carisinyal web banner retina

2 Cara Download Instagram Story Sendiri & Orang Lain

Ditulis oleh Linda
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Jika Kamu pengguna aktif Instagram, pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Instastory, dong? Ya, Instagram Story atau yang lebih sering disingkat dengan Instastory merupakan salah satu fitur di Instagram yang sangat nge-hits terutama di kalangan anak muda bahkan selebgram pun menggunakan fitur Instastory.

Secara default, Instastory hanya bisa menyimpan Story selama 24 jam. Namun, tahukah Kamu kalau Instastory bisa menyimpan Story lebih dari 24 jam? Tak hanya itu saja, bahkan fitur Instastory ini telah berkembang dengan hadirnya fitur untuk menyimpan Story.

Nah, di bawah ini Carisinyal akan memberikan tutorial untuk menyimpan Instagram Story. Sebelumnya kamu perlu mengetahui dulu kalau Instagram Story dan Snapgram itu sama saja. Disebutkan kalau sebutan Snapgram muncul karena fitur Story Instagram dianggap mirip dengan Snapchat.

Jadi, tidak ada yang perlu dibingungkan dengan kedua istilah ini. Namun, di sini kita akan menggunakan kata Instagram Story alih-alih Snapgram agar tidak rancu.

1. Cara Menyimpan Story Milik Sendiri

Kini Kamu sudah mengatur Instastory untuk bisa melakukan penyimpanan Story. Nah, cara menyimpan Story yang pertama adalah dengan menggunakan fitur Save yang sudah disediakan oleh pihak Instagram. Ya, Instagram telah mengembangkan aplikasi sosial medianya dengan berbagai fitur yang dibutuhkan oleh para penggunanya.

Selain menambahkan fitur Instastory, Instagram juga menyediakan fitur menyimpan Story secara langsung dari Instastory yang sudah Kamu update. Untuk menyimpannya, Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuklah ke dalam akun Instagram Kamu.
  • Kemudian, Kamu bisa langsung klik fitur Instastory akun Instagram Kamu.
Cara Menyimpan Snapgram Secara Langsung 1
  • Setelah itu, secara otomatis Kamu akan masuk ke dalam Instastory Kamu. Bahkan, Instastory juga akan menunjukkan semua Story yang telah Kamu masukkan ke dalam Instastory.
  • Lalu, Kamu bisa langsung pilih Story mana yang ingin disimpan.
  • Berikutnya, Kamu bisa langsung klik More yang ada di bagian pojok kanan bawah.
Cara Menyimpan Snapgram Secara Langsung 2
  • Jika sudah mengklik More, maka akan muncul beberapa opsi seperti Delete, Share as post, dan salah satunya adalah Save photo. Nah, Kamu klik Save photo. Secara otomatis, Story tersebut akan disimpan ke dalam galeri HP Kamu.
Cara Menyimpan Snapgram Secara Langsung 3

Namun, perlu diketahui juga bahwa cara yang satu ini hanya bisa menyimpan Story yang ada pada Instastory akun Instagram pribadi saja. Jadi, Kamu tidak bisa menyimpan Story orang lain dengan menggunakan cara ini.

2. Cara Menyimpan Story Orang Lain

Memang Instagram tidak menyediakan fitur untuk menyimpan Story orang lain. Namun, Kamu bisa mengikuti tips dan trik cara menyimpan Story orang lain dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ya, Kamu membutuhkan aplikasi tambahan untuk menyimpan Story orang lain. Nah, di sini Kami akan merekomendasikan dua aplikasi untuk menyimpan Instagram Stories orang lain.

Sebelum kamu melakukannya, kamu harus ingat kalau aplikasi ini tidak berafiliasi dengan Instagram. Selain itu, menurut prosedur hak cipta pengguna Instagram, kamu perlu mendapatkan izin dari pemilik postingan Instagram tersebut jika ingin memposting ulang. Jadi, pastikan kamu izin dulu ya sebelum mengunduh atau menyimpan konten apa saja dari akun Instagram orang lain.

Tanpa Aplikasi

Jika kamu ingin menyimpan cerita orang lain tanpa menggunakan aplikasi tambahan, kamu bisa menggunakan situs pengunduh Insta Story. Situs ini menyediakan layanan secara gratis. Dari sekian banyak situs yang tersedia, Carisinyal merekomendasikan StorySaver.net. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka browser dan masuk ke StorySaver.net
  • Di kolom yang tersedia, masukkan username Instagram yang ingin Anda download story-nya. Setelah itu, tekan “Download”.
Tanpa 1
  • Layar akan menampilkan jajaran stories yang dibuat username tersebut. Anda hanya perlu menekan "Save as Video” jika format story yang di-dowload adalah video atau “Save as Photo” jika format story-nya berbentuk gambar.
Tanpa 2

Story foto atau video akan langsung tersimpan di perangkatmu. Bahkan, jika story-nya berbentuk video, audio pada story tersebut juga tidak akan hilang.

Dengan Aplikasi

Mengunduh Insta Story menggunakan aplikasi pihak ketiga cenderung lebih mudah dan praktis dibanding harus menggunakan situs yang dibuka dari browser. Kali ini, Carisinyal menggunakan aplikasi Story Saver yang bisa diunduh di Google Play Store smartphone Anda. Berikut adalah tutorialnya:

  • Install dan buka Story Saver.
  • Tekan “Let’s Start”. Jika diminta log in, cobalah untuk log in terlebih dahulu dengan username dan password Instagram-mu.
App 1
  • Cari username yang Instagram yang ingin kamu download story-nya.
App 2
  • Pilih salah satu story yang ingin diunduh.
App 3
  • Klik ikon download ini untuk mengunduh story.
App 4

Itulah cara menyimpan Instagram Story atau Snapgram dengan mudah. Sekali lagi, kamu tidak boleh sembarangan memposting ulang konten Instagram orang lain karena ada hak cipta untuk itu. Sebaiknya kamu meminta izin dulu kepada pemilik postingan Instagram sebelum menyimpan atau bahkan memposting ulang konten mereka.

FAQ

Di bawah ini ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait cara menyimpan story Instagram. Simak untuk tahu jawaban-jawabannya.

1. Apakah jika kita screenshot Story IG ada notif di iphone?

Saat ini, Instagram tidak mengirimkan notifikasi kepada pengguna ketika seseorang mengambil screenshot dari Story mereka. Ini berlaku untuk semua jenis perangkat, termasuk iPhone.

2. Apakah jika menyalin tautan Story IG ketahuan?

Saat kamu menyalin tautan dari Story Instagram, Instagram tidak memberikan notifikasi kepada pemilik Story tersebut. Tindakan ini bersifat pribadi dan tidak diketahui oleh pengguna yang Story-nya kamu salin tautannya.

3. Bagaimana cara menyimpan Story IG musik tanpa menghilangkan musiknya?

Untuk menyimpan Story Instagram yang memiliki musik tanpa menghilangkan musiknya, kamu perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Ada berbagai aplikasi yang tersedia di App Store atau Google Play Store yang memungkinkan kamu untuk mengunduh Story Instagram dengan musiknya.

4. Story Instagram tersimpan di mana?

Story Instagram yang kamu buat disimpan di arsip Instagram-mu secara otomatis, kecuali kamu mematikan fitur ini. Kamu dapat mengakses Story yang telah disimpan ini melalui profil Instagram-mu, di bawah bagian 'Arsip'. Di sana, kamu bisa melihat story yang telah dibagikan sebelumnya.

5. Apakah story Instagram yang di-private bisa didownload?

Jika sebuah Story Instagram diprivasi (hanya dapat dilihat oleh pengikut yang disetujui), kamu tidak bisa secara resmi mendownloadnya kecuali kamu adalah follower yang disetujui dan menggunakan aplikasi pihak ketiga

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram