carisinyal web banner retina

Gampang Banget! Inilah Cara Menampilkan Lirik di Spotify

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 25 Juni 2021

Ayo! Ngaku siapa yang belum berkenalan dengan Spotify? Bila dulu kita mengandalkan Walkman atau aplikasi Winamp untuk mendengarkan musik, kini sudah banyak orang yang beralih dengan Spotify.

Jadi, Spotify adalah layanan streaming atau online musik yang tersaji secara legal alias resmi. Hal ini mengingat platform ini sekaligus menjadi penyedia hak cipta digital atas lagu-lagu yang diunggah.

Ditemukan pada 2016, Spotify menyajikan jutaan musik di seluruh dunia dalam beragam genre. Layanan asal Swedia ini menawarkan dua model berlangganan yaitu gratis dan premium, setiap model punya layanan yang berbeda.

Pada model gratisnya pendengar masih akan bertemu dengan iklan, sebaliknya pada model premium iklan tersebut bisa dihilangkan dan dapat mengunduh lagu.

Fitur-Fitur di Spotify

Gampang Banget! Inilah Cara Menampilkan Lirik di Spotify 1

Pada platform musik garapan Daniel EK, Martin Lorentzon, dan Maria Giovini Anggasata Saantosa tersebut mempersembangkan beberapa fitur di dalamnya. Penasaran fitur-fiturnya apa saja? Berikut ini Carisinyal akan menguraikan satu per satu fitur-fitur dari Spotify!

1. Membuat Playlist

Salah satu fitur yang sering dijumpai pada layanan musik yaitu playlist, begitupun fitur ini dapat kamu temukan pada Spotify. Lewat fitur ini kamu bisa membuat daftar putar sesuka hati sesuai dengan preferensi musik.

Playlist sendiri biasanya berisikan berbagai lagu yang kamu sukai atau favoritkan. Kemudian, lagu tersebut dapat kamu simpan dan akses acapkali akan membuka Spotify. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi ribet untuk menemukan atau mencari lagu kesukaan yang ingin diputar.

2. Lagu yang Berwarna

Mau cari lagu jadul tahun 2000-an atau lagu korea era TVXQ? Bak bank lagu, kamu bisa menemukan berbagai lagu di setiap zaman lewat Spotify. Pihak Spotify mengklaim bahwa pada 2012 layanan musik ini telah menampung lebih dari 20 juta koleksi lagu dari beragam genre.

Sementara, pada 2020 Spotify berhasil menghimpun 70 juta lagu, 2,2 juta podcast, dan 4 miliar playlist, maka tidak heran kalau sumber media pada Spotify sangat melimpah ruah dan beragam. Pengguna pun tinggal mencari dan memilih lagu yang ingin diputar secara otomatis Spotify akan menyuguhkan lagu tersebut.

3. Layanan Radio

Seperti yang kita ketahui tren saat ini fitur radio bawaan sudah mulai dihilangkan pada beberapa ponsel pintar. Namun, bagi kamu pendengar setia dari radio jangan khawatir karena dengan memasang aplikasi Spotify pada ponsel pintar layanan radio sudah bisa diakses kembali.

Bahkan layanan radio dari Spotify ini dapat menjangkau siaran ke stasiun radio populer di seluruh dunia. Selain itu, kamu juga dapat menentukan sendiri jenis musik atau saluran yang disukai.

4. Terkoneksi dengan Media Sosial

Fitur lain yang bisa dijajal di Spotify adalah berbagi musik yang sedang diputar kepada teman di media sosial mulai dari Instagram, Messenger, Facebook, Twitter, Line, SMS, Telegram, dan masih banyak lagi. Kamu tinggal mengklik menu Share untuk membagikan lagu favoritmu di layanan musik streaming ini.

5. Mode Offline

Bagi kamu pengguna premium dari Spotify ada fitur khusus yang disuguhkan oleh platform satu ini yaitu kehadiran mode offline.

Kamu dapat menjalankan atau memutar musik secara offline alias tanpa harus terkoneksi dengan internet. Sangat berguna ketika kamu kehabisan kuota tetapi masih ingin chill dengan mendengarkan lagu-lagu di Spotify.

Cara Menampilkan Lirik Lagu di Spotify

Sementara, untuk kamu yang sering berdendang dengan melihat lirik lagu tidak perlu khawatir aplikasi musik ini juga dapat menampilkan lirik-lirik lagu. Hebatnya lagi pada aplikasi ini bisa mempersembahkan cover, video singkat, dan storyline dari lagu yang diputar.

Omong-omong sudah tahu cara menampilkan lirik lagu di Spotify? Kalau belum tahu, pada kesempatan ini Carisinyal akan memberitahu kamu bagaimana cara untuk menampilkan lirik lagu di Spotify. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini:

1. Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Metode terbilang sangat mudah diimplementasikan dan mungkin hanya membutuhkan kisaran waktu kurang dari 2 menit saja atau tergantung kecepatan internet. Langsung saja ikuti langkah-langkahnya, yah!

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi Play Store. Apabila kamu belum mempunyai aplikasi Spotify maka sebaiknya unduh terlebih dahulu di sini.
  • Lain halnya jika kamu sudah memasang Spotify, maka pastikan aplikasi Spotify milikmu sudah ter-update dengan versi terbaru.
  • Dilanjutkan dengan membuka aplikasi Spotify keluaran teranyar.
  • Pilihlah salah satu lagu yang ingin kamu putar.
  • Pada tampilan pemutar musik, scroll atau gulirkan layar ke bawah.
  • Dalam hitungan detik kamu akan melihat lirik dari lagu yang sedang berputar.
  • Tekan bagian kolom tersebut untuk melihat keseluruhan dari lirik lagu.
  • Voila! Mudah bukan?

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga (1Lyrics)

Adapun metode lain yang bisa kamu gunakan untuk menampilkan lirik lagu yang dijalankan oleh Spotify yaitu dengan memasang aplikasi pihak ketiga bernama 1Lyrics. Ikuti tahap-tahapannya berikut ini untuk lebih jelasnya!

  • Mula-mula bukalah Play Store pada ponsel pintarmu. Setelah itu ketik di kolom pencarian 1Lyrics atau kunjungi tautanya di sini.
  • Selepas kamu mengunduh aplikasi tersebut, segeralah pasang dan berikan izin semua akses aplikasi tersebut pada ponsel pintarmu.
  • Diteruskan dengan keluar dari aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya, bukalah aplikasi Spotify dan putarlah lagu kesukaanmu di Spotify.
  • Maka secara otomatis lirik dari lagu yang diputar Spotify itu akan muncul di laman notifikasi ponsel pintarmu.
  • Untuk melihat lirik secara keseluruhan, kamu bisa pergi ke aplikasi 1Lyrics. Di halaman tersebut sudah nangkring lirik lagu yang sedang diputar dan otomatis akan tersimpan di ekosistem aplikasi 1Lyrics.
  • Perlu diingat, kalau aplikasi ini belum tersinkronisasi dengan Spotify sehingga untuk melihat bait lirik selanjutnya kamu harus menggulirkan sendiri atau menggeser lirik lagu dengan manual.

3. Mengunjungi Situs Genius

Bila metode sebelumnya tidak dapat bekerja sesuai yang kamu ingin, masih ada metode lain yang bisa kamu coba yaitu dengan mengunjungi situs genius.

Meski tidak terintegrasi dan sinkronisasi dengan Spotify, tapi situs ini cukup lengkap dalam menyuguhkan berbagai lirik lagu yang beredar di seluruh dunia. Gimana langkah-langkahnya? Langsung saja baca penjelasannya berikut ini!

3 Spotify Genius a
  • Sebelum kamu memutar lagu di Spotify, sebaiknya kamu berkunjung terlebih dahulu ke situs Genius. Kamu bisa membuka situs tersebut di mesin pencarian seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.
  • Setelah masuk ke halaman Genius, pergilah ke kolom pencarian di pojok kiri atas.
3 Spotify Genius b
  • Ketiklah, judul lagu yang ingin dicari.
  • Secara otomatis nanti situs akan menyajikan lirik lagu yang kamu inginkan.
  • Dilanjutkan dengan membuka aplikasi Spotify dan putarlah lagu yang ingin didengarkan.
3 Spotify Genius c
  • Lalu, kembali ke situs Genius untuk melihat lirik lagu yang sedang diputar.
  • Voila, Kamu pun sekarang sudah bisa karokean!

Itulah tadi beberapa metode yang bisa kamu implementasikan untuk melihat lirik lagu saat membuka layanan musik streaming, Spotify. Metode mana yang menurutmu mudah dilakukan atau kamu punya metode lain? Coba komen di kolom komentar! Supaya kamu tidak ketinggalan akan tips-tips menarik seputar teknologi, terus ikuti Carisinyal, yah!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram