carisinyal web banner retina

5 Cara Membuat Linktree yang Paling Mudah dan Praktis

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 24 November 2020

Kalau Anda salah seorang pengguna Instagram yang ingin meningkatkan personal branding, sebaiknya mencantumkan link portfolio di Bio. Ini merupakan salah satu cara paling ampuh untuk memperlihatkan karya yang sudah pernah dibuat ke khalayak umum melalui medsos. Namun sayangnya, Anda hanya diizinkan untuk menyantumkan satu link saja. Bagaimana kalau mau menampilkan lebih dari satu tautan?

Tenang saja, ada cara yang sungguh praktis dan pastinya gratis, yakni menggunakan sebuah platform pemenyatu link bernama LinkTree. Bagaikan pohon, LinkTree ini bisa membuat cabang dari suatu link.

Sehingga saat pengguna mengklik sebuah tautan, maka ia akan melihat sekumpulan link-link lainnya yang telah Anda masukkan. Bagaimana cara menggunakan Linktree? Caranya pun sangat mudah, ikuti saja langkah-langkah yang kami buat di bawah ini!

Keunggulan Linktree

linktree

Sebelumnya, Anda perlu tahu manfaat apa saja yang akan dirasakan dengan menggunakan LinkTree, seperti yang bisa dilihat di bawah ini.

1. Bisa Digunakan di Mana Saja

Link yang telah Anda buat bisa ditampilkan di mana saja. Di bio Instagram, dimasukkan ke dalam bodi e-mail, dibagikan ke Timeline di LINE, dan sebagainya. Siapapun yang mengakses link ini akan melihat konten yang sama, dan ini merupakan cara paling efisien untuk memamerkan beragam portfolio, website, dan berbagai prestasi lainnya.

2. Jumlah Link Tidak Terbatas

Mungkin Anda ingin menunjukkan semua link profil Anda pada satu link saja, seperti kanal YouTube, Vimeo, Twitch, Instagram, LinkedIn, dan juga website. Tanpa sadar, jumlah link yang ingin dimasukkan sebanyak 100 buah. Apakah Linktree bisa menampung semuanya?

Tentu saja bisa! Anda bisa bebas mencantumkan berapa banyak link yang diinginkan tanpa harus meng-upgrade jenis paket Anda ke Premium. Pasalnya, paket gratisannya memang sudah mencakup pencantuman link pada jumlah tak terhingga.

3. Mudah Dibuat

Ya, siapapun yang tidak begitu mengerti internet bahkan bisa melakukannya dengan mudah. Linktree memiliki antarmuka drag and drop sehingga Anda bisa mengatur atau memindahkan posisi link dengan cara yang begitu praktis. Mungkin Anda ingin menonjolkan satu link tertentu, tinggal pindahkan saja link tersebut ke paling atas hanya menggunakan cursor mouse saja.

4. Bisa Menganalisa Link

Ini merupakan keunggulan lainnya yang sangat berguna untuk bahan evaluasi. Linktree menyediakan fitur yang memungkinkan Anda untuk mengetahui seberapa sering sebuah link diklik.

Dengan begini, Anda bisa mengetahui apakah banyak orang yang tertarik dengan prestasi atau portfolio Anda sehingga bisa menentukan course of action lanjutan untuk semakin mempertajam strategi personal branding.

Misalnya, kalau hanya sedikit orang yang mengklik link tertentu, berarti Anda harus memikirkan cara untuk lebih meningkatkan engagement publik pada akun Anda. Atau, kalau sudah banyak yang mengklik tapi konversi rendah, berarti Anda bisa fokus pada meningkatkan kualitas portfolio, dan sebagainya.

5. Fitur Kostumisasi

Ternyata tidak hanya menawarkan pengumpulan link saja, melainkan Anda juga bisa mengubah tampilan antarmukanya seperti latar belakang dan penambahan foto profil. Ini sangat berguna untuk membuat profil Linktree Anda terlihat lebih unik dan terlihat lebih appealing.

Cara Membuat LinkTree

Seperti yang sudah dikatakan tadi, bahwa untuk membuat Linktree tidak dibutuhkan keahlian khusus, alias semuanya bisa melakukannya dengan mudah dan cepat. Tapi kalau Anda masih perlu instruksi step-by-step untuk semakin memudahkan proses, kami sajikan tutorial seperti berikut.

1. Buat Akun di Linktree

linktree 1

Pertama-tama, tentu yang harus Anda lakukan adalah membuat akun terlebih dahulu menggunakan e-mail. Untuk membuat akunnya, kunjungi laman https://linktr.ee dan klik tombol Get Started for Free.

Anda akan dialihkan ke laman pendaftaran yang akan menampilkan beberapa form untuk diisi. Masukkan e-mail Anda, username pilihan, password dan repeat password. Oh iya, pastikan usernamenya mudah diketik ya. Soalnya username ini juga berlaku sebagai salah satu bagian dari link Anda nanti. (https://linktr.ee/username)

2.  Masukkan Nama dan Pilih Kategori

linktree 2

Selanjutnya, Anda perlu memasukkan nama dan memilih berbagai kategori yang sesuai untuk link Anda. Misalnya, jika ingin mengumpulkan link portofolio, bisa menamakan link induk sebagai "Kumpulan Portfolio (Nama Anda)". Dan di bagian kategori, bisa memilih Personal. Anda juga diizinkan memilih lebih dari satu kategori.

Kemudian berikan tanda centang pada bagian reCAPTCHA dan tunggu sejenak hingga tanda centangnya sudah muncul. Jika semua sudah dilakukan, tinggal klik Save details untuk melanjutkan ke laman berikutnya, yakni pemilihan paket. Ada dua paket yang bisa dipilih, yakni Free dan Pro.

Ya sesuai namanya, pilih Free kalau mau yang gratisan. Adapun paket Pro yang menawarkan beragam fungsionalitas lainnya seperti penjadwalan link, penandaan link yang diprioritaskan, dan sebagainya. Klik Continue with Free untuk melanjutkan.

3. Masukkan Link yang Ingin Ditampilkan

linktree 3

Nah sekarang Anda sudah berada di bagian untuk memasukkan link yang Anda inginkan. Tapi sebelumnya, jangan lupa untuk cek email dan lakukan verifikasi supaya link bisa dipublis.

Yang Anda harus lakukan sekarang sangat simpel. Setiap ingin menambahkan link baru, tinggal klik Add New Link. Kemudian, masukkan nama link dan URL di dua kolom yang tersedia.

Untuk setiap perubahan yang terjadi, Anda bisa langsung melihat pranalanya di bagian kanan. Praktis, kan? Ulangi langkah yang sama terus menerus untuk semua link yang ingin ditampilkan.

4. Ubah Tampilan Desain

linktree 4

Setelah selesai memasukkan semua link, Anda juga bisa mengubah tampilan dari antarmuka Linktree Anda, lho! Klik bagian Appearance di sebelah kiri atas.

Anda bisa menambahkan foto Avatar, semacam profile picture pada Instagram. Klik Pick an image dan pilihlah file JPG yang ada di dalam memori perangkat yang Anda gunakan.

Setelah mengganti foto profil, Anda juga bisa mengganti tema dengan yang diinginkan. Dengan catatan, pilihan untuk paket gratisan agak terbatas. Jangan pilih tema yang ditandai Pro jika Anda tidak ingin mengeluarkan uang sepeserpun.

5. Copas Link dan Simpan di Deskripsi Profile

linktree 5

Nah, sekarang semuanya sudah siap untuk dibagikan. Anda tinggal perlu mengopas link yang terletak pada pojok kanan atas dengan cara klik tombol Share lalu pilih menu Copy My Linktree URL.

Sekarang, tinggal beralih ke Instagram, LinkedIn, atau platform manapun yang ingin Anda taruh linknya. Misalnya, Anda bisa masuk ke pengeditan bio profil Instagram dan melakukan paste URL Linktree di situ. Mudah, bukan?

Simpulan

Itu tadi adalah langkah-langkah mudah dan cepat untuk mengumpulkan semua link jadi satu pada platform Linktree. Selain menampilkan antarmuka yang bersih dan simpel, Linktree ini sangat unggul karena menawarkan analisis link yang berguna.

Sekarang Anda sudah tidak perlu lagi terjebak dengan profil medsos yang hanya mengizinkan satu link saja, dan semua link yang ingin Anda tampilkan kini terlihat lebih rapi dan terorganisir. Dijamin audiens Anda akan menyukainya. Tunggu apalagi? Yuk, pakai Linktree sekarang juga!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram