Carisinyal / Youtuber / 10 Channel YouTube Edukasi Indonesia untuk Belajar Online

10 Channel YouTube Edukasi Indonesia untuk Belajar Online

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Beberapa tahun belakangan ini YouTube telah menjelma menjadi salah satu aplikasi berbagi video yang sangat populer. Biasanya orang menonton YouTube di waktu senggang atau sekedar untuk menghilangkan penat. Maka dari itu banyak orang yang senang dengan konten hiburan di YouTube.

Walaupun YouTube didominasi dengan konten hiburan, tidak sedikit channel YouTube yang berfokus pada edukasi atau pendidikan, sehingga bisa menjadi media untuk menambah pengatahuan kita! Tidak ada salahnya untuk mengganti channel favoritmu menjadi channel edukasi yang lebih berfaedah. Yuk, simak channel YouTube edukasi apa saja yang populer di Indonesia.

1. Kok Bisa?

Kok Bisa?

Dari judulnya saja saluran YouTube ini sudah membuat sebagian orang bertanya-tanya. Kok Bisa? adalah saluran YouTube edukasi dengan animasi yang lucu dan menghibur. Menariknya, jika kamu perhatikan lebih teliti, setiap video di channel YouTube ini akan menyempilkan animasi bakso. Channel YouTube Kok Bisa? kini telah memiliki lebih dari 2 juta subscriber.

Konten edukasi di channel YouTube ini dikemas secara menarik dan singkat sehingga lebih mudah dipahami. Maka dari itu channel ini dijamin tidak akan membosankan. Ketika kamu sudah menonton video di channel YouTube ini, kamu akan mendapatkan pengetahuan baru yang mungkin tidak kamu sangka selama ini.

2. Hujan Tanda Tanya

Hujan Tanda Tanya

Channel YouTube Hujan Tanda Tanya memiliki beberapa kategori, mulai dari how to learn, tips belajar, tanya ahlinya, sains dan teknologi, dan lainnya. Channel ini membahas hal-hal umum yang membuat kita bisa mendapatkan persepi dan pengetahuan baru.

Channel YouTube ini juga sering memotivasi kita untuk belajar lho! Hujan Tanda Tanya telah memiliki lebih dari 360 ribu subscriber. Mereka menerapkan konsep belajar tidak harus di sekolah, tapi bisa melalui video.

3. Ruangguru

Ruangguru

Sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan channel YouTube yang satu ini. Ruangguru sebenarnya merupakan startup edukasi teknologi yang sudah sangat populer di Indonesia. Bahkan Ruangguru telah mulai ekspansinya ke sejumlah negara, salah satunya adalah Vietnam.

Selain bisa berlangganan dengan mengunduh aplikasinya, Ruangguru juga memberikan beberapa tips belajar untuk di sekolah. Platform yang mengklaim sebagai bimbel nomor satu ini telah memiliki lebih dari 69o ribu subscriber. Apakah kamu juga berlangganan Ruangguru?

4. Quipper

Quipper

Quipper juga merupakan platform bimbingan belajar online seperti Ruangguru. Hanya saja Quipper lebih fokus dengan pelajaran-pelajaran untuk mempersiapkan Ujian Nasional. Channel YouTube ini telah memiliki lebih dari 380 ribu subscriber.

Platform ini lebih banyak menyediakan video tentang UN, persiapan masuk kuliah dan materi pelajaran SMA. Buat kamu yang sudah menduduki bangku SMA, channel YouTube ini cocok untukmu.

5. DW Indonesia

DW Indonesia

DW Indonesia merupakan singkatan dari Deutsche Well. Channel YouTube ini sebenarnya lembaga penyiaran internasional yang memproduksi siaran TV, radio dan informasi melalui internet. Channel YouTube DW Indonesia telah memiliki lebih dari 290 ribu subscriber.

DW Indonesia memiliki beberapa kategori edukasi, seperti DW kampus, negeri orang, inspirasi dan gaya hidup, inovasi teknologi sains, dan lainnya. Channel YouTube ini tidak membahas hal-hal berat yang bakal bikin kamu mikir banget, tapi juga seputar informasi umum dalam video singkat yang mudah dipahami.

6. Kamu Harus Tahu!

Kamu Harus Tahu

Sekilas channel YouTube ini mirip dengan Kok Bisa?, yaitu konten edukasi animasi yang menyajikan beragam informasi. Channel YouTube Kamu Harus Tahu! memiliki beberapa kategori, mulai dari sejarah dan pengetahuan, ayo beropini, berani bertanya, dan lainnya. Channel Youtube ini

Saluran YouTube Kamu Harus Tahu! yang telah memiliki lebih dari 87 ribu subscriber ini sebenarnya sudah dibuat sejak beberapa tahun lalu, namun belum memiliki banyak video. Ternyata mereka juga berkolaborasi dengan Hujan Tanda Tanya, Kok Bisa?, dan Sains Bro.

7. Sains Bro

Sains Bro

Sesuai dengan namanya, Sains Bro merupakan channel edukasi tentang sains yang dikemas dalam video yang menyenangkan. Sedikit berbeda dengan channel Kok Bisa? dan Kamu Harus Tahu!, channel ini memiliki konsep video animasi seperti digambar dengan spidol, sehingga terasa lebih menarik dan baru.

Mereka memiliki dua kategori video, yaitu physical science (ilmu fisika) dan life science (ilmu kehidupan). Channel yang dibangun sekitar empat tahun yang lalu ini memiliki lebih dari 80 ribu subscriber, namun isi videonya belum terlalu banyak. Jika kamu penggila sains, kamu perlu berlangganan saluran YouTube yang satu ini.

8. Ayo Mikir

Ayo Mikir

Ayo Mikir juga menggunakan konsep video edukasi berbentuk animasi yang lebih atraktif. Channel YouTube ini lebih up to date karena ada video baru setiap minggu. Ayo mikir memiliki beberapa kategori video, seperti edisi astronomi, edisi biologi, trending Indonesia, the universe 101, dan lainnya.


Video-video di channel ini benar-benar membuat kita berpikir. Jadi, pengetahuan kita akan terbuka dan lebih bertambah. Ayo Mikir telah memiliki lebih dari 94 ribu subscriber. Apakah kamu salah satu subscriber channel ini?

9. Nussa Official

Nussa Official

Nussa Official merupakan channel YouTube edukasi untuk anak-anak Muslim. Channel ini awalnya merupakan program salah satu stasiun TV di bulan Ramadhan.

Channel YouTube Nussa Official menyajikan konten video animasi yang berbeda dengan video edukasi lainnya. Kontennya dikemas dalam cerita per episode dengan alur cerita yang mudah dimengerti oleh anak-anak.

Jika kamu sudah punya anak atau memiliki adik kecil, wajib untuk subscribe Nussa Official. Setiap video juga memiliki hikmah dibalik ceritanya. Dijamin anak-anak bakal betah nonton. Channel ini telah memiliki lebih dari 5,24 juta subscriber.

10. SmarterIndo

SmarterIndo

SmarterIndo dibangun oleh seorang mahasiswa Indonesia yang tinggal di Sydney, Australia. Ia membuat channel edukasi yang terinspirasi dari Australia. Channel ini berisi materi SMA tentang kimia dan sejenisnya.

Konten dalam channgel YoutTube yang satu ini dikemas dalam video berdurasi singkat kurang dari 10 menit. Nah, jika kamu yang malas belajar kimia karena penuh dengan rumus, kamu bisa belajar di channel SmarterIndo ini.

Selain kimia, channel ini juga menyediakan materi pembelajaran fisika lho! Jadi, channel YouTube SmarterIndo direkomendasikan buat kamu yang mau memperdalam ilmu IPA.

Kini SmarterIndo sudah memiliki lebih dari 52,7 ribu subscriber. Sesuai dengan namanya, buat kamu yang mau pintar, jangan lupa mampir ke channel YouTube ini ya!

Buat kamu yang terlalu sering menonton video hiburan, sebaiknya berpindah ke channel edukasi seperti di atas ya! Apakah salah satu channel di atas sudah ada yang kamu subscribe? Jika kamu tertarik, kamu juga bisa berkontribusi mendukung pendidikan Indonesia dengan membuat channel YouTube edukasi.

Selain dapat berbagi ilmu dengan banyak orang secara gratis, secara tidak langsung kamu juga akan terus belajar meningkatkan kemampuan. Bahkan kamu juga bisa menghasilkan uang dari channel tersebut. Bagaimana? Seru banget ‘kan? Jika kamu tahu channel YouTube edukasi Indonesia lainnya, silahkan berbagi dengan pembaca lain di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *