carisinyal web banner retina

10 Game Mirip Among Us yang Seru untuk Dimainkan Bersama Kawan

Among Us bukan sekadar game mobile ringan yang bisa Anda mainkan bersama kawan di sela-sela kegiatan. Pada puncak ketenarannya, game ini tak ubahnya sebuah sensasi di industri mobile lantaran berhasil menghisap atensi dari jutaan pasang mata di seluruh dunia.

Namun, popularitas game yang mengusung genre deduksi sosial ini mulai meredup. Setidaknya di Indonesia nama game ini sudah tidak menggaung sekeras dulu. Itu artinya, kebanyakan orang mungkin sudah bosan dengan game yang satu ini.

Kalau Anda termasuk golongan tersebut, namun masih tertarik memainkan game deduksi sosial ala Among Us, kami punya seabrek alternatifnya di sini. Beberapa di antara game ini dirilis setelah Among Us, namun tak sedikit pula yang justru meluncur lebih dulu.

1. Betrayal.io

betrayal.io_

Dari sekian banyak game peniru Among Us, game inilah yang mungkin punya kadar keseruan yang sama baiknya. Bahkan lebih, lantaran game ini punya seabrek keunggulan seperti karakter yang berupa manusia, kostumisasi karakter yang sangat fleksibel, serta mini game yang dapat Anda selesaikan di sela-sela permainan.

Betrayal.io mengusung konsep yang sama dengan Among Us. Anda dapat memilih peran sebagai anggota kru yang bertugas menuntaskan rentetan misi atau penghkhianat yang menyebabkan kegaduhan dalam tim Anda. Ada pula sesi pertemuan yang bisa digelar untuk proses pemungutan suara terkait penunjukkan pengkhianat dalam tim.

Satu hal unik lainnya dari game ini adalah, selain melalui smartphone, Anda bisa memainkannya langsung di peramban PC tanpa melakukan instalasi.

2. Town of Salem

town of salem_

Game yang sangat terinspirasi dari permainan kelompok Werewolf dan Mafia ini punya DNA role-playing yang kental. Terdiri atas 7-15 pemain dalam satu sesi, Anda bisa memilih salah satu profesi yang tersedia sebagaimana jalannya roda kehidupan di masyarakat dengan terbagi ke dalam tiga area utama: Town (orang baik) Mafia (orang jahat), dan Neutral (bebas menentukan sikap)

Konsep ini memungkinkan Town of Salem menimbulkan alur maupun hasil akhir permainan yang sangat beraneka macam dan membuat pemain jadi betah memainkannya berulang-ulang. Town of Salem ini tersedia di berbagai platform. Ada yang untuk Android maupun iOS. Town of Salem juga tersedia di seteam.

Untuk kenyamanan terbaik, kami sarankan Anda memainkannya di tablet agar rentetan tulisannya yang banyak dapat terbaca dengan jelas di layar yang lebih luas. Anda bisa juga memainkannya di PC karena game ini memang bersifat browser-based. Untuk mode ini, silakan langsung ke situs resmi Town of Salem.

3. Enemy on Board

enemy on board_

Game deduksi sosial lainnya yang harus Anda mainkan adalah Enemy on Board yang tersedia di Steam. Dalam game yang hanya tersedia untuk platform Windows ini setiap sesi akan diisi oleh delapan pemain. Enam di antaranya adalah anggota kru dan dua sisanya merupakan alien pengkhianat.

Semua pemain ditugaskan untuk menghidupkan generator untuk menghidupkan kembali mesin pesawat luar angkasa mereka. Dalam prosesnya, keenam kru harus bersatu untuk mencari tahu siapa dua alien penyamar yang ada di kapal lalu membunuhnya.

Game ini turut mengedepankan elemen aksi di mana kru dan alien dapat menggunakan senjata canggih untuk saling menyerang. Entah itu sebagai kru atau alien, agar dapat memenangkan game, Anda harus mampu berkomunikasi sebaik mungkin dengan rekan Anda.

4. Werewolf Within

werewolf within_

Berlatar di sebuah perkampungan abad pertengahan yang khas, Werewolf Within adalah game yang cocok dimainkan oleh pemain yang cenderung menyukai interaksi kelompok.

Konsep game ini juga sederhana, Anda akan bertindak sebagai warga kampung yang mengungkap sosok manusia serigala. Di lain waktu, justru Andalah yang akan berperan sebagai manusia serigala tersebut dan berusaha untuk terhindar dari eksekusi publik. Diperlukan keahlian membujuk dan memanipulasi tingkat tinggi agar Anda bisa keluar sebagai last man standing.

Sayangnya, game Werewolf Within hanya tersedia di platform Windows via Steam dan memerlukan kelengkapan gawai Virtual Reality. Selain itu, tanpa adanya potongan khusus, harga game ini tergolong mahal.

5. Unfortunate Spacemen

unfortunate spacemen_

Sebagaimana tersirat dari namanya, dalam game ini Anda berperan sebagai angkasawan yang kurang beruntung karena terjebak di belantara hampa luar angkasa dan menunggu untuk diselamatkan.

Namun, tentu saja, Anda tak boleh tinggal diam dan duduk pasrah. Ada serangkaian tugas yang harus Anda tuntaskan untuk bisa kembali ke bumi.

Masalahnya, di antara kelompok kru Anda ada alien yang telah menyamar dan siap untuk menggagalkan upaya penyelamatan diri Anda dengan segala cara.Game ini bisa dimainkan oleh hingga 16 orang secara serentak. Untuk menambah sensasi agar lebih imersif, Unfortunate Spacemen mengambil sudut pandang orang pertama. Mainkan Unfortunate Spacemen via Steam sekarang juga!

6. Project Winter

project winter_

Secara prinsip, Project Winter adalah sebuah game yang menitikberatkan pada aspek bertahan hidup. Hanya saja, dalam prosesnya, Anda harus bersedia untuk saling fitnah dan berkhianat antarkawan.

Sembari tetap memastikan perutmu selalu terisi dan Anda punya tempat untuk berteduh dari terjangan badai salju yang ganas.

Ya, di sini Anda juga harus mengumpulkan sumber daya dan perbekalan hidup dengan rekan Anda yang bisa jadi sudah bersiap menghujamkan pisau di punggung Anda kapan pun dan di mana pun.

Buat Anda yang menyukai game-game dengan grafis ala polygon yang minimalis seperti Alto’s series, Firewatch, atau OPUS: Rocket of Whispers pasti akan langsung jatuh cinta dengan game social deduction ini.

7. Wolvesville – Werewolf Online

wolvesville_

Buat Anda yang penasaran dengan permainan tradisional Werewolf, Anda bisa mencicipi sensasinya dengan game mobile ini. Anda akan berhadapan dengan 15 pemain lain dari seluruh dunia dengan peran yang berbeda-beda. Setiap peran punya kemampuan spesial yang dapat digunakan untuk membongkar peran pemain lain.

Berbeda dengan game Werewolf di atas, game Wolvesville – Werewolf Online tersedia untuk sistem operasi mobile. Game ini juga pastinya jauh lebih ringan dan sangat ramah dimainkan oleh rentang usia yang lebih belia. Meski menyediakan banyak bahasa, sayangnya bahasa Indonesia belum tersedia.

Untuk memainkan gim ini, silakan kunjungi situs resmi Wolvesville. Di situs resmi tersebut ada opsi untuk memainkan gim ini di Android, iOS, maupun bermain via browser-based.

8. Deceit

deceit_

Game PC ini mengusung landasan social deduction dengan cita rasa survival horror ala serial Outlast yang dijamin bikin bulu kuduk Anda merinding sepanjang permainan.

Jadi, dalam setiap babaknya Anda akan dilempar ke suatu area angker bersama lima orang lain. Dua di antara (mungkin salah satunya Anda) sudah terinfeksi oleh virus berbahaya. Nah, Anda harus menyelamatkan diri dari tempat berbahaya tersebut.

Tidak bisa sendirian, Anda harus bekerja sama dengan rekan Anda untuk mengumpulkan perbekalan dengan slot penyimpanan yang terbatas. Tapi, kalau Anda kurang jeli, rekan yang Anda pilih mungkin telah terinfeksi virus tersebut. Tertarik? Download saja gamenya di tautan ini secara gratis!

9. Hidden in Plain Sight

hidden in plain sight_

Untuk memainkan game ini, Anda perlu sedikitnya satu pemain atau paling banyak tiga pemain. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih satu dari lima mode permainan yang tersedia. Setelah itu, Anda akan dikerubungi oleh karakter NPC yang juga punya peran tak kalah penting dalam game. Misinya sama, kok.

Anda harus menjadi orang terakhir yang bertahan di akhir permainan. Hidden in Plain Sight punya durasi yang sangat singkat dan bisa dimainkan bersama kawan-kawan terdekat Anda. Harganya sangat murah, pun dengan tampilan grafisnya yang tidak terlalu menuntut. Omong-omong, game ini bersifat multiplatform. Selain PC, bisa juga Anda mainkan di Nintendo, Xbox, dan macOS.

10. Barotrauma

barotrauma_

Saat terperangkap dan terjebak dalam situasi yang darurat, sifat binatang manusia bisa mengemuka. Premis itulah yang mungkin coba diangkat oleh Barotrauma yang mengetengahkan sekumpulan kru kapal selam yang menjelajahi kedalaman laut, bukan bumi, melainkan bulan Jupiter, Europa, demi menggali informasi kehidupan.

Anda mungkin bakal merasa terancam dengan apa yang bakal Anda temukan di bawah laut yang gelap. Akan tetapi, waspadai lingkungan sekitar, karena bisa jadi penyebab kematian Anda adalah orang-orang terdekat. Salah satu misi yang bakal Anda jalani pada game ini adalah memperbaiki kapal selam yang bisa dimanfaatkan sebagai ajang pembelajaran komponen-komponen di dalamnya.

Bagaimana, daftar game deduksi sosial yang nampang di artikel ini menarik semua, kan? Anda bisa langsung mengunduh game-game di atas dan memainkannya sekarang juga. Tapi, kami sarankan Anda ajak kawan supaya makin menambah keseruan.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram