carisinyal web banner retina
Untuk update harga HP terbaru klik di sini
Carisinyal / Tips Trik / 8 Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik Agar Kembali Normal

8 Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik Agar Kembali Normal

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 5 Mei 2021

Kamu pasti pernah mengalami kipas laptop berisik dan bergerak lebih cepat dari biasanya. Kalau beberapa saat sih, suara bising seperti itu tidak mengganggu. Namun, kalau kipas laptop sudah berbunyi secara konstan tentu akan sangat mengganggu ketika kamu menggunakan laptop. Situasi di mana kipas laptop berisik ini menandakan bahwa laptopmu tidak bekerja dengan baik.

Tapi tidak usah khawatir. Pasalnya, situasi ini bisa kamu atasi dengan mencari sumber masalah yang menimbulkan kipas berisik ini lalu, setelahnya kita bisa mengatasinya. Cara untuk mengatasi kipas laptop yang berisik ternyata tidak sulit, lho. Kamu bisa ikuti langkah-langkah yang akan dipaparkan di dalam artikel ini. Sebelum itu, yuk kenali sebab-sebab kipas laptop berisik berikut ini.

Penyebab Kipas Laptop Berisik

Sumber: Flickr

Kipas laptop yang mengeluarkan suara tidak biasa tidak boleh kamu abaikan. Ini adalah indikasi bahwa laptopmu membutuhkan perbaikan agar bisa berjalan dengan normal.

Kerusakan yang mengakibatkan kipas laptop berisik bisa jadi terjadi karena beberapa faktor. Ada yang sepele ada pula yang cukup serius. Oleh karena itu, cari tahu dulu yuk sumber kerusakan yang menyebabkan suara berisik dari kipas pendingin yang berfungsi sebagai penstabil suhu laptop ini.

1. Kipas Rusak

Coba ingat-ingat kapan kamu membeli laptop yang sering kamu gunakan tersebut? Kalau sudah lebih dari tiga tahun, suara berisik yang keluar dari kipas di bawah perangkat keras laptopmu kemungkinan mengalami kerusakan akibat sudah terlalu lama digunakan.

Ibarat kata, laptopmu sudah meronta ingin diperhatikan dan dibersihkan. Atau kalau belum begitu lama bisa jadi suara kipas berisik dari laptopmu bersumber dari kurang pas memasang kipas laptop saat kamu melakukan upgrade pada laptopmu.

2. Kipas Kotor

Timbulnya suara berisik dan terus menerus pada kipas laptop bisa pula disebabkan karena kipas terlalu kotor. Kotoran dan debu yang masuk dari celah kecil pada laptop yang menumpuk akan menghambat kinerja kipas laptop sehingga kipas tidak bekerja dengan optimal.

Kipas jadi tidak bisa mendinginkan laptop dan malah muncul suara bising karena kipas berputar dengan kekuatan ekstra. Apabila laptop kamu masih bergaransi kamu bisa membawa ke pusat layanan resmi dan meminta penanganan yang tepat agar mencegah hilangnya segel garansi.

3. Kipas Harus Bekerja Ekstra

Kipas laptop berisik pun bisa jadi ditimbulkan karena ia harus bekerja ekstra saat digunakan. Ini biasanya terjadi ketika laptop sedang digunakan untuk bermain game, atau ketika sedang rendering grafik.

Ini adalah indikasi bahwa prosesor bekerja di luar kapasitasnya sehingga suhu laptop naik. Akibatnya laptop menjadi panas dan baling-baling kipas laptop bekerja dengan lebih cepat sehingga menimbulkan suara berisik.

Untuk mengatasi suara yang cukup mengganggu ini kamu harus perhatikan spesifikasi laptop jika laptopnya mempunyai spesifikasi yang standar, hindari memasang aplikasi yang terlalu banyak menguras tenaga prosesor laptop. Pilih aplikasi yang dibutuhkan yang sesuai dengan daya prosesor.

Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik

Saat sumber masalahnya sudah ditemukan, kamu bisa lebih paham cara mengatasinya. Nah, di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan agar kipas laptopmu tidak mengeluarkan bunyi-bunyian aneh yang mengganggu konsentrasi saat menggunakan laptop.

1. Periksa Suhu Laptop

Sumber: www.beebom.com

Untuk mencari tahu informasi akurat mengenai suhu laptop kamu bisa gunakan aplikasi pengukur suhu seperti RealTemp. Aplikasi ini dapat melacak suhu prosesor tanpa perlu membongkar laptop. Selain itu, kamu bisa mengecek hardware dan kinerja sistem laptop dengan membuka Task Manager.

Kamu bisa gunakan pintasan keyboard dengan menekan tombol Ctrl+Alt+Del secara bersamaan. Setelah menu terbuka, pilih performa tab untuk melihat sumber kondisi prosesor, ruang penyimpanan dan RAM yang digunakan pada laptop. Jika suhu pada laptop mencapai 100% ini pertanda bahwa laptop memerlukan perawatan dan perlu peningkatan hardware dan softwarenya.

2. Defrag

Sumber: www.commons.wikimedia.org

Suara berisik yang timbul dari kipas laptop bisa jadi disebabkan oleh beban kerja prosesor yang terlalu berat. Untuk menurunkan kecepatan kerja kipas laptop kamu bisa mendefrag laptop.

Mendefrag sistem laptop secara rutin sebulan sekali atau lebih bisa memelihara performa laptop sehingga bisa bekerja dengan optimal. Cara ini pun bisa memberikan penyegaran bagi HDD dan RAM yang kamu gunakan pada laptop.

3. Membongkar Laptop

Sumber: www.pxhere.com

Ini bisa kamu lakukan jika penyebab kipas laptop berisik disebabkan karena banyaknya debu dan kotoran yang menempel pada baling-baling kipas laptop. Ketika kipas kotor karena debu, kinerja laptop menjadi lebih berat. Untuk mengatasinya kamu bisa membongkar dan membersihkan kipas secara langsung.


Sebelum kamu membawanya ke tempat servis kamu bisa memastikan penyebab kipas laptop berisik dengan cara membersihkan lubang ventilasi laptop. Akan sangat baik jika kamu rajin membersihkannya sehingga debu dan kotoran tidak akan mengendap pada perangkat kipas.

Letak kipas pada setiap laptop berbeda-beda. Disarankan sebelum kamu membuka laptop kamu gali informasi mengenai cara membuka laptop dan proses pembersihannya. Ada banyak cara untuk membersihkan kipas laptop, yaitu dengan cara menembakan angin atau bisa dengan menggunakan kuas.

4. Olesi CPU dengan Pasta Thermal

Sumber: Flickr

Untuk menjaga prosesor tetap dingin sehingga bisa terus bekerja dengan baik, laptop dilengkapi pendingin yang umumnya menempel pada bagian samping kipas. Nah, pendingin ini bisa saja habis seiring waktu.

Pendingin yang dimaksud biasa disebut dengan pasta thermal. Pendingin ini berbentuk pasta yang digunakan untuk menyalurkan panas yang dihasilkan ketika laptop digunakan dari prosesor ke heatsink. Tanpa bantuan pasta thermal perpindahan suhu panas dari prosesor ke HSF menjadi tidak sempurna.

Hal ini menyebabkan CPU menjadi cepat panas dan komputer ujung-ujungnya akan mati sendiri karena terlalu panas. Oleh karena itu keberadaan pasta thermal sangat penting agar CPU tetap dingin.

5. Hentikan Aplikasi yang Tidak Terpakai

Sumber: www.windowscentral.com

Yang membuat performa perangkat laptop lambat adalah karena banyaknya aplikasi yang berjalan. Ini pula berpengaruh pada kipas laptop sehingga membuat kipas bekerja lebih berat dan berputar lebih cepat.

Agar situasi ini tidak terjadi sebaiknya hentikan aplikasi yang tidak terpakai. Buka aplikasi yang penting saja sehingga ketika laptop digunakan, kipas tidak perlu bekerja dengan ekstra untuk mendinginkan proses.

6. Tingkatkan OS

Sumber: www.pixabay.com

Agar kipas angin tidak berisik ketika digunakan, kamu bisa menginstal OS yang lebih tinggi dari OS yang digunakan sebelumnya. Menginstal OS terbaru dapat meningkatkan performa laptop sehingga laptop bisa digunakan dengan lebih baik.

Selain itu, kebisingan kipas bisa dikurangi dan kipas bisa bekerja tanpa bebas yang lebih tinggi. Dengan begitu kamu tidak akan mendengar suara berisik dari kipas laptop ketika sedang menggunakannya.

7. Gunakan Software Pengukur Kecepatan Kipas

Sumber: Flickr

Seperti yang dilansir dari Windows Report, memasang aplikasi pengukur kecepatan kipas laptop dapat menjaga kecepatan kipas laptop agar tetap terkendali. Salah satu software yang bisa kamu gunakan adalah SpeedFan. Aplikasi ini bisa mengatur kecepatan kipas laptop.

Driver hardware yang dipasang dalam keadaan default sering kali membuat kipas bekerja lebih dari yang dibutuhkan. Hal ini akan menyebabkan laptop berisik dan mengganggu kenyamanan. Dengan adanya software ini ia bisa mendeteksi perubahan tidak lazim yang dialami laptop.

8. Bawa ke Pusat Servis

Sumber: www.hariantrendingtopik.com

Kalau berbagai cara sudah kamu lakukan agar kipas laptop berjalan normal tapi tidak membuahkan hasil, mungkin kerusakan yang terjadi pada hardware kipas terlalu parah. Ini saatnya kamu pergi ke tempat servis dan meminta bantuan teknisi ahli untuk mengganti perangkat laptopmu.

Kamu bisa mengganti perangkat kipasnya dengan yang baru. Saat ini sudah banyak tersedia kipas dengan berbagai level kecepatan yang dapat diatur yang dilengkapi modulasi kecepatan kipas.

Untuk menjaga agar kipas laptop bisa lebih awet kamu bisa gunakan perangkat pendingin eksternal atau yang biasa disebut laptop cooler agar laptop tidak cepat panas.

Nah, itu dia cara-cara untuk mengatasi kipas laptop yang berisik. Pastikan kamu mengecek perangkatmu agar kerusakan bisa terdeteksi lebih dini. Sehingga nantinya proses perbaikan tidak akan terlalu berat.

Selain itu, dengan melakukan pengecekan dan perawatan berkala bisa memperpanjang usia pemakaian laptop. Jadi, jangan malas mengecek kondisi laptop. Siapa tahu kalau ia dirawat dengan baik ia bisa lebih lama menemani kegiatanmu.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram