carisinyal web banner retina
Carisinyal / Tips Trik / Cara Mudah Menonaktifkan Notifikasi Chrome yang Mengganggu

Cara Mudah Menonaktifkan Notifikasi Chrome yang Mengganggu

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 3 Februari 2021

Aplikasi apa yang kamu gunakan untuk berselancar di Internet? Apakah kamu pengguna browser Chrome? Mesin pencari satu ini memang sudah tersohor seantereo dunia. Memiliki nama lengkap Google Chrome, perangkat lunak peramban yang digunakan untuk menjelajah dunia maya ini dikenalkan kepada publik di penghujung akhir 2008.

Banyak orang jatuh cinta pada Google Chrome karena dilengkapi dengan berbagai keunggulan. Kelebihan dari mesin pencari ini mulai dari dapat dinikmati dengan gratis mudah diakses, dan mempunyai tampilan yang minimalis tapi kekinian. Kendati demikian, Google Chrome juga memiliki kelemahan salah satunya fitur notifikasi yang seringkali muncul tiba-tiba.

Kehadiran notifikasi atau pemberitahuan pada sebagian banyak orang mungkin terasa mengganggu saat tengah asyik bermain internet di Chrome. Akan tetapi, di satu sisi kemunculan notifikasi justru membantu para pengguna aplikasi Chrome untuk kebutuhan pengingat dari ekstensi, situs web atau perangkat lunak.

Tidak hanya itu, biasanya notifikasi muncul karena ada beberapa portal yang meminta untuk memberikan akses supaya pengguna dapat melihat artikel terbaru dari portal tersebut. Faktanya, tak jarang para pengguna memutuskan untuk menonaktifkan notifikasi Google Chrome pada perangkat komputer atau laptop.

Sayang, tak banyak juga yang tahu bagaimana cara untuk menonaktifkan notifikasi pada Google Chrome. Nah, maka dari itu Carisinyal akan membantu kamu untuk menyelesaikan masalah ini. Caranya pun mudah diikuti dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Yuk, langsung saja simak pembahasan mengenai cara menonaktifkan notifikasi Google Chrome berikut ini. Baca sampai tuntas yah!

1. Menonaktifkan Notifikasi Google Chrome di Perangkat Komputer/Laptop

Untuk menonaktifkan notifikasi Google Chrome sebenarnya sangat mudah karena kamu bisa ikuti tutorial berikut ini:

  • Tahapan pertama yang harus kamu lakukan untuk memulai proses penonaktifkan fitur notifikasi pada Google Chrome di perangkat komputer atau laptop ialah dengan membuka terlebih dahulu perangkat lunak Google Chrome. Carilah ikon Google Chrome yang biasanya berlokasi di laman dekstop atau jika tidak ada pergilah ke kolom pencarian dan ketik "Google Chrome".
  • Setelah menemukan ikon dari aplikasi Google Chrome, kliklah ikon tersebut. Sampai muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Membuka Google Chrome

  • Setelah terbuka, carilah klik ikon titik yang berjumlah tiga yang terletak di bagian kanan atas. Saat kamu mengklik ikon tersebut, maka Google Chrome akan memunculkan menu kategori pengaturan.

Klik Tombol Titik Tiga

  • Kemudian, carilah dan klik menu Setelan atau Settings. Pada menu Setelan atau Settings, kamu akan melihat banyak pengaturan yang dapat dipilih. Akan, tetapi karena tujuanmu untuk menonaktifkan notifikasi maka kamu harus memilih menu Setelan Situs atau Site Setting pada kategori Privasi dan Keamanan atau Privacy and Security.

Site Settings

  • Selepas mengklik Setelan Situs atau Site Setting, silakan untuk memilih menu Notifikasi.

Notifikasi

  • Pada menu ini, kamu akan ditampilkan beberapa notifikasi dari situs-situs yang telah kamu diizinkan atau perbolehkan, seperti gambar berikut ini.

Daftar Notifikasi

  • Berikutnya untuk menonaktifkan semua notifikasi dari situs-situs, kamu hanya perlu untuk mematikan switch off notifikasi dengan menggeser tombol berwarna biru (dari kanan ke kiri).

Switch Off

Tips tambahan! bila kamu hanya bermaksud untuk menonaktifkan notifikasi pada salah satu situs atau portal, maka silakan untuk mengisi URL dari situs yang sering menampilkan notifikasi pada menu Block dan klik tombol Add.

Salah Satu Portal

  • Selesai, Google Chrome-mu akan terhindari dari notifikasi situs atau portal yang kamu tidak diharapkan kehadirannya. Perlu dicatat! Bagi kamu yang ingin mengaktifkan kembali fitur notifikasi pada Google Chrome maka caranya tinggal menggeser tombol berwarna biru untuk switch on.

2. Menonaktifkan Notifikasi Google Chrome di Ponsel Pintar

Notifikasi Google Chrome yang mengganggu juga sering kali dialami oleh para pengguna ponsel pintar. Lalu, cara untuk menonaktifkan notifikasi Google Chrome di ponsel pintar rupanya tidak sulit alias gampang, bisa ikuti tahap-tahap berikut ini:

  • Tahap pertama yang harus dilakukan adalah memastikan terlebih dulu apakah ponsel pintarmu memang menggunakan mesin pencari Google Chrome atau tidak.
  • Selanjutnya pergilah ke menu Pengaturan atau Setting yang digambarkan dengan bentuk gerigi. Lalu, klik menu Pengaturan atau Setting tersebut.
  • Dilanjutkan dengan mencari dan mengklik menu Aplikasi dan Notifikasi. Jika, kamu tidak menemukan menu Aplikasi dan Notifikasi, kamu bisa mencarinya di kolom pencarian yang biasanya berada di paling atas.

Menu Aplikasi dan Notifikasi

  • Selepas kamu menemukan dan mengklik menu Aplikasi dan Notifikasi, kamu akan disuguhkan dengan deretan perangkat lunak yang dipasang pada ponsel pintarmu. Lantas, kamu harus mencari perangkat lunak Google Chrome dan mengkliknya. Jika tidak ketemu, kamu bisa menggunakan fitur pencarian dengan mengklik tombol berbentuk lup atau kaca pembesar untuk menemukan perangkat lunak Google Chrome.

Mencari Aplikasi Google Chrome

  • Berikutnya, kamu akan melihat beberapa menu setelah mengklik ikon Google Chrome sebelumnya. Di antaranya ada menu notifikasi, izin, penyimpanan, penggunaan data, waktu yang dihabiskan di aplikasi, baterai, buka secara default, aplikasi browser, picture-in-picture, meng-install aplikasi yang tidak kenal, dan detail aplikasi. Juga di bagian atas tampilan ada kolom Nonaktifkan dan Paksa Berhenti.
  • Dikarenakan tujuan kamu adalah untuk menonaktifikan notifikasi maka kamu harus memilih dan mengklik menu Notifikasi. Jangan sampai ketukar dengan Nonaktifkan, yah!

Notifikasi Google Chrome

  • Setelah mengklik menu Notifikasi, kamu dituntun pada Tampilkan Notifikasi. Pada laman ini kamu akan melihat beberapa menu kembali seperti menu Umum, Situs, Izinkan Titik Notifikasi, dan Setelan Tambahan di Aplikasi.

Tampilkan Notifikasi Google Chrome

  • Berikutnya kamu harus melakukan Switch Off. Bila kamu ingin melakukan Switch Off semua baik Umum maupun Situs, maka tinggal menggeser tombol Tampilkan Notifikasi ke arah kiri.

Semua Notifikasi

  • Sedangkan, jika kamu ingin melakukan penonaktifkan notifikasi di beberapa menu atau submenu, langkahnya juga sama cukup menggeser tombol berwarna hijau ke arah kiri atau menghilangkan tanda centang.

Beberapa Notifikasi

  • Kamu tidak perlu mencari tombol Simpan atau Save karena perubahan akan tersimpan dan bekerja secara otomatis. Sebagai bukti kalau proses penonaktifkan notifikasi pada Google Chrome beroperasi, alangkah lebih baiknya jika melakukan penghapusan riwayat pencarian dan Restart ponsel pintarmu.
  • Voila! Kamu tidak akan menemukan notifikasi yang mengganggu lagi saat membuka dan menjalankan Google Chrome pada ponsel pintarmu. Namun, apabila ada situs yang nakal dan kembali muncul notifikasi maka langkahnya sama seperti yang dijelaskan di atas. Pun, jika ingin mengaktifkan ulang fitur Notifikasi pada Google Chrome kamu tinggal menuju menu Peraturan dan mencari aplikasi Google Chrome, lalu Switch On atau menggeser tombol hijau ke arah kanan.

Sedikit catatan, langkah di atas mungkin sedikit berbeda dalam hal penamaan menu dan tata letak menu tergantung dari jenis ponsel. Sementara contoh di atas Carisinyal menggunakan ponsel pintar ASUS dengan OS Android 9.

Bagaimana mudah, bukan? Sekarang kamu tidak perlu kesal atau terganggu jika ada notifikasi yang muncul saat kamu sedang berselancar Internet menggunakan aplikasi Google Chrome. Eh! Atau kamu punya cara lain dalam melakukan proses penonaktifan notifikasi Google Chrome? Coba ceritakan di kolom komentar, dong!

Bagi kamu yang sedang mencari aplikasi atau perangkat lunak mesin pencarian selain Google Chrome untuk dipasang pada ponsel pintarmu, coba melansir ke artikel yang bertajuk 11 Aplikasi Browser Terbaik dan Tercepat untuk HP Android. Dijamin kamu akan banyak menemukan aplikasi keren! Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram