Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Januari 2019

Game membangun kota merupakan salah satu jenis permainan yang sangat addicted ketika dimainkan. Kita bisa menghabiskan waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari jika sudah memainkan game simulasi yang satu ini.

Bagi Anda yang sering memainkan game di perangkat PC, pasti sudah tidak asing lagi dengan judul-judul game bergenre city management seperti SimCity, Cities XL, dan sejenisnya. Berbagai game tersebut menuntut Anda untuk mampu membangun dan mengelola kota sebaik mungkin seperti layaknya di dunia nyata.

Nah, kini berbagai game simulasi serupa juga sudah banyak bermunculan di perangkat Android. Dengan begitu, Anda kini dapat memainkannya denngan mudah di mana saja. Apa sajakah game tersebut? Berikut Carisinyal akan mengulasnya untuk Anda.

10 Game Membangun Kota Terbaik di Android

1. Block Craft 3D

Block Craft 3D

Game seru membangun kota bisa mainkan Block Craft 3D. Pada gamenya, Block Craft 3D menampilkan animasi grafis yang cukup unik berupa balok-balok seperti pixel. Meskipun hanya tersusun dari balok-balok, tapi animasi grafisnya sudah mengusung 3D dan cukup mulus jika dimainkan di HP. Selain animasi grafisnya yang unggul, cara memainkannya mudah namun menantang.

Di sini, pemain akan diminta untuk membangun banyak bangunan, mulai dari white house, menara, perumahan, dan gedung-gedung lainnya. Bagian yang menantang adalah, Anda tidak bisa membangun jika tidak memiliki gems. Nah, untuk dapatkan gems, Anda harus menuntaskan misi-misi membangun bangunan yang sudah ditentukan. Bisa melakukannya? Langsung buktikan di sini, ya.

2. SimCity BuildIt

SimCity Buildit

Game membangun kota yang satu ini mungkin cukup terkenal sebagai salah satu game PC. SimCity BuildIt sebuah permainan dimana Anda akan diposisikan sebagai seorang walikota. Pada awalnya, Anda akan membangun kota kecil terlebih dahulu. Nah, tugas para pemain SimCity BuildIt adalah membuat kota menjadi kota yang besar.

Bukan hanya sekedar membangun bangunan yang tinggi saja, anda juga harus memikirkan tentang air, listrik, pendidikan, dan yang lainnya. Juga, di SimCity BuildIt Anda bisa melakukan ekspor impor barang dengan kota lainnya. Dan bahkan, SimCity BuildIt menyediakan fitur dimana Anda bisa berlomba untuk merebutkan predikat walikota terbaik. Jika Anda ingin memainkannya, bisa langsung dapatkan gamenya di sini.

2. Township

Township

Membangun kota menjadi sebuah kota yang besar adalah salah satu hal yang akan Anda lakukan ketika memainkan game Township. Dalam gamenya, Township mengandalkan harvest atau bercocok tanam untuk mendapatkan penghasilan. Penghasilan yang didapat bisa digunakan untuk membuat gedung lainnya.

Anda bisa membuat sebuah kebun binatang, bioskop, restoran, dan fasilitas kota lainnya. Jika Anda sudah memiliki sebuah kebun binatang, maka Anda bertanggung jawab untuk mengontrol kebun binatang tersebut. Jadi, di sini Anda bukan hanya mengontrol kota namun juga harus bertanggung jawab atas semua gedung yang ada di kota, termasuk kebun binatang. Cukup menarik bukan? Download gamenya di sini.

3. Megapolis

Megapolis

Megapolis merupakan game simulasi pembangunan kota yang dibuat oleh developer Social Quantrum Ltd. Dalam game ini kita harus membangun berbagai jenis perumahan dan tempat tinggal. Semakin banyak perumahan yang kita buat, maka akan semakin banyak pula penduduk yang datang ke kota kita.

Tidak hanya itu saja, kita juga harus menyiapkan berbagai infrastruktur dan fasilitas layanan publik yang baik seperti bandar udara, stasiun kereta, pelabuhan, tambang minyak, reaktor nuklir, dan lainnya. Menariknya, dalam game ini kita juga bisa mengundang teman sehingga kita bisa membandingkan siapa yang memiliki kota paling sukses.

4. Little Big City 2

Little Big City 2

Setelah cukup sukses dengan game Little Big City versi pertama, nyatanya developer Gameloft tak luput untuk mengembangkan game ini. Kali ini gamenya diberi nama Little Big City 2. Ini adalah salah satu game terbaik pilihan editor PlayStore, maka Anda tidak akan menyesal jika mendownload dan memainkan game ini. Memangnya, game ini punya fitur apa, sih?

Cukup seru dan lengkap, di Little Big City 2 ini Anda bisa mengontrol dan mendesain kota Anda sendiri. Anda juga diperbolehkan untuk memilih salah satu dari 3 expanssion style, yakni industrial tycoon, technological prodigy, atau cultural artisan. Tentu fitur yang ada bukan hanya itu saja lho. Kalau ingin tahu lebih lengkap, bisa langsung download gamenya di sini.

5. City Island 3

City Island 3

Pada City Island 3 ini tidak jauh berbeda dengan versi pertamanya, hanya saja City Island 3 lebih lengkap dan memiliki grafis yang lebih baik. Dalam gamenya, City Island 3 akan mengajak Anda untuk mengembangkan sebuah kota dengan membangun beragam fasilitas kota.

Anda harus membangun gedung-gedung agar warga City Island 3 tetap senang dan akan selalu membayar pajak. Selain itu juga, City Island 3 memiliki varian fitur yang menarik. Anda bisa mendapatkan penghasilan kota berupa gold atau cash. Bahkan ada juga pirates chest yang akan memberikan Anda penghasilan kota. Penasaran? Langsung coba mainkan gamenya di sini.

6. Townsmen

Townsmen

Di dalam game Townsmen ini, Anda akan diminta untuk membangun sebuah kota yang besar. Namun, Anda akan mengawalinya dengan sebuah pedesaan yang kecil. Townsmen memiliki konsep yang sedikit berbeda dengan game membangun kota lainnya.

Jika game sebelumnya menawarkan konsep kota modern, maka Townsmen menyajikan sebuah konsep kota klasik. Selain menawarkan konsep yang klasik, Townsmen juga dilengkapi oleh efek cuaca. Jadi di Townsmen, Anda akan merasakan efek hujan, panas, siang, dan malam. Mau main? Download di sini.

7. City Island

City Island

City Island merupakan game simulasi kota yang dibuat oleh developer Innovattic. Sama seperti game Sim City yang sudah terlebih dahulu populer di perangkat PC, dalam game ini Anda juga harus membangun kota sambil terus menjaga tingkat kebahagiaan dari para penduduknya.

Untuk menjaga kebahagiaannya, Anda harus membangun rumah, gedung perkantoran, fasilitas olahraga, menciptakan lowongan pekerjaan, dan lainnya. Anda juga dapat menarik penduduk baru dengan cara membangun taman, menanam pohon, dan menghias kota.

Jika ingin mendapatkan bonus uang dan gold secara gratis, maka Anda dapat mengirimkan invitasi bagi teman Anda untuk memainkan game yang menarik ini. Silahkan download game City Island ini melalui Google Play Store di sini.

8. The Simpsons: Tapped Out

The Simpsons

The Simpsons: Tapped Out adalah game simulasi yang dikembangkan oleh developer ternama yakni Electronic Arts. Dalam game ini diceritakan bahwa Homer meratakan Springfield sehingga Anda harus membantu untuk membangunnya kembali.

Selain itu Anda juga harus membantu Homer untuk menemukan Marge, Bart, Lisa, dan semua anggota keluarga lainnya. Setiap kali menyelesaikan misi, maka Anda akan mendapatkan bonus berupa donat. Game ini sangat menyenangkan dan dapat dimainkan oleh berbagai kalangan usia. Silahkan download melalui Play Store di link ini.

10. Smurfs’ Village

Smurfs' Village

Game membangun kota terbaik untuk Android yang selanjutnya adalah Smurfs’ Village. Game yang dibuat oleh pengembang Beeline Interactive akan menantang kita untuk membuat sebuah perkampungan baru untuk para Smurfs. Dalam proses pembangunannya, Anda juga akan dibantu oleh Papa Smurf.

Di dalam perkampungan tersebut Anda harus membangun rumah, taman, serta kebun yang penuh dengan tanaman. Anda dapat memainkan berbagai mini games untuk mendapatkan bonus tambahan. Selain itu, Anda juga bisa saling berbagai hadiah jika terhubung dengan teman Facebook Anda. Silahkan unduh game ini di sini.

Selain 10 game membangun kota yang telah dibahas di atas, Kami juga memiliki beberapa rekomendasi game lainnya dengan konsep membangun kota. Rekomendasi game berikut ini juga tak kalah serunya dengan 10 game yang telah disebutkan sebelumnya. Berikut rekomendasi gamenya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .