carisinyal web banner retina
Carisinyal / Tips Trik / Tips Laptop / Yuk, Kenali Berbagai Fungsi Tombol ‘Fn’ Pada Keyboard!

Yuk, Kenali Berbagai Fungsi Tombol 'Fn' Pada Keyboard!

Ditulis oleh Syuri KN - Diperbaharui 25 Desember 2020

Ada banyak tombol pada keyboard yang jarang kita ketahui kegunaannya apa. Akui saja, apakah kamu sudah tahu kegunaan fungsi tombol 'Num Lock', 'PrtSc', 'Ctrl', 'Fn', atau 'Alt'? Masih jarang sekali ada yang tahu kegunaan atau cara menggunakan seluruh tombol yang ada pada keyboard.

Padahal, mengetahui fungsi tombol-tombol asing pada keyboard cukup berguna untuk pekerjaan kita, lho, salah satunya penggunaan tombol Fn. Nah, kali ini Carisinyal akan membahas fungsi dan cara menggunakan tombol 'fn' pada keyboard.

Apa Itu Tombol Fn?

'Fn' pada tombol 'Fn' merupakan singkatan dari 'Function' atau dalam Bahasa Indonesia berarti 'Fungsi'. Tombol 'Fn' biasanya digunakan untuk mengatur gelap terang layar komputer atau mengatur volume layar.

Fungsi tombol 'Fn' hampir sama seperti tombol 'Shift', di mana penggunaannya biasanya dikombinasikan dengan tombol lain pada keyboard. Seperti penggunaan tombol 'Shift' untuk memilih huruf besar atau meng-insert simbol tertentu seperti tanda petik ("), tombol 'Fn' juga harus digunakan dengan tombol lain pada keyboard.

Kegunaan Tombol Fn

Seperti halnya tombol 'Shift' dan 'Ctrl', tombol 'Fn' juga memiliki kegunaan tersendiri. Tapi, perlu dicatat sebelumnya, tombol 'Fn' ini memiliki fungsi yang berbeda tergantung tipe keyboard dan laptop yang kamu miliki. Di bawah ini merupakan kegunaan tombol 'Fn' yang paling umum yang bisa ditemukan pada laptop maupun PC.

1. Memperbesar atau Memperkecil Volume Suara Speaker Komputer

* sumber: www.isunshare.com

Biasanya kita memperbesar dan memperkecil volume melalui ikon speaker yang ada di pojok kanan layar, bukan? Nah, selain memakai mouse dan menggeser pengaturan volume suara pada layar, kita juga bisa menggunakan tombol Fn.

Di atas terdapat contoh gambar keyboard eksternal (keyboard tambahan), dan bisa kamu lihat tombol Fn berada di antara tombol Ctrl dan tombol dengan logo Windows. Adapun pada baris tombol F (F1-F10), pada bagian bawah tombol F terdapat simbol.

Misalnya kamu ingin menaikkan volume, tekan tombol Fn dan tanpa melepaskannya, tekan juga tombol F9 (karena terdapat simbol speaker dan tanda ‘+’ pada bagian bawah tombol F9).

Jika kamu ingin memperkecil volume, kamu bisa menekan tombol Fn sekaligus menekan tombol F8 (karena pada gambar terdapat simbol speaker dan tanda ‘-‘). Fungsi ini bisa jadi berbeda pada keyboard atau laptop berbeda, tergantung pada simbol yang ada di tombol F1-F10 atau F12 tersebut.

2. Mematikan (Mute) Speaker

* sumber: www.tenforums.com

Selain memperbesar atau memperkecil volume speaker laptop atau komputer kamu, tombol Fn juga bisa digunakan untuk mematikan volume speaker (mute). Masih menggunakan gambar keyboard di atas sebagai contoh, untuk mematikan volume speaker, kamu bisa menekan Fn dan F7 secara bersamaan.

3. Menghidupkan MP3

* sumber: id.pinterest.com

Masih mengacu pada gambar di atas, kamu bahkan bisa menghidupkan pemutar musik pada komputermu. Tapi fungsi ini kembali lagi pada keyboard masing-masing, ya. Dengan acuan gambar di atas, kamu bisa menekan tombol Fn bersamaan dengan tombol F3.

Ada banyak kegunaan tombol Fn dan semuanya berbeda tergantung pada simbol-simbol yang terdapat di F1-F12. Kali ini Carisinyal akan menguraikan penggunaan tombol Fn berdasarkan brand laptop tertentu.

Penggunaan Tombol Fn Pada Tipe Laptop Tertentu

Karena desain laptop yang berbeda, fungsi tombol Fn juga mengikuti desain keyboard sesuai dengan merk laptopnya. Kali ini, Carisinyal akan menjelaskan daftar fungsi tombol Fn pada dua buah merk laptop, yaitu laptop ASUS dan laptop Lenovo.

1. Fungsi Tombol Fn pada Laptop ASUS

* sumber: www.labkom99.com

Fn + F1: Masuk ke mode siaga atau tidur
Fn + F2: Mengaktifkan WiFi
Fn + F5: Meredupkan kecerahan layar LCD
Fn + F6: Mencerahkan kecerahan layar LCD
Fn + F7: Mengaktifkan sumber cahaya latar LCD
Fn + F8: Beralih ke layar LCD, monitor eksternal, atau TV
Fn + F9: Menghidupkan atau mematikan fungsi "touchpad"
Fn + F10: Mematikan volume atau mute switch (hanya untuk Windows)
Fn + F11: Mengurangi volume (hanya tersedia pada Windows)
Fn + F12: Meningkatkan volume (hanya tersedia pada Windows)
Fn + Del: Mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi "Scroll Lock"
Fn + Ins: Mengaktifkan keyboard numerik bawaan
Fn + V: Mulai aplikasi kamera digital dan ambil gambar
Fn + C: Kombinasi tombol ini dapat mengubah layar ke pilihan pengaturan warna yang berbeda.

2. Fungsi Tombol Fn pada Laptop Lenovo

Fn + Esc: Mengaktifkan / mematikan kamera
Fn + F1: Mode sleep atau mode tidur
Fn + F2: Matikan / hidupkan lampu latar layar
Fn + F3: Beralih ke layar LCD, monitor eksternal, atau TV
Fn + F4: Mengaktifkan mode layar lebar atau kembali ke mode normal
Fn + F5: Mengaktifkan / mematikan antarmuka kontrol perangkat
Fn + F6: Mengaktifkan / mematikan fungsi touchpad
Fn + F8: Mengaktifkan / mematikan keyboard angka
Fn + F9: Memutar / menjeda (pause) media pemutar musik / media player
Fn + F10: Memainkan (play) atau menghentikan (stop) media pemutar musik / media player
Fn + F11: Melompat ke trek sebelumnya (media player)
Fn + F12: Melompat ke trek berikutnya (media player)
Fn + PgUp / Scroll Lock: Mengaktifkan / mematikan fungsi “Scroll Lock”
FN + PrtSc / SysRq: Mengunci permintaan sistem
FN + Tombol naik (panah ke atas) / turun (panah ke bawah): Mengatur kecerahan tampilan LCD
FN + Tombol kanan (panah ke kanan) / kiri (panah ke kiri): Mengatur volume komputer
FN + PgUp: Memindahkan kursor ke awal garis
FN + PgDn: Memindahkan kursor ke akhir garis
FN + Num Lock: aktifkan / nonaktifkan keyboard angka kecil

Itu dia fungsi tombol Fn sesuai dengan merk laptop. Kedua daftar tersebut hanyalah referensi dan jika laptopmu bukan ASUS atau Lenovo, kamu bisa mengecek daftar fungsi tombol Fn pada situs resmi merk laptopmu.

Selain berdasarkan tipe laptop, fungsi tombol Fn juga bisa berbeda pada keyboard eksternal. Biasanya keyboard eksternal dipakai oleh para pengguna PC. Untuk itu, penting agar kamu jeli melihat simbol-simbol yang terdapat di bawah F1-F12.


Selain melihat simbol, kamu juga bisa mencoba-coba fungsi Fn. Eits, tapi jangan mencobanya ketika sedang mengerjakan pekerjaan penting, ya. Takutnya nanti ada beberapa fungsi yang belum familiar dan hasil kerjamu terhapus sebelum sempat kamu save.

Itu dia pembahasan tentang penggunaan atau fungsi tombol Fn. Semoga informatif dan bermanfaat, ya. Jika kamu punya tips dan trik terkait penggunaan fungsi tombol Fn, kamu bisa cantumkan ide dan komentarmu di kolom komentar. Atau, jika kamu penasaran dengan penggunaan tombol-tombol lain pada keyboard laptop atau PC-mu, silakan berkomentar di bawah, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram