? Berikut adalah langkah-langkah mudahnya.

  • Unduh dan Pasang

Kamu pasti sudah tahu apa yang perlu dilakukan untuk pertama kali, yaitu mendownload dan memasang aplikasi ini di HP Android-mu. Untuk mempermudah pencarian, silahkan lahap aplikasinya di sini.

  • Aktifkan Bluetooth dan Buka Aplikasi

Aktifkan Bluetooth di kedua ponsel yang ingin membagikan dan menerima aplikasi. Jangan lupa untuk dihubungkan. Setelah itu bukalah aplikasi App Backup & Restore – Easiest backup tool.

  • Pilih Aplikasi

App Backup & Restore - Easiest backup tool

Pada menu utamanya, kamu akan melihat semua aplikasi yang ada di smartphone-mu. Pilihlah aplikasi mana saja yang ingin kamu bagikan dengan orang lain dengan men-check list kotak kecil yang ada di sebelah kanan nama aplikasi.

  • Kirim Aplikasi

Lalu klik ‘SEND’ yang ada di bagian atas kanan menu aplikasi. Kemudian akan muncul menu pengiriman dan pilihlah bagian ‘Send by other apps’. Pilihlah Bluetooth untuk mengirim aplikasi tersebut. Lakukan proses pengiriman aplikasi melalui Bluetooth seperti biasa dan tunggu hingga proses selesai dilaksanakan.

Itulah cara-cara mudah untuk mengirim aplikasi melalui Bluetooth. Selain aplikasi, melalui cara-cara di atas juga kamu bisa mengirim file lainnya seperti foto, video, lagu, dokumen, dan lain-lain. Mengirim file-file menggunakan aplikasi di atas tidak menggunakan data sehingga hemat kuota.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

A bad writer but loves to write

Leave A Comment