carisinyal web banner retina

Cara Reset HP Huawei dan Saat yang Tepat untuk Meresetnya

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 3 Agustus 2021

Huawei merupakan satu dari sekian banyak vendor asal Tiongkok yang telah berhasil mendapat tempat di pasaran smartphone dunia. Banyak strategi yang dilakukan perusahan yang telah berdiri sejak September 1987 ini.

Salah satunya adalah menggandeng Leica, perusahaan asal Jerman yang memproduksi kamera, lensa dan binokular, dll untuk menciptakan teknologi kamera Huawei tipe tertentu.

Tapi sepertinya memang sudah menjadi kodrat sebuah perangkat. Secanggih apapun perangkat, pasti ada kalanya ia mengalami masalah. Sama halnya dengan Huawei.

Meskipun banyak produk mereka yang canggih, untuk antisipasi atau mengatasi eror yang dihadapi penggunanya, ada beberapa cara yang bisa digunakan. Berikut ini akan kami uraikan cara reset HP Huawei agar bisa kembali berjalan normal.

Kapan Harus Mereset Ponsel?

Ada kalanya kamu mendapati ponsel tidak berjalan normal seperti biasanya. Entah itu ada aplikasi yang tidak bisa dibuka, ponsel tidak merespon ketika kamu sentuh layarnya, atau ponsel tidak masuk ke menu sama sekali. Selalu ada jalan keluar untuk mengatasi ponsel eror tersebut.

Dalam dunia teknologi, mereset sebuah perangkat kera dilakukan untuk mengatasi eror tersebut. Reset adalah sebuah tindakan mengembalikan pengaturan ponsel sekarang ke pengaturan awal. Mungkin kamu akan bertanya kapan sih waktu yang tepat untuk melakukan reset? Inilah beberapa di antara jawabannya.

1. Saat Sistem Lambat

Salah satu hal yang sangat dibenci oleh setiap pengguna perangkat, baik itu ponsel, laptop maupun perangkat lainnya adalah lambat atau lemot. Lemot diartikan sebagai perangkat yang mengalami keterlambatan merespon sebuah perintah.

Ponsel lemot memerlukan waktu lebih lama untuk beroperasi. Misalnya ketika kamu ingin membuka menu tertentu. Alih-alih menu tersebut terbuka, ponsel malah tidak bergerak sama sekali ketika kamu menyentuh menunya.

Inilah tanda pertama kamu harus mereset ponselmu. Pasalnya ponsel yang sudah tidak responsif lagi itu menandakan ada yang salah dengan ponsel tersebut.

2. Saat Mengalami Jaringan Internet Error

Cara Reset HP Huawei dan Saat yang Tepat untuk Meresetnya 3Sumber: unsplash.com

Jaringan internet pada sebuah smartphone adalah sesuatu yang sangat penting dan dasar. Jaringan ini diibaratkan sebuah makanan pokok manusia yang akan harus terpenuhi. Sebuah ponsel memang masih bisa digunakan sekali pun tanpa koneksi internet. Akan tetapi penggunaannya menjadi sangat terbatas.

Fungsi ponsel hanya akan sebatas mengirim pesan dan menelpon. Itu pun dengan syarat pulsa mencukupi. Coba bandingkan saat ponsel terhubung dengan jaringan internet.

Tidak hanya berkirim pesan dan menelpon saja, hampir semua hal bisa kamu penuhi, misalnya belajar jarak jauh, bekerja (untuk yang WFH), berselancar di dunia maya, mendapatkan hiburan, dan masih banyak lagi. Itulah pentingnya jaringan internet bagi sebuah ponsel.

Lalu, bagaimana jika ponsel tidak bisa terkoneksi pada jaringan internet padahal bar indikator menunjukan jaringan stabil? Nah, inilah tanda kedua yang menunjukan bahwa ponselmu harus direset agar bisa terkoneksi dengan jaringan internet.

3. Saat Menu Ponsel Error

Cara Reset HP Huawei dan Saat yang Tepat untuk Meresetnya 5Sumber: itigic.com

Jika kamu merasakan ada hal yang ganjil ketika mengoperasikan ponsel Huawei-mu, sebaiknya kamu cari tahu sumber masalahnya terlebih dahulu. Ketika hal-hal sederhana untuk mengatasi menu error tidak bisa dikembalikan maka kamu bisa lakukan reset pada ponselmu.

Menu eror ditandai dengan Home yang tidak bisa dibuka. Meskipun kamu telah membuka menu Home pada ponsel Huawei-mu tapi layar tidak bergerak. Ini berarti sudah saatnya kamu mereset ponselmu.

4. Saat Aplikasi Macet

Terkadang tidak hanya menu Home saja yang bermasalah. Terkadang aplikasi menunjukkan tanda-tanda keras kepala di mana ia tidak merespon saat kamu mengetuk ikonnya. Memang, hal tersebut bisa disebabkan karena karena banyak hal, misalnya terlalu banyak aplikasi di dalam ponselmu.

Sebaiknya coba lakukan penghapusan beberapa aplikasi yang dirasa tidak begitu penting. Jika setelahnya aplikasi masih tidak berjalan seperti biasanya, seperti tiba-tiba aplikasi terhenti dan terjadi force close, sebaiknya kamu lakukan reset pada ponselmu.

Cara Mereset HP Huawei

Kemudian timbul pertanyaan bagaimana cara melakukan reset pada perangkat Huawei? Nah, sekarang kamu sudah sampai pada bahasan utamanya. Di sini akan coba kamu paparkan bagaimana cara reset ponsel Huawei yang tepat dan aman.

Sebelum kamu mereset ponsel, hal yang tidak boleh kamu lewatkan adalah mem-backup data. Pasalnya ketika reset dilakukan, maka semua akan kembali dari nol. Dalam arti data, kontak dan aplikasi akan terhapus. Nah, cara-cara reset ponsel pada perangkat Huawei adalah sebagai berikut.

1. Factory Reset

Sebagian orang berpendapat bahwa factory reset merupakan cara reset yang termudah. Hampir semua ponsel yang menggunakan sistem Android mempunyai menu ini. Langkah-langkahnya untuk mereset ponsel dengan cara factory reset adalah sebagai berikut.

  • Buka menu Setting, kemudian pilih Advance Setting.
  • Setelah itu ketuk menu Backup & Reset.
  • Pilih opsi Factory Data Reset.
  • Setelah itu, kamu akan diminta memasukan PIN untuk melanjutkan reset data.
  • Pilih Yes atau OK untuk memulai proses reset ponsel.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai. Biasanya proses ini akan memakan waktu beberapa menit. Jika proses reset berhasil maka ponsel akan melakukan restart kemudian ponsel akan kembali seperti saat kamu pertama kali membeli ponsel tersebut.

2. Recovery Mode

Cara pertama di atas ibaratnya adalah sebuah tindakan pertolongan pertama pada ponsel yang error. Langkahnya relatif sederhana dan praktis. Sedangkan cara berikut ini adalah cara yang lebih kompleks.

Recovery mode tidak bisa dilakukan sembarangan. Bagi orang awam, ini akan membingungkan karena kita mungkin tidak mengetahui opsi mana saja yang berguna untuk mereset ponsel dan yang mana yang justru akan merusak ponsel. Langsung saja kita simak cara reset melalui recovery mode.

  • Matikan terlebih dahulu ponsel Huawei yang kami miliki.
  • Tekan tombol volume atas+tombol power bersamaan. Tahan selama beberapa detik sampai muncul logo Huawei di layar.
  • Setelah logo muncul, lepaskan kedua tombol yang kamu tekan tadi.
  • Pilih opsi Wipe Data atau Factory Reset dengan menekan tombol volume.
  • Selanjutnya tekan tombol power untuk mengkonfirmasi perintah.
  • Pilih lagi menu Wipe Data atau Factory Reset untuk kedua kali. Tekan tombol volume untuk menavigasi pilihan menu yang ada dan tekan tombol power untuk mengkonfirmasi pilihan menu yang kamu pilih.
  • Lalu, pilih Reboot System Now.
  • Smartphone Huawei selanjutnya akan melakukan reset pada sistem.
  • Tunggu beberapa menit sampai proses reset berhasil dan ponsel melakukan restart. Setelah restart selesai, kamu akan mendapati ponsel seperti baru lagi. Tampilan dan pengaturan akan sama seperti awal ponsel baru dibeli.

Perbedaan Factory Reset dan Recovery Mode

Factory reset dan recovery mode adalah sama-sama merupakan langkah untuk mengatasi ponsel yang mengalami eror pada ponsel. Tapi kedua metode tersebut mempunyai perbedaan. Perbedaan ini dilihat dari tingkat kerusakan ponsel.

Factory reset dilakukan jika ponsel tidak begitu parah. Dalam arti ponsel masih bisa kadang-kadang digunakan beberapa saat. Namun, jika tingkat kerusakan sudah parah, misalnya ponsel blank dan recovery mode-lah yang dipilih untuk mengatasinya.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat kamu ingin mereset ponsel untuk memperbaiki performa ponsel. Tidak ada yang sulit, ‘kan?

Oh ya, ketika kamu melakukan recovery mode atau hard reset pastikan tombol masih berfungsi dengan baik. Pasalnya navigasi di dalam proses recovery mode menggunakan kombinasi tombol.

Dan yang tak kalah penting adalah baterai harus dalam keadaan penuh. Jangan sampai ponsel habis di tengah-tengah proses reset. Ini akan berpotensi merusak sistem.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram