carisinyal web banner retina

Cara Mengganti Ikon Aplikasi Tanpa Launcher di HP Android

Ditulis oleh Aris Wibowo
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Jika bosan dengan tampilan HP yang itu-itu saja, Anda bisa mengubah tampilan ikonnya agar tampak lebih keren. Meski tampak sederhana, penggantian ikon ini memberi dampak yang cukup signifikan.

Untuk mengganti ikon aplikasi, biasanya Anda diharuskan instal launcher pihak ketiga. Namun, bagi Anda yang tidak ingin menggunakan aplikasi launcher, Anda bisa menggunakan aplikasi pengganti ikon.

Kenapa harus tetap instal aplikasi lagi? Karena kebanyakan HP Android dengan UI bawaan, jarang ada yang punya fitur pengganti ikon. Untuk mengganti ikon, tetap harus memakai aplikasi. Hanya saja bukan launcher tetapi aplikasi khusus untuk ganti ikon saja. Berikut adalah cara mengganti ikon aplikasi tanpa menggunakan launcher di HP Android.

Langsung saja simak, beberapa aplikasi untuk ganti ikon di HP Android berikut ini.

1. X Icon Changer

Cara mengganti ikon aplikasi pertama tanpa launcher adalah dengan menggunakan aplikasi X Icon Changer. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengganti ikon satu per satu. Berikut caranya:

  • Buka aplikasi X Icon Changer.
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda ubah ikonnya. Sebagai contoh, saya pilih Chrome.
x-icon-changer-1-
  • Pilih jenis ikon yang ingin digunakan untuk mengganti ikon Chrome. Anda bisa gunakan ikon yang sudah ada di aplikasi, atau bahkan pakai foto dari galeri. Ada pula opsi untuk memilih ikon aplikasi lain. Sayangnya, opsi ini bisa terbuka hanya jika Anda menonton iklan.
  • Jika berkenan, Anda juga boleh mengganti nama aplikasinya.
  • Kalau sudah beres, tinggal tekan tombol "OK" di pojok kanan atas layar.
x-icon-changer-2-
  • Tambahkan aplikasi dengan ikon yang sudah diganti ke home screen dengan menekan tombol "Add" pada dialog yang muncul.
x-icon-changer-3-

Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan praktis. Satu hal yang masih jadi minus aplikasi ini adalah banyaknya iklan yang tampil saat saya sedang menggunakannya. Namun, hal ini masih bisa dimaklumi karena X Icon Changer adalah aplikasi gratis.

2. Icon Changer

Jika Anda pengguna sistem operasi Android lama, tidak usah khawatir. Pasalnya, Anda masih tetap bisa mengganti ikon dengan mudah tanpa launcher. Anda bisa menggunakan aplikasi Icon Changer. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis dan bekerja di sistem operasi lama dengan baik.

  • Untuk menggunakannya, Anda tinggal masuk ke aplikasinya. Tekan pada logo yang ada di tengah layar.
icon-changer-1-
  • Setelah itu, pilih aplikasi atau ikon yang akan diganti. Sebagai contoh, saya pakai Google TV.
icon-changer-2-
  • Lalu, pilih "Change".
  • Anda bisa memilih ikon lain atau gambar dari galeri untuk menggantikan ikon sebelumnya.
icon-changer-3-
  • Di sini, Anda juga bisa mendekorasi ikonnya. Contohnya, saya mengganti saturasi dan hue dari warna ikon Google TV.
icon-changer-4-
  • Jika perlu, Anda bisa ganti nama aplikasinya juga. Setelah selesai menyunting ikon, tinggal tekan "Done" saja.
icon-changer-5-

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah, Anda bisa mengganti ukuran ikon, warna, atau memberi filter pada ikon. Hal ini akan membuat tampilan layar HP Anda jadi terlihat lebih menarik. Sayangnya, aplikasi ini masih meninggalkan watermark pada ikon yang sudah disunting.

3. Icon Pack Studio

icon-pack-studio

Cara mengganti ikon aplikasi lainnya tanpa launcher adalah menggunakan aplikasi Icon Pack Studio. Cara menggunakan aplikasi ini pun cukup mudah, mirip dengan aplikasi pengganti ikon lainnya. Yang membedakan adalah aplikasi ini memiliki fitur edit ikon yang lebih lengkap.

Di dalamnya, Anda bahkan bisa mengedit tampilan background, logo, dan FXs atau filter. Anda benar-benar diberikan kebebasan untuk menyesuaikan tampilan ikon sesuai keinginan. bahkan , Anda bisa membuat ikon dari nol.

Aplikasi ini bisa diunduh dan digunakan secara gratis. Hanya saja ada beberapa fitur yang masuk dalam layanan premium.

Sebenarnya, masih ada beberapa cara untuk mengganti ikon tanpa menggunakan launcher. Namun, ketiga aplikasi di atas merupakan cara paling praktis dan aman untuk dilakukan. Apalagi, Anda dapat mengganti ikon satu per satu dengan berbagai fitur menarik yang ditawarkannya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram