Carisinyal / Tips Asus / Inilah Cara Reset dan Reboot HP Asus yang Mudah Dilakukan

Inilah Cara Reset dan Reboot HP Asus yang Mudah Dilakukan

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Oktober 2019

Jika Anda adalah pengguna HP Asus Zenfone, Anda mungkin masih bingung cara menggunakan HP tersebut dengan benar. Terutama ketika Anda ingin melakukan reset dan reboot HP Asus tersebut. Anda tidak tahu cara yang tepat untuk melakukan reset dan reboot HP Asus tersebut.

Lantas, bagaimana caranya? Tentu saja Carisinyal bakal jelaskan kepada Anda caranya. Karena itulah Anda ada di artikel ini. Langsung saja simak caranya berikut ini.

Cara Reset HP Asus

Untuk tutorial pertama yang bakal dibahas adalah tentang cara reset HP Asus. Cara ini biasanya dilakukan ketika HP Asus Anda mengalami berbagai permasalahan serius. Contohnya adalah terkena virus, terkena gangguan yang menyebabkan HP lemot, atau karena performa HP secara keseluruhan sudah menurun.

Agar performa HP kembali seperti semula, salah satu cara terbaiknya adalah dengan melakukan reset HP Asus. Untuk melakukan hal ini, Anda perlu melakukan factory reset. Apa itu factory reset? Factory reset adalah mengubah setelah HP ke setelah pabrik atau ke setelan ketika pertama kali HP dinyalakan.

Karena mengubah ke setelah awal, otomatis, semua data yang ada di HP akan hilang. Untuk itu, penting bagi Anda untuk melakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan reset HP. Jika sudah backup, selanjutnya silakan langkah-langkah berikut ini.

Untuk melakukan factory reset, simak langkah-langkah dibawah ini:

  1. Pertama, masuk ke menu Setelan” pada HP Asus Anda.
  2. Setelah itu masuk ke bagian  Sistem”.
  3. Selanjutnya pilih menu “Opsi setel ulang.Cara reset HP Asus
  4. Kemudian Anda tinggal pilih opsi Reset ke setelan pabrik”
  5. Anda akan diberikan peringatan  tentang penghapusan data. Jika sudah yakini silakan pilih “Reset Ponsel”.
  6. Tunggu beberapa saat sampai ponsel memberitahukan untuk proses pemuatan ulang.
  7. Biasanya HP Asus Anda akan melakukan restart kembali.
  8. Waktu yang dibutuhkan untuk proses reset ini tidak terlalu lama, kok, jadi Anda tidak perlu cemas.
  9. Setelah masuk kembali, Anda akan diminta untuk mengatur ulang ponsel, mulai dari akun Gmail dan pengaturan keamanan ponsel.
  10. Pastikan Anda backup data nomor ponsel di akun Gmail agar ketika Anda login dengan akun Gmail yang sama, nomor ponsel kembali muncul.

Cara Reboot HP Asus

reboot hp asus

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=1z1sIAc75Ys

Untuk tutorial kedua yaitu reboot HP Asus. Untuk melakukan ini, sebenarnya harus dipastikan tujuan Anda untuk apa? Kalau untuk sekadar reboot HP, Anda cukup melakukan restart ulang HP Anda.

Cara untuk restart ulang mudah, yaitu dengan menekan tombol power HP Asus Anda. Setelah itu, Anda bisa langsung memilih “nyalakan ulang” atau “restart”. Atau Anda juga bisa memilih opsi “matikan ponsel”. Bedanya opsi ini tidak otomatis menyalakan ponsel Anda.

Ada juga cara Reboot HP Asus yang ribet. Anda bisa masuk ke recovery mode dengan cara menekan tombol power dan tombol volume down secara bersamaan. Setelah masuk, Anda tinggal memilih opsi “Reboot Now”. Opsi yang sebenarnya tergolong ribet untuk Anda lakukan jika hanya ingin melakukan reboot ulang.

Cara Masuk ke Recovery HP Asus

cara reboot HP Asus

Untuk tutorial ketiga adalah cara untuk masuk recovery mode. Ada berbagai tujuan untuk masuk ke recovery mode ini, tergantung dari tujuan Anda. Namun, umumnya, ketika Anda masuk ke recovery mode, biasanya Anda ingin melakukan hard reset karena HP Anda mengalami berbagai gangguan yang memberatkan.

Untuk masuk ke recovery mode sendiri, Anda hanya cukup mematikan ponsel Asus Anda. Setelah itu, tekan tombol power dan volume down secara bersamaan. Nantinya HP Anda akan masuk ke “recovery mode”.

Di menu “recovery mode” ini, Anda bisa memilih untuk menghapus partisi ponsel Anda, melakukan root, maupun melakukan factory reset. Yap, Anda bisa melakukan factory reset HP Anda lewat mode recovery mode. Cara ini lebih mudah dilakukan meski tentu cara yang pertama atau yang sudah disebutkan di atas juga merupakan cara yang mudah untuk dilakukan.

Perbedaan Factory Reset dan Hard Reset

Disebutkan sebelumnya, kalau menur “recovery mode” adalah pilihan untuk melakukan hard reset. Lantas, apa perbedaan reset dengan factory reset? Apakah keduanya memiliki fungsi yang sama atau berbeda? Untuk menjawabnya, silakan simak penjelasan tentang Factory Reset dan Hard Reset berikut ini.

  • Factory reset
factory reset

* sumber: www.androidcentral.com

Factory reset merupakan salah satu langkah agar HP Anda bisa diubah pengaturannya ke pengaturan pabrik alias diubah kondisi software di dalamnya sama seperti ketika pertama kali membeli ponsel tersebut.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, cara untuk melakukan factory reset adalah dengan masuk ke bagian setelan. Opsi tersebut tidak hanya berlaku untuk HP Asus. Untuk HP lain juga sama polanya. Biasanya masuk ke bagian “setting” atau “setelan” kemudian memilih “backup & reset”. Setelah itu memilih “factory data reset”, “reset phone”, dan pilih “erase everything”.

Opsi penghapusan semuanya atau erase everything adalah opsi untuk menghapus semua data yang ada di ponsel Anda. Artinya, ponsel Anda akan menghapus semua aplikasi pihak ketiga ataupun aplikasi yang anda instal. Ponsel akan kembali pada kondisi ketika pertama kali ponsel menyala, yakni sebuah sistem operasi Android dengan berbagai aplikasi bawaannya.

Setelah factory reset, tidak ada lagi data seperti foto dan video, tidak ada data lagu atau mp3 yang Anda simpan. Tidak ada pula data kontak, kecuali jika kontak sudah Anda masukan ke akun Google. Karena itu, penting untuk melakukan backup data sebelum factory reset.

Factory reset ini bisa dilakukan ketika HP Anda masih bisa dioperasikan dengan mudah. Artinya, Anda masih bisa masuk ke sistem operasi dengan baik. Hanya saja mungkin karena performa HP Anda jadi lemot atau ada banyak virus menyerang sistem, makanya opsi factory reset adalah opsi terbaik agar HP Anda pulih seperti semula.

  • Hard reset
hard reset asus

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=2A9hYpJ0A3c

Hard reset pada dasarnya adalah cara untuk mengembalikan setelah ponsel ke pabrik. mirip dengan factory reset. Perbedaannya, untuk melakukan hard reset, Anda harus menggunakan kombinasi tombol.

Seperti pada HP Asus, dan umumnya pada HP Android lainnya, kombinasi tombol untuk hard reset adalah dengan masuk ke recovery mode dan memilih opsi hard reset. Namun, tidak sedikit juga opsi untuk masuk ke recovery mode ini menggunakan tombol lain, seperti kombinasi tombol power dan volume atas. Ada juga yang menggunakan tombol home untuk masuk ke recovery mode.

Sama seperti factory reset, hard reset juga memberikan efek pada hilangnya data yang ada di ponsel. Karena itu, sama seperti sebelum melakukan factory reset, hard reset juga mengharuskan Anda untuk back up data.

Hard reset sendiri adalah opsi ketika Anda tidak bisa melakukan factory reset. Biasanya hard reset dilakukan jika Anda lupa dengan sandi ponsel. Atau paling parah, HP Anda mengalami bootloop sehingga opsi satu-satunya agar HP Anda kembali menyala adalah dengan hard reset.

Menilik pengertian tersebut, dapat disimpulkan jika hard reset dan factory reset pada dasarnya memiliki kesamaan, yakni mengembalikan kondisi ponsel ke kondisi ketika pertama kali dinyalakan. Perbedaannya, hard reset dilakukan ketika ponsel sudah tidak bisa melakukan operasi factory reset.

Demikianlah penjelasan soal cara reset dan reboot HP Asus berserta penjelasan soal hard reset dan factory reset. Semoga informasi ini membantu Anda.

Oh iya, selain cara reset dan reboot HP ASUS, kami juga pernah membahas seputar tips dan trik untuk menghilangkan iklan di HP ASUS. Anda bisa mengetahui tipsnya dalam artikel ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar