Carisinyal / Kuota Internet / 5 Cara Menghemat Kuota Internet di Android

5 Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Maret 2019

Smartphone Android merupakan perangkat yang sangat canggih. Namun kecanggihannya tersebut tidak bisa dilepaskan dari internet. Tanpa internet, hampir separuh dari kecanggihan Android akan hilang karena berbagai aplikasi dan fitur sangat bergantung kepada internet.

Kebutuhan akan internet tersebut membuat perangkat Android cenderung boros terhadap pemakaian data internet. Jika Anda menggunakan paket unlimited, tentu hal tersebut tidak menjadi masalah. Namun bagaimana jika Anda membeli paket internet berbasis kuota? Hmm.. pasti sangat repot bukan?

Nah, jika Anda memiliki masalah tersebut, kali ini Carisinyal akan mengulas 5 cara menghemat kuota internet bagi perangkat Android Anda. Apa sajakah itu? Berikut ulasan lengkapnya.

Gunakan Wi-Fi

Cara pertama dan yang paling mudah adalah dengan menggunakan koneksi WiFi. Jika di rumah, sekolah, kampus, atau kantor Anda memiliki jaringan WiFi, maka gunakanlah semaksimal mungkin agar Anda tidak perlu menghabiskan kuota internet dari operator seluler.

Selain di tempat-tempat tersebut, saat ini sudah banyak area publik di sekitar kita yang menyediakan WiFi hotspot gratis. Beberapa tempat tersebut di antaranya adalah taman, bus, kereta api, minimarket, dan masih banyak lagi. Bahkan banyak tempat ibadah seperti masjid juga sudah dilengkapi dengan Wifi.

Jangan lupa juga untuk memeriksa apakah operator yang Anda gunakan menyediakan layanan akses WiFi gratis atau tidak. Pasalnya beberapa operator di Indonesia sudah menyediakan akses WiFi gratis di beberapa tempat untuk para penggunanya, seperti WiFi ID dari Telkom Speedy, Indosat Super WiFi, dan lainnya.

Jika Anda sedang berlibur ke luar negeri, maka sangat disarankan pula untuk menggunakan koneksi WiFi. Pasalnya, tarif data roaming biasanya sangat mahal dan kita tidak bisa menggunakan paket internet yang kita miliki di sana. Silahkan non-aktifkan opsi data roaming di Settings > Wireless and Networks > Data Usage > Mobile Data.

Atur Batas Penggunaan Internet

cara menghemat kouta internet

Cara menghemat kuota internet yang selanjutnya adalah dengan mengatur batas penggunaan internet di smartphone Android Anda. Caranya, buka menu Settings > Wireless and Networks > Data Usage kemudian aturlah berapa kuota internet yang ingin Anda gunakan selama sebulan.

Setelah itu, fitur ini akan mengingatkan Anda ketika batas tersebut sudah hampir habis. Anda juga dapat mengatur agar perangkat Android Anda secara otomatis mematikan internet ketika batas kuotanya sudah terlewati.

Untuk memperkirakan penggunaan data selama sebulan, di sana juga sudah terdapat riwayat penggunaan kuota internet Anda selama ini. Selain itu terdapat juga informasi mengenai aplikasi yang paling banyak menggunakan data internet.

Download Konten Streaming

spotify

Jika Anda suka mendengarkan musik secara streaming melalui aplikasi Spotify dan sejenisnya, maka cobalah untuk mengunduhnya. Pasalnya mendengarkan musik streaming secara berulang-ulang akan cepat menghabiskan kuota internet Anda.

Beberapa penyedia konten streaming memang tidak menyediakan fitur download, namun ada juga yang menyediakannya. Salah satu contohnya adalah Spotify yang menyediakan fitur download khusus untuk pengguna premium.

Selain musik, Anda juga bisa mengunduh aplikasi lainnya yang dapat diakses secara offline seperti Google Maps dan ebook. Aplikasi YouTube untuk Android juga saat ini sudah menyediakan fitur menonton video secara offline tanpa koneksi internet.

Gunakan Opera Mini

Aktivitas berselancar di internet juga menjadi salah satu yang banyak memakan kuota. Jika Anda hobi membuka puluhan hingga ratusan halaman web dalam sehari, maka cobalah untuk menggunakan browser yang memiliki sistem kompresi data.

opera mini

Salah satu browser yang paling hemat penggunaan datanya adalah Opera Mini. Browser dengan warna khas merah tersebut akan melakukan kompresi data dan gambar sehingga ukurannya menjadi lebih kecil. Selain hemat, proses loading menggunakan Opera Mini juga jauh lebih cepat.

Matikan Aplikasi Background

Mungkin tidak terlalu menjadi masalah jika kuota internet kita habis oleh aplikasi yang kita gunakan. Namun bagaimana jika ternyata aplikasi yang tidak digunakan juga ikut menghabiskan kuotanya? Tentu saja aplikasi tersebut harus segera dienyahkan.

Beberapa aplikasi sosial media biasanya melakukan hal tersebut. Maka dari itu, coba buka menu Settings > Wireless and Networks > Data Usage lalu perhatikan aplikasi apa saja yang tidak digunakan namun banyak memakan kuota internet.

Jika ada aplikasi yang melakukannya, maka Anda dapat langsung menghapus aplikasi tersebut. Akan tetapi jika Anda masih membutuhkannya, maka Anda dapat mencegahnya agar tidak berjalan otomatis di background dengan mengikuti tutorial di artikel ini.

Jangan lupa juga untuk mengatur Google Play Store agar tidak melakukan update otomatis. Pasalnya update otomatis ini akan banyak memakan kuota internet Anda. Untuk cara pengaturannya, silahkan simak ulasan kami di artikel ini.

Nah, itulah 5 cara menghemat kuota internet yang bisa Anda terapkan pada smartphone ataupun tablet Android Anda. Kini Anda tidak perlu pusing lagi karena harus sering membeli kuota internet akibat penggunaan data internet yang boros. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar