carisinyal web banner retina
Carisinyal / Tips Trik / Cara Membuat Feed Instagram Nyambung Agar Terlihat Menarik

Cara Membuat Feed Instagram Nyambung Agar Terlihat Menarik

Ditulis oleh Albar Fahrul Roji - Diperbaharui 17 April 2021

Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan masyarakat di seluruh dunia. Ini adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya mengunggah foto dan video dengan menerapkan filter digital pada postingannya. Fitur-fitur yang dimiliki Instagram cukup menarik sehingga tak heran banyak diminati orang-orang khususnya anak muda.

Banyak pengguna Instagram yang berupaya menghadirkan feed yang keren dan menarik. Hal tersebut dilakukan agar Instagram mereka dapat menarik perhatian banyak orang dan membuka peluang besar untuk mendapatkan banyak pengikut. Bagi kamu yang tertarik untuk membuat feed Instagram keren dan nyambung agar terlihat menarik, yuk simak trik yang harus diperhatikan di bawah ini!

1. Pikirkan Tema

*Sumber: www.urbandigital.id

Sebelum membuat feed Instagram, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tema. Pilihlah tema yang sesuai dengan dirimu atau tema yang menggambarkan dirimu. Pilihlah tema yang sesuai dengan semangatmu agar kamu dapat membuat feed yang sesuai dengan keinginan.

Jika kamu gemar melakukan traveling, kamu bisa menjadikannya sebagai tema feed Instagram. Kamu dapat mengunggah foto dan video bertema jalan-jalan atau pemandangan yang cantik. Atau jika kamu orang yang menyukai kuliner, maka konten tentang makanan bisa dijadikan tema feed Instagram milikmu.

2. Cari Referensi

*Sumber: www.blibli.com

Mencari referensi dari orang lain juga penting kamu lakukan untuk menemukan inspirasi-inspirasi baru seputar feed Instagram. Terkadang, inspirasi atau ide yang kita miliki terlahir dari referensi dari orang lain, lho. Kamu bisa mencari dan memilih referensi dari orang yang telah memiliki feed menarik seperti misalnya influencer.

Kamu bisa memilih influencer asal Indonesia maupun dari luar negeri. Salah satu influencer yang terkenal memiliki feed Instagram menarik dan rapi adalah @simplywhytedesign dan @juniperoats. Kamu bisa mengambil inspirasi dari kedua akun tersebut untuk kamu terapkan dengan versimu sendiri.

3. Tentukan Skema Warna

*Sumber: www.urbandigital.id

Menentukan skema warna adalah salah satu hal yang harus selalu diperhatikan ketika kamu ingin membuat feeds Instagram yang rapi dan menarik. Skema warna menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keestetikaan feed-mu. Jika tidak diperhatikan, feed Instagram tak akan maksimal, bahkan akan terlihat monoton.

Pilihlah warna yang sesuai dengan tema yang kamu pilih. Misalnya, jika tema yang kamu pilih adalah simpel dan elegan, kamu bisa memilih warna-warna monokrom seperti hitam dan putih. Pilihlah warna yang balance antara postingan satu dengan postingan lainnya. Jangan sampai warna feedsmu saling bertolak belakang satu sama lainnya.

4. Perhatikan Kualitas Foto

*Sumber: www.blibli.com

Kamu juga harus pintar-pintar memilih foto sebelum diunggah ke dalam feeds Instagrammu. Hal tersebut karena tidak semua foto memiliki kualitas yang cukup baik dan layak diunggah. Pilihlah foto dengan kualitas tinggi yaitu minimal memiliki resolusi 800 piksel.

Hal tersebut agar feed Instagram terlihat jelas dan rapi juga terkesan nyambung satu sama lainnya. Jika tidak diperhatikan kualitasnya, biasanya salah satu foto yang kamu unggah akan terlihat blur. Tentunya hal tersebut akan membuatmu gagal menciptakan feed Instagram yang rapi dan menarik.

5. Edit Foto

*Sumber: www.canva.com

Sebelum mengunggah foto di Instagram, biasanya orang-orang melakukan pengeditan terlebih dahulu. Proses editing ini cukup penting untuk dilakukan guna menghasilkan feed yang menarik dan maksimal. Kamu bisa mengatur kecerahan hingga tone foto menyesuaikan dengan tema yang kamu pilih.

Berbagai macam aplikasi edit foto bisa kamu gunakan seperti misalnya Adobe LightRoom untuk menambahkan filter atau Canva untuk membubuhkan templat yang super keren. Tak hanya menggunakan bantuan aplikasi lain, kamu juga bisa mengedit foto menggunakan fitur edit yang disediakan langsung oleh Instagram.

6. Perhatikan Ukuran Foto

*Sumber: www.webignito.com

Foto memiliki ukuran yang berbeda-beda. Maka dari itu, memperhatikan ukuran foto merupakan suatu hal yang wajib dilakukan. Hal tersebut tentunya agar feed Instagram dapat terlihat nyambung. Agar terlihat rapi, biasanya foto yang diunggah harus memiliki ukuran 1:1.

Untuk mendapatkan foto dengan ukuran 1:1, kamu bisa memanfaatkan fitur yang ada dalam Instagram itu sendiri sebelum kamu mengunggahnya. Aplikasi InstaGrid juga bisa membantu kamu memecah sebuah gambar menjadi beberapa postingan dengan ukuran 1:1.

Jadi, bagi kamu yang ingin mengunggah sebuah foto dalam beberapa postingan, agar terlihat rapi kamu bisa menggunakan aplikasi lain seperti InstaGrid. Yuk mulai ciptakan feed yang menarik!

7. Atur Cover Untuk Video

*Sumber: www.gadgetplus.co.id

Bukan hanya foto, kita juga sering kali ingin mengunggah video-video yang menyimpan banyak kenangan ke Instagram. Akan tetapi, ketika kita mengunggah video, jangan sampai video tersebut merusak feed yang akan kita buat semenarik mungkin. Untuk menghindari hal tersebut, maka kamu harus pintar memilih cover video.

Sebelum mengunggah video, berikanlah sedikit polesan filter pada video tersebut agar sesuai dengan postingan lainnya. Setelah itu, pilihlah cover yang paling menarik dan cocok disimpan menjadi tampilan feed agar terlihat nyambung. Memilih cover ini berlaku ketika kamu mengunggah video biasa maupun fitur IGTV.

8. Cek Kesesuaian Foto Sebelum Diupload

*Sumber: www.nova.grid.id

Sebelum sebuah postingan diunggah ke feed, kamu harus mengecek kesesuaian postingan tersebut. Lakukan pengecekan sedetail mungkin agar tidak merusak feed yang kamu harapkan. Hal ini sangat penting dilakukan karena banyak orang yang baru menyadari ketidak sesuaian postingan setelah mereka mengunggahnya.


Pastikanlah sebuah foto yang kamu upload memiliki tema dan tone warna yang sesuai dengan postingan yang lain. Jika tidak, maka kamu perlu menghapus postingan tersebut sehingga membuat feed menjadi rusak. Kamu bisa melakukan pengecekan ini melalui aplikasi Planoly, sebuah aplikasi plan feed yang cukup worth it untuk kamu miliki.

9. Perhatikan Feeds Saat Mengarsipkan Foto

*Sumber: www.tips.ponjong.com

Banyak di antara kita yang sering kali mengarsipkan atau bahkan menghapus sebuah foto atau postingan Instagram. Hal tersebut dilakukan karena terkadang seseorang merasa kurang percaya diri terhadap postingan tersebut. Padahal mengarsipkan atau menghapus sebuah postingan dapat merusak kerapian feed, lho!

Maka dari itu, bagi kamu yang tengah merapikan feed Instagram, kamu perlu memperhatikan feed saat mengarsipkan atau menghapus postingan. Hal tersebut karena sebuah postingan yang hilang akan berpengaruh terhadap postingan lainnya.

Pengaruhnya tentu bisa fatal dan merusak keestetikaan feed seperti misalnya menyebabkan feed tidak seimbang baik dari tata letak maupun tone warna. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebelum menghapus atau mengarsipkan postingan, kamu perlu memperhatikan pengaruhnya ya.

10. Pikirkan Postingan Selanjutnya

*Sumber: www.panduanit.com

Jika kamu sudah memiliki feed sesuai dengan apa yang kamu inginkan, maka hal yang perlu kamu lakukan adalah memikirkan ide untuk postingan selanjutnya. Kamu harus konsisten dengan tema feed Instagrammu. Jangan sampai kamu terlalu sering mengganti tema sehingga menyebabkan rusaknya feed Instagram.

Pikirkan ide atau inspirasi lain dengan tema yang sama agar feed Instagram milikmu tetap menarik dan tidak membosankan. Jika ingin merubah tone warna, kamu harus pintar memilih warna yang nyambung dengan warna sebelumnya. Carilah inspirasi lain agar kamu mendapatkan ide luar biasa lainnya.

Itu dia trik membuat feed instagram nyambung dan rapi sehingga terlihat lebih menarik. Cukup mudah, bukan? Dengan feed instagram yang menarik, akan membuka peluang besar mendapatkan pengikut lebih banyak. Jumlah followers yang banyak ini dapat membuat akun Instagram-mu menghasilkan uang, lho!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram