carisinyal web banner retina

Cara Mengunci Aplikasi di HP realme agar Lebih Aman

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Saat ini, mengunci HP lewat pola atau PINJ saja masih belum cukup. Karena ketika kita meminjamkan HP ke teman atau orang lain, sudah pasti HP tersebut kita buka terlebih dahulu. Maka dari itu, sebagai langkah keamanan selanjutnya, ada baiknya mengunci beberapa aplikasi yang dianggap penting atau rahasia.

Lantas, bagaimana caranya? Dalam artikel ini, Carisinyal telah membuat tutorial atau langkah-langkah untuk mengunci aplikasi di HP realme.

Sebagai informasi, saya menggunakan HP realme narzo 50 5G ketika membuat tutorial ini. Namun, langkah-langkah yang akan dijelaskan tidak akan jauh berbeda dari HP realme lainnya. Terlebih lagi jika antarmuka yang digunakan adalah realme UI 3 atau yang berdekatan.

Untuk mengunci aplikasi di HP realme, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Buka Settings atau Pengaturan

Buka aplikasi “Settings” di HP realme Anda.

cara mengunci aplikasi hp realme

2. Pilih "Password & Security”

Cari dan buka menu “Password&Security” untuk memastikan HP realme Anda telah terkunci.

cara mengunci aplikasi hp realme

Jika belum, silakan aktifkan keamanan untuk HP realme Anda dengan keamanan yang tersedia. Anda bisa menggunakan password, face, atau fingerprint.

cara mengunci aplikasi hp realme

3. Pilih Setting kembali dan pilih Privacy

Setelah aktif, silakan kembali ke halaman Settings dan pilih menu “Privacy”. Kemudian lakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Untuk mengunci aplikasi Anda, silakan pilih “App lock”.
cara mengunci aplikasi hp realme
  • Karena HP realme Anda telah dikunci, Anda akan diminta untuk memasukan sandi atau fingerprint terlebih dahulu.
cara mengunci aplikasi hp realme
  • Setelah masuk ke menu “App lock”, silakan tekan toggle di sebelah nama “App lock” untuk mengaktifkannya.
  • Anda bisa bebas memilih aplikasi mana saja yang akan dikunci mulai dari WhatsApp, Instagram, Chrome, dan sebagainya. Caranya dengan menekan toggle yang ada di sebelah nama aplikasi hingga berwarna biru.
  • Setelah itu, silakan kembali ke halaman utama untuk melihat apakah aplikasi sudah terkunci atau belum.

Setelah Anda melakukan hal tersebut, ketika mencoba membuka aplikasi yang telah dikunci, Anda harus memasukkan sandi terlebih dahulu. Namun, jika Anda sudah mendaftarkan sidik jari, Anda hanya tinggal menggunakan sidik jari agar lebih praktis dan cepat.

Jika Anda ingin membuka aplikasi tersebut tanpa adanya kunci, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan sebelumnya. Setelah itu, Anda hanya tinggal mematikan kunci dengan menekan toggle di samping aplikasi hingga berwarna abu-abu.

Anda tidak harus mengunci semua aplikasi yang ada di HP realme. Hanya aplikasi-aplikasi yang berisi data pribadi atau informasi penting dan rahasia saja yang lebih baik dikunci. Selamat mencoba.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram