Carisinyal / Spotify / Cara Download Lagu di Spotify dengan Mudah Lewat HP

Cara Download Lagu di Spotify dengan Mudah Lewat HP

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalau dulu, kita mendegarkan lagu-lagu favorit menggunakan mp3 player, VCD, DVD, radio bahkan Walkman, sekarang kita bisa dengan bebas mendengarkan lagu-lagu favorit tanpa batasan waktu dengan menggunakan aplikasi streaming yang bertebaran di internet, khususnya Google PlayStore.

Nah, Spotify adalah satu dari sekian banyak aplikasi streaming musik populer saat ini. Lebih dari sepuluh juta orang di dunia menggunakan Spotify untuk mendengarkan lagu dan podcast favorit.

Dengan Spotify, kita bisa mendengarkan lagu-lagu kesukaan dari artis atau penyanyi favorit. Pilihan genre-nya juga banyak sekali. Ada Jazz, Pop, Rock, Klasik, K-POP bahkan dangdut sekali pun.

Dan bukan cuma ukan cuma streaming online, kita pun dapat mengunduh lagu-lagu dari artis dan penyanyi favorit kita secara legal. Yap, setelah sebelumnya membahas mengenai cara berhenti berlangganan Spotify di PC dan HP Android, kali ini Carisinyal akan mengulas bagaimana cara download lagu di Spotify dengan mudah lewat HP Android. Berikut pembahasan selengkapnya.

Cara Download Lagu di Spotify Lewat HP Android

Pertama-tama, kami akan membagikan info mengenai cara download lagu di Spotify menggunakan HP Android. Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka Aplikasi Spotify

Langkah pertama, bukalah aplikasi Spotify di HP Android Anda. Jika Anda belum login, silakan login terlebih dulu dengan menggunakan akun email dan password yang sudah Anda daftarkan sebelumnya.

2. Cari Nama Penyanyi atau Album yang Ingin Anda Download

cara download lagu di spotify search

Langkah selanjutnya, carilah nama penyanyi, album atau playlist lagu yang ingin Anda download di Spotify. Cukup ketikkan nama artis atau penyanyi favorit di kolom pencarian atau search bar.

cara download lagu di spotify album

Kemudian, pilih album atau pun playlist yang ingin Anda download dan dengarkan secara offline, seperti tampak pada gambar di atas.

3. Download Playlist atau Album yang telah Dipilih

cara download lagu di spotify download 1

Nah, jika sudah menemukan album atau playlist yang ingin Anda unduh, silakan klik sampai semua daftar lagunya muncul. Di bagian samping kanan bawah ada tombol untuk men-download albumnya. Anda tinggal klik sampai tombolnya bergeser ke sebelah kanan dan warnanya berubah menjadi hijau.

Jika sudah, proses download akan mulai berjalan. Silakan tunggu sampai prosesnya selesai. Tandanya, ikon panah di bawah judul lagu akan berubah warna dari abu-abu menjadi hijau, seperti pada gambar di atas.

Mendengarkan Lagu Secara Offline di Spotify Lewat HP

Nah, selanjutnya, kami akan membagikan informasi mengenai tata cara mendengarkan lagu tanpa koneksi internet di Spotify lewat HP Android. Simak ulasan lengkapnya dalam pembahasan berikut ini.

1. Masuk ke Akun Spotify Anda

cara download lagu di spotify home 1

Pertama-tama, buka aplikasi Spotify di HP Anda. Jika Anda belum login, silakan masukkan email dan password akun Anda, kemudian login seperti biasa. Pada tampilan home screen, klik ikon ‘Home‘ seperti gambar di atas.

2. Masuk ke Opsi Pengaturan

Jika sudah melakukan langkah pertama tadi, Anda tinggal masuk ke opsi pengaturan dengan cara meng-klik ikon seperti tampak pada gambar.

3. Aktifkan Mode Offline

 

Langkah selanjutnya, cukup aktifkan mode offline dengan cara meng-klik ikon tombol yang diberi lingkaran merah. Pastikan koneksi internet Anda sedang tidak tersambung atau offline.

4. Pilih Album atau Lagu yang Ingin Anda Dengarkan

Kalau sudah, Anda tinggal kembali ke home screen atau halaman utama, dan pilih  atau cari playlist dan album yang ingin Anda mainkan tanpa menggunakan koneksi internet di Spotify.

Oh iya, Anda yang menggunakan laptop juga dapat mendengarkan lagu yang sudah Anda download sebelumnya, tanpa menghubungkan laptop atau PC dengan koneksi internet.

Caranya, sama mudahnya. Anda tinggal buka home screen atau beranda, kemudian masuk ke menu pengaturan dengan cara mengklik ikon panah di sebelah profil, lalu aktifkan mode offline-nya. Setelah itu, ulangi langkah yang sama seperti langkah-langkah yang dipraktikkan pada HP Android tadi.

Cara Berlangganan Spotify di HP


Selesai membagikan informasi mengenai tata cara men-download lagu di Spotify lewat HP, kami akan mengulas langkah-langkah mudah dari cara berlangganan Spotify. Penasaran? Berikut ulasannya.

1. Masuk ke Beranda

Step pertama, masuk ke beranda atau home screen di akun Spotify Anda. Jika Anda belum memiliki akun Spotify, silakan daftarkan diri terlebih dahulu dengan akun email, Facebook atau pun nomor HP yang masih aktif. Kalau sudah, klik ikon logo Spotify dengan tulisan ‘Premium seperti pada gambar di atas.

2. Pilih Paket Premium

Kemudian, pilih paket yang sesuai dengan preferensi Anda.Jika Anda sudah menemukan paket langganan yang sesuai, tinggal klik tombol ‘Dapatkan Premium’ dan lanjutkan proses langganan ke tahap berikutnya.

For your information, Spotify memiliki beberapa pilihan akun premium. Spotify sendiri memiliki empat jenis paket yang berbeda. Pertama, ada paket khusus Individual untuk satu akun saja yang dibanderol sebesar Rp49.990 per bulan. Dengan paket ini, Anda dapat men-download sekitar 30 lagu di satu perangkat

Kemudian, ada paket Duo untuk dua akun. Paket ini dibanderol dengan biaya langganan sebesar Rp64.990 per bulan. Jika Anda berlangganan paket ini, Anda dapat mengunduh hingga 10.000 lagu di lima perangkat per satu akunnya.

Lalu, ada paket family yang dihargai Rp79.000 per bulan. Paket ini cocok untuk dipakai oleh Anda dan keluarga, karena aksesnya bisa sampai ke enam akun yang berbeda. Kalau Anda berlangganan paket ini, Anda dapat menikmati fitur istimewa. Salah satunya adalah pemblokiran musik eksplisit yang kurang pas untuk didengar oleh anak-anak.

Terakhir, ada paket khusus untuk pelajar yang biaya langganannya hanya Rp24.990 per bulan. Paket ini dibuat khusus untuk mahasiswa yang ingin menikmati fitur-fitur Spotify premium dengan harga yang lebih terjangkau.

3. Lanjutkan Proses Pembayaran

Setelah selesai memilih paket langganan yang sesuai dengan kebutuhan, Anda hanya perlu melakukan proses pembayaran sebagai langkah terakhir untuk berlangganan Spotify premium.

Anda dapat membayar dengan menggunakan kartu debit atau kredit, menggunakan ragam pilihan e-money dan juga pulsa HP. Namun, setiap metode pembayaran ini memiliki syarat dan ketentuannya masing-masing.

Jika sudah selesai memilih atau memasukkan data di laman metode pembayaran, Anda tinggal mengklik ikon bertuliskan ‘Beli Spotify Premium…’ seperti tampak pada gambar di atas. Nah, setelahnya, silakan lanjutkan proses pendaftaran langganan sampai selesai.

Sampai di sini pembahasan Carisinyal mengenai cara download lagu di Spotify lewat HP, beserta informasi tentang tata cara mendengarkan lagu di Spotify tanpa menggunakan koneksi internet dan juga langkah-langkah berlangganan akun premium Spotify. Bagaimana, caranya mudah sekali bukan?

Sekedar info, jika Anda berlangganan akun premium dari layanan streaming satu ini, tentu Anda tidak hanya akan bisa mengunduh lagu favorit sepuasnya. Ada banyak sekali fitur yang bisa Anda nikmati. Di antaranya memutar lagu pilihan Anda dengan bebas tanpa jeda iklan yang mengganggu, lalu Anda juga dapat berpindah dari satu lagu ke lagu-lagu lainnya.

Oh iya, kalau ada tips yang berkaitan dengan Spotify yang Anda ketahui, silakan bagikan dengan pembaca Carisinyal lainnya melalui kolom komentar di bawah, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *