carisinyal web banner retina

Cara Membuat Spotify Blend, Biar Tahu Lagu Favorit Teman

Ditulis oleh Aris Wibowo

Mendengarkan musik masih menjadi kegiatan yang digemari di tengah maraknya gadget dengan segudang aplikasi. Pasalnya, dengan musik seseorang bisa merasa rileks dan fokus dalam melakukan kegiatan. Tidak heran, saat ini menjamur layanan streaming musik online seperti salah satunya Spotify.

Nah, guna menarik perhatian pengguna internet, Spotify terus mengembangkan fitur-fitur menarik. Tidak sekadar fitur yang fokus untuk streaming musik, layanan ini juga mulai menghadirkan fitur interaksi sosial agar pengguna bisa tetap menikmati musik sembari berinteraksi dengan teman atau pasangan.

Salah satu fitur Spotify yang cukup layak dicoba ialah Spotify Blend. Secara singkat, fitur ini memungkinkan pengguna Spotify saling berinteraksi satu sama lain. 

Penasaran apa itu Spotify Blend? Bagaimana sih, cara membuat Spotify Blend? Simak ulasan di bawah ini.

Apa itu Spotify Blend?

spotify 1_

Menurut laman freeyourmusic.com, Spotify Blend merupakan fitur yang memungkinkan sesama pengguna Spotify untuk membagikan preferensi musiknya masing-masing dalam sebuah playlist. Fitur yang dirilis pada Agustus 2021 ini bahkan mampu menampung hingga 10 orang.

Lebih lanjut lagi, fitur ini juga mampu menampilkan persentase kesamaan selera musik antara Anda dan pasangan atau Anda dan teman. Nanti semua informasi tersebut akan diberikan dalam format carousel.

Kelebihan fitur ini ialah lagu-lagu dalam playlist Spotify Blend akan diperbaharui setiap hari dan diedit setiap saat, menyesuaikan anggotanya. Dengan demikian, Anda bisa langsung mengetahui lagu baru kesukaan teman atau pasangan secara gamblang.

Menurut laman resmi Spotify, layanan ini masih menggunakan konsep dan teknologi dari Fitur Family Mix dan Duo Mix. Maka tidak heran, cara kerja fitur ini cukup sederhana, dimana dua pengguna Spotify harus terkoneksi satu sama lain.

Menariknya, fitur ini tersedia untuk semua pengguna Spotify, baik pengguna premium maupun non-premium. Jadi, jika Anda pengguna Spotify gratisan tetap bisa menggunakan fitur Spotify Blend dengan teman. 

Walaupun demikian, pengguna premium Spotify tetap memiliki keunggulan, seperti dapat melihat kondisi sebuah lagu apakah banyak digunakan atau tidak. Selain itu, pengguna premium juga dapat melihat lagu-lagu baru yang ditambahkan ke berbagai playlist di Spotify Blend. 

Diharapkan dengan hadirnya fitur ini membantu pengguna dan pasangan atau teman mampu menemukan artis dan lagu yang sama-sama disukai atau artis dan lagu yang membuat keterikatan perasaan atau peristiwa tertentu. 

Untuk Anda yang menerima permintaan bergabung ke Spotify Blend, Anda akan menemukan kejutan tersendiri karena menerima playlist lagu yang mungkin saja aneh. 

Walaupun playlist lagu terasa aneh, Spotify mengklaim lagu yang dihadirkan sudah memiliki tingkat kecocokan yang tinggi dengan selera Anda dan teman-teman dalam kelompok Spotify Blend ini. Jadi kemungkinan semua orang tetap menyukai lagu dalam playlist tersebut.

1. Cara Membuat Spotify Blend di Android

Spotify Blend 2_
  • Buka aplikasi Spotify di smartphone Anda.
  • Ketuk tombol "Search" atau tombol pencarian yang ada di menu bawah layar.
  • Akan muncul sejumlah poster, pilih poster "Made for You" atau "Dibuat untuk kamu".
  • Ketuk tombol "Create a Blend" pada menu "Mader For Us".
  • Ketuk tombol "Invite" dan undang teman atau pasangan yang ingin Anda ajak membuat playlist gabungan. Tunggu hingga teman Anda menyetujui permintaan untuk bergabung.
  • Bila teman atau pasangan menerima permintaan, akan muncul carousel di aplikasi Spotify yang menampilkan persentase kesamaan selera musik. Nantinya, akan muncul playlist yang berisi sejumlah lagu gabungan dari Anda dan teman. Jika ada anggota baru yang bergabung, otomatis playlist akan diperbarui.
  • Anda juga bisa mengakses playlist dengan masuk ke "Library". Untuk menambah anggota baru, ketuk ikon orang dan pilih "Invite more".

2. Cara Membuat Spotify Blend di iOS

spotify blend_
  • Buka aplikasi Spotify di iPhone dan login dengan akun Anda.
  • Klik menu "Cari" dan pilih opsi "Dibuat Untuk Kamu". Selanjutnya, pilih opsi "Buat Blend".
  • Lalu, klik opsi "Undang" untuk membagikan tautan Spotify Blend ke pasangan atau teman.
  • Jika penerima tautan menyetujui untuk bergabung, akan muncul carousel di aplikasi Spotify. Bagian ini memuat informasi persentase kesamaan selera musik.
  • Akan muncul juga playlist khusus berisi lagu-lagu rekomendasi dari Anda dan teman. Anda juga bisa mengakses playlist dengan masuk ke "Library".

Sama seperti Android, jika ada penambahan anggota, playlist akan diperbarui secara otomatis. Untuk menambah anggota baru, ketuk ikon orang dan pilih "Invite more". Cara ini bisa digunakan di iPhone pada sistem operasi iOS 16.1.2.

3. Cara Membuat Spotify Blend dengan Artis Favorit

spotify 33_
  • Buka aplikasi Spotify di smartphone Anda. Ketuk tombol "Search" atau tombol pencarian yang ada di menu bawah layar.
  • Ketik nama artis yang hendak Anda ajak gabung, Misal BTS. Masuk ke profil Spotify artis tersebut.
  • Di bagian bawah profil artis, ketuk tombol "Spotify Blend Link" untuk undang artis yang ingin Anda ajak membuat playlist gabungan. Tunggu hingga permintaan untuk bergabung disetujui.
  • Bila artis menerima permintaan, akan muncul carousel di aplikasi Spotify.

Nantinya akan muncul playlist yang berisi sejumlah lagu gabungan dari Anda dan artis. Sayangnya, untuk saat ini artis yang bisa diajak bergabung ke Spotify Blend jumlahnya masih terbatas.

4. Cara Membagikan Playlist Spotify Blend ke Media Sosial

Seperti yang diungkapkan diatas, Anda akan mendapat sebuah kartu digital berisi skor kecocokan genre musik Anda dan teman-teman. Kartu digital ini bisa Anda bagikan ke media sosial. Simak caranya di bawah ini.

  • Buka Spotify. Masuk ke bagian "Spotify Blend".
  • Ketuk ikon tiga titik. Pilih "Lihat status".
  • Pilih akun yang akan jadi penerima. Ketuk "Bagikan status".

Dengan Anda membagikan kartu digital Spotify Blend, orang lain akan mengetahui lagu yang sedang Anda dengarkan dan menjadi kesukaan Anda. Ini memudahkan orang lain mudah membaca perasaan, pikiran dan suasana yang Anda alami.

Itulah penjelasan mengenai cara membuat Spotify Blend yang bisa Anda coba bersama teman dan pasangan. Anda bisa memakai fitur ini baik di smartphone maupun laptop. 

Sedikit tambahan, ketika Anda pertama kali membuat playlist dan mengajak teman, Anda tidak bisa langsung memilih teman dari daftar following maupun dengan mencarinya menggunakan username. Anda diharuskan membagikan sebuah link untuk dikonfirmasi. Setelah diterima barulah muncul playlist dengan cover art.

Dengan mengetahui playlist lagu, Anda bisa lebih memahami teman dan pasangan. Meski sederhana, interaksi baru ini cukup membuat mendengarkan musik kian menarik dan berbeda. 

Semoga dengan fitur Spotify Blend, Anda dan pasangan bisa menemukan lagu yang bisa didengarkan bersama tanpa harus mempertimbangkan selera masing-masing.

Kategori:
Tag:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram