carisinyal web banner retina

Inilah Cara Menghapus Akun Google di HP Secara Mudah

Ditulis oleh Linda

Memiliki akun Google merupakan hal yang umum bagi sebagian besar pengguna smartphone. Akun Google memberikan akses ke berbagai layanan seperti Gmail, Google Drive, dan YouTube. Namun, mungkin tiba saatnya ketika Anda perlu menghapus akun Google dari perangkat HP Anda, baik untuk alasan privasi atau keamanan.

Artikel ini akan membahas langkah-langkah mudah untuk menghapus akun Google baik secara sementara dari HP Anda maupun secara permanen. Yuk, simak tutorial lengkap dari Carisinyal berikut ini!

Cara Menghapus Akun Google dari HP

Menghapus akun Google dari HP tidak menghapus akun tersebut secara permanen dari server Google. Ini hanya akan menghapus akses akun dari perangkat tersebut. Sebagaimana yang kita ketahui, dalam satu perangkat kita bisa menyambungkan dengan satu atau lebih akun Google.

Jika ingin menghapus salah satunya atau mungkin semua akun Google agar tidak lagi terkoneksi dengan perangkat, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Masuk ke “Settings” di smartphone Anda, lalu pilih menu “Google”.
Hapus Akun 1
  • Setelah itu, pilih akun Google yang tersedia.
Hapus Akun 2
  • Pilih menu “Manage accounts on this device”.
Hapus Akun 3
  • Di layar akan ditampilkan akun-akun Google yang terhubung dengan smartphone Anda, pilih akun yang akan dihapus dari perangkat.
Hapus Akun 4
  • Selanjutnya, pilih “Remove Account” untuk memutus koneksi akun Google tersebut dengan smartphone Anda.
Hapus Akun 5

Pada saat Anda menghapus akun Google dari HP, artinya Anda tidak akan menerima notifikasi apa pun yang terkait dengan akun tersebut, baik itu email atau Drive. Namun, Anda masih tetap bisa menghubungkan akun Google yang sudah dihapus itu kapan pun Anda inginkan.

Sebagai informasi, tutorial ini hanya akan menghapus akun dari HP Anda dan tidak akan menghapus data atau informasi yang tersimpan di akun Google tersebut.

Cara Menghapus Akun Google Secara Permanen

Menghapus akun Google secara permanen adalah proses yang lebih serius dan tidak dapat dibatalkan. Ini akan menghapus semua data dan layanan yang terkait dengan akun tersebut. Berikut adalah caranya:

  • Masuk ke “Settings” di smartphone Anda, lalu pilih menu “Google”.
Permanen 1
  • Pilih menu “Manage your Google Account”.
Permanen 2
  • Pilih “Data & privacy” dan gulir ke bawah sampai menemukan menu “Delete your Google Account”.
Permanen 3
  • Selanjutnya, pastikan akun yang memang ingin dihapus adalah akun yang Anda pilih, tekan “Lanjutkan”.
Permanen 4
  • Tandai checklist di kedua menu ini, dan tekan Delete Account”.
Permanen 5

Sekali Anda menekan “Delete Account”, maka semua data yang tersimpan di akun tersebut akan hilang, pun begitu dengan akunnya. Jadi, apabila belum yakin untuk menghapus akun secara permanen, sebaiknya abaikan tutorial ini.

Menghapus akun Google, baik dari HP maupun secara permanen, adalah keputusan yang harus dipertimbangkan dengan matang. Pastikan Anda telah mem-backup semua data penting sebelum mengambil langkah ini.

Perlu diingat, akun Google yang dihapus secara permanen tidak akan bisa dipulihkan kembali. Oleh karena itu, pikirkan secara matang-matang sebelum melakukan penghapusan akun secara permanen ini.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram