carisinyal web banner retina

Cara Membuat Thread di X/Twitter, Fitur untuk Tweet Panjang

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Twitter atau X (selanjutnya ditulis "X/Twitter") adalah salah satu platform media sosial yang sekaligus aplikasi hits yang banyak digunakan sampai saat ini. Tak cuma digunakan untuk cuap-cuap singkat, Twitter kerap dipakai untuk menyampaikan kisah atau bahkan tips panjang melalui thread.

Kali ini, saya akan mengajak Anda untuk mencari tahu bagaimana cara membuat thread di X/Twitter dalam beberapa langkah mudah. Yuk, simak!

ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Cara Membuat Thread di X/Twitter

Membuat thread di X/Twitter tak memerlukan cara yang sulit. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  • Buka aplikasi X/Twitter dan masuk ke akun Anda seperti biasa.
  • Buat tweet yang ingin dijadikan thread, dimulai dari tweet pertama.
  • Tekan tombol “+” yang ada di ujung kanan bawah layar dan tambahkan tweet selanjutnya.
thread-twitter-1-1
  • Lakukan hal yang sama hingga selesai. Anda dapat membuat thread-nya dengan memberikan penomoran juga.
thread-twitter-2-
  • Tak lupa, atur siapa yang bisa membalas ke thread. Ada “Everyone can reply” yang berarti siapa pun bisa membalasnya. Atau, Anda bisa pilih hanya untuk pengikut dan pengguna yang di-mention saja.
thread-twitter-3-
  • Tambahkan pula lokasi, gambar, GIF atau polling bila perlu.
thread-twitter-4-
  • Kalau sudah, tekan “Post all”.
thread-twitter-5-
  • Thread-nya akan langsung terpampang di profil Anda.

Selain bisa memuat tweet panjang, thread juga memiliki beberapa fungsi lainnya. Salah satunya untuk menyajikan informasi dalam urutan yang terstruktur dan terurut. Hal ini sangat berguna ketika Anda ingin mengajarkan konsep atau membahas topik yang kompleks. 

x-bookmark-6-

Thread juga memungkinkan Anda untuk berbagi tutorial, tips, atau panduan dengan lebih mudah. Ada pula pengguna X/Twitter yang memakai thread untuk berjualan, mencari orang hilang, bahkan mengungkap kisah pribadi mereka.

Tak jarang. thread pun kerap disalahgunakan oleh sebagian pengguna lain. Oleh karenanya, pikirkan untuk membuat konten bermanfaat yang dapat diaplikasikan oleh banyak orang.

Nah itulah pembahasan saya seputar cara membuat thread di X/Twitter yang bisa Anda terapkan di berbagai perangkat. Termasuk HP dan laptop. Dengan beberapa metode sederhana yang dijelaskan di atas, Anda bisa mulai membuat thread yang menarik. Selamat mencoba!

Kategori:
Tag:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram