Carisinyal / Tips Internet / 10 Cara Memperpendek Link dengan Cepat dan Tanpa Ribet

10 Cara Memperpendek Link dengan Cepat dan Tanpa Ribet

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 September 2019

Apakah kamu pernah membagikan sebuah link yang panjang di media sosial? Bagaimana perasaanmu saat melihat link tersebut? Kurang rapi? Kurang enak dilihat? Atau bagaimana? Yang pasti link yang terlalu panjang sangat tidak ideal untuk ditulis dan kurang nyaman dilihat.

Atau kamu pernah menuliskan sebuah link panjang di kartu nama sehingga terlihat sangat tidak rapi dan memakan banyak tempat? Sekarang hal itu bisa kamu hindari karena sudah banyak situs yang menawarkan jasa pemendekan link atau tautan secara gratis. Dengan demikian, link yang kamu bagikan jadi lebih pendek serta mudah diingat.

Penyedia layanan ini juga ada yang menawarkan paket lengkap yang berbayar. Di layanan tersebut, kamu menggunakan banyak fitur yang dapat membantu kegiatan bisnismu. Namun jika hanya sekedar memangkas saja, situs-situs di bawah ini bisa kamu andalkan.

Ingin tahu cara memendekan link dengan mudah dan tanpa ribet? Mari cek bahasan menarik Carisinyal di bawah ini.

1. Bitly

Bitly

Bitly merupakan salah satu aplikasi untuk memperpendek link terbaik saat ini. Para pebisnis online biasanya sudah sangat akrab dengan Bitly. Dengan aplikasi ini, mereka bisa mempersingkat link yang akan dibagikan di media sosial atau iklan sehingga menjadi lebih mudah digunakan.

Umumnya link yang dipersingkat oleh para pebisnis online adalah link yang mengarahkan orang lain ke sebuah halaman sebuah situs web atau WhatsApp di mana mereka bisa mengetahui informasi produk yang dijual dan melakukan transaksi pembelian.

Dengan Bitly juga, lalu lintas yang terjadi pada link yang dibagikan bisa dipantau dengan mudah. Misalnya, sudah berapa kali link tersebut diklik oleh orang lain dan dari mana mereka berasal.

Untuk bisa memperpendek link atau tautan dengan Bitly sangatlah mudah dilakukan. Kamu tinggal kunjungi saja situs Bitly di sini. Lalu kamu tinggal melakukan copas (copy paste) pada link yang ingin diperpendek di kotak yang tersedia.

Tanpa menunggu waktu lama, Bitly akan langsung memperpendek link panjangmu tanpa perlu daftar terlebih dahulu. Perhatikan contoh di bawah ini.

Link normal: https://hanyacontohsaja.com/blog/cara-memperpendek-sebuah-link-dengan-mudah-dan-cepat
Setelah diperpendek dengan Bitly: https://bit.ly/2Prvr8U

Link yang sudah dipersingkat itu bisa langsung kamu copy dan bagikan kepada orang lain. Hanya saja link Bitly yang dibuat tanpa login terlebih dahulu tidak bisa kamu modifikasi atau pantau lalu lintasnya.

Jika ingin demikian, maka kamu harus mendaftar dulu menggunakan akun sosial media atau alamat email. Contoh link Bitly yang sudah dimodifikasi.

Link Bitly normal: https://bit.ly/2Prvr8U
Link Bitly modifikasi: https://bit.ly/Carisinyal

Jadi, saat sudah terdaftar di Bitly, link yang dipersingkat bisa diubah bagian belakangnya (setelah bit.ly/) dengan kata-katamu sendiri. Namun, jika pilihan kata yang ditentukan sudah digunakan oleh orang lain, maka Bitly akan otomatis menolaknya dan kamu harus mencari kata-kata lain yang tersedia.

Bagaimana? Cara memperpendek link dengan Bitly ini sangat mudah bukan? Jika kamu seorang pebisnis, gunakan saja Bitly untuk menyingkat setiap tautan. Bitly ini dapat diakses secara gratis, namun ada juga paket berbayar dengan fitur yang lebih banyak. Klik di sini untuk menggunakan Bitly.

2. Bl.ink

Blink

Selanjutnya ada aplikasi penyingkat tautan yang bernama Bl.ink. Aplikasi ini hampir mirip dengan Bitly di mana kamu juga bisa melacak lalu lintas yang datang pada tautanmu. Kamu juga bisa daftar secara gratis ke Bl.ink.

Pengguna Bl.ink gratisan hanya dapat membuat 1000 tautan dan melacak lalu lintasnya hingga 1000 klik per tautan. Selain itu, akun gratis juga hanya terhubung dengan satu domain untuk membuat tautan bermerk.

Bl.ink menawarkan beberapa paket berbayar untuk dapat mengakses lebih banyak fitur. Harga yang ditawarkannya adalah mulai dari $12 per bulan. Jika ingin mencoba menggunakan Bl.ink, kamu bisa mengunjungi situsnya di sini.

3. TinyURL

TinyURL

TinyURL sudah ada sejak tahun 2002 (lama juga yah) dan sampai saat masih banyak yang menggunakannya untuk menyingkat URL. Walaupun tidak setenar dulu, TinyURL dapat kamu andalkan untuk memperpendek URL.

Kamu juga bisa mengubah kata belakang seperti halnya di Bitly. Tertarik dengan TinyURL? Langsung saja klik di sini dan singkat tautan dengan custom tanpa perlu daftar!

4. Ow.ly

Owly

Aplikasi pemendek tautan lain yang tidak kalah populer adalah Ow.ly. Aplikasi ini adalah bagian dari HootSuite, sebuah layanan manajemen media sosial.

Lebih jelasnya, HootSuite merupakan sebuah alat manajemen konten media sosial yang terhubung dengan berbagai situs jejaring sosial lainnya, seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn. Kamu bisa menggunakan pemendek tautan Ow.ly di sini.

5. Is.gd

Isgd

Is.gd bisa dibilang sebagai salah satu pemendek tautan paling simpel. Tidak ada fitur ekstra di sini, hanya memangkas tautan saja. Jika tujuanmu hanya untuk memperpendek URL tanpa ada hal lainnya, maka Is.gd dapat menjadi pilihan terbaik.

Memendekkan tautan di Is.gd tidak ribet. Kamu tidak perlu daftar atau mengisi kode CAPTCHA, cukup masukan link panjangmu dan pendekkan saat itu juga! Terpampang di situsnya bahwa Is.gd sudah menyingkat sekitar 1,3 miliar tautan (saat tulisan ini dibuat)! Klik di sini untuk pergi ke situs Is.gd.

6. AdFly

Adfly

Nah ini yang menarik, selain memendekkan link, kamu juga bisa mendapatkan uang di sini. Kok, bisa? AdFly akan membayar untuk setiap klik link AdFly yang kamu buat. Semakin banyak klik pastinya semakin banyak uang yang didapat (lumayan lah buat jajan mah).

Kamu juga bisa melihat statistik link yang kamu buat jika mendaftar di AdFly. Uang yang kamu hasilkan dari AdFly ini akan dibayarkan melalui PayPal. Jika kamu tertarik memendekan link dengan AdFly sekaligus mendapat bayaran, kamu bisa klik di sini.

7. Bit.do

Bitdo

Hampir sama dengan Is.gd, aplikasi pemendek tautan Bit.do juga sangat mudah dan simpel digunakan. Kamu boleh menyingkat link di Bit.do dengan atau tanpa akun terdaftar. Selain itu, kamu juga dapat memodifikasi kata di bagian akhir link Bit.do sesuai keinginanmu. Tertarik dengan Bit.do? Kamu bisa pergi ke sini.

8. T2M

T2M

T2M menawarkan paket lengkap untuk pemendekan sebuah tautan. Seperti halnya Bitly, di sini juga kamu bisa melihat statistik traffice link yang kamu buat. Ada fitur dalam T2M yang mampu membuatkanmu sebuah code QR saat sedang merapikan link yang kamu buat. Hal ini bisa jadi lumayan membantu, kan?

T2M dapat digunakan secara gratis tanpa ada batasan jumlah URL yang bisa kamu buat. Ada juga paket berbayar yang menawarkan banyak fitur. Jika ingin menggunakan jasa T2M, silahkan klik di sini.

9. Tiny.cc

Tinycc

Alat pemendek tautan yang satu ini juga cukup populer. Kamu bisa langsung menggunakan aplikasi ini tanpa harus mendaftar dulu (jika mau juga silahkan). Tiny.cc juga memungkinkanmu untuk melakukan custom pada tautan yang kamu buat. Jika ingin mencobanya silahkan klik di sini.

10. Soo.Gd

Soogd

Yang terakhir ini juga dapat kamu coba dengan gratis loh. Soo.Gd sangat mudah digunakan seperti halnya Tiny.cc. Kamu tinggal paste-kan link panjangmu di kotak yang tersedia, lalu ada opsi custom akhiran linknya, dan jadilah link pendek yang siap kamu gunakan. Tertarik? Pergi ke sini.

Itulah 10 cara memendekan link yang dapat kamu coba. Pilihlah mana yang terbaik menurutmu dan gunakan sesuai kebutuhanmu.

Mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa goo.gl (Google Short URL) tidak dimasukan? Sebagai informasi layanan pemendek link dari Google ini akan segera dinonaktifkan sepenuhnya pada 30 Maret 2019 nanti.

Google mengganti layanan Google Short URL dengan Google Firebase Dynamic Link yang lebih rumit penggunaannya karena layanan utamanya bukan untuk memperpendek link saja. Carisinyal akan membahas Google Firebase Dynamic Link di artikel terpisah.

Jangan lupa juga untuk membaca artikel lainnya dari Carisinyal seperti Tips dan Trik Cara Respost Instagram Paling Mudah ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar