carisinyal web banner retina
Carisinyal / Tips Trik / Cara Memasang Bluetooth di Laptop yang Tidak Ada Bluetooth-nya

Cara Memasang Bluetooth di Laptop yang Tidak Ada Bluetooth-nya

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 22 April 2021

Di masa ini banyak perangkat yang memanfaatkan koneksi Bluetooth untuk mengoperasikannya. Sebut saja laptop, tablet, speaker, dan mouse. Bahkan perabot rumah tangga sekarang ini sudah banyak yang memanfaatkan teknologi canggih ini untuk mempermudah pengoperasian.

Dengan adanya Bluetooth ini proses pemindahan data dan konektivitas dengan perangkat lain jadi lebih mudah. Namun, bagaimana jika perangkat kita, misalnya laptop tidak ada fitur Bluetooth-nya? Inilah topik yang akan kami angkat dalam artikel ini. Untuk lebih jelasnya mari kita cari tahun apa itu Bluetooth dan bagaimana memasang Bluetooth di laptop yang tidak ada Bluetooth-nya.

Deskripsi Singkat Tentang Bluetooth

*Sumber: Wikimedia Commons

Secara singkat Bluetooth adalah sebuah teknologi nirkabel yang memungkinkan terjadinya perpindahan data di antara perangkat yang berbeda dalam jarak tertentu. Koneksi Bluetooth menjadi jembatan bagi perangkat agar terhubung pada perangkat lain. Misalnya kamu memasangkan speaker pada laptop untuk menikmati musik dari laptop.

Yang membedakan gelombang Bluetooth dari siaran radio yang dikirim oleh stasiun kesukaan kamu adalah kenyataan bahwa gelombang Bluetooth tidak bergerak terlalu jauh dan frekuensinya berubah-ubah. Sebagian besar perangkat Bluetooth memiliki jangkauan maksimal kira-kira 30 kaki dan jarak tersebut akan berkurang ketika ada halangan seperti dinding.

Tahukah kamu bahwa perangkat yang terkoneksi dengan Bluetooth kebanyakan aman dari serangan pembajakan? Hal ini disebabkan karena Bluetooth menggerakkan frekuensi dan perangkatnya loncat di antara frekuensi sebanyak 100 kali per detik. Ini yang disebut spektrum penyebaran lompatan frekuensi.

Gelombang Bluetooth bisa digunakan pada berbagai perangkat, salah satunya seperti yang telah disebutkan di atas, yaitu untuk menghubungkan laptop dengan perangkat lain. Laptop-laptop keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan Bluetooth sebagai opsi konektivitas.

Cara Menemukan Bluetooth di Laptop

Apakah semua laptop sudah dibekali fitur Bluetooth? Tentu tidak. Ada perangkat yang dibuat dengan tidak menyertakan konektivitas Bluetooth. Untuk mengetahui apakah perangkat sudah ada Bluetooth-nya kamu bisa gunakan cara ini:

  • Buka menu Device Manager. Untuk mengaksesnya kamu bisa tekan ikon Win+X agar lebih mudah.
  • Cari Bluetooth di daftar tersebut. Jika laptop kamu sudah dilengkapi Bluetooth, maka akan terlihat seri Bluetooth yang diterapkan. Jika tidak ada Bluetooth di daftar itu tandanya laptop kamu memang tidak dilengkapi Bluetooth.

Tenang, jika kamu tidak menemukan Bluetooth di perangkat laptopmu, saatnya kamu gunakan cara lain agar laptopmu bisa tetap terkoneksi dengan perangkat lainnya. Cara-caranya seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Memasang Bluetooth di Laptop

Seperti yang telah kita ketahui bahwa Bluetooth sangat memudahkan pekerjaan kita. Saking pentingnya, kita bahkan merasa perlu mencari cara agar perangkat, misalnya laptop, bisa terkoneksi dengan perangkat lain dengan Bluetooth sebagai jembatannya.

Bagi kamu yang belum mengetahui cara memasang Bluetooth di laptop yang tidak ada Bluetooth-nya, artikel ini akan sangat membantu. Sebab di sini akan kami bahas cara memasangnya. Bagi kamu yang sudah mengetahuinya, tak ada salahnya ikut menyimak agar lebih tahu.

1. Memasang Bluetooth di Motherboard

*Sumber: Wikimedia Commons

Peringatan! Cara pertama ini harus dilakukan oleh orang yang ahli dan paham mengenai seluk beluk laptop. Pasalnya cara memasang Bluetooth yang pertama ini cukup beresiko karena harus meletakkan perangkat tambahan pada motherboard. Yang artinya kamu harus membongkar laptopmu.

Cara ini disebut beresiko sebab jika kamu kurang memahami cara menghubungkan perangkat Bluetooth yang kamu beli dengan motherboard laptop bisa menyebabkan kerusakan cukup parah pada motherboard.

Untuk memasang Bluetooth pada motherboard tidak hanya mampu membongkar pasang laptopnya, akan tetapi kamu perlu mencocokan perangkat tersebut dengan motherboard-nya. Meskipun kamu bisa memasangkan kembali laptopnya Bluetooth tidak akan berfungsi dengan baik jika tidak cocok.

Meskipun cara ini terbilang beresiko, tetapi cara ini terbilang efektif karena perangkat Bluetooth tertanam secara internal dan bisa dibawa ke mana pun kamu mau. Jika kamu tetap ingin menggunakan cara ini, kamu bisa meminta bantuan tenaga ahli yang bisa membantumu memasangkan perangkat Bluetooth pada motherboard dengan aman.

2. Memasang Bluetooth Menggunakan Dongle Bluetooth

Cara kedua yang bisa kamu terapkan adalah dengan memasang dongle Bluetooth. Dongle Bluetooth adalah sebuah perangkat yang bisa kamu gunakan untuk menginstal perangkat Bluetooth dengan koneksi USB sebagai konektornya.

Pada dasarnya, dongle Bluetooth bekerja dengan cara memasang perangkat Bluetooth pada sebuah USB seperti pada dongle WiFi atau dongle lainnya. Umumnya orang memilih perangkat ini ketika ingin menghubungkan laptop dengan perangkat lainnya.

Ini disebabkan karena mudahnya mengkoneksikan perangkat ini pada laptop. Pemasangan dongle Bluetooth pun minim resiko kerusakan pada perangkap laptopmu. Seperti yang disebutkan di atas bahwa memasang dongle Bluetooth sangat lah mudah, kamu bisa ikuti langkah berikut ini:

  • Siapkan perangkat dongle Bluetooth yang akan kamu gunakan. Pilih perangkat Bluetooth versi 4.0 atau yang lebih tinggi.
  • Cari port USB yang kosong pada laptopmu.
  • Colokkan perangkat tersebut pada port laptop. Jika kamu menggunakan adaptor USB to USB-C, kamu bisa pasangkan adaptor USB-C ke komputer terlebih dahulu, baru setelahnya pasangkan dongle Bluetooth-nya.
  • Pasang pengandar yang sesuai dengan kebutuhan. Laptop dengan Win 8 dan Win 10 biasanya bisa mendeteksi dongle secara otomatis. Jika dongle tidak terdeteksi bisa jadi itu disebabkan versi terakhir OS laptop kamu belum mendukung adaptor Bluetooth eksternal.

3. Memasang Driver dan Perangkat Pendukung Bluetooth

*Sumber: www.tweaklibrary.com

Cara lain untuk memasang Bluetooth pada perangkat laptop yang tidak ada Bluetooth-nya adalah dengan melakukan instalasi driver beserta perangkat lainnya yang nantinya akan memungkinkanmu memanfaatkan koneksi Bluetooth.


Driver dan perangkat pendukung biasanya sangat dibutuhkan baik itu saat kamu menggunakan dongle Bluetooth atau pun menggunakan perangkat Bluetooth yang terpasang internal. Ini dikarenakan komunikasi dengan perangkat Bluetooth yang kamu pasang dengan OS yang digunakan bisa sejalan dan bekerja dengan optimal.

Untuk menginstal driver dan perangkat pendukung lain yang kamu perlukan caranya mudah. Misalnya pada sistem operasi Windows, kamu tinggal mengunduh driver Bluetooth dan menginstal dengan cara mengklik dua kali file exe yang disediakan oleh perusahaan pembuat Bluetooth tersebut.

Sementara itu, di sistem operasi lainnya, biasanya perangkat telah dilengkapi dengan instalasi driver dan beberapa hal yang diperlukan agar perangkat Bluetooth bisa berjalan dengan baik.

Itu dia beberapa cara memasang Bluetooth di laptop yang tidak ada Bluetooth-nya. Cara-cara tersebut bisa kamu pilih salah satu jika kamu membutuhkan untuk mengirim data atau menyandingkan laptopmu dengan perangkat lainnya.

Jangan lupa untuk menggunakan Bluetooth dengan versi yang kompatibel dengan perangkat laptopmu. Pasalnya saat ini sudah banyak Bluetooth dengan versi yang bermacam-macam. Semakin tinggi versi Bluetooth, harganya semakin mahal, namun performa transfer datanya lebih cepat dan lebih baik.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram